Rabu, 24 Februari 2016

Profil Noken As Kawasaki KLX 250 Standar

Profil Noken As Kawasaki KLX 250 Standar - Berikut sebagian dari profil noken as Kawasaki KLX 250 standar.
noken as KLX 250
Intake
Durasi = 22 + 180 + 62 = 264º
Celah klep = 0.15-0.24 mm

Exhaust
Durasi = 61 + 180 + 19 = 260º
Celah klep = 0.10-0.19 mm

Senin, 22 Februari 2016

Substitusi Rantai Timing/Kamprat Suzuki FXR Ternyata Tidak Bisa Pakai Satria 150 FI

Substitusi Rantai Timing/Kamprat Suzuki FXR Ternyata Tidak Bisa Pakai Satria 150 FI - Melihat spesifikasi Suzuki Satria 150 FI, tentu adanya pembenahan di sektor rantai timing. Tipe sekarang adalah 4x3 sehingga sama dengan Suzuki FXR 150. Meskipun dengan tipe mesin yang sama, panjang rantai ternyata tidak sama sehingga tidak dapat disubstitusi.

desain timing chain Satria 150 FI

Milik Satria injeksi memiliki tipe 3x4 - 120L, sedangkan FXR 150 menggunakan 3x4 - 124L. Perbedaan 4 mata tersebut dapat dipaksakan dengan cara memotong rantai, tentu apabila proses potong tidak baik malah mengurangi usia pakai. Sepertinya milik FXR 150 bisa mengadopsi milik Ninja 250 yang seingat penulis juga memiliki panjang 124 mata.

Jumat, 19 Februari 2016

Teknologi di Suzuki Satria 150 FI

Teknologi di Suzuki Satria 150 FI - Berikut merupakan teknologi terbaru yang ditanam Suzuki di motor Satria 150 FI nya.

MESIN
1. Crankshaft lebih kecil namun lebih kuat

beda kruk as Satria lama dan injeksi
2. Silinder head dengan sudut dan klep berbeda
 
diameter klep Satria 150 FI besar
3. Rantai lebih tebal, mirip pendahulunya Suzuki FXR150
rantai tipe 4-3
4. Sistem bahan bakar injeksi dengan throttle body 32 mm
injeksi Satria 150 FI
5. Engine balance lebih tegak agar mesin semakin stabil
KELISTRIKAN
1. Sistem injeksi secara elektronik
injeksi Suzuki Satria 150 FI
2. Indikator shifting gear, yaitu display lampu yang menginstruksi agar pengendara memindah presneling pada rpm tertentu
spesifikasi shifting gear Satria 150 FI
3. Alternator baru dengan performa pengisian aki yang lebih baik
spul Suzuki Satria 150 FI
4. Starter pintar, hanya dengan sekali sentuh (tidak ditekan kontinyu), motor sudah hidup
switch starter jadi tidak perlu ditekan lama
PENDINGINAN
1. Mesin Satria 150 FI dilengkapi dengan pendingin cair alias radiator
mesin lebih awet dingin
2. Waterpump terletak pada bak kopling sehingga mesin tetap ringkas
desain bak kopling Satria 150 FI
3. Breathing system lebih lega, tekanan udara di ruang transmisi lebih netral sehingga pergerakan komponen lebih lancar
desain crankcase Satria 150 FI
TRANSMISI
1. Rasio gear transmisi dibuat semakin ringan dengan harapan tarikan semakin cepat tanpa mengorbankan top speed. Untuk mengimbangi ubahan ini, dapat dilihat bahwa reduksi final semakin berat dengan ukuran gir belakang semakin kecil.
2. Kampas kopling dengan kisi lebih kecil namun banyak yang berfungsi agar kopling menjadi nyaman
kaki kampas kopling Satria 150 FI sama dengan versi karbu
beda ada pada kisi kampas kopling
3. Shift shaft memiliki desain agar transmisi mudah dipindah secara halus
desain as presneling Satria 150 FI
RANGKA DAN BODY
1. Rangka baru untuk Satria 150 FI
rangka Satria 150 FI
2. Bagasi lebih lega untuk meletakkan bawaan
desain bagasi Satria 150 FI
3. Jok lebih datar agar posisi duduk boncenger lebih nyaman. Cabe-cabean harus mandiri membawa bawaan masing-masing. Hahaha
desain jok lebih datar
4. Body motor didesain agar laju angin terarah ke mesin dan radiator sehingga pendinginan lebih optimal
desain body depan yang dinamis
 5. Kontak berpengaman ganda
kontak yang dilengkapi kunci magnet
 6. Lampu depan hemat energi, terdapat 2 lampu LED dengan desain baru
tampilan lampu depan Satria 150 FI

Rabu, 17 Februari 2016

Spesifikasi Suzuki Satria 150 FI Injeksi

Suzuki Satria 150 FI
Mesin
Tipe Mesin : 4 tak, DOHC 4 klep, silinder tunggal, berpendingin cairan
Diameter x Langkah : 62 x 48.8 mm
Volume silinder : 147,3 cm3
Rasio Kompresi : 11.5 : 1
Daya Maksimum : 18,5 HP / 10.000 rpm
Torsi Maksimum : 13.8 Nm / 8500 rpm
Diameter Klep : 24/21 mm
Sistem bahan bakar : Fuel Injection
Transmisi : 6 Percepatan penggerak rantai

Chassis
Tipe Rangka : Twin Spar Frame
P x L x T : 1960 x 675 x 980 mm
Jarak Sumbu Roda : 1.280 mm
Tinggi Jok : 765 mm
Ground Clearence: 150 mm
Berat Kosong Kendaraan : 109 kg
Caster : 25º

Kaki-kaki
Rem depan : Cakram
Rem belakang : Cakram
Ban depan : 70/90-17 M/C 38P
Ban belakang : 80/90-17 M/C 50P

Kelistrikan
Pengapian : Transistor, ECU
Lampu depan : Led 2x10W, menyatu dengan reflektor
Busi : NGK MR8E-9
Stator : 1 fasa 12 kutub

Senin, 15 Februari 2016

Daftar Rasio Primer Standar (Gigi Gendeng)

Daftar Rasio Primer Standar - Berikut catatan rasio primer atau gigi gendeng standar berbagai motor yang telah saya dapat dari berbagai sumber.
gir rasio primer RXZ
YAMAHA
V75/80 = 21/66
Alfa, Fizr = 21/66
125z = 22/71
RXZ = 22/71
RX King = 19/74
Crypton, Vega = 18/67
Jupiter Z = 18/67
Jupiter Z New = 21/69
Jupiter Z1 = 20/58
Vega ZR = 21/69
Vega RR = 21/69
Force 115 = 20/58
Jupiter MX = 24/73
Scorpio = 24/74

HONDA
C100 = 17/69
SX125 = 20/67
CS1 = 20/67
CB100 = 18/73
CG110= 18/73
MegaPro = 21/70
Tiger = 22/68

SUZUKI

Satria 120 = 20/65
Smash 110 = 21/77
Shogun 125 = 22/75
Satria 150F = 20/70
Satria 150FI = 21/69

KAWASAKI

Athlete = 22/75
D-Tracker SE = 25/72
D-Tracker X = 30/84
KLX 150 = 25/72
KLX 250 = 30/84
Pulsar NS200 = 19/
Ninja R 150 = 22/72
Ninja RR 150 = 22/72
Ninja 250 = 23/71
Versys 650 = 42/88

Jumat, 12 Februari 2016

Kesalahan Dalam Papas Noken As

Kesalahan Dalam Papas Noken As - Sering saya dikeluh kesah tentang hasil modif noken as orang lain. Hasil nya yang kemletek, kasar, performa melempem, setelan klep tidak bisa rapat, dan sebagainya. Setelah dianalisa terkait cara pengerjaan dan alat papas yang digunakan, ketahuan bahwa:
  1. Cara Papas Noken As yang salah
    Cara papas yang sering orang pakai adalah hanya membuang bagian bawah (base circle) yang tujuannya ingin menambah lift tetapi tidak memperhatikan aspek durasi, timing point, dsb. Akhirnya celah klep saja yang bertambah lebar dan suara tek tek semakin menjadi.
    hanya bagian bawah dipapas = salah
    Cara yang benar ialah dengan memperhatikan keseluruhan profil noken as. Penulis sempat berkunjung ke salah satu bengkel di Raya Bypass Juanda. Ya, seperti kata Mr. Anto, mekanik RAT Speed Juanda, kami berdua sepakat bahwa dari sekian noken as adalah profil yang paling penting.

    Mr. Anto dari RAT Sidoarjo
  2. Alat yang digunakan kurang presisi
    Untuk alat memang keterbatasan modal yang masih menjadi kendala, sehingga kreasi berhenti di noken as. Malah yang lebih parahnya gerinda dengan noken as dipegang tangan. Bagi yang sudah berpengalaman, mungkin hal tersebut sudah mendarah daging. Mau kepras sampai berapa lama? Jangan tunggu hingga faktor x pun bermain di sana. Jika menggunakan alat yang sesuai untuk modifikasi noken as, tentu pengerjaan bisa hanya 15 menit seperti alat yang digunakan penulis. (Novanda S.T.) Apalagi punya grinding camshaft CNC yang tingkat akurasi tinggi namun harganya hampir milyar.
    alat papas noken as handal
    merk Metamorphosis Kediri
    diagram bagian dari noken as/camshaft

Rabu, 10 Februari 2016

Usir Dengung dan Suara Cek Cek Rantai Kamprat

Usir Dengung dan Suara Cek Cek Rantai Kamprat - Rantai kamprat, atau timing chain, meruapakan salah satu komponen yang bergerak dan butuh dikencangkan agar tidak timing camshaft tidak ngaco. Tentu diperlukan komponen penekan yaitu tensioner. Tensioner sendiri butuh bilah tensioner sebagai pemegang rantai/alur rantai. Tentunya jika komponen ini aus, timbul suara dengung karena rantai yang banyak bergesekan dan terkadang disertai suara cek cek jika rantai ikut kendor/aus. Untuk motor Vega, Jupiter, dan Crypton tentu menggantinya harus melepas magnet dan head. Bilah tensioner beli milik Jupiter Z saja karena jauh lebih murah, sedangkan bila rantai hendak diganti gunakan milik Honda Grand yang memiliki panjang sama 84 mata. Beda nya rantai tipe 25H yang lebih tebal dan awet.
tensioner Vega aus

Senin, 08 Februari 2016

Review Gantungan Barang Honda Vario

Review Gantungan Barang Honda Vario - Untuk matik yang merupakan produk Honda ini memiliki khas yang greget. Kali ini tentang gantungan barang di depan yang terkenal dengan kehandalannya sebagai tempat gantung-gantung barang. Iya, mau apa lagi selain gantung barang?
gantungan barang Honda
Bawaan Honda Vario varian mana saja, gantungan barangnya terlalu pendek dan terbuka. Sering pemakai nya merasa greget karena barang yang digantung jatuh saat terkena jalan gelombang atau polisi tidur. Untuk mengatasi permasalahan tersebut ya jangan membawa barang. Atau siapkan dana untuk membeli produk variasi tentang gantungan barang Honda Vario. Berikut salah satu contohnya.
gantungan barang variasi
gantungan barang variasi

Jumat, 05 Februari 2016

Yamaha V80 Fullwave

Yamaha V80 Fullwave - Sekedar berbagi cerita maupun pengalaman saja tentang Yamaha V80 Fullwave dengan kiprok MegaPro. Caranya adalah dengan menggulung ulang total spul dengan menggunakan kawat email 1.0 mm digulung hingga penuh. Jangan lupa kawat awal diberi kabel, bukan disolder seperti gambar di bawah ini (teman saya lupa tidak disolder ke kabel baru). Nantinya terdapat 2 kabel dari masing-masing ujung kawat yang digunakan untuk input kiprok MegaPro.
spul lampu Yamaha V80
Untuk cara ini masih tetap menggunakan pengapian AC. Dengan 1 kern saja sudah mencukupi kebutuhan kelistrikan 12 volt. Jangan lupa keseluruhan beban menggunakan 12 volt. Selalu gunakan soket untuk kabel ke kiprok. Berikut skema umum fullwave dengan kiprok MegaPro.
skema umum fullwave dengan kiprok MegaPro/Tiger

Rabu, 03 Februari 2016

Substitusi Gasket/Pak Kopling Suzuki Arashi

Substitusi Gasket/Pak Kopling Suzuki Arashi - Jangan bingung bila mau mengganti gasket kopling motor Arashi kamu. Kamu bisa menggunakan milik Suzuki Shogun 125. Bentuknya sama dan tinggal pasang saja.
gasket kopling Arashi

Senin, 01 Februari 2016

Lebih Baik Mana Pengisian Halfwave, Fullwave, atau 3 Phase

Lebih Baik Mana Pengisian Halfwave, Fullwave, atau 3 Phase - Pengisian yang dimaksud adalah suatu proses charge aki yang biasanya bersumber dari alternator AC yang disearahkan melalui rectrifier regulator (kiprok). Terdapat 3 macam pengisian pada motor di Indonesia, yaitu sebagai berikut.
  1. Halfwave
    Pada motor bebek dan matik umumnya menggunakan tipe halfwave atau setengah gelombang. 
  2. FullwaveTipe fullwave ada di beberapa motor sport seperti milik MegaPro dan Tiger.
  3. 3 Phase fullwave
    Tipe ini digunakan oleh beberapa sport seperti Vixion kecuali New Vixion Lightning.
Dari tipe pengisian tersebut manakah yang terbaik? Mari kita lihat pada gambar di bawah ini.
gelombang yang tercipta di pengisian aki

Input AC adalah hasil tegangan yang dibangkitkan oleh alternator/generator/spul ketika mesin hidup. Spul sendiri ada 2 jenis, yaitu 1 phase yang dianut oleh pengisian halfwave dan fullwave dan 3 phase yang dianut oleh pengisian 3 phase sendiri.

Rectrified AC merupakan gelombang/arus DC yang dipakai untuk mengisi aki. Semakin banyak dan sering arus dari kiprok yang mengisi aki, tentu semakin cepat aki penuh. Dalam pemakaiannya, apabila sumber pengisian memiliki arus banyak dan stabil, tentu beban kelistrikan akan sanggup dipenuhi oleh spul dan kiprok saja. Jadi aki hanya bekerja saat mesin mati dan ini tentu akan membuat aki awet.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa metode pengisian terbaik adalah tipe 3 phase karena kecepatan dan kestabilan sumber yang baik. Kelemahannya tentu pada biaya yang dibutuhkan lebih mahal. Sedangkan pengisian terlambat adalah tipe halfwave, namun biaya termurah.

NB: Jika ada Old Vixion dan Vixion Advance yang mengganti ke pengisian fullwave Tiger/MegaPro, tentunya Anda kurang memahami (maaf, kasarnya kena tipu). #pengalaman
→ Untuk mengetahui motor kamu menggunakan tipe pengisian apa, klik di sini

Jumat, 29 Januari 2016

Tipe Pengisian Motor (Halfwave, Fullwave, 3 Phase)

Tipe Pengisian Motor (Halfwave, Fullwave, 3 Phase) - Apa tipe pengisian motor standar kamu? Silahkan dibaca-baca daftar sesuai merk di bawah ini.
YAMAHA
  • HALFWAVE
    V75, V80, Alfa, Sigma, Force 1, F1Z, F1ZR
    Crypton, Jupiter, Jupiter Z, Jupiter Z new, Jupiter Z1
    Vega, Vega R, Vega ZR, Vega RR, Force
    Mio, Mio Soul, Mio J, Mio GT, GT125,
    Xeon, Xeon RC, Soul GT, Fino, X-Ride
    Jupiter MX, New Jupiter MX,
    RX King, RXZ, L2, Touch, Tiara
    Nouvo, Nouvo Z, Scorpio, Scorpio Z
    New Vixion Lightning
  • FULLWAVE
    Byson, R15, New Vixion Advance, NMAX lama
  • 3 PHASE
    Old Vixion
    R25, MT-25, WR250
HONDA
  • HALFWAVE
    C70, C100
    Kirana, Kharisma, Supra X 125
    Beat, Vario 110, Scoopy, Spacy
    Revo, Abs. Revo
    Blade
  • FULLWAVE
    MegaPro, Tiger
  • 3 PHASE .... (info menyusul)
SUZUKI
  • HALFWAVE
    RC, FR, Tornado, GP
    Satria S, Satria R
    RGR150
    Smash, Smash New, Smash Titan
    Shogun, Shogun 125, Axelo, Arashi
    Spin, Skywave, Skydrive
    Nex, Nex FI, Hayate, Adress, Let's
    Satria Young Star, Satria F
  • 3 PHASE
    Shogun 125 FI, Shooter FI
    Thunder 125, Thunder 250
    Inazuma
KAWASAKI
  • HALFWAVE
  • FULLWAVE
  • 3 PHASE .... (info menyusul)

Rabu, 27 Januari 2016

Cara Menggulung Spul Lampu Honda Supra X 100

Cara Menggulung Spul Lampu Honda Supra X 100 - Cara melilitkan kawat untuk spul lampu dan pengisian pada motor Honda Supra X 100 atau seri lain dapat dilihat seperti gambar di bawah. Kern pertama adalah di nomor 1 dengan menggunakan kaidah tangan kiri, yaitu ketika tangan kirimu menggenggam kern, jempol kita menghadap keluar dari kern dan perhatikan arah keempat jari. Arah lilitan awal adalah searah jarum jam.
melilit/gulung spul supra X 100
Lalu, sebanyak 4 kern digulung bolak balik lalu keluar sebagai sumber tegangan lampu (kuning) dan ditambah 1 kern lagi lalu sebagai sumber tegangan pengisian ke kiprok (putih). Untuk diameter kawat standar sebesar 1.0 mm.

Senin, 25 Januari 2016

Ciri Kiprok Mati/Rusak

Ciri Kiprok Mati/Rusak - Kiprok, sebutan dari regulator rectrifier, memiliki fungsi sebagai penyearah arus listrik AC ke DC (rectrifier) dan juga pembatas tegangan (regulator). Pada motor, umumnya bebek dan matik, masih menggunakan kiprok halfwave. Cirinya adalah lampu depan menggunakan tegangan AC dan terang lampu mengikuti putaran mesin. Lain dengan motor sekarang yang lampu depan menggunakan tegangan DC bersumber dari aki, biasanya menggunakan kiprok fullwave (Tiger) atau lebih bagus lagi yaitu 3 phase (Old Vixion).
kiprok halfwave
Tentu semua komponen memiliki usia pemakaian. Untuk kelistrikan, terutama kiprok, usia pakai sangatlah panjang. Pemakaian normal bisa 10 tahun baru minta ganti. Cara mengecek kondisi kiprok tanpa alat adalah dengan memegang body kiprok tersebut ketika mesin hidup. Apabila hangat berarti normal, apabila panas/dingin berarti ada yang tidak beres. Ciri dari kiprok rusak adalah sebagai berikut.
  1. Lampu sering putus
    Kejadian ini dilanda oleh kiprok halfwave dimana lampu depan bersumber dari spul. Apabila fungsi regulator sudah tidak lagi semestinya,tegangan ke lampu akan melewati batas 15 volt dan lampu depan akan sering putus. Hal ini terlihat dari nyala lampu yang sangat terang seiring naiknya rpm mesin dan beberapa waktu kemudian putus.
    Kejadian tersebut juga bisa dialami motor dengan kiprok fullwave berlampu depan tegangan DC. Biasanya karena aki tidak terpasang, atau pada kiprok macam Tiger/MegaPro volt monitor yang tengah tidak terpasang atau soket kendor.
    lampu cepat putus
  2. Aki sering tekor
    Kasus aki sering tekor, terkadang orang hanya menyalahkan aki, namun belum mengecek dengan pasti kiprok dan spul nya. Cara mengeceknya adalah gunakan voltmeter DC, cek tegangan aki sebelum mesin hidup (max. 13 volt), hidupkan mesin saat stationer (V = 12-13 VDC), naikkan rpm mesin kira-kira 5.000 rpm (max. 15 VDC). Apabila tegangan tidak ada perubahan dari saat mesin mati, berarti antara kiprok rusak dan spul yang rusak. Langkah selanjutnya adalah mengecek spul.
    sering ganti aki
  3. Tegangan spul hampir tidak ada
    Ketika mesin hidup, pasang Voltmeter AC untuk mengecek output spul. Biasanya jika kiprok ada indikasi rusak, ketika soket masih dipasang maka tegangan spul seperti tidak ada atau < 10 VAC. Ketika soket kiprok dilepas (saklar lampu harap geser ke OFF), tegangan spul kembali normal. Dengan demikian kiprok lah yang terjadi kerusakan. Jika tetap tidak ada output spul, silahkan dicek kondisi spul rusak/tidak.
    kiprok dan spul
    sumber listrik motor

Jumat, 22 Januari 2016

Spesifikasi Yamaha Aerox 125

Yamaha Aerox 125
mesin mirip Xeon
Mesin
Tipe Mesin : Liquid cooled, 4-stroke, SOHC
Jumlah / Posisi Silinder : single cylinder
Diameter x Langkah : 52,4 mm x 57,9 mm
Perbandingan Kompresi : 10,9:1
Daya Maksimum : 8,4 kW /9.000 rpm
Torsi Maksimum : 10,4 Nm /6.500 rpm
Sistem Starter : elektrik & kick starter
Sistem Pelumasan : basah
Kapasitas Oli Mesin : 0,8 L
Sistem Bahan Bakar : fuel injection
Tipe Kopling : kering, sentrifugal
Tipe Transmisi : CVT V-belt automatic

Dimensi
P X L X T : 1857 mm x 742 mm x 1070 mm
Jarak Sumbu Roda : 1265 mm
Jarak Terendah ke Tanah : 135 mm
Tinggi Tempat Duduk : 760 mm
Berat Isi : 102 kg
Kapasitas Tangki Bensin : 3,8 L

Rangka
Tipe Rangka : underbone
Suspensi Depan : teleskopik
Suspensi Belakang : unit swing
Ban Depan : 70/90-14
Ban Belakang : 100/70-14
Rem Depan : disc brake
Rem Belakang : drum brake

Kelistrikan
Sistem Pengapian : TCI
Battery : Yuasa YTZ5S
Tipe Busi : NGK CR7E

Rabu, 20 Januari 2016

Korek Harian Honda Beat/Scoopy/Spacy Standar

Korek Harian Honda Beat/Scoopy/Spacy Standar - Ubahan kali ini sangatlah minimalis, yaitu dengan mengganti piston standar dengan milik Yamaha Jupiter Z1. Keuntungannya adalah ring piston lebih tipis (seperti Vario 110), piston forged yang lebih ringan dan kuat, serta tipe flat yang menaikkan rasio kompresi menjadi 10 : 1.
piston standar Beat
Caranya bagaimana? Tinggal beli piston kit Jupiter Z1 dengan oversize yang sama dengan piston sekarang (ukuran sama), lalu bawa ke tukang bubut untuk dibuatkan coakan klep, dan apabila ingin diberi alur oli di badan piston juga boleh.
piston Jupiter Z1
Dibandingkan dengan menggunakan piston Vario 110, tentu cara ini masih bisa menggunakan premium. Apabila tidak ingin ribet, monggo dicoba piston Vario 110 karena langsung plug n play di Beat/Scoopy/Spacy. Namun tentunya bahan bakar menuntut Pertalite/Pertamax.

Senin, 18 Januari 2016

Detail Oli Mesin AHM

Detail Oli Mesin AHM - Berikut merupakan detail dari spesifikasi pelumas mesin merk Astra Honda Motor (AHM).
oli mesin AHM

MATIC OIL
  • MPX-2 (800 & 1.000 ml)
    Semi syntetic
    SAE 10W30
    API SJ
    JASO MB
  • SPX-2 (800 & 1.000 ml)
    Full syntetic
    SAE 10W30
    API SJ
    JASO MB
NON MATIC OIL
  • MPX-1 (800 & 1.000 ml)
    Semi syntetic
    SAE 10W30
    API SJ
    JASO MA
  • SPX-1 (800 & 1.000 ml)
    Full syntetic
    SAE 10W30
    API SJ
    JASO MA