Jumat, 18 Desember 2015

Daftar Ukuran Tabung Sok Depan

Daftar Ukuran Tabung Sok Depan - Berikut merupakan tabel yang memudahkan kita untuk mencari substitusi inner tube sok depan. Bisa juga substitusi tersebut sebagai panduan modifikasi ketinggian motor kita. Jangan lupa juga model tutup atas ada tipe ulir/drat dan tipe klip.
Honda
Yamaha
Suzuki


Rabu, 16 Desember 2015

Tahanan Spul Motor Honda

Tahanan Spul Motor Honda - Berikut merupakan tabel tahanan spul motor merk Honda. Cara mengetahuinya adalah dengan menggunakan ohmmeter. Gunakan probe + dan - nya ke spul yang akan diuji. Misal probe + ke jalur output/pin kabel sedangkan probe  - ke massa atau negatif aki.

Senin, 14 Desember 2015

Daftar Gir Rasio Yamaha Mio

Daftar Gir Rasio Yamaha Mio - Ingin merubah final gear dari rasio Yamaha Mio tentu harus tahu ukurannya (standar 13-42). Gir rasio Yamaha Mio yang tersedia di pasaran adalah sebagai berikut.
  • 12-41
  • 12-42
  • 13-37
  • 13-38
  • 13-44
  • 13-45
  • 14-13
  • 15-40
  • 17-38
  • 17-39
  • 17-40
  • 18-37
  • 18-40
    gigi rasio Yamaha Mio

Jumat, 11 Desember 2015

Daftar Gir Rasio Honda Beat

Daftar Gir Rasio Honda Beat - Ingin merubah final gear dari rasio Honda Beat tentu harus tahu ukurannya (standar 12-45). Gir rasio Honda Beat yang tersedia di pasaran adalah sebagai berikut.
  • 13-43
  • 13-44
  • 13-47
  • 14-45
  • 14-46
  • 15-45
    gigi rasio Honda Beat

Rabu, 09 Desember 2015

Gir Sentrik/Timing Suzuki Smash Aus Pakai Milik GL100

Gir Sentrik/Timing Suzuki Smash Aus Pakai Milik GL - Gigi timing Suzuki Smash menyatu dengan poros engkolnya. Tentu ketika sudah aus atau mengalami patah gir, tidak ada yang menjual giginya saja. Demi menghemat biaya, as kruk silahkan dibawa ke tukang bubut untuk dipasangkan gigi sentrik milik GL100.  Ukurannya sama 16 mata. Namun rantai tidak bisa menggunakan tipe silent. Apabila tidak ingin repot, profil gigi sentrik GL10 tadi harus dibentuk seperti tipe rantai silent. Kalau punya Tiger/MegaPro tipe silent, tetapi 17 mata.
sentrik Smash diganti GL

Senin, 07 Desember 2015

Diameter Luar Boring/Liner Honda MegaPro

Diameter Luar Boring/Liner Honda MegaPro - Diameter dari boring/liner Honda MegaPro standar adalah 69.25 mm. Dengan piston standar nya 63.5 mm, maka sisa tebal boring adalah 2.9 mm tiap sisi nya.
tebal boring/liner Honda MegaPro

Jumat, 04 Desember 2015

Diameter Crankcase Honda MegaPro

Diameter Crankcase Honda MegaPro - Diameter crankcase dari motor Honda MegaPro adalah sebesar 70 mm. Untuk keperluan bore up, tentu crankcase ini sudah rapat dengan jalur oli (sisa sekitar 2.5 mm).
diameter crankcase Honda MegaPro

Rabu, 02 Desember 2015

Detail Klep Yamaha Xeon

Detail Klep Yamaha Xeon - Berikut detail dari klep Kawasaki Kaze maupun Blitz.
  • Diameter payung IN : 26 mm
  • Diameter payung EX : 22 mm
  • Panjang klep : 73 mm
  • Diameter batang : 5 mm

Senin, 30 November 2015

Diameter Luar Liner/Boring Yamaha Scorpio

Diameter Luar Liner/Boring Yamaha Scorpio - Untuk diameter luar boring Scorpio sebesar 79 mm. Tentu jika dipakai bore up, akan rawan bermasalah karena dipakai untuk diameter piston besar. Maksimal penggunaan sekitar oversize 200 agar awet.
diameter luar liner Yamaha Scorpio

Jumat, 27 November 2015

Diameter Crankcase Yamaha Scorpio

Diameter Crankcase Yamaha Scorpio - Mengukur diameter crankcase sebagai tempat masuk blok pada Yamaha Scorpio menggunakan jangka sorong terukur 81 mm.
diameter crankcase Yamaha Scorpio

Rabu, 25 November 2015

Akibat Suzuki Smash Titan Memakai Aki Basah

Akibat Suzuki Smash Titan Memakai Aki Basah - Beberapa orang akan memilih aki basah sebagai pengganti aki MF bawaan motor (sering orang bilang aki kering padahal bukan), seperti di Smash Titan. Kendala sering mengenai biaya alias uang untuk menebus aki MF. Padahal harga aki Yuasa YT7C untuk Smash Titan hanya sekitar 160 ribu rupiah saja, sedangkan aki basah GM5Z mungkin 130 ribu rupiah. Dengan menghemat uang segitu, maka akan timbul masalah yang lebih banyak seperti Suzuki Smash Titan yang satu ini.

1. Terminal aki berkarat
Dengan posisi aki MF yang terletak di ruangan bagasi, maka aki basah tidak akan ada ruang untuk melepas uap air aki. Efeknya uap air aki akan mudah bereaksi dengan terminal aki dan bautnya. Baut jadi susah dilepas plus kondisi bagasi yang tergolong sempit menambah tingkat kesukaran. Jika skun kabel juga rusak, mencari pengganti skun juga sulit karena kabel bawaan memiliki serabut banyak dan besar.
terminal aki basah sering berkarat
2. Kabel bodi putus
Kabel bodi terletak tepat di bawah tempat aki. Apabila menggunakan aki basah, besar kemungkinan air aki menetes ke kabel bodi. Kabel orange tepat di cabang kabel yang sering putus. Indikasinya adalah tidak berfungsinya komponen listrik di dashboard.
sambungan kabel + output kontak
putus akibat tetsan air aki
3. Baut bagasi macet
Di bagian bawah aki terdapat 2 baut pengikat bagasi ke rangka. Jika menggunakan aki basah, selain mengkorosi kabel, maka baut ini juga mudah berkarat dan macet. Apabila kepala baut menggunakan +, dapat dipastikan bahwa baut berkarat akan membuat stress.
bagasi Smash Titan

Senin, 23 November 2015

Mesin Istimewa Motor Bakar

Mesin Istimewa Motor Bakar - Mari kita sedikit keluar dari topik sepeda motor. Penulis membayangkan apabila beberapa siklus istimewa ini ada di motor Indonesia. Oke lanjut ke topik, istimewa memiliki arti bahwa terdapat unsur khas. Jadi mesin berikut ini tidak lagi mengikuti bentuk dari prinsip kerja mesin tak (tahap) yang menggunakan silinder tunggal.

Scuderi Engine
Mesin ini dikembangkan oleh Ferrari. Jadi intinya, dalam 1 perputaran poros engkol terjadi 1 kali siklus usaha. Mirip prinsip kerja 2 tak, namun bekerja mirip 4 tak. Sekilas mesinnya seperti mesin 4 tak konfigurasi V-engine.


Rotary Engine (Wankel)
Mesin ini muncul sudah lama, sekitar tahun 1950'an, dengan ide ingin menciptakan mesin yang prinsip kerja berbeda dari mesin piston. Jadi idenya adalah membuat mesin yang pistonnya langsung berputar bersama poros engkol sehingga dapat meringkas dimensi mesin. Cara bekerja mesin ini mirip 4 tak, memiliki lubang porting seperti 2 tak, dan di dalam 1 mesin rotary dapat diisi lebih dari 2 ruang bakar.





Huttlin-Kugel Engine

Mesin ini masih tergolong baru dan dikenalkan di depan umum sekitar tahun 2011. Mesinnya kecil menyerupai bola, bekerja seperti prinsip kerja toroida, menggunakan lubang porting seperti 2 tak, namun siklus pembakarannya seperti 4 tak. Kalau ditinjau kembali, mungkin mesin ini meneruskan prinsip kerja Rotary Engine, namun berbeda jauh. Video dibawah ini memiliki 1 kubah bola dengan 2 ruang pembakaran sama halnya dengan mesin piston 2 silinder.

Duke Engine
Mesin ini menggunakan cara kerja aksial, yaitu menggabungkan beberapa silinder piston menjadi satu tabung (silinder di dalam silinder) dan berputar bersama untuk memutar poros engkol. Prinsip kerja yang dipakai bisa 4 tak. Berikut video agar lebih jelasnya.