Rabu, 11 Juli 2012

Membuat Mesin Enak dengan Karburator Imitasi

Sekedar share saja buat para pembaca yang ingin motornya enak meskipun menggunakan karburator imitasi yang banyak beredar di pasaran.
Saya mempunyai motor 2tak tua yaitu Yamaha V80 yang karburator aslinya sudah tidak layak pakai (ulir baut main-jet pecah,dsb.). Lalu karena karburator asli yang baru sulit ditemui di toko-toko sparepart, maka
saya membeli salah satu merek imitasi yang sudah terkenal.

Jumat, 06 Juli 2012

Tipe Karburator berdasarkan Konstruksi

Berdasarkan konstruksinya, karburator pada sepeda mesin dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu:
1. Karburator dengan Venturi Tetap (Fixed Venturi).
Karburator tipe ini merupakan karburator yang diameter venturinya tidak bisa dirubah-rubah lagi. Besarnya aliran udaranya tergantung pada perubahan thorttle butterfly (katup gas). Pada tipe ini, biasanya terdapat pilot jet untuk kecepatan idle/langsam, sistem kecepatan utama sekunder untuk memenuhi proses pencampuran udara bahan bakar yang tepat pada setiap kecepatan.

Terdapat juga sistem akselerasi atau percepatan untuk mengantisipasi saat mesin di gas dengan tiba-tiba. Semua sistem tambahan tersebut dimaksudkan agar mesin bisa lebih responsif karena katup throttle mempunyai keterbatasan dalam membentuk efek venturi.

Tipe Koil Pengapian

Koil merupakan unit yang mengubah sumber tegangan rendah (12V) dari aki menjadi sumber tegangan yang tinggi (10kV). Tegangan tinggi inilah yang diperlukan untuk menghasilkan loncatan bunga api yang kuat pada celah busi.

Koil memiliki berbagai tipe, yaitu:
1.  Tipe Canister
Tipe ini mempunyai inti besi di bagian tengahnya dan kumparan sekunder mengelilingi inti besi tersebut. Kumparan primernya berada di sisi luar kumparan sekunder. Keseluruhan komponen dirakit dalam satu rumah di logam canister. Kadang-kadang canister diisi oli (pelumas) agar membantu meredam panas yang dihasilkan koil.

Rabu, 04 Juli 2012

Spesifikasi Yamaha Byson

Spesifikasi Mesin
Tipe Mesin: 4 Langkah, SOHC, 2 Klep, Berpendingin Udara
Jumlah / Posisi Silinder: Cylinder Tunggal / Tegak
Volume Silinder: 153 cm3
Diameter x Langkah: 58.0 x 57.9 mm
Perbandingan Kompresi: 9.50 : 1
Daya Maksimum: 13,73 PS / 7.500 rpm (10,1 kW / 7.500 rpm)
Torsi Maksimum: 13,6 Nm / 6.000 rpm
Sistem Starter: Electric Starter dan Kick Starter
Sistem Pelumasan: Basah
Kapasitas Oli Mesin: Total : 1,2 Liter / Penggantian Berkala : 1,0 Liter
Tipe Karburator: (MIKUNI) BS26 x 1
Tipe kopling: Basah, Kopling Manual
Tipe Transmisi: 5 kecepatan (1-N-2-3-4-5)

Dimensi
P x L x T: 2.075mm x 780mm x 1.045mm
Jarak Sumbu Roda: 1.334 mm
Jarak Terendah ke Tanah: 160 mm
Tinggi Tempat Duduk: 790 mm
Berat Isi: 137 kg
Kapasitas Tangki Bensin: 12 Liter + 1.4 Liter Cadangan

Rangka
Tipe Rangka: Diamond
Suspensi Depan: Teleskopik
Suspensi Belakang: Suspensi Monocross
Ban Depan: Tubeless 100/80-17M/C 52P
Ban Belakang: Tubeless 120/70-17M/C 58P
Rem Depan: Cakram
Rem Belakang: Tromol

Kelistrikan
Sistem Pengapian: DC C.D.I
Battery: YTZ4V 12V / 3 Ah (MF Battery)
Tipe Busi: NGK / CPR 8EA-9

Selasa, 03 Juli 2012

Bagian Dalam Karburator


Bagian-bagian karburator punya kegunaan atau fungsi tersendiri. Bagian bagian ini pun saling berhubungan dan tak bisa dipisahkan satu dengan yang lainnya. seperti tubuh kita mulut tak bisa bergerak tanpa rongga, rongga tak berguna tanpa gigi, gigi tak berfungsi tanpa lidah.

Jadi dalam part-part ini saling terkait dan saling membutuhkan.banyak yang acuh dalam salah satu part karburator dan tahu maksud atau fungsi part itu pada karburator.kesalahan sedikit kadang membuat motor tak enak.karburator bisa di ibaratkan dengan mulut.jadi ketika mulut kita sariawan maka susah untuk memakan sesuatu juga kan.Karburator pun juga sama jika ada error sedikit pun maka akan mbrebet dan efeknya juga kedalam mesin kan .

Karakter Karburator Racing

Karburator, mungkin ini adalah part yang paling diminati orang jaman sekarang yang menyukai kecepatan. Part yang bisa atau bahkan mudah untuk dikanibalkan.tapi eitsssss..tggu dulu sebelum ganti" karbu cari tau dulu karakter masing masing karbu.

1.KEIHIN PWK

Penyuplai bahan bakar ini,punya bentuk skep semi flat dengan lapisan krom.diandalkan untuk respon sempurna dan flow lebih bsar pada rpm tinggi.Kalau untuk setting nya cukup mudah menurut para pakar" montir.dari yang berukuran venturi 24-28 mm.
PWK dilengkapi Quads Vens,tujuanya adalah ngurangi tenaga saat drop.juga dilengkapi dgan air strikers,untuk mengarahkan udara langsung menuju nosel utama.demi membangkitkan sinyal dan respon gas.

HARGA DIPERKIRAKAN: RP.3,2 JUTA(ORI)

Perbedaan karburator PE, PJ, PWK, PWL

1. Karburator PE
Merupakan Karburator yang banyak dipilih karena harganya pas di kantong.
karburator PE 28
Ciri-cinya:
-skep dari ukuran 20-38 mm.
-setelan stationer warna hitam(sudco)
-setelan stationer kuning (NSR SP)

Minggu, 01 Juli 2012

Cegah Terjadinya Piston Baret

Banyak kalangan muda yang suka berkeliling mengendarai sepeda motornya. Ada yang menyukai kebut-kebutan, ada juga yang menyukai touring. Tetapi hanya sedikit saja yang mengetahui tentang mesin. Contohnya salah satu part terpenting adalah piston. Piston ini dapat aus dan terjadi baret pada dinding blok mesinnya.

Sabtu, 30 Juni 2012

Perhatikan Tebal dari Roller Matik

Meski sekilas bentuknya bulat, dilapisi bagian luar seperti ban motor, tapi tidak semua roller rata. Ada juga bagian lapisan yang lebih tebal alias tidak rata pada semua sisi. Di bagian tebal itulah yang mesti diperhatikan dalam pemasangan roller. Tidak asal ditaruh saja saat pasang. Karena perbedaan bentuk itu, tentu ada maksud dan punya fungsi.

Kalau sarung tebal dipakai untuk hindari dingin, bagian roller yang tebal itu berfungsi untuk memberi antisipasi gesekan pada dinding rumah roller. Kalau salah pasang, bisa aja bikin roller malah jadi cepat habis. Sementara sisi dinding lainnya masih tebal.

Jumat, 29 Juni 2012

Tips Motor Matik Lebih Kencang dan Irit


Motor matik saat ini sedang digandrungi masyarakat. Jalanan yang makin macet membuat para rider beralih dari motor bertransmisi manual, seperti motor bebek dan sport, ke transmisi otomatis.

Sayangnya mesin matik masih menuai sejumlah kelemahan, seperti borosnya bahan bakar dan tenaga yang tak cukup besar, sehingga sulit diajak berlari kencang.

Nah, dengan sejumlah rekayasa, ternyata motor matik bisa kencang dan irit bahan bakar. Berkut tipsnya:

Rabu, 27 Juni 2012

Jangan Asal Membuat Oil-Cooler

Banyak yang salah kaprah pasang oil-cooler. Maksudnya memaksimalkan pendingingan dan pelumasan mesin, justru salah besar. Jalur oli yang dipotong masuk menuju pendingin oli malah dibikin bercabang. Akibatnya aliran pelumas menuju tubuh mesin malah tidak maksimal.

Kebanyakan yang pasang oil-coolerjalurnya dibikin paralel. Ini salah besar.

Maksud Tole, diparalel itu aliran pelumas dari pompa dibagi dua. Satu menuju kepala silider dan satu lagi ke oil-cooler dan diteruskan ke bak karter. Nah, dengan begini aliran oli menuju mesin tidak banyak. Pelumasan tidak maksimal dan bikin mesin cepat aus.

Cek Kualitas Oli

Pemilik motor 4-tak, kalau mau ganti oli rata-rata berpatokan pada hitungan bulan atau petunjuk di kilometer. Lantas gimana dan kapan waktu ganti oli mesin motor yang jarang sekali dipakai?

Tenang, Bro. Selama volume oli di dalam bak mesin tetap dalam kondisi baik atau tidak kadaluarsa dan terkontaminasi, masih layak digunakan. Dan untuk mengetahui kelayakannya, sejatinya dapat dilakukan dengan beberapa langkah pengecekan.