Minggu, 13 Januari 2013

Tutorial Servis Kepala Silinder Honda C100

PELEPASAN KEPALA SILINDER TYPE HONDA C100.

  1. Lepaskan knalpot
  2. Lepaskan tutup kepala busi dan busi.
  3. Lepaskan baut-baut pemasangan manifold pemasukan.
  4. Lepaskan tutup lubang penyetel klep.
Lepaskan bagian-bagian berikut ini :
  1. Penegang rantai mesin
  2. Penutup lubang poros engkol dan tutup lubang waktu pengapian. Putar poros engkol berlawanan dengan arah jarum jam dan tepatkan tanda "T" pada rotor magnet dengan tanda penyesuaian di sebelah kiri dari penutup bak mesin.
  3. Pastikan bahwa tanda "O" pada bubungan sproket tepat dengan tanda penyesuaian pada kepala silinder.
  4. Periksalah torak pada titik mati (TMA) padalangkah kompresi dengan menggerakkan pelatuk.
  5. Lepaskan baut-baut, bubungan sproket dan pin dowel. 
  6. Tahan rantai mesin dengan sepotong kawat untuk menjaga agar rantai mesin tidak jatuh ke dalam silinder.

Lepaskan bagian-bagian berikut ini :
  1. Mur-mur penutup/cincin-cincin sil/cincin tembaga.
  2. Penutup kepala silinder.
  3. Gasket.
  4. Lepaskan baut pemasang kepala silinder dan kepala silinder.
Lepaskan bagian-bagian berikut ini :
- Gasket kepala silinder
- Collar (9,5 mm)
- Gasket karet (9 mm)
- Collar (14,8 mm)
- Ring.O (14,5 mm)
- Pin-pin dowel

PEMBONGKARAN KEPALA SILINDER.
  1. Lepaskan baut-baut dan tutup silinder sebelah kanan:
-Masukkan baut 8 mm ke poros pelatuk dan lepaskan poros pelatuk, pelatuk dan pelat stopper:
-Lepaskan poros bubungan dari kepala silinder:
-Lepaskan kuku-kuku pegas klep dengan menggunakan peralatan khusus seperti terlihat pada gambar:

KUNCI PERKAKAS
Valve spring compressor 07757-0010000
Valve spring compressor attachment 07959-KM 30101

PERHATIAN :
Untuk menjaga pengurangan gaya pemegasan, jangan menekan pegas-pegas klep lebih dari yang diperlukan pada saat melepaskan kuku-kuku klep.

Lepaskan bagian-bagian berikut ini :
- Pegas penahan
- Pegas-pegas klep bagian luar dan dalam.
- Klep.
- Sil tangkai klep.
- Dudukan pegas klep.

CATATAN
Tandai semua bagian yang dilepas sehingga dapat dikembalikan pada lokasi semula. Langkah Perakitan adalah kebalikan dari langkah pembongkaran, yang terakhir kali dibongkar adalah yang pertama kali dipasang.

PEMERIKSAAN KEPALA SILINDER.
Poros bubungan.
Putarlah bagian luar dari bantalan poros bubungan dengan jari-jari Bagian luar ini harus berputar dengan halus tanpa suara berisik. Juga periksa bahwa cincin bagian dalam bantalan dalam keadaan terpasang dengan erat pada poros bubungan. Gantilah poros bubungan jika bagian luar bantalan tidak dapat berputar dengan halus dan tanpa suara berisik,atau tidak terpasang erat pada poros bubungan.

Gunakan mikrometer untuk mengukur tiap tinggi bubungan.
BATAS SERVIS
MASUK 26,26 mm
BUANG 26,00 mm

Bubungan dekompresi.
Putar bubungan dekompresi dengan jari-jari. Pastikan bahwa bubungan dekompresi hanya dapat berputar searah jarum jam saja dan tidak dapat berputar berlawanan dengan arah jarum jam. Jika bubungan dekompresi rusak, gantilah poros bubungan secara utuh.
Periksa pelat penahan terhadap adanya kerusakan. Gantilah bila perlu.

Kepala silinder.

  • Buanglah kerak-kerak karbon dari ruang bakar.
  • Periksa lubang busi dan daerah-daerah disekitar
  • klep dari adanya keretakan-keretakan.

CATATAN: Jangan sampai merusak permukaan gasket.

Periksa kepala silinder terhadap adanya perubahan bentuk dengan mistar pengukur kelurusan dan sebuah lidah pengukur.
SERVIS LIMIT : 0,05 mm

Pelatuk.
Periksalah permukaan pelatuk dari keausan atau kerusakan. Juga periksa lubang-lubang oli jangan ada yang tersumbat.

Catatan : Jika pelatuk memerlukan servis atau penggantian,periksa bubungan terhadap goresan, potongan-potonganatau tempat-tempat yang datar karena keausan.Ukur diameter dalam dari pelatuk.BATAS SERVIS : 10,10 mm
Periksa poros-poros pelatuk dari adanya keausan/kerusakan.
Ukur diameter luar poros pelatuk.
BATAS SERVIS : 9,91 mm

KLEP.
Periksa masing-masing klep terhadap keolengan, keadaan terbakar, goresan-goresan atau keausan tangkai klep yang abnormal. Periksa gerakan klep pada bos klepnya, ukur dan catat
diameter luar masing-masing tangkai klep.
BATAS SERVIS : MASUK/BUANG : 4,92 mm

Reamerlah bos-bos klep untuk melepaskan kerak - kerak karbon sebelum memeriksa jarak-jarak kerenggangan. Masukkan reamer dari bagian atas ruang bakar dan putarlah reamer selalu searah dengan arah jarum jam.

KUNCI PERKAKAS
Valve guide reamer 07984 - MA60001.

Pegas klep.
Ukur panjang bebas dari pegas bagian luar dan dalam klep.
BATAS SERVIS :
Dalam : 30,9 mm
Luar : 34,0 mm
Gantilah pegas-pegas tersebut jika panjangnya kurang dari batas diatas.
BATAS SERVIS : 10,10 mm

BOS KLEP ( Valve Guide ).
Ukur dan catat diameter dalam masing-masing bos klep.BATAS SERVIS : MASUK/ BUANG : 5,03 mm
Kurangi diameter luar masing-masing tangkai klep dari diameter dalam bos klep.
Untuk memperoleh jarak renggang antara tangkai klep dan bosnya.
BATAS SERVIS
Masuk : 0,08 mm
Buang : 0,10 mm

Jika jarak kerenggangannya antara tangkai klep dan bos klep berada diluar batas, tentukan apakah pemasangan bos klep baru dengan ukuran standar akan membuat jarak kerenggangan berada dalam batas yang diijinkan. Jika demikian,gantilah bos klep dan reamerlah sampai pas.
Jika jarak kerenggangan antara tangkai klep dan bos klep berada di luar batas setelah diganti dengan bos baru, ganti klep-klep dan bos-bosnya dengan yang baru.

Catatan : Sekir dudukan klep jika bos klep diganti.

PENGGANTIAN BOS KLEP.
Dinginkan bos klep pengganti di dalam bagian pembuat es pada kulkas selama kurang lebih satu jam. Panaskan kepala silinder sampai 100-150° C dengan oven.

AWAS !! Untuk menghindari terbakarnya tangan, gunakan sarung tangan tebal pada saat memegang kepala silinder yang telah dipanaskan.


Topanglah kepala silinder dan dorong keluar bos klep dari bagian atas ruang bakar.
ALAT PERKAKAS :
Valve guide driver 5,0 mm 07942 - MA60000

Dorong masuk bos dari bagian atas kepala silinder.

ALAT PERKAKAS :
Valve guide driver 5,0 mm 07942 - MA60000. Biarkan kepala silinder mendingin sampai mencapai suhu kamar.

Reamerlah bos klep baru setelah pemasangan.Masukkan reamer dari arah atas ruang bakar dan putar selalu reamer searah dengan arah jarum jam.
ALAT PERKAKAS :
Valve guide reamer 07984 - MA60001
Gunakan minyak mesin bubut pada reamer selama pengerjaan ini. Bersihkan kepala silinder secara menyeluruh untuk membuang potongan-potongan logam yang ada. Skir dudukan klep (lihat bawah).

PEMERIKSAAN DUDUKAN KLEP/SKIR.
Bersihkan klep masuk dan buang secara menyeluruh untuk membuang kerak-kerak karbon.
Oleskan dengan tipis penanda (prussian blue) pada dudukan-dudukan klep. Putar klep-klep terhadap dudukannya dengan menggunakan selang karet atau alat pemutar lain.

Lepaskan dan periksa klep-klep.

CATATAN: Klep-klep tidak dapat diskir. Jika permukaan klep terbakar atau aus atau kontak dengan dudukan klep tidak teratur, gantilah klep dengan yang baru.

Periksa lebar dari masing-masing dudukan klep.

STANDARD : 1,0 mm
BATAS SERVIS : 1,6 mm

Jika dudukan terlalu lebar, terlalu sempit atau mempunyai daerah-daerah yang terlalu rendah, dudukan klep harus diskir.

PENGHALUSAN PERMUKAAN DUDUKAN KLEP.
Peralatan pemotong dudukan klep atau peralatan lainnya untuk menyekir klep disarankan untuk dipakai untuk mengoreksi keausan dudukan - dudukan klep.
CATATAN
Ikuti petunjuk kerja daripada pabrik pembuat peralatan pengerjaan dudukan klep.

Gunakan pemotong 45° untuk membuang kekasaran atau ketidak teraturan dari dudukan klep.
CATATAN
Skir dudukan klep dengan pemotong 45°jika bos klep diganti.

Gunakan pemotong 32° untuk membuang 1/4 dari bahan dudukan klep yang sekarang.
Gunakan pemotong 60° untuk membuang 1/4 bagian bawah dari dudukan klep lama.
Lepaskan pemotong dan periksa daerah yang telah diskir.

Dengan menggunakan pemotong 45°, potong dudukan klep sampai mencapai lebar yang sesuai.
STANDAR : 1,0 mm
CATATAN
Pastikan bahwa semua lubang dan permukaanyang tidak rata telah dihilangkan. Ulangi pekerjaan jika perlu.
Lapisi dudukan klep dengan lapisan tipis cairan penanda penoda (prussian blue). Masukkan klep
melalui bos klep sampai menyentuh dudukan klep dan membuat pola bidang kontak yang jelas.

CATATAN
Penempatan dudukan klep terhadap daun klep sangat penting untuk memperoleh perapatan
yang baik.
Jika bidang kontak terlalu tinggi pada klep, dudukan harus di turunkan dengan menggunakan alat pemotong datar dengan sudut 32°.

Jika bidang kontak terlalu rendah pada klep, dudukan harus dinaikkan dengan menggunakan alat pemotong dalam 60° (60° inner cutter).
Kerjakan dudukan sesuai spesifikasi menggunakan pemotong akhir 45° (45° finish cutter).

Setelah memotong dudukan klep, lapisi permukaan daun klep dengan ambril dan skir klep menggunakan tekanan ringan.
Setelah selesai menskir, cucilah sisa-sisa ambril dari kepala silinder dan klep.
CATATAN
Hati-hatilah agar amril tidak sampai masuk diantara tangkai klep dan bos klep.

PERAKITAN KOMPONEN KEPALA SILINDER.

  • Bersihkan kepala silinder dengan larutan pembersih tiup semua lubang-lubang saluran oli dengan udara bertekanan.
  • Pasang dudukan-dudukan pegas klep.
  • Pasang sil-sil tangkai klep baru.
  • Lumasi masing-masing tangkai klep dengan oli mesin dan masukkan klep pada bos klep.
  • Untuk menghindari kerusakan pada sil tangkai klep, putar klep perlahan-lahan pada saat memasukkan.
  • Pasang pegas-pegas klep dengan spiral yang lebih rapat-rapat menghadap ke ruang bakar.
  • Pasang penahan pegas klep.

Pasang kuku-kuku klep dengan perkakas khusus seperti terlihat pada gambar DIBAWAH INI:
Untuk mencegah kehilangan tegangan pegas, jangan menekan pegas klep lebih dari yang diperlukan.

KUNCI PERKAKAS :
Valve spring compressor 07757 - 0D10000
Valve spring compressor attachment 07959 - KM30101

Ketok tangkai-tangkai klep secara ringan menggunakan palu plastik seperti terlihat pada gambar di bawah ini sampai kuku klep duduk dengan mantap.
PERHATIAN
Topang kepala silinder di atas meja kerja untuk mencegah kerusakan pada klep.

Lapisi poros bubungan, bantalan poros bubungan dengan minyak pelumas bersih.
Pasang poros bubungan ke dalam kepala silinder dengan posisi bubungan menghadap ke ruang bakar.

Pasang pelatuk ke dalam kepala silinder.Letakkan pelat penahan seperti terlihat pada gambar dibawah :
Pasang poros pelatuk.
CATATAN: Pasang poros pelatuk dengan ujung yang berulir menghadap ke sisi kanan.

Pasang gasket baru pada sisi sebelah kananpenutup.
Pasang penutup sebelah kanan pada kepalasilinder seperti gambar dibawah:
Pasang dan kencangkan baut-baut pemasangan penutup sebelah kanan.
TORSI : 1,0 kg-m

PEMASANGAN KEPALA SILINDER.
Bersihkan sisa-sisa bahan gasket dari permukaan silinder.
Pasang berikut ini :
- Cincin-O baru, 14,5 mm
- Collar, 14,8 mm
- Collar, 9,5 mm
- Karet gasket baru, 9 mm
- Pin-pin dowel
- Gasket baru

Pasang kepala silinder.
Pasang gasket baru pada kepala silinder kemudian pasang penutup kepala silinder.
CATATAN
Pasang penutup kepala silinder dengan tanda panah menghadap ke bawah.

Pasang cincin-cincin sil baru dan mur-mur penutup.
CATATAN
Catat posisi dari washer tembaga yang baru.
Kencangkan mur-mur topi penutup kepala silinder dengan torsi pengencangan yang ditentukan.
TORSI : 1,4 kg-m
Pasang dan kencangkan baut-baut pemasangan kepala silinder.
Putar poros engkol berlawanan arah jarum jam dan tepatkan posisi tanda "T" dengan tanda penyesuai pada bak mesin kiri.

Pasang pin dowel ke dalam poros bubungan as.

Pasang sproket bubungan.
CATATAN
Pasang sproket bubungan dengan menepatkan tanda "O" dengan tanda penyesuai
di kepala silinder.
Pasang dan kencangkan baut-baut sproket bubungan dengan torsi pengencangan yang ditentukan.
TORSI : 0,9 kg-m.

Pasang gasket baru dan penutup sebelah kiri kepala silinder pada kepala silinder.
CATATAN
Tepatkan tonjolan pada penutup samping dengan tonjolan pada kepala silinder seperti terlihat pada gambar .
Pasang baut 6 mm dengan cincin washer baru ke dalam kepala silinder dan kencangkan.

Pasang cincin-O baru ke dalam alur daripada manifold pemasukan seperti gambar dibawah:

  • Pasang dan kencangkan baut-baut pemasangan manifold pemasukkan.
  • Setel jarak kerenggangan klep.
  • Oleskan minyak pelumas pada ulir-ulir tutup lubang penyetel klep.
  • Periksa cincin-O apakah masih dalam kondisi baik, pasang dan kencangkan tutup lubang penyetelan klep dengan torsi pengencangan yang ditentukan.

TORSI : 1,2 kg-m
  • Pasang busi dan penutup kepala busi.
  • Pasang penutup lubang pemeriksaan tertib waktu pengapian dan lubang penutup poros engkol

Sabtu, 12 Januari 2013

Alternatif Pemasangan Stut Kopling Untuk Bebek

Banyak pengguna bebek mengganti sistem transfer tenaga atau kopling sistem otomatis ke manual. Alasannya karena ingin akselerasi lebih responsif atau itu dilakukan buat bebek-bebek sudah agak berumur. Sebab biasanya otomatis kopling nya sudah ngambek minta diganti baru. Kalau otomatis kopling sudah aus, untuk mengganti diperlukan dana sekitar Rp 250-300 ribu. Kalau di-bikin kopling manual memang tidak beda jauh biayanya, tapi kan masalah otomatis kopling di atas, bisa dilupakan. Sebab memang akan dilas mati.
kopling manual di suzuki smash
Sayangnya, pada beberapa motor, hal itu juga punya konsekuensi sendiri. Dipstick perlu di-modifikasi atau dipotong biar tetap bisa dipakai. Padahal dipstik diciptakan pabrikan untuk memudahkan dalam hal mengecek volume dan kekentalan oli. Jadi masalah dong, kalau mengaplikasi kopling manual terus batang pengukur itu mentok dan kudu di-modifikasi (dipotong), jadi enggak bisa ngecek oli dengan benar.
dipstick
Tapi tenang, Anda tak perlu memotong dipstick. Ada cara gampang untuk mengakali nya  Intinya sih, penghalang dipstik harus dibasmi. Gunakan bor tangan dengan mata bor baja ukuran 12 mm, yang dibor rumah dudukan stut kopling. Tapi enggak usah khawatir, materialnya empuk kok, karena biasanya dibuat dari bahan aluminium.

dudukan stut kopling
Masih belum jelas? Baiklah akan dipraktikkan di Suzuki Smash yang bak koplingnya sudah mengaplikasi cara ini.
las titik otomatis kopling
Suzuki Smash
Untuk membuka bak kopling yang masih terpasang bisa gunakan kunci T-8, tapi jangan lupa untuk membuka knalpot dan footstep biar pengerjaan mudah. Tapi ingat, lihat dulu konstruksi rumah stut kopling, kalau terlalu mepet dengan las-lasan babetnya, penggunaan mata bor dapat disusutkan jadi ukuran 10 mm. Pokoknya jangan ganggu las-las an. Khawatirnya malah mempengaruhi kekuatan pegangannya. Bisa ngecek oli lagi, deh!
bagian yang mempengaruhi kekuatan pegangan

Rabu, 09 Januari 2013

Vertikal Gas Port pada Piston

Vertikal Gas Port pada Piston - Sebelumnya kita telah mengetahui banyak teknologi tentang piston, di antaranya piston dengan teknologi forged, teflon, offside, dan hi dome. Pastinya kita telah banyak mengetahui keunggulan dari masing-masing teknologi tersebut karena sering kali di bahas pada media-media otomotif tanah air. Namun, ternyata masih banyak teknologi-teknologi di luar sana yang belum kita ketahui seputar teknologi piston. Mungkin karena kita terlalu fokus berkutat dengan piston-piston kendaraan motor saja, sehingga lupa untuk mengeksplorasi pengetahuan tentang teknologi lain seputar piston.
vertical gas port
Teknologi piston yang akan di ulas kali ini datang dari piston kendaraan roda 4 tepatnya adalah mobil. Piston ini terbilang unik dan secara logika sangat menguntungkan untuk menjaga performa mesin untuk tetap stabil. Umumnya banyak di gunakan pada kendaraan sport endurance seperti pada balapan mobil nascar di USA. Namun tidak jarang juga di temukan pada kendaraan-kendaraan umum lainya.

Kok ada lubangnya? Apa ga takut kompresinya bocor? Itu dia kelebihanya! Lubang-lubang kecil tersebut berfungsi untuk mentransfer tekanan kompresi menuju bagian belakang ring dan mendesak ring ke dinding liner atau boring sehingga meminimalkan terjadinya kebocoran kompresi pada bagian celah antara ring piston dan liner.

maksud dari vertical gas port
Contoh gambar sebelah kiri adalah contoh piston yang menggunakan Radial Gas Port. Cara kerjanya dengan melalui perantara lubang kecil yang seperti pada umumnya kita temukan pada piston-piton kendaraan bermotor, di mana kompresi agak sedikit sulit untuk mencapai bagian belakang ring piston seperti pada contoh gambar di bawah ini
radial gas port
Namun jika menggunakan Vertical gas port, tekanan kompresi dapat langsung menuju pada bagian belakang ring piston dan menekannya pada dinding boring. Hal tersebut dapat memaksimalkan kinerja dari ring piston baik yang masih baru ataupun yang sudah haus termakan usia. Karna kinerjanya terjadi secara otomatis setiap kali terjadi kompresi hanya saja, jika menggunakan bensin premium yang mengandung timbal akan terasa sia-sia karna sisa keraknya akan menutup lubang-lubang gas port tersebut. Jadi di sarankan penggunaanya menggunakan bensin tanpa timbal

Sabtu, 05 Januari 2013

Aplikasi Paha Rem RX-King di Jupiter Z

Aplikasi Paha Rem RX-King di Jupiter Z - Di usia pakai yang sudah cukup lama, biasanya kinerja rem sudah mulai berkurang. Baik itu rem depan maupun rem belakang. Berikut sedikit tips biar kinerja rem makin maksimal. Terkadang kita harus ngerem dengan membejak pedal lebih dalam, khususnya untuk motor lawas. Masalahnya ada di tuas atau biasa disebut paha rem.
paha rem yamaha
Umumnya para bikers mengganti paha rem motornya dengan paha rem milik Yamaha RX-King. Karena secara ukuran lebih panjang dari paha rem bawaan Jupiter Z. Tapi rem belakang fungsinya tak terlalu besar, umumnya digunakan Cuma 30%-40% saja, selebihnya mayoritas yang digunakan adalah rem depan.


Nah, penggantian paha rem ini dimaksudkan untuk menghasilkan tekanan lebih baik pada rem tromol belakang, sehingga kaki tak perlu menekan tuas rem lebih dalam. Dan ingat, pahami dulu cara pengereman yang baik. Karena penggunaan rem belakang yang berlebihan saat laju motor kencang juga bisa membahayakan. Makanya, umumnya digunakan bersamaan dengan porsi tekanan 70-30 atau 60-40.

Jika diukur, panjang tuas Jupiter Z hanya 9 cm, sedangkan tuas rem RX-King adalah 12 cm. Logikanya dengan tuas yang panjang, kita tidak memerlukan energi yang besar untuk menginjak pedal rem, beda hal nya jika tuas rem berukuran pendek.

Jumat, 04 Januari 2013

Rawat CVT Supaya Hemat Uang

Rawat CVT Supaya Hemat Uang - Hingga kini motor matic tetap jadi idola baik bagi pria maupun wanita. Di samping pengoperasian mudah, tidak repot lagi. Nah, biar matic kesayangan gak cepat berubah alias tampilan dan tenaga masih tetap seperti baru, solusinya beri perawatan intensif, baik di sektor eksterior atau bodi dan mesin nya.
komponen di dalam CVT
Namanya produk dipakai, pastinya akan mengalami pengurangan performa dan tampilan. Tapi kalau dirawat dengan baik dan lakukan service berkala, itu akan menjaga umur mesin jadi lebih panjang dan akselerasi tetap terjaga. Selain itu, salah satu bagian vital mesin matik adalah bagian CVT karena bagian inilah yang akan mendistribusikan tenaga dari mesin ke roda.

Sebenarnya masalahnya hanya terfokus pada distribusi tenaga, untuk matic biasa menggunakan CVT. Apabila sistem ini tidak mendapatkan perawatan yang baik pasti akan mengalami kerusakan pada belt nya yang bisa menyebabkan bunyi berdecit.


Penting meminta bengkel untuk turut mengecek kondisi CVT saat servis, pemberian grease juga boleh. Bagian yang diberi grease adalah pulley primary dan secondary sheave. Penggantian roller juga bisa menambah daya tarikan. Apabila CVT tidak mendapatkan perawatan akan ada banyak biaya yang dikeluarkan untuk mengganti komponen yang rusak. Seperti V-Belt, Roller, Secondary Sliding Sheave dan Grease CVT.

Rabu, 02 Januari 2013

Karburator Two Vent (Dua Ventilasi Karbu)

Karburator Two Vent (Dua Ventilasi Karbu) - Pada dasarnya tiap karbu sudah memiliki ventilasi udara, namun karburator PE28 Thai ori maupun non ori memiliki satu buah vent beda dengan PE japan & SUDCO yang sudah mempunyai dua buah vent. Sebelum jauh kita harus mengetahui dulu Fungsi Vent (lubang udara) pada karbu, nah menurut rumah produksi SUDCO Vent berfungsi sebagai “Eliminates post jump bogging from fuel plugged vent passages”. Ya intinya sih mengurangi tenaga drop saat skep terangkat & udara melewati venturi karbu. Cara ini tidak dianjurkan bagi yang sayang banget karbu, karna tergolong extreem.
two vent ala Satria55.com
Berikut ini tips pembuatannya:
1. Siapkan pipa kecil berdiameter ±4mm dengan panjang ±10mm (bisa pake pipa kecil yang berada di intake motor yang sudah tidak terpakai).

2. Buat jalur vet baru dengan cara melubangi bagian atas vent karbu dengan mata bor ±4 mm.

3. Pasang pipa kecil tadi pada lubang yang sudah dibuat dengan cara di press (lem bagian pinggir pipa agar lebih kuat) & pasang selang agar tidak mudah kemasukan air dari atas saat hujan.

Bagaimana pemirsa, tertarik menerapkan tips dari bro Ata ini di PE28 anda? Bukan hanya PE28 nya jadi lebih keren setelah ditambahkan power jet dan two vent, performa karbu pun menjadi lebih baik terutama di putaran atas, dan tunggangan anda pun menjadi lebih nikmat dibawa ngacir.