Selasa, 13 Januari 2015

Cara Mudah Membersihkan Klep Dengan Bor

Cara Mudah Membersihkan Klep Dengan Bor - Apabila klep kita kotor dan tertumpuk kerak, aliran bahan bakar maupun gas buang akan tidak lancar. Performa motor akan berkurang. Alangkah baiknya saat kita melakukan servis besar dilakukan bersih-bersih kepala piston, klep, porting, dsb. Untuk pembersihan klep secara cepat dan bersih kita dapat menggunakan bor dan mata gergaji sebagai alat kerik nya.
membersihkan klep
Cara ini tergolong cepat, mudah, dan efisien. Kotoran akan terlepas semua dan kita tidak susah. Caranya tinggal memasang klep sebagai mata bor dan kita putar layaknya mesin bubut. Mata gergaji digunakan sebagai pahat yang mengangkat kotoran. Cukup kita tekan pelan saja agar klep tidak tergerus. Hati - hati pada dudukan seating klep jangan ikut dikerik. Setelah bersih kita coba pasang apakah ada kebocoran pada klep. Lakukan proses skur klep apabila diperlukan.

Pengganti Per Tensioner Astrea Yang Kuat

Pengganti Per Tensioner Astrea Yang Kuat - Sistem rantai timing di mesin Honda C-series dikenal dengan kelemahannya yang mudah kendor, berisik, dan cepat ganti roller dan rantai nya. Cara mengatasi nya adalah dengan modifikasi arm penekan rantai dan mengganti per tensioner astrea dengan yang lebih keras. Per yang cocok adalah per tahanan rem tromol bebek.
per tensioner C-series
Cara memasangnya mudah, cukup potong panjang per sesuai kebutuhan. Apabila terlalu keras akan menimbulkan dengung dan apabila terlalu lembek ya kelebihan memotong per nya. Terpaksa beli lagi dan diulang. Agar optimal diperlukan pemapasan arm penekan rantai. Rantai nantinya lebih kencang dan aman, serta tanpa pakai suara berisik.
penekan rantai dimodif
per tahanan rem tromol

Cara Membaca Kode di Dinding Ban

Cara Membaca Kode di Dinding Ban - Pada setiap ban yang diproduksi oleh pabrikan pasti diberi kode di dinding ban nya. Tujuannya adalah untuk mempermudah orang untuk mengecek karakter ban. Berikut penjelasan secara singkatnya.
arti kode di dinding ban
Seperti tertulis pada contoh. 130/70 di awal menunjukkan lebar ban dan tinggi ban. Angka 130 dihitung dengan milimeter (mm) adalah lebar tapak ban. Sedang angka 70 merupakan tinggi ban dihitung persen dari lebar ban. Selama ini 70 dianggap tinggi 70 mm, padahal ini merupakan hitungan persentase dari lebar tapak. Artinya tinggi ban 91 mm dari 70 persen lebar tapak yang 130 mm.

Sedang huruf M/C pengertian dari motorcycle yang diartikan ban sepeda motor. Lalu tulisan 62 paling belakang adalah kode kemampuan ban menerima bobot maksimal. Selanjutnya dengan huruf ‘S’ adalah batas aman kecepatan putar ban. Dalam keadaan baru aman digeber sampai 200 km/jam. Tetapi kalau sudah setahun dipakai ya jangan diartikan begitu lagi, sudah menurun daya tahannya terhadap panas. 

Jangan lupa melihat arah panah pada dinding ban, itu arah rotasi ban. Anak panah ini juga ada di setiap ban yang kembangnya alias pattern dilarang terbalik

Rabu, 07 Januari 2015

Mesin Honda PF50 Hella

Mesin Honda PF50 Hella - Berikut merupakan mesin dari bebek Honda PF50. Sepeda motor ini lahir sekitar tahun 1980an dan diproduksi masal di Jepang.
mesin Honda PF50
blok kop Honda PF50
karburator Honda PF50
keihin F4A 14 mm

Selasa, 30 Desember 2014

Profil Camshaft/Noken As Standar Yamaha Jupiter Z1

Profil Camshaft/Noken As Standar Yamaha Jupiter Z1 - Berikut detail profil noken as di motor Yamaha Vixion.

Durasi : Open + 180 + Close = x Derajat
IN :  27 + 180 + 65 = 272º
EX : 40 + 180 + 25 = 245º
Overlap : 52º

Celah renggang klep :
IN : 0.10 mm
EX : 0.10 mm

Ø pinggang = 28 mm
Ø lift = 32 mm
Lift Kem = 4.0 mm
noken as Jupiter Z1

Minggu, 28 Desember 2014

Batas Pinggang Noken As Jupiter Costum

Batas Pinggang Noken As Jupiter Costum - Untuk papas noken as Yamaha Jupiter, Vega, Crypton tanpa dipupuk las, diameter pinggang hanya boleh sampai 18 mm saja dengan lift 6 - 6.5 mm. Ini sama dengan bubut sebanyak 1 mm. Apabila dipaksa hingga diameter pinggang 17 mm atau lift 7 mm maka per klep tertekan penuh. Kecuali sekaligus ganti per klep racing silahkan lift lebih dari 7 mm.
noken as jupiter z costum
Alasannya adalah daya tekan per klep yang terbatas. Noken sudah tidak dapat menekan lebih jauh lagi. Diperlukan ketelitian dalam modifikasi noken as. Apabila lalai memeriksa jarak main per klep, akibatnya seperti gambar di bawah ini.
klep bengkok
klep bukan terbentur piston

Jumat, 26 Desember 2014

Perawatan Filter Bensin Jupiter Z

Perawatan Filter Bensin Jupiter Z - Filter bensin di motor harus dicek. Apabila kondisi kotor dan aus dapat menyebabkan aliran bensin tidak lancar dan menggangu performa karburator. Mengecek nya sendiri pasti jarang dilakukan karena letak filter bensin Jupiter Z ada di bawah tangki. Cara merawatnya adalah dengan melepas tangki terlebih dahulu
menguras isi tangki Jupiter Z
Selanjutnya menguras isi tangki beserta kotorannya kalau ada. Cabut selang di bagian bawah tangki dan pasti ada filter bensin. Bersihkan agar aliran bensin lancar dan motor tidak lagi mengalami telat bensin.
filter bensin Jupiter Z sudah bersih

Membuat Pin Noken As Yamaha Vixion/Jupiter MX

Membuat Pin Noken As Yamaha Vixion/Jupiter MX - Pin di noken as Yamaha Vixion maupun Jupiter MX sangatlah penting keberadaannya. Apabila rusak/aus dan bahkan tidak ada sama sekali akan menggangu timing buka tutup klep. Jika sudah demikian, maka performa motor bakal kacau bahkan klep bisa dihajar oleh piston.
pin noken as Yamaha Vixion
Untuk sparepart harus inden terlebih dahulu karena merupakan part yang jarang rusak sehingga jarang dijual. Apabila ingin cepat kelar masalah nya, pin dapat dibuatkan ke tukang bubut. Bahan pin sebaiknya baja atau lebih mudah nya batang klep 5 mm. Nantinya batang klep akan disesuaikan diameter dan panjangnya dengan ruang yang ada di gir timing. Sebaiknya pin dibuat rata dengan gir agar memiliki kekuatan lebih.

Kamis, 25 Desember 2014

Spesifikasi Yamaha YZ85

yamaha YZ 85
Mesin
Jenis : 2 tak, silinder tunggal, berpendingin cairan
Diameter x Langkah : 47.5 x 47.8 mm
Volume Silinder : 84.7 cc
Rasio kompresi : 8.2 : 1
Pengabut Bahan Bakar : Karburator Keihin PWK 28®
Sistem Pengapian : AC-CDI
Transmisi : Constant mesh, 6-speed, multiplate kopling basah
Final Gir : Drive Chain

Dimensi
P x L x T :  1.821 x 757 x 864 mm
Jarak roda : 1.257 mm
Jarak terendah ke tanah : 350.5 mm
Kapasitas bahan bakar : 4.9 L

Chassis
Suspensi depan : Teleskopik
Suspensi Belakang : Shock tunggal
Rem depan : hidrolik disc brake tunggal, 220mm
Rem belakang : hidrolik disc brake tunggal, 190mm
Ban depan : 70/100 - 17"
Ban Belakang : 90/100 - 14"


Sabtu, 13 Desember 2014

Memoles Ruang Kruk As Yamaha RX King

Memoles Ruang Kruk As RX King - Agar perpindahan bahan bakar berlangsung lebih cepat saat terjadi kompresi primer, maka diperlukan upaya untuk memaksimalkan nya. Salah satunya cara adalah dengan memoles ruang kompresi primer. Prakteknya diterapkan pada motor Yamaha RX King tahun 2002.
ruang kruk as Yamaha RX King dipoles
Cara memoles ruang kruk as Yamaha RX King:
  1. Gunakan ampelas kasar ukuran 400 untuk menghilangkan pori yang ada
  2. Gunakan ampelas halus ukuran 1000 untuk menghaluskan keseluruhan permukaan
  3. Gunakan autosol/batu ijo/brasso untuk memoles permukaan ruang as kruk hingga mengkilap
  4. Selesai
ruang kruk as mengkilap setelah dipoles

Cara Menggunakan Lem Packing Cair

Cara Menggunakan Lem Packing Cair - Banyak sekali merk dari packing cair yang digunakan di mesin sepeda motor. Penggunaannya adalah menggantikan keberadaan packing kertas yang berfungsi untuk merapatkan sambungan atau celah antar kalter. Cara menggunakan nya adalah sebagai berikut:
  1. Bersihkan terlebih dahulu bagian yang akan diberi lem
  2. Oleskan lem secara tipis dan merata
  3. Tunggu hingga agak kering, pasang.
NB: Jangan memberi lem cair pada gasket/packing kertas.
pemberian lem packing cair
Yang perlu diperhatikan adalah pemberian lem pada packing kertas yang masih baru. Hal ini merupakan pekerjaan yang tidak tepat. Alasannya adalah karena pada packing kertas terdapat lem perekat tersendiri agar sambungan bisa rapat . Apabila diberi lem cair, maka fungsi packing kertas menjadi terbuang percuma dan saat dibuka kembali packing kertas akan rentan sobek.

Jumat, 12 Desember 2014

Gulung Ulang Spul Honda MegaPro

Gulung Ulang Spul Honda MegaPro - Kiprok Honda MegaPro menganut tipe fullwave, artinya spul tidak boleh bocor ke massa sedikit pun. Apabila spul Honda MegaPro sudah lemah, atau bahkan tidak berfungsi, masih dapat kita gulung ulang sekaligus mengupgrade nya. Bahannya hanya kawat email baru (Ø 1.2 mm) sebanyak 2 ons dan ketekunan, Apabila berhasil dalam penggulungan, maka spul dapat mengeluarkan arus maksimal sekitar 7 ampere.
spul modif MegaPro