Sabtu, 02 Februari 2013

Korek Harian Honda Astrea Star 120cc

1. Piston Standar oz 200 dengan diameter 52mm
Dome dibuat setinggi 1,5mm dengan coak piston untuk klep agar tidak berbenturan. Hasil kompresi pasti lebih besar dari sebelumnya. Pengapian dapat dimundurkan agar tidak terjadi knocking.

2. Kruk as Mocin Solomo dengan stroke 55.5mm
Kruk as Mocin Solomo memiliki panjang naik turun stang piston 55,5 mm, maka didapat kapasitas silinder 117cc. Jika dibulatkan menjadi 120cc.

3. Kalter Kopling Mocin Jialing Bangau
Penggantian kalter bak kanan dengan Mocin Jialing Bangau dimaksudkan untuk memasang pompa oli yang sudah menganut gir dan berputar ikut gir sentrifugal. Jadi tak perlu lagi as penyambung dari gir keteng kamprat ke pompa oli. Lubang kalter untuk silinder blok dicukur hingga ukuran 60,5mm agar dapat dibenamkan blok piston Mocin Bangau.

4. Kopling Manual Tangan
Kopling sentrifugal dilepas dan diganti balancer 800gr. Area kopling diganti model manual dengan kampas kopling Honda Tiger serta penambahan satu buah plat kopling. Per kopling Honda GL Pro yang telah dipotong disesuaikan dengan panjang yang sama dengan pir aslinya agar tidak terjadi slip kopling mubadzir yang menyebabkan terbuangnya tenaga dari ruang bakar.

5. Magnet dibubut menjadi 800gr
Magnet dibubut dan spul dari Honda Grand digulung ulang dengan tahanan yang lebih besar sedikit dari standar. Pengapian dan pengisian nantinya akan dibuat menjadi DC agar suplai listrik lebih stabil.

6. CDI Shogun Kebo dengan tipe pengapian DC
Pengapian dicomot dari Honda Grand full yang sudah digulung ulang dan CDI unlimiter Shogun Kebo.

7. Aki Honda Tiger
Aki Honda Tiger agar suplai listrik tercukupi dan arus yang lebih besar.

8. Porting n Polish
Port polish in dan ex wajib dilakukan guna mempercepat laju masuk keluar bahan bakar dan menambah power di putaran atas.

9. Noken As Custom
Noken as spesial putaran atas bikinan tangan biar nafas tidak cepet habis.

10. Karburator Suzuki Smash Reamer
Karburator Smash dengan skep Suzuki RC100 diameter 19mm. Jadinya dari luar terlihat kesan standarnya.

11. Knalpot Freeflow
Knalpot KW yang dibobok ulang atau merek kualitas biar suara tidak nyempreng.

Merawat Rantai Motor Agar Tetap Bersih & Awet

Merawat Rantai Motor Agar Tetap Bersih & Awet - Musim hujan sudah di depan mata, mungkin di sejumlah wilayah intensitas turunnya hujan sudah sering terjadi. Musuh utama bagi para bikers yakni genangan air (banjir) yang mengakibatkan motor terutama rantai motor jadi mudah kotor.
merawat rantai
Permasalahan yang paling serius yakni rantai roda (drive chain) jadi kotor akibat kondisi jalan yang becek. Itu membuat rantai motor jadi mudah kendur dan gampang putus atau copot serta rantai juga jadi sering muncul bunyai berisik. Ada cara mudah merawat rantai motor agar tetap bersih dan awet. Ada beberapa tips bagi para bikers yang setiap harinya selalu berurusan dengan motor untuk melakukan aktivitasnya.

  1. Atur ketegangan dan kebersihan rantaiUsahakan setelannya tidak sekedar kencang tapi juga Anda harus mengecek pin sambungan serta membersihkannya dari kotoran dan debu. Biasanya rantai motor itu kotor akibat oli atau pelumas yang sering kita gunakan. Ada baiknya Anda memeriksa rantai setiap 1.000 km.
  2. Cek pin rantaiPastikan pemasangannya sudah benar karena pin merupakan sambungan sekaligus pengunci sambungan rantai. Posisi pin itu cepat berubah. Terutama saat motor melaju kencang dan menerjang lubang. Otomatis tekanan rantai untuk mendorong motor jadi lebih besar. Itu biasanya yang membuat rantai cepat kendur.
  3. Bersihkan rantaiKotoran atau debu jangan sampai ada yang menempel. Bila tidak dibersihkan rantai akan cepat rusak dan mudah kering, berkarat dan cepat haus kakrena getas. Usahakan bersihkan rantai dari debu dan yang lainnya 1 bulan sekali. Beres dibersihkan lalu lakukan pemberian pelumas. Usahakan jangan pakai oli bekas tapi pake pelumas yang khusus rantai motor.
  4. Gunakan cairan yang telah dianjurkan secara merata.Saat melakukan pulumasan rantai usahakan motor di standar 2 lalu nyalakan mesin untuk mempermudah perputaran rantai saat dilumuri pelumas. Berikan pelumas secara merata karena kalau tidak nantinya bagian yang tidak kena pelumas akan mudah berkarat atau pin-nya kendur.

Jumat, 01 Februari 2013

4 Langkah Merawat Shockbreaker

4 Langkah Merawat Shockbreaker - Memiliki shockbreaker yang awet dan tidak cepat rusak merupakan impian bagi semua pengendara. Untuk mewujudkan impian tersebut ada baiknya Otolovers semua menjaga dan merawat shockbreaker yang ada pada kendaraan masing-masing. Kalau shockbreaker sudah tidak berfungsi dengan baik, maka Anda sendiri yang akan merasakannya.
shock arbsorber
  • Merawat shock breaker itu tidak rumit. Hal pertama yang harus dilakukan dalam merawat shockbreaker yakni membersihkan bagian stanchion atau lebih dikenal dengan tabung silinder shock depan dengan air biasa lalu keringkan dengan lap bersih sampai benar-benar kering.
  • Kedua, setelah benar-benar kering Anda berikan minyak finish line tipe wet di sekeliling karet stanchion. Ingat mengoleskan minyaknya harus dengan hati-hati dan perlahan.
  • Ketiga, setelah dioleskan minyak maka Anda lakukan penekanan pada shockbreaker. Ini fungsinya minyak yang sudah dioleskan itu akan naik mengikuti tingginya shock.
  • Keempat, setelah itu jika ada sisa minyak yang berceceran di sekeliling shockbreaker maka Anda harus membersihkannya. Caranya yakni cuci sisa minyak yang ada dengan air atau bensin dengan menggunakan kuas atau lap. Setelah itu kembali keringkan sampai benar-benar kering.
4 langkah itu terlihat cukup standar, tapi pengaruhnya besar. Umur shockbreaker Anda akan jauh lebih lama. Ya tadinya dapat bertahan 2 atau 3 tahun dengan perawatan itu bisa mencapai 3,5 tahun bahkan 4 tahun jika dilakukan rutin setiap 2 bulan sekali.

Mesin Bola Hüttlin-Kugel

Mesin Bola Hüttlin-Kugel - Bagi sebagian kalangan peneliti, mesin Otto merupakan mesin usang yang telah berumur 1 abad lebih. Untuk itu para insinyur mesin dari Swiss telah mengevaluasi mesin jenis lama dengan menciptakan jenis mesin baru yang meraka klaim lebih efesien. Jadi sistem kinerjanya berbeda dengan yang kita kenal selama ini dengan jenis mesin cylinder yang mempunyai mekanisme kerja naik turun. Mesin Hüttlin-Kugel motor berbeda namun tetap masi menggunakan pembakaran sebagai tenaga inti pergerakan dari mesin tersebut
Mesin Hüttlin-Kugel motor mesin di buat transparan
Mesin pembakaran internal yang berputar menggunakan sebuah piston jenis baru agak melengkung dan terdapat bola di belakangnya ini, menjanjikan peningkatan kinerja yang signifikan dan dapat di gunakan berbagai macam aplikasi.
Tampak mesin bagian dalam Hüttlin Kugel motor
Setelah beberapa tahun pembangunan secara intensif, Innomot perusahaan Swiss meluncurkan tipe baru mesin, Hüttlin-Kugelmotor (mesin bola Hüttlin) yang kinerjanya mencapai 34% di banding dengan kinerja bensin jenis lainya yang hanya sekitar 24%. Mesin baru ini disajikan dalam bentuk generator (Hüttlin-Range Extender-) yang menghasilkan listrik untuk bahan bakar kendaraan listrik hibrida, memperluas otonomi baterai (sehingga, Mobil di kota dapat menggunakan daya baterai dengan emisi nol, dan pada saat di perjalanan berfungsi sebagai genset). Sistem propulsi yang terdapat listrik baik dibangun ke roda atau mesin yang mendorong sumbu tertentu. 

Mekanisme kerja mesin dalam gambar 3 dimensi
Dalam versi ini Hüttlin-Range Extender-adalah generator yang menggunakan bahan bakar cair, menurut orang-orang Innomot. Jika dibandingkan dengan generator konvensional dengan mesin piston, Mesin ini lebih ringan karna tidak perlu membutuhkan volume yang besar termaksud biaya untuk produksinya

Dasar Kinematika dari motor bola.
Produsen mobil yakin bahwa masa depan milik mobil listrik, dan bukan hybrid-dan untuk itu alasannya mesin ini di buat. Prinsip dasar dari usulan penemu Jerman dari mesin baru, Herbert Hüttlin, adalah konversi awal langsung memungkinan gerak reciprocating dari piston menjadi gerak rotasi. Hal ini di gambarkan oleh Hüttlin pada gambar di atas. Ini terdiri dari kulit bola berisi rotor piston, yang berputar pada dua bantalan bola dan memiliki ruang pembakaran yang menggerakkan piston mesin kembar. Rotor terdiri dari bagian melingkar dengan dua saluran silinder berongga, bentuk arkuata, Dimana bola bergerak/sebagai panduan piston. Piston melakukan melingkar/reciprocating menghapus busur kecil. Sumbu rotasi rotor tegak lurus terhadap sumbu rotasi piston kembar. Energi yang dihasilkan diubah oleh stroke menggunakan piston langsung ke gerakan berputar.Ini merupakan mesin pembakaran internal yang dapat bekerja baik sesuai dengan siklus Otto, seperti bensin atau sesuai dengan siklus Diesel.

Hüttlin-Kugel motor sebagai power train hybrid.
Ini adalah motor yang sama seperti bola, tetapi dirancang sedemikian rupa untuk memberikan gerakan untuk poros, melalui transmisi fisik yang relevan (kopling, gearbox, diferensial). Mesin hybrid ini diperkenalkan tahun lalu, Pada pameran mobil internasional di Jenewa,
mesin bola Huttlin Kugel Motor
Berikut spesifikasinya :
Mesin : 2 × 590 = 1.180 cm3
Power : 78 kw / 100 hp lebih
Ilek daya : 60 kw
Torsi : 160-290 Nm
Rpm : 300 sampai 3.000
Efisiensi : lebih dari 34%
Konsumsi berkurang sebesar 20%
Ext. Diameter : 650 mm
Total berat: 58 kg

Perbandingan dalam hal konsumsi adalah mesin empat silinder 2000 cm3 (telah diuji dalam kondisi nyata), sementara dalam kasus rentang-extender (generator) konsumsi akan lebih sedikit. Bisa di pastikan bahwa Kugel motor Hüttlin dapat diproduksi dalam berbagai ukuran (besar, dan lebih kecil) dan ditempatkan tidak hanya di mobil namun bisa pula di motor atau jenis kendaraan lainya.