Minggu, 29 Juli 2012

Spesifikasi Yamaha Lexam


Mesin 
Tipe mesin : 4 langkah, 2 valve SOHC, berpendingin udara
Jumlah/posisi silinder : silinder tunggal/mendatar
Volume silinder : 113,7 cc
Diameter x Langkah : 50,0 x 57,9 mm
Perbandingan kompresi : 9,30 : 1
Daya maksimum : 8,69 hp / 8.000 rpm
Torsi maksimum : 8,73 Nm / 7.000 rpm
Sistem starter : electric starter dan kick starter
Sistem pelumas : basah
Kapasitas oli mesin : Total 1,150 liter / Penggantian berkala: 0,94 liter
Sistem bahan bakar : Karburator BS25-52 x 1
Tipe kopling : V-Belt otomatis dan reduksi secondary rantai/chain drive
Pola pengoperasian transmisi : CVT otomatis

Spesifikasi Yamaha New Jupiter Z1

Spesifikasi
Dimensi : P x L x T (mm) 1.935 x 680 x 1.065
Jarak Sumbu Roda : 1.240 mm
Jarak Terendah ke tanah : 135 mm
Tinggi tempat duduk : 765 mm
Berat isi : 101 kg (spoke wheel) / 102 kg (cast wheel)
Kapasitas tangki bensin : 4.1 liter

Sabtu, 21 Juli 2012

Perhitungan Porting Dalam Memodifikasi Blok 2 Tak



Ada beberapa teknik tune up mesin 2 tak, yang paling lazim adalah memporting ulang design port.
Memporting ulang itu juga banyak halnya diantaranya adalah:
1 Merubah tinggi port
2 Mengarahkan kembali jendela port
3 Menghaluskan saluran2 port
4 Memperbesar ukuran port
Tentunya point2 tersebut diatas harus dilakukan dengan perhitungan yang tepat agar hasilnya maksimal.

Jumat, 20 Juli 2012

Karburator Yang Dapat DiReamer

Banyak diantara pengendara yang ingin bore up, gede-in klep, dll. Ubahan tersebut biasanya disarankan  oleh mekanik untuk mengganti karburator yang berventuri lebih besar. Perlu diketahui bahwa karburator dapat di-reamer hingga batas tertentu. Dan biasanya maksimal hanya 2mm saja. Tetapi beberapa orang mampu me-reamer ekstrim. Berikut varian karbu yang sering di reamer beserta ukurannya :

Yamaha
Jupiter 16mm menjadi 21mm
Jupiter-Z 17mm menjadi 22mm
RX-King 26mm menjadi 28mm


Kamis, 19 Juli 2012

Rumus Menentukan Venturi Karburator

Bagaimana menentukan venturi karburator….? Sesuaikan dengan peak power di RPM mana yang sudah kamu desain sesuai lebar porting.

Rumusnya , v = 0.65 x akar ( kapasitas silinder dalam liter x puncak rpm )
atau,
v= K x √ (CxN)

Dengan:
v  = Venturi karbu
K = angka tetapan, yang cocok untuk harian adalah 0.65 (batas K adalah 0.6-0.9)
C = kapasitas silinder dalam liter
N = puncak RPM


Ragam Merek Kepala Busi/Cop Busi


Salah satu komponen dalam sistem pengapian adalah cop busi. Berfungsi sebagai penghantar arus dari kabel busi ke busi. Kini di pasaran banyak ditemukan COP BUSI aftermarket. Namun banyak juga COP BUSI bawaan motor yang jadi favorit.

Untuk memberi panduan, mana sih yang bisa dipilih untuk motor kesayangan, kami mengomparasinya. Parameternya ada 3, yaitu tahanan, kualitas sil dan tentu saja harga.

Tahanan berhubungan dengan daya hantar COP BUSI tersebut, makin kecil tentu arus yang bisa dihantar ke busi makin maksimal. Efeknya api di busi makin besar. “Memang bisa makin besar, namun hanya berpengaruh pada putaran bawah sampai menengah,” terang Tomy Huang, pencetus CDI BRT.

Selasa, 17 Juli 2012

Kelebihan Bebek Kopling Sentrifugal

MESTINYA LEBIH MURAH

Dari segi harga, mestinya kopling manual lebih murah. Soalnya, komponen yang dipakai lebih dikit dan ringkas. Pabrikan tidak terbebani komponen tambahan.

Coba perhatikan yang dilengkapi kopling otomatis, selain ada sentrifugalnya, di poros kruk-as kanan juga dipasang rotor saringan oli sebagai balancer. Nah, ini semua dicopot. Kali aja dibisniskan tersendiri oleh oknum di pabrik.

Kopling Manual dan Otomatis, Sentrifugal itu Lebih Bagus

Sebenarnya kopling sentrifugal alias otomatis yang paling cocok diterapkan di bebek. Ini malah pabrikan latah mencopot sentrifugal dan ganti manual. Akhirnya, konsumen bingung. Promo pabrik teriak, manual perangkat modern.

Pabrikan cuma ikut road race yang mengharuskan kopling tangan. Padahal, di sana berbeda dengan harian. Di balap pun demi keamanan menstabilkan akselerasi meletupnya rpm. Tak heran, anak muda berlomba meniru pada motor harian mereka.

Bengkel dan speed-shop pun gencar menawarkan perangkat kopling tangan. Bisa terdiri bak mesin kanan, stud pendorong, kopling jedek dan hendelnya. Dan lagi produk tersebut tersedia untuk semua bebek.

Membuat Jupiter Menjadi Full Clutch

Ingin membuat sepeda motor Jupiter atau Jupiter Z lama menjadi kopling manual? Caranya mudah saja karena ada produk yang bisa plug and play langsung, yaitu bawaan asli Yamaha X1 Thailand. Harga sekitar 550rb saja. Produk ini sudah lengkap mulai dari bak kopling itu sendiri, 1 set stud, kabel kopling, dan juga tuas kopling.

Jika kita mengubah sistem kopling kita menjadi manual, maka dampak negatifnya adalah sebagai berikut:
sekarang anda-lah pengendali si kopling, jadi kapanpun anda yang mengatur, repotnya kalo lagi jalanan macet, anda harus bolak-balik atur koplingnya biar mesin ga mati gara2 ngestack. Efek secara umum ya, kalo belum terbiasa bisa mengeluh kecapean mengatur kopling.

Kamis, 12 Juli 2012

Kick Starter Oblak dan Tidak Dapat Kembali Ke Atas

Pernakah kalian saat menggunakan kick starter pada sepeda motor anda? Pernakah mengalami kejadian bahwa kick starter tersebut tidak dapat kembali ke posisi semulanya? Coba cek bagian mur pengencang kick starter tersebut. Jika kencang dan tidak aus, dapat dipastikan bahwa terjadi kesalahan di bagian dalam mesin.

Biasanya penyebab nge-los nya kick starter tersebut sebagai berikut:
1. Per Kick Starter tidak pada dudukannya

2. Pelor atau Peluru Bearing kopling otomatis yang terletak di dalam rumah sentrifugal sudah aus.
3. Roda gigi otomatis kopling tidak memutar kruk as.
4. Kaki empat yang terdapat dalam rumah kopling patah.
5. Paku penahan rumah kopling patah.

Rabu, 11 Juli 2012

Membuat Mesin Enak dengan Karburator Imitasi

Sekedar share saja buat para pembaca yang ingin motornya enak meskipun menggunakan karburator imitasi yang banyak beredar di pasaran.
Saya mempunyai motor 2tak tua yaitu Yamaha V80 yang karburator aslinya sudah tidak layak pakai (ulir baut main-jet pecah,dsb.). Lalu karena karburator asli yang baru sulit ditemui di toko-toko sparepart, maka
saya membeli salah satu merek imitasi yang sudah terkenal.

Jumat, 06 Juli 2012

Tipe Karburator berdasarkan Konstruksi

Berdasarkan konstruksinya, karburator pada sepeda mesin dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu:
1. Karburator dengan Venturi Tetap (Fixed Venturi).
Karburator tipe ini merupakan karburator yang diameter venturinya tidak bisa dirubah-rubah lagi. Besarnya aliran udaranya tergantung pada perubahan thorttle butterfly (katup gas). Pada tipe ini, biasanya terdapat pilot jet untuk kecepatan idle/langsam, sistem kecepatan utama sekunder untuk memenuhi proses pencampuran udara bahan bakar yang tepat pada setiap kecepatan.

Terdapat juga sistem akselerasi atau percepatan untuk mengantisipasi saat mesin di gas dengan tiba-tiba. Semua sistem tambahan tersebut dimaksudkan agar mesin bisa lebih responsif karena katup throttle mempunyai keterbatasan dalam membentuk efek venturi.