Minggu, 23 November 2014

HCS di Suzuki Smash Titan

HCS di Suzuki Smash Titan - Ini merupakan hasil HCS yang terpasang di motor paman. Spesifikasi motor nya adalah Suzuki Smash Titan dengan ubahan knalpot yang lebih lepas sedikit. Karburator menggunakan standar dengan pilot jet #15 dan main jet #97.5. Setelah memasang HCS, terindikasi bahwa pilot jet terlalu besar sehingga motor mbrebet meskipun fuel-air screw (angin-angin) terbuka penuh. Segera karburator dibongkar sekaligus servis dan dibersihkan dan pilot jet diganjal serabut kawat email spul.
alat dan bahan HCS
HCS di Suzuki Smash Titan
Setelah dipasang kembali, karburator disetting ulang. Didapat putaran angin-angin sejauh 2.5 putaran. Stationer normal di 1200-1300 rpm. Tidak ada gejala nembak, raungan mesin normal. Test ride pun dilakukan. Karakter motor mirip juga dengan Jupiter Z sebelumnya dan motor hanya perlu dibuka gas sedikit saja sudah sanggup melaju 60 kpj di gigi 4.

Berikut detail gambar nya.
uap bensin dari tangki
katalis panas di knalpot
kran setting HCS
pilot jet minta lebih kecil dari standar

Jumat, 21 November 2014

Mesin Papas Noken As/Grinding Camshaft

alat bubut noken as
Rp. 4.700.000,- /tanggal 18 November 2014
(Belum termasuk ongkos kirim)

SATU PAKET CAMSHAFT GRINDING MACHINE III (MESIN BUBUT NOKEN AS SERI III) TERDIRI DARI :
  • 2 Buah Dual Indicator
  • 1 Buah Magnetic Base
  • 1 Buah Busur Derajat (Bahan dari Acrylic Bening dengan Ketebalan 8mm yang digravier dengan sistem laser cutting)
  • 1 Buah Tatakan Amplas untuk memapas, Diameter 18.5cm (Bahan Aluminium Cor).
  • 1 Buah Tatakan Amplas Diameter 9.5cm untuk Finishing (bahan Aluminium Cor).
  • 1 Buah Cekam Tambahan untuk memegang camshaft.
  • 2 Buah Batang Stopper/Pengunci Durasi.
  • 1 Buah Jarum Penunjuk.
SPESIFIKASI MOTOR :
  • 125 Watt, 0-1950 RPM. (Kecepatan Putaran Motor dapat diatur sesuai dengan kebutuhan dengan Saklar)
Contact Person : +6281 234 48468 (Jamal)
Workshop : Jalan Cemara No. 49 Kelurahan Ketami Kec. Pesantren Kota Kediri Jawa Timur.

Kamis, 20 November 2014

HCS di Yamaha Jupiter Z Burhan

HCS di Yamaha Jupiter Z Burhan - Ini merupakan hasil HCS yang terpasang di motor temanku. Spesifikasi motor nya adalah Yamaha Jupiter Z tahun 2007 dengan ubahan piston oversize 50 + paking selembaran. Karburator menggunakan standar dengan pilot jet #17.5 dan main jet #105. Setelah memasang HCS, terindikasi bahwa pilot jet terlalu besar sehingga motor mbrebet meskipun fuel-air screw (angin-angin) terbuka penuh. Segera karburator dibongkar sekaligus servis dan dibersihkan dan pilot jet diganjal serabut kawat email spul.
HCS di Yamaha Jupiter Z
Setelah dipasang kembali, karburator disetting ulang. Didapat putaran angin-angin sejauh 2 putaran. Stationer normal di 1200-1300 rpm. Tidak ada gejala nembak, raungan mesin normal. Test ride pun dilakukan dan motor hanya perlu dibuka gas sedikit saja sudah sanggup melaju 60 kpj di gigi 4. Konsumsi bensin pun irit, 1 liter premium sanggup menempuh 60 km.

Penghitungan Jarak Angkat Klep

Penghitungan Jarak Angkat Klep - Untuk memperkirakan jarak angkat klep (lift klep) diperlukan beberapa data yaitu lift noken as, rasio rocker arm, serta celah klep yang digunakan. Lift noken as (C) diperoleh dengan mengurangi tinggi bubungan noken (x) dan diameter noken (y). Rasio rocker arm didapat dengan perbandingan antara lengan klep (B) dan lengan noken as (A). Celah klep (D) yang digunakan turut mempengaruhi lift klep. Berikut gambar nya agar lebih jelas.
komponen yang berpengaruh di lift klep

Modifikasi Lift Noken As/Camshaft

Modifikasi Lift Noken As/Camshaft - Untuk mengejar power mesin biasanya noken as dimodifikasi. Salah satu bagian yang dimodifikasi adalah lift atau mudah nya adalah jauh sundulan noken as. Tujuan penambahan lift ini adalah agar efisiensi volumetrik menjadi tinggi yang ujung-ujung nya kembali ke peningkatan power mesin.

Ada beberapa cara untuk menambah lift, yaitu:

  1. Menambah daging noken
    Noken as ditambahkan daging nya menggunakan ring piston bekas yang dilas. Penambahan dilakukan pada tonjolan noken as sesuai dengan profil yang diinginkan. Penambalan tidak perlu rapi. Setelah itu dilakukan grinding camshaft untuk merapikan profil noken as. Keunggulan cara ini adalah baut setelan klep tidak akan turun alias mirip standar. Kerugian nya sendiri adalah kekuatan dari bahan daging itu sendiri. Terkadang noken cepat kalah dan aus.
    menambah daging noken as
  2. Mengurangi diameter pantat noken as
    Cara ini sering digunakan karena sederhana dan mudah. Alatnya adalah grinding camshaft yang berfungsi untuk mengurangi diameter pantat noken as. Setelah digerus merata, noken as siap digunakan dengan lift yang lebih tinggi dari sebelumnya. Kerugian nya adalah baut setelan klep akan turun sehingga pada titik tertentu celah klep tidak dapat dirapatkan lagi. Alhasil suara mesin akan kasar dan performa kurang maksimal.
    mengurangi diameter pantat noken as

Rabu, 19 November 2014

Pemahaman Lift Noken As/Camshaft

Pemahaman Lift Noken As/Camshaft - Lift pada noken as berbeda dengan lift pada klep secara aktual. Untuk menghitung lift pada noken as sangatlah mudah. Caranya hanya dengan mengurangi tinggi noken keseluruhan dengan pinggang noken. Lihat pada gambar di bawah.
rumus lift noken as

Minggu, 16 November 2014

Menentukan Titik Derajat Bukaan Noken As

Menentukan Titik Derajat Bukaan Noken As - Pengukuran durasi dimulai dari saat klep terangkat dan diakhiri saat klep tertutup dengan sempurna. Untuk mengetahui kapan klep terbuka sampai tertutup, diperlukan alat yang namanya dial gauge dan busur magnet. Alat tersebut dipasang pada lubang pemeriksaan celah klep. Sementara buat melihat posisi putaran kruk as di berapa derajat, dipakai busur derajat yang ditempatkan pada poros kruk as di magnet.
pemasangan dial gauge
Ada 3 teknik (seat to seat (STS), Inggris dan Jepang) yang bisa dipakai buat mengukur berapa durasi kem.
  1. STS, penghitungannya dimulai saat klep terbuka 0,02 mm sampai 0,02 mm sebelum klep tertutup.
  2. Teknik Inggris yang mulai ukurannya dari 1,25 mm (klep terbuka) dan selesai 1,25 mm sebelum klep tertutup.
  3. Teknik Jepang, pencatatannya diawalai setelah klep baru membuka 1 mm dan berakhir 1 mm sebelum klep tertutup.
Mau pakai salah satu dari teknik tersebut sah-sah saja, asal diberikan keterangan teknik mana yang dipakai.
proses pencarian derajat noken as

Pemahaman Durasi Noken As/Camshaft

Mengubah Durasi Noken As/Camshaft - Durasi pada noken as/camshaft merupakan lamanya klep membuka hingga menutup dihitung dari titik derajat noken as/camshaft. Secara garis besar, durasi tinggi akan memunculkan peak power mesin di rpm tinggi dan begitu juga sebaliknya, durasi rendah akan memunculkan peak power di rpm rendah.
sudut durasi pada noken as
Cara menghitung durasi noken as/camshaft sangat mudah. Hanya yang perlu kita cari adalah titik derajat klep terbuka dan titik derajat klep tertutup. Setelah diketahui titik derajat nya, hanya kita tambahkan saja dengan 180 derajat. Alasan menggunakan 180 karena tahap 1 tak mesin 4 tak sebesar 1 gerakan piston dari TMA ke TMB maupun sebaliknya.
rumus sederhana durasi noken as/camshaft
Keterangan:
a : titik derajat klep terbuka
b: titik derajat klep tertutup

Contoh:
Pada noken as/camshaft standar Jupiter tahun 2001, diketahui klep IN terbuka pada 27º sebelum TMA dan tertutup 57º setelah TMB. Hitunglah durasi noken as/camshaft pada bubungan IN!

Jawab:
durasi = 27 + 180 + 57
durasi = 264º

Sabtu, 15 November 2014

Jaga Keberadaan Ring Klep Honda GL, CB, CG

Jaga Keberadaan Ring Klep Honda GL, CB, CG - Pada tiap motor pasti terdapat ring baja di dasar per klep nya. Fungsinya sebagai penahan tekanan per klep agar kop silinder tidak mudah aus. Jika dilihat sekilas, fisik nya sama saja dengan ring pada umumnya. Pasti muncul anggapan bahwa beda hanya pada bahan saja. Namun setelah dicermati di toko, hampir nihil untuk menjumpai barang tersebut.
ring klep
Ring Klep pada Honda GL, CB maupun CG khusus nya, karena dimensi nya semakin sulit dicari di toko mur maut. Oleh karena nya, kita dituntut berhati-hati menjaga keberadaan ring klep ini, khusus nya pada Honda GL, CB, dan CG. Usahakan ring klep tetap pada dudukan klep, atau sekalian dilepas dan diamankan.
ring klep honda CG110

Kamis, 06 November 2014

Saklar Tambahan Sebagai Kontak Pengaman Motor

Saklar Tambahan Sebagai Kontak Pengaman Motor - Apabila kontak motor generasi lawas (tanpa pengaman magnet) sudah berhasil dibobol maling, maka dengan mudahnya motor kita dibawa maling. Itu terjadi karena pengapian motor menjadi ON ketika kontak sudah diputar ke posisi ON. Motor dinyalakan maling, dan wuss motor lenyap seketika. Untuk menghindari adanya kasus seperti itu, maka perlu kita siasati menggunakan saklar tambahan untuk menonaktifkan pengapian.
saklar tambahan tersembunyi di bagian bawah
Saklar yang kita buat haruslah sedikit tersembunyi, tidak mencolok perhatian, dan tetap mudah dioperasikan. Sebagai eksperimen, motor Yamaha Jupiter Z dijadikan bahan praktek karena menurut cerita teman, motor ini sempat dibobol maling. Alat nya hanya menggunakan obeng untuk membuka body motor, gunting, solder, dan bor. Sedangkan bahannya hanya berbekal saklar, kabel secukupnya, soket, dan timah. Pemasangan nya secara sederhana adalah membuat kontak kabel massa CDI diatur oleh saklar. Berikut gambarnya.
pemasangan saklar
saklar mengatur konektivitas massa CDI
hasil rangkaian

Korek Ekstrim Suzuki FR80 150 cc

korek ekstrim suzuki FR80 150 cc
karya Adelio KRT Pro Speed, Kartasura, Jawa Tengah
1. Blok RX King
Jantung motor diganti dengan blok, kop, dan reed valve milik Yamaha RX King. Perubahan meliputi crankcase, dudukan valve, dudukan karburator, dan rangka. Untuk piston sendiri menggunakan ukuran 61 mm.
blok mesin RX King
2. Kruk as RX King
Agar putaran rendah tidak liar dan torsi putaran tinggi didapat, maka bandul berat Yamaha RX King juga diaplikasi. Perubahan ada pada lengan kruk as, crankcase, dan bearing. Jadi intinya adalah dapur pacu RX King kita pindahkan ke dalam FR80 ini.
as kruk RX King
3. Karburator Mikuni TM 32
Karburator menggunakan venturi besar agar putaran mesin dapat tinggi. Membran tetap menggunakan standar RX King.
mesin FR berkarbu TM 32
4. Kopling manual
Kopling dibuat manual agar lebih nyaman untuk memainkan gas motor. Caranya adalah modifikasi bak kopling standar FR.
bak standar kopling manual FR80
5. Knalpot Tabung
Knalpot menggunakan handmade model tabung.
knalpot tabung
5. Rasio 4 speed
Rasio menggunakan 4 speed agar power mesin tetap sambung menyambung.

6. Kelistrikan
Untuk part kelistrikan dan pengapian dibuat minimalis model drag, menggunakan magnet kecil.

VIDEO Suzuki FR80 150 cc
Video dari Youtube.
link: http://www.youtube.com/watch?v=HJg5U5DtQvc

Senin, 03 November 2014

Modifikasi Piston RX King

Modifikasi Piston RX King - Untuk mengejar performa pada motor RX King, kita dapat melebarkan lubang pada piston. Efeknya adalah kompresi primer menjadi lebih padat dan bobot piston berkurang. Hasilnya pada tarikan motor RX King kita lebih berasa.
piston RX King modif
Cara membuatnya mudah, yaitu dengan memotong piston menggunakan gerinda ataupun bor tuner. Setelah itu dihaluskan kembali menggunakan kikir.