Selasa, 20 Maret 2012

Penyebab Kampas Kopling Sering Hangus

Penyebab Kampas Kopling Sering Hangus - Kalau karena penggunaan bisa bikin kampas kopling hangus sudah banyak yang tahu. Tapi, penyebab kampas bisa hangus karena tidak tahu aturan main pasang kampas dan pelat kopling bisa fatal.


Paling jelas pemasangan kampas kopling. Dibolak-balik kampas kopling sepintas mirip. Padahal, ada bagian yang sedikit lebih tebal dibanding sisi yang lain. Patokannya angka di kaki kampas. Perlu diingatkan aturan pasang kopling harus mengecek posisi angka di kaki kampas. Yang benar, nomor di pegangan kampas sebagai patokan. Pasangnya harus ke arah luar semua. Jangan sampai mengarah ke dalam.

Logikanya kenapa mesti dipasang ke arah luar dengan patokan angka di kaki kampas. Material friction clutch paling tebal hanya satu sisi di bagian yang ada angka di kaki kampas. Sedang gesekan dan beban paling kuat ada di bagian yang ada angkanya. Seandainya dipasang terbalik, gesekan kampas dengan pelat pasti kejadian selip. Selip awal dari gejala kampas kopling bakal hangus.

Selain itu juga perlu mengecek ketebalan pelat gesek. Seandainya ketebalan kurang dari batas standar, pasti muncul gejala selip. Sudah ada patokan standar ketebalan pelat minimal masing-masing pabrikan. Kurang dari itu tentu selip akan terjadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar