Sabtu, 01 Desember 2012

Ragam Diameter Klep

Ragam Diameter Klep - Klep tentunya memiliki ukuran. Ukuran dari klep bisa dari diameter batang klep, diameter payung klep, maupun tinggi klep. Untuk tiap varian motor bisa juga spesifikasinya tidak sama. Spesifikasi klep tentunya mempengaruhi performa dari motor kita. Berikut beberapa klep yang dapat ditemui di pasaran.
klep atau valve
DIAMETER 28/24 MM
Katup dengan diameter payung klep 28/24 mm memang paling diminati. Ukuran demikian ini cocok untuk di road race kelas 110 hingga 125 cc tergantung dari diameter piston digunakan. Biasanya diameter piston 56 dan 58 mm yang sering menggunakan klep ini. Diameter batang sering ditemui 5 mm. Klep seperti ini merupakan bawaan Honda CS1 dan Sonic.

DIAMETER 31/26 MM
Asalnya yang populer klep 31/25,5 mm merek EE dengan batang 5 mm. Banyak sekali yang menggunakan. Dari mekanik road race, drag bike sampai liaran. Tidak mau kalah, pihak Kawahara kini juga meluncurkan dengan ukuran 31/26 mm.

UKURAN 34/30 DAN 35/31
Ukuran klep lebar bukan saja milik Kawahara, ada juga merek SPS Racing Thailand. Ukuran 34/30 mm batang 5 mm digunakan untuk motor dengan kapasitas silinder 200 - 300 cc. Sedangkan yang cukup keren yaitu klep SPS Racing dengan diameter klep 35/31 mm. Punya batang yang cukup kecil hanya 4,5 mm. Bobot jadi ringan dan rendah gesekan.

NB: Paling penting lagi, diameter klep juga harus disesuaikan dengan power yang diinginkan di rpm berapa, karena diameter klep turut menentukan letak peak power.

Teknologi Motor Honda

Teknologi Motor Honda - Berikut beberapa teknologi yang diterapkan di motor Honda yang beredar di Indonesia.
CECS (Crankcase Emission Control System)
Menekan emisi gas buang dari udara pernapasan mesin dengan menyalurkannya kembali ke saringan udara sehingga menjadi udara yang hangat dan kembali masuk ke dalam ruang pembakaran melalui karburator sehingga pembakaran menjadi lebih mudah dan ramah lingkungan
Semua tipe Motor Honda menggunakannya

CECS
ADS (Auto Decompression System)
Kemudahan menstater motor dengan menggunakan kick stater (selahan kaki) dikarenakan pada saat mesin dimatikan, secara otomatis kompresi di dalam ruang cylinder di perkecil, sehingga pada saat mesin dihidupkan dengan di selah, akan terasa ringan
Dipakai pada semua tipe Bebek.


SASS (Secondary Air Suplay System)
Tekhnologi yang mengatur penyemprotan udara bersih (O2) kedalam saluran buang “exhaust port” agar bereaksi dengan gas sisa pembakaran ( CO & HC ) menjadi gas CO2 dan H2O yang tidak berbahaya dan memenuhi standar emisi yang ditetapkan oleh pemerintah, sehingga motor Honda sangat ramah lingkungan
Tekhnologi ini menempatkan Honda Supra X 125, sebagai pelopor sepeda motor ramah lingkungan di dunia, yang cukup menggunakan bensin premium yang tersedia di SPBU di manapun juga
Di pakai pada tipe motor ; Supra X 125, New Mega Pro, New Tiger, Vario

SASS
TSS (Throtle switch system)
Switch yang dipasang pada karburator, yang berhubungan dengan CDI Unit, yang fungsinya memberikan sinyal ke CDI dengan tujuan menyempurnakan proses pembakaran pada putaran mesin menengah dan tinggi, hal ini menyebabkan penghematan bahan bakar.
Dipakai pada tipe ; Karisma, Supra X 125
TSS
EPBS (External Primary Brake System)
Di pasang pada Kopling Ganda dengan tujuan untuk memperhalus perpindahan gigi pada saat start.
EPBS
Molybdenum Piston
Piston yang di lapisi bahan molybdenum, membuat pergerakan piston lebih lancar dan suara mesin yang halus, serta piston lebih awet
Tipe motor Karisma, Supra X 125, Vario
lapisan molybdenum
Roller rocker arm
Rocker Arm dimana bagian yang bergesekan langsung dengan noken as berupa Roller/bearing, sehingga pergerakan rocker arm lebih ringan, suara mesin lebih halus dan menghindari terjadinya keausan, serta dapat menghemat bahan bakar.
Tipe motor Karisma, Supra X 125, Vario
roller rocker arm
Crank case offset
Crank shaft di desain untuk menguragi kerugian gesekan (friction loss) antara piston denan dinding silinder sehingga tenaga lebih optimal

beda posisi piston saat dioffset
Secure Key Shutter
Sistem penguncian dilengkapi dengan cover bermagnet sebagai pelindung lubang kunci kontak (ignition key).
Kunci pengaman ganda lebih melindungi kendaraan dari pencurian
Tipe Motor ; Supra X 125, Revo, Vario, New Mega Pro, New Tiger
key shutter

Cara Menyetel Karburator SupraX 125

Cara Menyetel Karburator SupraX 125 - Berikut merupakan langkah atau tahapan menyetel karburator Supra X 125 dengan kondisi standar.

  1. Putar Sekrup Idle
    Arah memutar searah jarum jam untuk memperbesar RPM mesin hingga kira-kira 3000 rpm.
    baut setelan rpm stationer
  2. Putar Sekrup Udara
    Arah memutar searah jarum jam hingga mentok, pada kondisi ini mesin seakan-akan mau mati (RPM menjadi rendah).
    baut setelan angin-angin
  3. Putar kembali Sekrup Udara ke kiri
    Arah memutar berlawanan dengan arah jarum jam kurang-lebih 1,5 – 2 putaran, cari diantara posisi itu RPM (putaran mesin) tertinggi. Setelah didapat putaran tertinggi, kemudian kecilkan RPM dengan memutar sekrup idle ke kiri hingga didapat rpm 1300-1400 atau bila tidak menggunakan RPM meter bisa di cari pada RPM terendah dimana putaran mesin tidak terjadi pincang.
Kesulitan-kesulitan :
  • Apabila pada saat memutar air screw kemudian tiba-tiba mesin mati, maka putar sedikit sekrup idle ke kanan/perbesar rpm nya. Nyalakan ulang motor dan lanjutkan langkah ke-3.
  • Apabila RPM motor susah stabil/tidak bisa stabil/pincang2 coba dianalisa pada:
    1. RPM kurang tinggi (batas minimal 1300 rpm). Bila stationer di bawah 1300 rpm akan menyebabkan sirkulasi oli  tidak merata. Hal ini tidak baik untuk keawetan mesin.
    2. O-ring yang berada didalam sekrup mungkin rusak atau tidak ada. Apabila O-ringnya rusak/hilang sebaiknya ganti. Bila tidak ada dapat diakali dengan menggunakan karet seal yang berasal dari dalam karet korek api gas. O-ring ini berpengaruh karena berfungsi mencegah kebocoran udara dari dalam saluran air screw menuju keluar.

EX link, Teknologi Mesin Honda

EX link, Teknologi Mesin Honda - Ini terobosan Honda yang bakal bikin dunia motor gempar. Mereka bikin mesin amat efisien mengisap bahan bakar. Namanya teknologi Extended Expansion Linkage Engine, disingkat EXlink. Teknologi ini terinspirasi teori siklus mesin Atkinson yang dirilis 130 tahun lalu. Mesin 4 langkah EXlink terbilang unik. Karena, langkah tenaga (power stroke/PS) dan langkah pembunganan gas (exhust stroke/ES) menjadi lebih panjang 1,4 kali dari langkah isap (intake stroke/IS) dan langkah kompresi (compression stroke/CS). 
Perbandingan langkah isap mesin EXlink dan konvensional
Teknologi ini pakai 2 setang piston (connecting rod). Satu setang piston fungsinya normal. Ia menggerakkan piston naik-turun di silinder. Uniknya, setang ini terikat pada sumbu kruk-as pertama dan juga terhubung dengan setang lainnya yang disebut Swing Rod (SR). Penghubung setang pertama dengan SR adalah Trigonal Link (TL). Gerak setang piston kedua diatur kruk as kedua yang disebut Eccentric Shaft (ES).
Perbandingan langkah tenaga mesin EXlink dengan mesin konvensional(kiri).
Komponen di dalam mesin EXlink(kanan)
Untuk lebih jelasnya, mekanisme EXlink ini diawali dari gerak ES. ES memutar SR. Lalu, SR menggerakkan TL. Karena bentuknya trigonal, hasilnya gerak setang piston pertama saat PS dan ES jadi lebih panjang dari saat IS dan CS. Alhasil, proses pembakaran dan pembuangan pada mesin EXlink lebih sempurna dibanding mesin konvensional. Sebab, bahan bakar yang terisap ke ruang bakar akan habis terbakar dan terbuang bersih. Minusnya, dengan komponen tambahan tadi, gesekan di dalam ruang bakar jadi lebih banyak. Toh, sisi negatif gesekan tadi bisa ditutupi tenaga lebih yang dihasilkan.

Belum disebutkan, teknologi ini akan diterapkan di mesin atau motor Honda. Tapi, pasti bagus jika diproduksi massal.

Senin, 19 November 2012

Korek Road Race Honda Absolute Revo Standar

1. CDI Rextor Pro Drag
Pengapian di set untuk RPM 14.000 dengan kurva yang semakin advance pada RPM 11.000-12.000 di 31.8ยบ.

2. Knalpot R9
Knalpot R9 freeflow membuang gas sisa lebih lancar sehingga power dan torsi meningkat.

3. Karburator PWK 28mm
Karbu di set dengan pilot jet 60 dan main jet 112.

4. Noken As Custom
Noken as dibuat lift setinggi 9.5mm dan durasi 278ยบ.

5. Per Klep Jepang
Per klep aktif merek Jepang terbaru dengan tinggi 30.5mm dan warna biru yang sifatnya lebih keras namun jarak antar per nya lebih renggang.

6. Kompresi Mesin 13,3:1.
Agar tarikan cepat didapat, kompresi mesin dibuat 13,3:1 dengan cara papas head dan bubut piston.

7. Final Gear 14-40
Final gear dibuat ringan untuk mendukung akselerasi.

8. Gigi Transmisi Costum
Gigi I = 13-31 ; Gigi II = 17-28 ; Gigi III = 21-25 ; Gigi IV = 23-23

9. Klep 28mm (in) 23.5mm (out)
Klep gede milik Sonic mampu memperlancar aliran masuk gas segar.

Minggu, 18 November 2012

Korek Road Race Honda Blade

1. Noken As Custom
Noken as digarap ulang dengan lift 9.2mm dan durasi 272ยบ dengan LSA hingga 105.


2. Klep Sonic 27mm (in) 24mm (out).
Klep besar ini juga dapat dikombinasikan dengan per klep milik BRT.

3. Rasio Kompresi 13,2:1
Rasio kompresi dibuat tidak terlalu tinggi agar mesin lebih awet dan tahan.

4. Knalpot Kevlar.
Knalpot yang digunakan ialah AHRS-F4 model bundar.

5. Koil YZ125.
Koil ini mampu menaikkan power mesin cukup tinggi.

6. CDI BRT Super Pro.
CDI ini cocok dengan ubahan macam di atas.

7. Karburator Mikuni TM24.Dikombinasikan pilot jet 30 dan main jet 175.