Minggu, 24 Maret 2013

Korek Harian Yamaha Alfa Standar

1. Atur ulang head cylinder.
Squish, kompresi, dan nat. Sebisa mungkin tidak ada gas yang terkurung alias dibuat terpusat ke arah busi semua saja.

2. Porting polish lubang transfer.
Lubang transfer cukup dihaluskan saja. Kalau mau perbesar lubang bilas jangan terlalu banyak.
contoh poring polish
3. Karbu King (VM26)
Karbu bisa menggunakan karbu king, tetapi jetting harus pas. Kalo nggak malah ngempos.


4. Knalpot Racing
Merek bisa seperti AHRS, atau bobok sendiri di tukang knalpot.



Tips Sehabis Ganti Aki Basah ke Aki Kering

Tips Sehabis Ganti Aki Basah ke Aki Kering - Beberapa orang mengeluh setelah beberapa bulan mengganti sepeda motornya dengan aki kering (sebelumnya menggunakan aki basah), mereka mendapati aki keringnya tiba-tiba soak. Digunakan untuk menyalakan motor starter tidak kuat.
rangkaian tambahan
Setelah diselidiki dan cari referensi sana-sini akhirnya terjawab sudah masalah tersebut. Ternyata system pengisian pada aki basah dan aki kering berbeda. Permasalahan timbul dikarenakan sama-sama menghasilkan tegangan 12 Volt, tetapi pada aki kering arus pengisian lebih kecil dibandingkan dengan aki basah. Nah jika dipaksakan dengan menggunakan arus yang besar, maka aki kering tersebut lama kelamaan akan jebol. Biasanya orang akan menambahkan tahanan/hambatan, tetapi ini akan mengakibatkan arus akan naik.

Cara mengatasi permasalahan tersebut kita bisa menambahkan rangkaian penyelaras voltase. Yaitu dengan memasang transistor dan IC regulator. Tipe transistor yang dipakai adalah 2N3055 sedangkan IC regulatornya menggunakan jenis PNP (positif negative positif) jenis 7815 (seperti gambar rangkaian di atas).

Jika anda tidak ingin repot, anda bias menggunakan kiprok bawaan asli sepeda motor yang menggunakan aki kering. Contohnya Suzuki Smash akan dipasang aki kering dapat menggunakan kiprok milik Shogun 125 yang menggunakan aki kering, untuk soket biar sama ganti sekalian milik Shogun 125.

Sabtu, 23 Maret 2013

Cara Mengganti Baut Tanam Knalpot Bengkok

Cara Mengganti Baut Tanam Knalpot Bengkok - Sering saat mengencangkan knalpot ke head bloknya, kita hanya mengencangkan satu sisi terlebih dahulu. Setelah kencang, baru kita pasang satunya. Cara itu salah karena membuat tekanan knalpot berbeda kiri kanannya. Kalau sudah terlanjur tidak menyadari, ya baut tanamnya yang bengkok. Kadang disertai dengan dudukan knalpot yang ikut melengkung.
baut tanam pengikat knalpot
Kalau sudah begitu ya harus beli baut tanamnnya lagi di toko baut. Beli yang materialnya baja biar awet dan menggunakan kunci L agar pemasangan mudah. Kalo tidak ada ya tetap beli yang sama dengan standarnya.
model baut tanam
Lepaskan baut tanam dengan menggunakan 2 mur yang saling dikencangkan satu sama lain di tengah baut tanam. Gunakan 2 kunci pas untuk mengencangkannya. Untuk membuka tinggal putar berlawanan jarum jam hingga lepas. Jika kesulitan ada baiknya menyerahkan pekerjaan ini di tukang bubut atau bengkel.
cara memasang baut tanam dengan 2 mur
Pemasangan tinggal putar baut tanam searah jarum jam dan kencangkan dengan menggunakan 2 mur dan 2 kunci seperti cara diatas. Hanya arahnya searah jarum jam untuk mengencangkan.

Papas Rocker Arm Imitasi Agar Layak Digunakan

Papas Rocker Arm Imitasi Agar Layak Digunakan - Tujuan memapas part penghubung kem dengan klep atau rocker arm imitasi ialah memperbaiki kinerjanya yang kadang desainnya tidak semestinya. Padahal, sepatu klep buatan Indonesia ini dari segi bahan sama kuat dengan orisinal. Kelemahannya ya mencong doang.
bagian yang terkadang kurang presisi
Tanda rocker arm yang kurang presisi dapat dilihat dari bekas tabrakan di topi klepnya. Itu bisa diakali sendiri dan layak pakai, bahkan sama kuat dengan barang asli. Tetapi jauh berbeda dari segi harga. Hanya coakan antara as pelatuk dan setelan klepnya yang diperdalam. Pakai gerinda untuk memapasnya.

Bila ini tak dipapas, pegas klep akan terus bersinggungan di situ. Akibatnya, klep tidak menutup maksimal, karena per klep sudah tertekan lebih dulu. Kompresi bisa bocor. Kalaupun hidup, menyetel celah klepnya akan ngaco. Tarikan juga loyo dan bahan bakar boros, kan kompresinya bocor.
dikikis agar tidak menabrak topi klep
Harga sih jauh dengan orisinal. Contoh untuk Yamaha Jupiter Z barang ori Rp 75 ribu sementara yang imitasi Rp 25 ribu. Untuk Honda Tiger lebih jauh lagi, yang asli Rp 165 ribu dan yang palsu, eh lokal Rp 35 ribu. Pokoknya, bila kantong lagi kempes cara ini boleh dipakai pada semua motor 4-tak. Cuma harus memodifikasi sikit dan ikuti saja bentuk rocker-arm yang asli. Tiap produk imitasi tidak sama berapa banyak bidang yang bersinggungan. Makanya tiru saja aslinya yang akan diganti.

Sesekali tempatkan pelatuknya pada kepala silinder. Itu triknya agar papasannya pas atau masih kurang. Lakukannya bertahap. Ya, kalau kurang papas terus. Bila kelebihan beli lagi. Kalau kelebihan terus, mendingan beli aslinya saja brosist.

Periksa Kampas Kopling Matic tiap 5.000 km

Periksa Kampas Kopling Matic tiap 5.000 km - Motor bertransmisi CVT akan mulai tidak nyaman ketika memasuki pemakaian 5.000 km. Kondisi seperti ini terjadi pada pemakaian di wilayah dengan iklim tropis. Udara panas dan berdebu mempercepat ketidaknyamanan itu.
komponen cvt matik
Sumber ketidaknyamanan itu terjadi karena penumpukkan debu di clutch carrier (kampas kopling). Akibatnya, ketika peranti ini harus menjalankan fungsinya, yang terjadi adalah daya cengkeram tidak berfungsi secara maksimal alias slip.

kampas kopling sentrifugal
Daya cengkeram clutch carrier yang tidak sempurna ini akan dirasakan saat mesin digeber dari kondisi stasioner ke putaran mesin lebih tinggi lagi. Akibat slip ini, vibrasi akibat bertambahnya torsi mesin akan merambat ke bodi. Yang paling terasa di bagian kaki dan setang kemudi.
pulley sekunder dan kampas kopling
Mengatasi kondisi ini, disarankan untuk melakukan pemeriksaan tiap 5.000 km pada peranti ini. Bila kedapatan kotor dan berdebu, bersihkan dengan cara disikat dan disemprot dengan bantuan kompresor.

Lari Tersendat Akibat Kampas Sentrifugal Habis

Lari Tersendat Akibat Kampas Sentrifugal Habis - Pada periode tertentu ada masanya bagi motor skutik akan mengejan saat berlari, alias tarikan terasa lambat walau sudah digas. Problem utamanya terletak pada kampas atau sepatu kopling yang sudah habis masa pakainya. Hal ini pun seperti dituturkan mekanik Yamaha yang berlokasi di Jalan Panjang, Jakarta Barat. Kalau tidak mau narik, persoalannya biasanya ada di kampas kopling yang sudah aus. Harus bongkar CVT, dan tinggal buka mangkuknya. Tapi awas, harus dengan alat minimal obeng karena kalau habis dipakai, bagian itu lumayan panas. Kampas itu sendiri bisa diganti tanpa mengharuskan kita membeli satu set kopling sentrifugal. Pembelian satu set memang disarankan agar kerja lebih maksimal, walaupun sebenarnya cukup dengan mengganti bagian itu.
komponen CVT matik
Mengapa kampas kopling bisa aus? Dalam CVT, dengan susunan bak planet mengorbit matahari, gigi-gigi berputar-berhenti-menahan gerak satu sama lain agar mendapatkan tahap gigi satu, dua, tiga, dan mundur atau lebih simpel lagi. Ia menggunakan 'payung' pulley depan-belakang (drive pulley dan driven pulley) yang berputar dan akan menguncup satu sama lain, dan terhubung dengan belt. Saat 'low gear' atau saat baru berjalan, radius drive pulley kecil, sedangkan driven pulley besar. Sementara saat 'high gear' adalah kebalikannya, radius drive pulley jadi membesar, driven pulley jadi mengecil. Gerak pulley ini ditahan oleh kopling yang berpusat di sepatu atau kampas kopling tersebut. Semakin sering dipakai, atau bahkan diajak jalan jauh ataupun sering menanjak dan bawa beban berat, makin cepat habis pulalah kampas kopling tersebut.

Aki Cepat Ngedrop

Aki Cepat Ngedrop - Accu motor cepet sekali ngedrop dan kira-kira tidak sampai satu tahun mati? Penyebabnya bisa dari berbagai hal seperti berikut:
  1. System pengisian tidak normal
  2. Sel-sel aki sudah jelek
  3. Untuk aki basah, air aki sudah jelek
  4. Pemakaian arus listrik berlebihan
  5. Ada kebocoran arus listrik / konsleting
Berikut ini adalah cara pengecekannya;
1. System pengisian tidak normal
Biasanya hal ini bisa di periksa dengan mengecek tegangan yang masuk ke battery menggunakan voltmeter alias AVOmeter, dengan cara colokkan kabel positif AVO ke kabel merah atau kutub (+) positif aki dan kabel negatif AVO ke kabel hijau atau ground alias kutub (-) negatif Aki, normalnya pada kondisi mesin mati tegannya minimal 12 volt, kemudian pada saat motor menyala dan gas ditarik pada AVOmeter akan bergerak naik menjadi 13 volt lebih dan maksimal 15volt. apabila pada saat motor di gas tidak mengalami kenaikan alias malah turun atau justru diatas 15volt, maka ada kerusakan pada system pengisian, jadi harus di periksa lebih lanjut.

2. Sel-sel Aki sudah jelek
Untuk aki basah mendeteksi sel aki jelek biasanya nampak banyaknya endapan kotoran dari sel aki di dlm aki itu sendiri, sedangkan utk aki kering tidak bisa diketahui karena terbungkus rapat dan tertutup di dalam aki. kerusakan sel aki biasanya terjadi apabila; aki tidak di gunakan terlalu lama dan atau usia aki yang sudah tua.
Sel  aki yang rusak
bentuknya tidak teratur
3. Air Aki sudah jelek
Untuk ngecek ini mesti pake alat ukur namanya Hydrometer, ini adalah alat yg digunakan untuk mengukur berat jenis air aki, untuk aki normal berat jenis air aki harus mencapai 1,27 – 1,29kg/cm3. apabila di bawah itu maka harus di cas ulang atau di ganti air aki.
Alat Hydrometer
4. Pemakaian arus berlebihan
Hal ini hanya di ketahui oleh si pemakai, biasanya komponen yang menyedot arus besar itu pada Klakson dan Lampu.
Aksesoris lampu dan klakson
merupakan penyebab arus dari aki cepat drop
5. Kebocoran Arus listrik
Kebocoran arus listrik bisa di analisa dengan cara menggunakan AmpereMeter atau AVO meter, cara ngeceknya dlm kondisi mesin mati lepaskan kabel negatif dari baterai. Hubungkan jarum (+) amperemeter ke kabel massa dan jarum (-) amperemeter ke terminal (-) baterai.

Sementara kunci kontak pada posisi off, kemudian baca pada layar AVOmeter, maksimal kebocoran yang diperbolehkan adalah 0,1mA, bila melebihi itu maka kemungkinan ada hubungan singkat atau ada arus yang keluar secara diam-diam sehingga dlm keadaan mati arus listrik terus kesedot, biasanya ini terjadi bila Anda menggunakan lampu variasi, klakson variasi atau bisa juga alarm, solusinya ya di lepas saja tuh aksesoris yang bikin Aki tekor.

Substitusi Karet Vakum Mio

Substitusi Karet Vakum Mio - Karburator mio merupakan karburator model Vakum yang mempunyai kelemahan yaitu karet Vakum yang mudah robek, karena sangat tipis dan sensitif terutama terhadap bensin. Kebanyakan karet Vakum Karburator mio rusak karena kesalahan pada saat membongkar karburator.
karet vakum karburator
Untuk para pengguna karburator seperti CBR150, MIO dan NOUVO bisa mengganti dengan karet Vakum punya Satria FU150 karena selain sama juga banyak dijual dan lebih murah serta lebih awet dan lebih tebal. Karet Vakum FU150 dipasaran sekitar RP. 20-30rb Suzuki Genuine Parts alias Sparepart resmi Pabrikan, sedangkan punya NOUVO atau MIO bisa 2-3 kali lipat harganya, belum lagi kadang harus menunggu dulu barangnya ada. Untuk CBR harganya bisa diatas Rp. 100Rb.

Tanda - tanda karet Vakum Karbu sobek terasa pada saat langsam yang tidak stabil/stasioner RPM yang kadang ketinggian atau kadang malah turun secara drastis alias ngaco, mesin saat idle tidak stabil.

Cara pemasangannya gampang kok, tinggal copotin karburator, copot membrannya, yang perlu diperhatikan saat pemasangan yaitu hindari dari Bensin yang bisa menyebabkan membran jadi melar dan lama kelamaan bisa tipis dan bikin sobek, juga hindari dari debu.

Bagi para pengguna MIO, NOUVO, CBR150 ada 3 keuntungan yang bisa didapat dari substitusi di atas :
  • Lebih murah Harganya.
  • Lebih Awet, karena lebih tebal.
  • Mudah didapat, karena banyak tersedia dibengkel resmi Suzuki.

Kombinasi Silinder pada Sepeda Motor

Kombinasi Silinder pada Sepeda Motor - Anda punya pilihan. Suara yang nyaring atau performa maksimal – tetapi Anda tidak dapat memilih duaduanya. Silinder yang lebih sedikit, bersuara besar dan berkaitan dengan sikap(atitud) pengendara motor dan budaya cruiser. Tetapi silinder yang sedikit membatasi rpm maksimal sepeda motor.

Ini berdampak pada performa, akselerasi, power dan torsi. Namun pada putaran rendah hanya ada sedikit untuk pilihan antara 2, 3 dan 4 silinder-.. biasanya 2 silinder memberikan torsi lebih pada putaran mesin rendah. Semakin sedikit silinder di mesin, semakin sepeda cocok untuk Trail, off-road dan kondisi MX (ektrim) karena kebutuhan untuk torsi lebih pada putaran rendah.

Semakin banyak Silinder yang ada, semakin sepeda cocok untuk jarak jauh di jalanan karena mesin semakin ‘halus’ . Vibrasi umumnya menurun dengan peningkatan jumlah silinder. Hal ini penting untuk touring jarak jauh. “

Berikut kombinasi yang ada pada mesin sepeda motor.
1. Silinder tunggal/satu
Yang paling dasar dari desain mesin sepeda motor yaitu dengan 1 piston, 1 silinder untuk bergerak ke atas dan ke bawah dan 1 busi. Mudah untuk memperbaiki, ringan, mudah untuk perawatan dan murah.
Terutama digunakan di sepeda motor kecil di mana torsi lebih penting dari power dan top speed. Karena menggunakan karburator tunggal, tidak pernah ada kebutuhan untuk melakukan “sinkronisasi karburator ” dan dengan demikian menghemat biaya.

Kelemahan Engine Silinder Tunggal adalah: ketidakmampuan untuk memiliki yang lebih. Karena hanya ada satu silinder itu sangat sulit untuk membuat mesin merasa halus saat berjalan dan karena tunggal memiliki getaran yang tinggi.

2. The In-Line Motorcycle Engine:
Konfigurasi di mana semua silinder dalam satu baris. Sebuah Paralel-Twin adalah sebuah mesin yang memiliki dua silinder ditempatkan sejajar satu sama lain dan vertikal. Sebuah Triple adalah mesin sepeda motor 3-silinder. Tata letak mesin di mana silinder tersebut diatur dalam sebaris, dan in-line dengan roda mesin.

a. In-Line Parallel Twin
In-Line Parallel Twin mesin motor dua silinder desain sejajar satu sama lain . Saat ini, mesin Twin paralel adalah tidak sepopuler dulu, tapi menghasilkan torsi seperti tunggal, namun ringan dan menghasilkan hampir dua kali lipat RPM dan memiliki tenaga kuda dan topspeed yang baik. Motor yang menggunakan desain ini memiliki keuntungan ringan, cepat, dan gesit. Karena mereka memiliki komponen hampir dua kali dan menggunakan karburator laras ganda pemeliharaannya lebih tinggi tapi tidak setinggi mesin In-line yang lain . Berkat memiliki dua piston dan dengan penggunaan counter balancers untuk melawan efek dari kekuatan piston mesin kembar paralel jauh lebih halus daripada tunggal.

Kelemahan dari kembar In-line Paralel adalah getaran lebih, RPM lebih rendah dan tenaga kuda lebih rendah dari mesin In-line lainnya.

b. In-Line Triple Cylinder :
Mesin In-LineCylinder Triple semakin sulit ditemukan saat ini. Keuntungan dari Triple Inline adalah: Mereka mampu menghasilkan RPM jauh lebih tinggi dan memiliki torsi lebih seperti desain In-Line four. Bobot lebih ringan dari In-Line four dan menggunakan part lebih sedikit. Selain itu getarannya berkurang karena piston dapat lebih mudah seimbang.

Kekurangan konfigurasi ini adalah part yang lebih mahal karena “kelangkaan” nya.

c. In-Line Four Cylinder :
Mesin raja kecepatan hari ini untuk tenaga kuda atas, kehalusan dan kecepatan tertinggi. Banyak sepeda menawarkan mesin ini karena fitur-fitur seperti ZX1200R, CB900F, GSXR750. The In-Line four diperkenalkan pada tahun 1968 pada CB750 Honda dan tidak ada mesin lain yang bisa menyamai itu pada saat pada strip drag. Sebagian besar ditemukan dalam kapasitas lebih besar dari 500cc karena ada kompleksitas dan ukuran piston diperlukan.

Kelemahan dari gaya ini adalah berat, kompleksitas, kurangnya torsi pada rentang RPM yang lebih rendah. Karena sebagian besar mesin in-line four menggunakan empat bank karburator biaya pemeliharaannya tertinggi untuk mesin in-line. Kehalusan mesin sangat bagus meski tidak sebagus gaya mesin Boxer.

d. In-Line Six Cylinder :
Sebuah mesin yang sangat kompleks diproduksi terutama pada akhir 70 dan awal 80-an. The In-line six dirancang baik dalam perang tenaga kuda, ukuran dan multi-silinder dan menjadi raja dari semua mesin. Hanya ditemukan dalam sepeda motor cc terbesar (seperti Z1300, CBX1000) dan menawarkan kecepatan akhir lebih besar, tenaga kuda dan kehalusan dari in-line four.

Sayangnya kelemahannya melebihi sebagian besar keuntungannya : Terlalu banyak bagian yang bergerak (moving parts), terlalu rumit untuk saat itu, terlalu mahal untuk perawatan dan terlalu berat. Sementara karburatornya sangat sulit untuk maintenance-nya. . Sayangnya, pasar tidak siap untuk mesin kompleks pada saat itu.

3. The V-Twin Cylinder Motorcycle Engine:
Tata letak Dua silinder di mana silinder membentuk “V” pada suatu sudut dengan blok transmisi.
Mesin V Twin dirancang dalam jumlah yang berbeda derajat (diukur dari tengah setiap piston untuk piston), semakin jauh terpisahkan sudut mesin semakin halus daripada menjadi tanpa kehilangan keuntungan atas desain V Kembar yang sempit. Tentu saja, semakin besar sudut V-Twin semakin panjang (dan besar) dalam ukuran (tetapi tidak semakin melebar).

Mesin V-Twin memiliki banyak keuntungan seperti: berat rendah, kesederhanaan, torsi tinggi, dan mampu memberikan rentang RPM yang baik. V-Twin juga memiliki beberapa kelemahan juga seperti: tenaga kuda dan kecepatan puncak lebih rendah dibandingkan dengan mesin multi-silinder lebih dari 3 , dan pada sudut V tertentu dapat memiliki vibrasi yang tinggi. Sudut 90 derajat memiliki vibrasi terendah.

V4 (Four) Cylinder Motorcycle Engines:
Sebuah kemajuan pada desain V-Twin untuk menghapus kekurangan yang melekat seperti getaran, kecepatan dan tenaga kuda. V-Empat adalah mesin yang baru dikembangkan (awal 1980-an) dan keuntungan yang ditawarkan sendiri seperti pengendaraan lebih halus, lebih banyak torsi dan tenaga kuda, dan kompleksitas sedikit daripada Line In-4/6 dan mesin Boxer.

4. Boxer Two Cylinder :
Dua-silinder mesin Boxer Twin menawarkan tingkat yang jauh lebih baik dari kehalusan selama mesin 45o Twin V-Twin dan Paralel, dan kompromi antara keduanya dalam hal RPM tinggi dan torsi kurang.
Kerugian adalah kedua kepala silinder menonjol di kedua sisi mesin, sehingga jarak cornering berkurang dan jauh lebih rentan terhadap kerusakan.
a. Boxer Four Cylinder :
Sejak tahun 1950-an, Boxer Empat adalah penerus Twin Boxer dalam kinerja dan kehalusan yang lebih ditingkatkan. Dengan 2 silinder menentang di kedua sisi mesin desain yang jauh lebih cocok untuk touring daripada sport (karena batas-batasnya menikung) tapi digunakan untuk keduanya. Empat Boxer menawarkan banyak keuntungan dari In-Line tetapi mengorbankan RPM yang lebih tinggi dan sempitnya desain untuk kelancaran. Lebih kompleks, sulit untuk menemukan aftermarket parts dan mahal untuk perawatan , sehingga popularitas mereka berkurang.

Sebagian besar ditemukan pada sepeda motor BMW dan Goldwing Honda sepeda motor touring tapi sulit untuk menemukan sepeda motor baru hari ini.

b. Boxer Six Cylinder :
Tampaknya sejarah berulang dengan pengenalan lain mesin 6 silinder 20 tahun yang lalu (lihat Honda Inline-Enam) dan tingkat kompleksitas tinggi masih ada di mesin ini. Seperti Inline Enam, mesin ini ditujukan untuk pasar Touring (dan kapal penjelajah listrik juga), apakah konsumen akan siap untuk itu? Sejauh ini setelah 4 tahun produksi, tampaknya ya.

Saat ini produsen yang menawarkan mesin ini adalah Honda. Jadi bagian yang mahal serta pemeliharaan juga sangat berat. Tapi untuk tur jarak sangat panjang, Anda tidak dapat menemukan mesin yang lebih halus di pasar. Keuntungan dari Enam Boxer banyak, jumlah tinggi torsi dan tenaga kuda, rentang RPM yang baik dan kehalusan seperti’ kaca’. Mereka hanya dibuat dalam ukuran yang SANGAT besar (1500cc) sekarang.


Ringkasannya :
Berikut bagan singkat macam konfigurasi mesin :


Kelebihan dan kekurangan mesin tunggal dan multi-silinder :

Mesin Silinder tunggal :
  • Sederhana
  • Torsi lebih penting dari power
  • Lebih ringan
Kekurangan :
  • RPM terbatas
  • sulit mencapai mesin yg halus
  • Vibrasi besar
Mesin Inline :
  • Torsi seperti tunggal, tapi RPM lebih tinggi
  • Power lebih besar
  • Jauh lebih halus dari tunggal
Kekurangan :
  • kompleksitas
  • berat
  • kurang torsi pada RPM rendah
Mesin V :
  • Halus
  • Tidak perlu tempat luas
  • Torsi tinggi pada range RPM yg luas
Kekurangan :
  • Kompleks
  • Vibrasi yg dipengaruhi sudut mesin
Mesin Boxer :
  • kehalusan dan performa mesin terbaik (touring)
  • kompromi RPM tinggi dan Torsi yg baik
Kekurangan :
  • Cornering terbatas
  • Mengorbankan RPM tinggi
  • Kompleks dan mahal.

Mesin Unik ala Ducati, Hanya 2 Silinder dan Tidak Lebih

Mesin Unik ala Ducati, Hanya 2 Silinder dan Tidak Lebih - Bagi insan roda dua, tentunya tak ada yang perlu ditanyakan tentang desain mesin motor. Semua pasti pada tau akan basis yang dipakai masing-masing motor tersebut. Seperti halnya Yamaha R1, motor ini menggunakan basis desain mesin inline-4, yaitu 4 silinder segaris/ sejajar dengan kapasitas 1000cc.
mesin 4 silinder piston
Beda Yamaha, berbeda pula Ducati. Masih banyak yang belum tahu akan basis mesin yang dipakai oleh motor yang bermarkas di Bologna, Italia ini. Banyak yang beranggapan bahwa meskipun memakai desain L-twin engine, Ducati tetap dibekali 4 silinder, nyatanya ‘TIDAK’.
mesin L twin Ducati
Ducati yang didesain khas L-Twin Engine, hanya dibekali 2 silinder dari masing-masing cabang yang berbentuk L dimana dulu berkapasitas silinder 1000cc sama dengan motor yang menggunakan 4 silinder. Namun seiring waktu, motor 2 silinder macam Ducati meningkatkan kapasitas mesinnya menjadi 1200cc. Dengan mesin berkapasitas besar segitu namun hanya 2 silinder, dipastikan masing-masing silinder akan memiliki ukuran jumbo.
hanya 2 silinder
Peningkatan kapasitas 1200cc, 2 silinder ini mungkin saja untuk mengimbangi perbedaan karakter kekuatan dengan mesin 1000cc 4 silinder. Bagaimana tidak harus ditambah, seorang Carlos Checa saat berlaga di sirkuit Monza yang berkarakter speedway mengakui akan kelemahan mesin Ducati di sirkuit berkarakter cepat seperti Monza. Dengan di support mesin ducati 2 silinder, 1200cc pun Checa pesimis untuk dapat unggul dari pembalap Yamaha, Honda dan lainnya yang bermesin 4 silinder.

mesin L twin
mesin V twin
Bukan berarti mesin 2 silinder macam Ducati kurang tenaga, dan overprice lho. Perbedaan yang ditawarkan Ducati, membuat motor asal italia ini menjadi unik. Apalagi didukung dengan teknologi desmodromic nya. Yang memungkinkan menggunakan klep silinder tanpa bantuan per klep seperti kebanyakan motor jepang, dengan teknologi ini ducati meng-klaim bahwa kekurangan model klep dimana dapat aus dan menyebabkan kerusakan mesin disaat ujung piston bertabrakan dengan klep dapat lebih diminimalisir. Semoga berguna.

Rabu, 20 Maret 2013

Apa itu Bahan Bakar

Apa itu Bahan Bakar - Bahan bakar adalah bahan yang apabila dibakar dapat meneruskan proses pembakaran tersebut dengan sendirinya, disertai dengan pengeluaran panas.
Jenis Bahan Bakar
Bahan bakar fosil, seperti : batubara, minyak bumi, dan gas bumi.
Bahan bakar nuklir, seperti : uranium dan plutonium. Pada bahan bakar nuklir, panas diperoleh dari hasil reaksi rantai penguraian atom-atom melalui peristiwa radioaktif.
Bahan bakar lain, seperti : sisa tumbuh-tumbuhan (biomass), minyak nabati (straight vegetable oil), minyak hewani, biofuel/biodiesel.

Komposisi Bahan Bakar
Bahan bakar umumnya tersusun dari unsur-unsur : C (karbon), H (hidrogen), O (oksigen), N (nitrogen), S (belerang), Abu, dll. Unsur-unsur ini dibedakan menjadi dua jenis, yaitu : Combustible matter adalah unsur-unsur yang jika terbakar akan menghasilkan panas, unsur-unsur kimia tersebut yaitu, C, H dan S. Non-combustible matter adalah unsur-unsur lain yang terkandung dalam bahan bakar namun tidak dapat terbakar, unsur-unsur tersebut yaitu O, N, bahan mineral atau abu dan air.

Sifat-sifat Bahan Bakar
a. Nilai Kalor (Heating Value)
Nilai bakar adalah panas yang dihasilkan oleh pembakaran sempurna kilogram atau satu satuan berat bahan bakar padat atau cair atau satu meter kubik atau satu satuan volume bahan bakar gas, pada keadaan standard.
Nilai bakar atas atau “gross heating value” atau “higher heating value” (HHV) adalah panas yang dihasilkan oleh pembakaran sempurna satu satuan berat bahan bakar padat atau cair, atau satu satuan volume bahan bakar gas, pada tekanan tetap, suhu 25 oC, apabila semua air yang mula-mula berwujud cair setelah pembakaran mengembun menjadi cair kembali.
Nilai bakar bawah atau “net heating value” atau “lower heating value” (LHV) adalah panas yang besarnya sama dengan nilai panas atas dikurangi panas yang diperlukan oleh air yang terkandung dalam bahan bakar dan air yang terbentuk dari pembakaran bahan bakar

b. Kadar Air di dalam Bahan Bakar (water content)
Air yang terkandung dalam bahan bakar padat terdiri dari : Kandungan air internal atau air kristal, yaitu air yang terikat secara kimiawi, kandungan air eksternal, yaitu air yang menempel pada permukaan bahan dan terikat secara fisis. Air dalam bahan bakar cair merupakan air eksternal, air tersebut berperan sebagai pengganggu. Air dalam bahan bakar gas merupakan uap air yang bercampur dengan bahan bakar tersebut.

Air yang terkandung dalam bahan bakar menyebabkan penurunan mutu bahan bakar karena :

  • menurunkan nilai bakar dan memerlukan sejumlah panas untuk penguapan,
  • menurunkan titik nyala,
  • memperlambat proses pembakaran,
  • menambah volume gas buang. 
c. Titik Nyala (Flash Temperature)
Titik nyala adalah temperatur terendah di mana uap-uap yang terbentuk dari suatu bahan bakar dapat terbakar apabila diberi sumber panas tanpa bahan tersebut sendiri terbakar (terbakar sesaat).

d. Titik Bakar (Combustion / fire point temperature)
Titik bakar adalah temperatur di mana bahan yang dinyalakan akan terbakar terus menerus apabila diberi sumber panas (biasanya kira-kira 30 – 40 °C lebih tinggi dari titik nyala).

e. Titik Sulut (Auto Ignition temperature)
Apabila campuran bahan bakar dimasukkan kedalam ruang bakar dan secara bertahap dipanasi, maka akan terbakar dengan sendirinya pada suhu tertentu, suhu ini disebut “self ignition temperature “ atau titik sulut. Titik sulut adalah suhu terendah di mana bahan dapat terbakar dengan sendirinya. Biasanya "temperatur operasi" lebih rendah dari titik sulut suatu bahan yang mudah terbakar . Contoh : gas alam sekitar 595 ºC.


Bahan bakar 
Flash point ºC 
Autoignition ºC

Methan
-188 
537

Ethan
-135 
472

Propan
-104 
470

Butan
-60 
365

n-Oktan
10 
206

I - Oktan
-12 
418

n-Cetan
135 
205

Methanol
11 
385

Ethanol
12 
365

f. Viskositas
Viskositas merupakan sifat bahan bakar (fuel oil) yang sangat penting yaitu memungkinkan bahan bakar tersebut dapat dipompakan atau tidak (pumpable) dan mudah dinyalakan atau tidak (flamable).

g. Sulfur content
Di dalam bahan bakar terdapat sulfur yang ikut bereaksi pada proses pembakaran dengan reaksi sebagai berikut :

S + O2 ---> SO2
2 SO2 + O2 ---> 2 SO3

Selanjutnya SO2 dan SO3 bereaksi dengan uap air (H2O) yang berasal dari udara pembakaran maupun
dari bahan bakarnya sendiri, dengan reaksi sebagai berikut :

SO2 + H2O ---> H2SO3 
2 SO2 + O2 ---> 2 SO3

Hasil reaksi tersebut di atas terikut dalam flue gas hasil pembakaran sehingga mempunyai sifat korosi asam. Namun tingkat korosi flue gas tersebut tergantung dari :

Konsentrasi SO3 dan H2O
Temperatur flue gas di stack, selalu dijaga lebih tinggi dari dew point

Melihat Kondisi Mesin Melalui Warna Oli

Melihat Kondisi Mesin Melalui Warna Oli - Mengetahui waktu penggantian oli mesin sangat penting untuk diketahui. Karena jika sampai telat masa penggantian, mesin akan cepat rusak. Secara umum penggantian oli mesin diukur dengan jarak tempuh kendaraan.
cek oli lewat dipstick
Dalam kaitannya dengan jarak tempuh bisa mengikuti buku panduan yang disediakan oleh pembuat produk kendaraan. Tapi di sini juga ada cara unik untuk melihat kondisi mesin dan masa penggantian oli dengan melihat warnanya. Cara sederhana dan hemat biaya ini, bisa kita lakukan sendiri di rumah.

Berikut warna oli mesin yang bisa dijadikan patokan waktu penggantian Oli.
1. Putih Pekat
Oli berubah menjadi warna putih susu jika tercampur dengan air. Hal ini bisa jadi karena kondisi mesin anda yang sudah kurang baik. Ada baiknya segera periksakan ke bengkel terdekat dan terpercaya, lakukan pengecekan. Jangan sungkan untuk memperbaiki sedikit saja kerusakan karena ini bisa memperkecil jumlah uang yang harus keluarkan.

2. Hitam
Warna oli berubah menjadi hitam bisa disebabkan oleh dua hal. Pertama akibat kendaraan telah menempuh perjalanan dengan jarak tempuh lebih jauh. Kedua karena terjadi kerusakan pada mesin. Jika hal itu terjadi disarankan untuk segera mengecek mesin mobil ke ahlinya.

3. Coklat agak kekuningan
Warna ini biasanya menunjukan kendaraan usai menempuh perjalanan dengan Jarak tempuh yang kurang lebih berkisar antara 1.000-2.000 km, sehingga membuat warna oli menjadi coklat kekuningan. Jika yang terlihat adalah warna tersebut masih dapat dikatakan normal.