Minggu, 05 Agustus 2012

Gonta-Ganti Gir, Rasio Jangan Lebih 0,1!

Ganti rasio atau perbandingan gir bisa nambah akselerasi atau top speed. Tapi, gonta-ganti sproket motor standar ada aturannya. Jika dilanggar, performa motor malah jeblok. Karena komponen lain masih standar, jadi tenaga pun estede. Makanya ganti gir jangan sampe bikin tenaga motor malah loyo. 

Tarikan yahud bisa didapat dengan memperingan rasio gir dari standarnya. Tapi top speed-nya berkurang. Cocoknya dipake di jalan kota yang padat dan gak butuh kecepatan puncak. Sebaliknya, top-speed makin oke jika rasio gir diperberat dari aslinya. Risikonya, akselerasi agak lambat. 

Fungsi Lubang pada Moncong Karburator

Di moncong karburator (biasanya menghadap ke luar) terdapat lubang. Masing-masing lubang itu memiliki fungsi yang berbeda. Yuk disimak lubang karburator JupiterZ.. ehehehe
Terlihat pada gambar di atas ada 4 lubang kecil dan 1 lubang venturi (tertutup skep). Pernakah kalian menganalisa fungsi dari lubang itu? Apakah hiasan atau kah berfungsi penting? Menganut prinsip dari ilmu fisika, yaitu manometer dengan venturi meter, lubang tersebut merupakan saluran udara agar tekanan di mangkuk karbu lebih tinggi dibanding di lubang venturi.

Kode Pelumas


Fungsi dari pelumasan:
Mengurangi gesekan antara bagian mesin bergerak
Mendinginkan dan memindahkan panas keluar dari mesin
Mengendalikan contaiminants atau kotoran guna memastikan mesin berjalan dengan lancar.

SAE (Society of Automotive Engineers) :
Menetapkan standar viskositas/kekentalan (ukuran dari tebal lapisan oli serta mampu alir oli) pada suhu 1000 C dan -180C. Jenis SAE yang umum digunakan di negara tropis adalah 10W-30 dan 20W-50
Angka di depan menunjukkan tingkat viskositas/kekentalan saat suhu dingin (sebelum kendaraan dihidupkan)
W menunjukkan jenis oli ini dapat digunakan di daerah yang memiliki musim dingin
- Angka di belakang menunjukkan tingkat viskositas saat suhu panas (saat kendaraan beroperasi)

Selasa, 31 Juli 2012

Mengubah Tutup Klep Standar ke Model Pernafasan

Ingin mesin kalian lebih dingin? Logikanya cairan pelumas (oli terutama) akan menyerap panas dan membuangnya ke dinding mesin. Jika cairan pelumas tersebut didinginkan, otomatis mesin menjadi dingin. Cara termudah adalah membuat lubang pernafasan oli tambahan. Lubang ini dapat di taruh di tutup klep bagian atas. Langsung simak aja yuk? hehe

Bahan-bahannya:
1. Pentil ban bekas
Pentil ban ini bisa diminta di tukang tambal ban gratis asal dikasih..atau beli ban bekas saja. 

Minggu, 29 Juli 2012

Penyebab Speedometer Motor Mati

Speedometer sangat berfungsi bagi kita sebagai pengendara. Salah satunya untuk menunjukkan pada kecepatan berapa kita melaju sekarang. Pasti sepeda motor kita pernah mengalami jarum speedometer tetap diam di angka 0 (nol) kpj.

Tanda bahwa speedometer bermasalah seperti berikut:
1. Jarum penunjuk diam di angka 0 (nol) kpj.
2. Jarum penunjuk bergerak naik turun saat dibawa melaju.
3. Jarum bergerak sangat kecil sekali. Bahkan saat melaju 100kpj hanya terbaca 40kpj.


Spesifikasi Yamaha Lexam


Mesin 
Tipe mesin : 4 langkah, 2 valve SOHC, berpendingin udara
Jumlah/posisi silinder : silinder tunggal/mendatar
Volume silinder : 113,7 cc
Diameter x Langkah : 50,0 x 57,9 mm
Perbandingan kompresi : 9,30 : 1
Daya maksimum : 8,69 hp / 8.000 rpm
Torsi maksimum : 8,73 Nm / 7.000 rpm
Sistem starter : electric starter dan kick starter
Sistem pelumas : basah
Kapasitas oli mesin : Total 1,150 liter / Penggantian berkala: 0,94 liter
Sistem bahan bakar : Karburator BS25-52 x 1
Tipe kopling : V-Belt otomatis dan reduksi secondary rantai/chain drive
Pola pengoperasian transmisi : CVT otomatis

Spesifikasi Yamaha New Jupiter Z1

Spesifikasi
Dimensi : P x L x T (mm) 1.935 x 680 x 1.065
Jarak Sumbu Roda : 1.240 mm
Jarak Terendah ke tanah : 135 mm
Tinggi tempat duduk : 765 mm
Berat isi : 101 kg (spoke wheel) / 102 kg (cast wheel)
Kapasitas tangki bensin : 4.1 liter

Sabtu, 21 Juli 2012

Perhitungan Porting Dalam Memodifikasi Blok 2 Tak



Ada beberapa teknik tune up mesin 2 tak, yang paling lazim adalah memporting ulang design port.
Memporting ulang itu juga banyak halnya diantaranya adalah:
1 Merubah tinggi port
2 Mengarahkan kembali jendela port
3 Menghaluskan saluran2 port
4 Memperbesar ukuran port
Tentunya point2 tersebut diatas harus dilakukan dengan perhitungan yang tepat agar hasilnya maksimal.

Jumat, 20 Juli 2012

Karburator Yang Dapat DiReamer

Banyak diantara pengendara yang ingin bore up, gede-in klep, dll. Ubahan tersebut biasanya disarankan  oleh mekanik untuk mengganti karburator yang berventuri lebih besar. Perlu diketahui bahwa karburator dapat di-reamer hingga batas tertentu. Dan biasanya maksimal hanya 2mm saja. Tetapi beberapa orang mampu me-reamer ekstrim. Berikut varian karbu yang sering di reamer beserta ukurannya :

Yamaha
Jupiter 16mm menjadi 21mm
Jupiter-Z 17mm menjadi 22mm
RX-King 26mm menjadi 28mm


Kamis, 19 Juli 2012

Rumus Menentukan Venturi Karburator

Bagaimana menentukan venturi karburator….? Sesuaikan dengan peak power di RPM mana yang sudah kamu desain sesuai lebar porting.

Rumusnya , v = 0.65 x akar ( kapasitas silinder dalam liter x puncak rpm )
atau,
v= K x √ (CxN)

Dengan:
v  = Venturi karbu
K = angka tetapan, yang cocok untuk harian adalah 0.65 (batas K adalah 0.6-0.9)
C = kapasitas silinder dalam liter
N = puncak RPM


Ragam Merek Kepala Busi/Cop Busi


Salah satu komponen dalam sistem pengapian adalah cop busi. Berfungsi sebagai penghantar arus dari kabel busi ke busi. Kini di pasaran banyak ditemukan COP BUSI aftermarket. Namun banyak juga COP BUSI bawaan motor yang jadi favorit.

Untuk memberi panduan, mana sih yang bisa dipilih untuk motor kesayangan, kami mengomparasinya. Parameternya ada 3, yaitu tahanan, kualitas sil dan tentu saja harga.

Tahanan berhubungan dengan daya hantar COP BUSI tersebut, makin kecil tentu arus yang bisa dihantar ke busi makin maksimal. Efeknya api di busi makin besar. “Memang bisa makin besar, namun hanya berpengaruh pada putaran bawah sampai menengah,” terang Tomy Huang, pencetus CDI BRT.

Selasa, 17 Juli 2012

Kelebihan Bebek Kopling Sentrifugal

MESTINYA LEBIH MURAH

Dari segi harga, mestinya kopling manual lebih murah. Soalnya, komponen yang dipakai lebih dikit dan ringkas. Pabrikan tidak terbebani komponen tambahan.

Coba perhatikan yang dilengkapi kopling otomatis, selain ada sentrifugalnya, di poros kruk-as kanan juga dipasang rotor saringan oli sebagai balancer. Nah, ini semua dicopot. Kali aja dibisniskan tersendiri oleh oknum di pabrik.