Selasa, 22 Oktober 2013

Komparasi Jupiter Z1 dan Force 115

diagram perbedaan

Senin, 21 Oktober 2013

Piston Kaze di Jupiter Z

piston kaze
Piston Kaze di Jupiter Z - Aplikasi piston Kawasaki Kaze di motor Jupiter Z mampu mendongkrak kapasitas mesin menjadi 120 cc. Secara fisik, pen piston sama berukuran 13 mm dan panjangnya pun juga sama. Tinggi piston keseluruhan lebih panjang milik Kaze di bagian pantat piston nya. Agar tidak membentur bandul kruk as, sebaiknya pantat piston dikurangi agar tidak terbentur.
diagram perbedaan nya
Berikut ini merupakan langkah desain piston Kaze untuk Jupiter Z.

  1. Mengurangi pantat piston Kaze
    Mengurangi pantat piston bertujuan agar piston tidak membentur kruk as.
  2. Memapas blok 0.5 mm
    Papas blok 0.5 mm ini bertujuan untuk mengejar rasio kompresi kembali seperti awal. Rasio kompresi sekitar standar (9.3 : 1) dengan syarat jika kop tidak ikut dikepras. Akibat memapas blok, ketegangan keteng harus dicek kembali agar tidak kendur.
  3. Memperdalam coakan klep
    Coakan klep harus dibentuk menyerupai klep yang digunakan. Hal ini bertujuan agar klep tidak menabrak piston.

Sabtu, 19 Oktober 2013

Bore Up Jupiter/Vega Lama 115cc Menggunakan Piston Jupiter Z

Bore Up Jupiter/Vega Lama 115cc Menggunakan Piston Jupiter Z - Mengejar kapasitas mesin 115cc di Yamaha Jupiter/Vega dapat menggunakan piston standar Jupiter Z oversize 100. Biasanya langkah bore up ini tergolong mudah dan murah. Diameter piston Jupiter Z os 100 adalah 52 mm, sedangkan diameter piston Jupiter/Vega lama standar adalah 49 mm. Secara fisik, pen piston dan pantat piston adalah sama. Yang berbeda adalah ketinggian permukaan atap piston. Menariknya, pistonnya dapat dibubut untuk dibikin jenong agar menjadi piston racing. Untuk harian dapat mendongkrak tenaga motor secara drastis dan motor tetap standar.
hasil piston nya
Cara pemakaian piston Jupiter Z di Jupiter/Vega lama untuk harian adalah sebagai berikut:
  1. Membubut bagian kompresi piston dan dibentuk dome
    Bagian pinggir piston dibubut sejauh 7 mm sedalam 1.75 - 2 mm (1 - 1.5 mm untuk racing). Hal ini dimaksudkan agar deck clereance piston terjaga 1 mm dan blok tidak perlu menggunakan paking aluminium.
    piston standar dibubut jenong
  2. Membuat sudut dome piston
    Sudut jenong piston dibuat bebas. Agar dapat menggunakan premium dan bertenaga, sebaiknya sudut diatur 45° saja. Rasio kompresi sekitar 9.5 : 1, namun rasio ini harus tetap diukur lagi karena tidak pasti di lain piston.
    sudut jenong 45°

Jumat, 18 Oktober 2013

Bore Up dan Oversize Yamaha V80

Bore Up dan Oversize Yamaha V80 - Piston standar pabrikan rata - rata hanya menyediakan sampai oversize 100 saja alias lebih besar 1 mm dari standar. Ketika motor sudah oversize 100, biasanya harus kembali ke standar dengan ganti liner atau sekalian bore up dengan piston yang lebih besar. Berikut ini saya hanya sharing tentang oversize motor Yamaha V80 yang tergolong jadul dan sulit menemukan sparepart nya.
piston kit NPP
Pada Yamaha V80, pabrikan Yamaha hanya menyediakan piston ukuran std, 25, 50, 75, dan 100 saja. Nah, piston motor V80 ku sekarang sudah baret karena kekurangan pelumas oli samping. Setelah saya pikir - pikir, sekalian saja bore up kecil - kecilan nih motor agar menekan biaya.

Berputar sekota Jember, akhirnya saya menemukan toko yang menjual piston V80 oversize 150 dan 200 merek NPP. Piston nya sudah dalam paket atau 1 kit (piston, ring piston, clip, dan pen). Wah mantap juga pikirku. Harga nya pun sungguh menggiurkan, hanya Rp. 90.000,- 1 kit nya.

Yang harus dilakukan adalah kolter blok standar di tukang bubut. Untuk sisa ketebalan liner masih dalam batas aman untuk harian. Lakukan jetting spuyer lagi agar tidak kering. Kapasitas mesin sekarang 84.2 cc (piston oversize 150) dan 86 cc (piston oversize 200).

Yang perlu diketahui adalah ketinggian lubang bilas dan lubang buang semakin berubah ketika diameter diperbesar. Saran agar merubah lagi ketinggian lubang agar power mesin tidak tertahan.

Kamis, 17 Oktober 2013

Piston Tiger di Yamaha Jupiter Z

contoh piston Jupiter (kiri) dan Tiger (kanan)
Mengejar kapasitas mesin Yamaha Jupiter Z acap kali dilakukan agar performa motor semakin ganas. Biasanya langkah bore up menggunakan piston Tiger. Diameter piston Tiger adalah 63.5 mm, sedangkan diameter piston Jupiter Z standar adalah 51 mm. Secara fisik, tinggi piston pun juga berbeda. Panjang piston keseluruhan adalah 39 mm (Jupiter Z) dan 49.5 mm (Tiger). Piston Tiger lebih tinggi 6.5 mm jika diukur dari pen piston. Bagian pantat piston pun harus dibuang sebagian agar tidak bertabrakan dengan kruk as.

diagram perbedaan nya
Cara pemakaian piston Tiger di Yamaha Jupiter Z adalah sebagai berikut:

  1. Membubut bagian kompresi piston dan dibentuk domeBagian pinggir piston dibubut sejauh 5 - 8 mm sedalam 2 mm untuk harian, dan 1 - 1.5 mm untuk racing. Hal ini dimaksudkan agar deck clereance piston terjaga dan blok tidak perlu menggunakan paking aluminium.
  2. Membuat sudut dome pistonSudut jenong piston dibuat bebas. Semakin landai maka rasio kompresi semakin kecil. Hal ini bertujuan agar bisa mengkonsumsi premium (rasio kompresi premium 8-10 : 1).
  3. Membuat coakan klepCoakan klep perlu dibikin ulang menyesuaikan klep yang akan digunakan.

Rabu, 16 Oktober 2013

Korek Harian Yamaha Mio Standar

1. Roller aftermarket
Untuk roller dapat menggunakan bobot 9 - 11 gram agar tarikan lebih terasa. Saran menggunakan 10 gram saja agar tidak terlalu mengorbankan top speed.
roller merk Kawahara 10 gram
2. Per CVT
Per CVT menggunakan tingkat kekerasan 1500 rpm saja. Biasanya kelir warna putih.
per CVT merk CLD dengan berbagai macam tingkat rpm
3. CDI Yamaha Fino
CDI nya memiliki soket sama dan tinggal pasang. Kalau ada dana sebaiknya menggunakan CDI BRT saja agar performa dan keiritan bahan bakar dapat terjaga.
cdi Fino kode part 5VV
4. Noken as Kawahara
Untuk noken as kawahara dapat menggunakan K1 sebagai resep harian. Bawaannya semakin kuat ke akselerasi perkotaan.
noken as merk Kawahara
5. Setting Karburator
Karburator perlu disetting ulang. Kira-kira PJ 40 dan MJ 105-120 tergantung kondisi setempat.
setting spuyer agar hasil maksimal
6. Knalpot bobokan
Kalau mau modif knalpot ya dibawa ke tukang bubut atau dibobok halus. Suara tetap adem tanpa ada suara berisik. Jika tidak menghiraukan lain-lain silahkan menggunakan knalpot freeflow agar performa lebih terasa. Hanya saja suara keras dan harus rajin mengecek glasswol nya.
knalpot original dibobok halus

Perhatikan Etika Penggunaan Klakson

Perhatikan Etika Penggunaan Klakson - Klakson pada sepeda motor, sejatinya berfungsi sebagai alat komunikasi untuk memberi kode pada pengendara atau orang lain bahwa kita ada di sekitar mereka. Namun, nyatanya masih banyak pengendara yang menggunakan klakson dengan seenaknya sehingga justru mengganggu orang lain, yang bahkan berpotensi menimbulkan keributan.
letak tombol klakson
Lihat saja di sejumlah persimpangan atau di lampu lalu lintas, bunyi klakson bersahutan menimbulkan suara bising yang akhirnya hanya akan mengganggu orang lain. Nah, sebenarnya bagaimana sih etika menggunakan klakson yang benar, sehingga tidak membuat orang lain terganggu? 

Klakson secara ideal tidak digunakan untuk mengusir atau meminta jalan pada pengguna jalan lainnya. Fungsi klakson tak lain adalah memberi tahu pengguna jalan lain bahwa kita ada di dekat mereka. Penggunaan klakson dapat harus dibuat minim, murni untuk memberi kode saja. Jadi seperlunya saja dipakai, jangan dikit-dikit dipencet. Untuk cara penggunaannya, disarankan untuk menggunakan metode ‘friendly tap’ alias cukup satu atau dua kali ketukan pendek, jangan lebih dari itu apalagi menekan klakson dalam waktu yang panjang.

Terakhir, klakson yang digunakan hendaknya tetap menggunakan bawaan pabrik, tidak perlu di-modifikasi dengan klakson yang lebih besar suaranya. Asli dari pabriknya sudah cukup, kalau terlalu besar justru bisa membuat kaget dan mengganggu pengguna jalan lainnya. Jadi, sudahkah kita bijak dalam menggunakan klakson?

Selasa, 15 Oktober 2013

Gigi Sentrik Adjustable TK Racing

Gigi Sentrik Adjustable TK Racing - Yang suka oprek mesin mobil pasti sudah familier dengan "adjustable camshaft gear", gear yang menempel sekaligus menggerakan camshaft alias kem ini bisa diatur. Digeser-geser untuk mengubah timing bukaan kem. Ingat cuma waktu buka-tutupnya saya ya, durasinya tetap.
sentrik adjustable
Nah, pada sepeda motor belum banyak part seperti ini. Tapi sebenarnya ada, salah satu yang memasarkan adalah TK Racing. Ya ini baru dari TK Racing, gigi sentrik yang bisa di adjust. Bahannya berkualitas sehingga memiliki performa dan durabilitas yang baik. Harganya cuma Rp 150 ribu lengkap dengan bonus kunci L. Komponen ini tersedia untuk Honda Blade, Revo, Supra, BeAT, Karisma, GL Pro dan Tiger. Sedang Yamaha ada untuk Mio dan Jupiter Z.

Senin, 14 Oktober 2013

Slipper Clutch Kawasaki New Ninja 250

Slipper Clutch Kawasaki New Ninja 250 - Kawasaki New Ninja 250Fi di luar negeri dibekali mesin 300 cc, makanya jadi Ninja 300. Tak hanya kapasitas naik dengan memperpanjang stroke, Ninja 300 juga mengaplikasi slipper clutch (SC), sistem di kopling bertujuan untuk memberi efek selip saat deselerasi. Engine brake jadi enggak berlebihan. 
perangkat slipper clutch
Karena engine brake mengecil, roda belakang enggak mudah mengunci sehingga lebih safety, terutama di lintasan basah. Kelebihan lain dengan minimnya engine brake, stress rantai, gir dan ban berkurang jadi lebih awet.
detail slipper clutch
Slipper clutch cara kerjanya enggak terlalu rumit. Rangkaiannya ada di rumah kopling bagian luar. Cover kopling modelnya dibikin bisa mengembang dengan cara bergeser, makanya ada semacam alur miring yang bekerja satu arah (gbr.2), termasuk juga lubang per kopling yang hanya 3 juga panjang (gbr.3), sehingga bisa bergeser. Saat deselerasi kala kopling dapat tenaga dari roda, cover akan bergeser mengembang sehingga gesekan kampas dan plat kopling berkurang, beban putaran roda ke kruk as jadi berkurang. 

Enggak semua kampas dan plat yang bekerja saat SC mengembang, hanya 2 kampas dan 1 plat yang ukuran lebih kecil dan posisi paling luar (gbr.4). Sistem SC milik Ninja 300 ini bisa dipasang ke Ninja 250Fi secara plug n play. Anjany Racing yang beralamat di Jl. Arteri Kelapa Dua No. 21 Kebon Jeruk, Jakbar ini menjualnya satu set Rp 2,5 juta, berikut kampas dan plat kopling (gbr.5). 

Sabtu, 12 Oktober 2013

Membran Standar Kawasaki KX85 Bisa Untuk Racing

Membran Standar Kawasaki KX85 Bisa Untuk Racing - Ilmu ini didapat langsung dari Taufik Ompong, joki sekaligus pemilik tim OP27, Jogja. Spek motor mereka khususnya Kawasaki Ninja 150 langgangan juara. Ninja rangka standar misalnya, sampai saat ini masih pemegang poin tertinggi di Pertamina Drag Bike (PDB) garapan Trendy Promo Mandira (TPM) itu.
membran Kawasaki KX85
Artinya, tips ini bisa didengar bro, syukur-syukur mau dicoba. Bukan hanya untuk balap, sekadar mempercepat akselerasi harian Ninja 150 juga bisa. Apalagi yang sudah dikorek harian dengan kenalpot racing yang free flow. Ini untuk membantu padatnya kompresi bahan bakar awal di ruang crank case ala 2-Tak.

Gunakan valve-reed atau daun membran Kawasaki KX85. Itu loh, special engine untuk motocross yang membrannya sudah kompetisi. Bukan hanya untuk Ninja, mesin yang 2-tak lain juga bisa tapi butuh penyesesuan pada lidahnya. Di-gunting-gunting disamakan dengan aslinya juga bisa.
terpasang di rumah membran
Beli lidah membran-nya di dealer langsung Kawasaki. Juga bisa di toko-toko suku cadang motocross. Harganya sekitar Rp 350 ribu, bahan lebih kuat dan efisien menyalurkan kabut bahan bakar dari karbu. Juga awet, tahan panas dan performa terasa naik. Lebih murah memang ketimbang beli lidah V-Force 3 yang sampai Rp 850 ribu.

Daun membran ini mampu kerja di rpm tinggi, karena aslinya sudah racing. Silakan dicoba dan sesuai kantong sampeyan.

Jumat, 11 Oktober 2013

Membersihkan Kerak Mesin Dengan Engine Cleaner

Membersihkan Kerak Mesin Dengan Engine Cleaner - Agar performa mesin tetap terawat, tentu sangat diperlukan perawatan berkala. Ternyata tidak perlu peralatan yang rumit dan ilmu sampai sekolah tehnik, apalagi harus ke bengkel. Cukup siapkan kunci busi dan budget Rp 40 ribuan saja untuk membeli engine conditioner sudah sangat membantu Anda.
ilustrasi penggunaan engine cleaner
Caranya adalah dengan membuka businya terlebih dahulu. Semprotkan engine conditioner yang ada secukupnya, lalu diamkan untuk beberapa saat. Pendiaman ini bertujuan agar formula engine conditioner bereaksi dan merontokkan semua kerak pada dinding silinder cop.

Selanjutnya, pasang kembali busi dan hidupkan mesinnya. Mainkan gas hingga keluar asap pada knalpot. Jika memang terdapat kotoran, asap akan berubah warna menjadi kecoklatan. Ulangi cara ini hingga beberapa kali persis seperti cara-cara di atas untuk silinder bisa tetap bersih maksimal.

Kamis, 10 Oktober 2013

CDI Suzuki RC di Kawasaki Ninja 150 R

CDI Suzuki RC di Kawasaki Ninja 150 R - Tips penggunaan CDI Suzuki RC tentu untuk mendongkrak performa di Ninja 150 tipe R (tipe R adalah AC, sedangkan RR tipe DC). Ada tiga alasan tips ini layak dirujuk. Buktinya lagi-lagi dari arena balap untuk labotarium harian. Di drag bike CDI Suzuki RC sering dipasang pada Kawasaki Ninja 150 R rangka standar yang mirip-mirip korek harian. Best time-nya bisa 7,5 detik, salah satu pendukungnya CDI tersebut.
CDI Suzuki RC100
Disebut simpel, lantaran cukup beli di bengkel motor Suzuki atau dealer-nya, itu kalau ada di kota sampeyan. Soalnya, sudah banyak yang hilang dealer Suzuki di kota-kota besar, ada pun hidup segan mati tak mau. Sebelum ke sana sedia dulu dana. Jangan khawatir, harganya paling tinggi itu CDI cuma Rp 90 ribu.

Simpel belinya, simpel juga memasangnya. Hanya ada tiga kabel yakni menuju spul, koil dan massa. Lalu tinggal pasang pada dudukan aslinya. Paling penyesuaian pada timing pengapian. Kalau itu masing-masing motor berbeda sesuai karakter, bisa pakai 14 derajat sebelum TMA.

Untuk Ninja 150 RR tentu merubah kelistrikannya seperti Ninja 150 R terlebih dahulu sebelum memakai CDI RC ini. Alangkah lebih baik lagi dengan dana yang hampir sama, Ninja 150 RR menggunakan CDI DC programmable yang lebih bagus performanya.