Kamis, 07 Mei 2015

Noken As Modif Berisik, Mengapa?

Noken As Modif Berisik, Mengapa? - Sesuai judul posting kali ini, saya akan membahas alasan setelah membuat noken as modifikasi (bubut/papas) timbul suara berisik. Yang diperlukan adalah alat modif noken as yang memiliki catok seperti mesin bubut yang dapat disetel hingga noken as center, dial gauge, magnetic base, dan teknisi alat yang ahli mengoperasikan alat bubut maupun alat ukur. Mengapa noken as harus center terlebih dahulu? Karena kita memerlukan bulatan sempurna pada bagian base circle. Sebelum lanjut ke bahasan lainnya, terlebih dahulu pelajari lah bagian-bagian noken as.
nama bagian pada noken as
Mengapa berisik setelah modifikasi noken as? Alasan nya adalah :
  1. Base Circle tidak membulat. Pada titik TOP, jarum dial masih disetel nol. Tetapi setelah noken as diputar, jarum menjadi kurang dari nol akibat adanya bagian yang lebih kecil dibanding diameter di posisi TOP. Jadi walaupun celah klep sudah disetel rapat, suara berisik pasti terjadi. Limit naik atau pun turun jarum dial dari nol adalah 0.05 mm saja.
  2. Ramp dan Timing Point terdapat ketidakrataan. Apabila diukur dengan dial gauge, jarum tidak bergerak naik saja, melainkan naik turun dan naik lagi. Hal ini terjadi pada saat memodifikasi noken as secara tidak teliti. Jadi, meski telah menggunakan alat sekalipun masih saja bagian ramp tidak rata. Apalagi tidak menggunakan alat (menggunakan gerinda dan dipegang tangan)
  3. Celah Klep belum disetel dengan baik. Setelah noken as dikurangi diameter nya, tentu setelan sebelumnya tidak dapat dipakai karena jarak celah pasti melebar. Tentu diperlukan penyetelan ulang sesuai dengan hasil dial noken as costum.
  4. Klep menyentuh piston akibat lift yang tinggi. Piston harus diberi coakan klep lebih dalam agar klep tidak menyentuh piston. Apabila jarak sentuh terlalu banyak, klep biasa nya bengkok bahkan patah.
  5. Lift saat overlap terlalu banyak. Mengatasi nya adalah mengubah sudut klep IN dan EX atau mengurangi lift overlap noken as.
Berikut video dial noken as Mio. Terlihat base circle tetap nol walau di derajat manapun hingga ramp juga naik dengan tenang.

48 komentar:

  1. yakin bagian ramp noken as nya sudah bagus?
    berisik bisa dari sana juga loh.

    BalasHapus
  2. jgn kelihatan mata aja halusnya. pakai dial kyk video d atas itu.
    overlap itu kan bagian dimana kedua klep saling terangkat.
    jadi kurangi dibagian tengah2 dr kedua kem

    BalasHapus
  3. kalau bisa ngedial ketahuan itu bagus nggk kerjaan nya.
    lift overlap rendah tentu stationer mesin tenang.

    BalasHapus
  4. kalau memang sisi ramp yg aku jelaskan td nggk bagus ya tetap aja berisik.
    lift overlap pengaruh ke respon bukaan gas.
    kalau lift overlap tinggi itu respon cepat, tp kalau berlebihan klep in ex nabrak dan juga malah nggk nyala motor.

    BalasHapus
  5. pasti kena papas lah ramp nya.
    mengurangi diameter base circle pasti membentuk ramp baru bro.
    haha
    tmbh kasar bs jd baut setelannya kemakan dan semakn aus akibat buka tutup yg nggk bener

    BalasHapus
  6. di atas kan ada diagram kem.. bagian ramp itu peralihan klep akan terbuka.
    kalau aku bisa kok benerin. digerus alias dipapas lg bagian yg diperlukan.

    BalasHapus
  7. kalau aku bertempat di jember jatim

    BalasHapus
  8. mas klo misal base circle nya naik di atas dari 0,05mm bakalan terjadi kasar gk mas? klo turun jarum sih gk mas, base circle top soal nya paling kecil.

    BalasHapus
  9. ada kemungkinan halus atau tik tik kecil..
    ga berisik kok..

    BalasHapus
  10. Lokasi dmna gan..ane mau mapas gan biar gak brisik mesin ane

    BalasHapus
  11. @ilham hadi
    posisi jember jatim. sumbersari

    @baim
    noken as nya sehat?
    sering suara seperti itu dr noken as tp orang salah sangka ke as kruk pen stang

    BalasHapus
  12. Mas yg nomor satu itu ngakalin nya gmna ya? Soalnya stelan klep udah rapet cuma mash aja ngericik?

    BalasHapus
  13. wajib diprofil ulang alias papas lg..
    dan merubah karakter dr awal

    BalasHapus
  14. Mau nanya kalo udah di cam noken e cara mengetahui setelan celah klep gimana carae

    BalasHapus
  15. Setel celah klep secara manual ya dirasakan hingga benar" dalam posisi bebas .. ketika noken diputar tidak ketahan baut setelan..
    Noken as posisi standar ketika top diputar kiri kanan kan kondisi bebas, ga berat.. harus seperti itu.. sorry agak ribet enak video atau praktek langsung

    BalasHapus
  16. sayah mau nanya mas klo buat beat karbu buat spek 115 pake piston vario uk 52.5 pinggang nya d kasih uk brapa ya . biar ga berisik tapi responsif ukuran ori nya 28mm mas pinggang nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Papas noken yg terpenting profil nya.. kalau bisa melingkar pada base circle dan ramp tidak minus tidak berisik.. profil tidak hanya dari ukuran pinggang berapa mm..
      Untuk pemula dicoba dikurangi 1 mm dengan perhatian pada ramp

      Hapus
  17. Setlah papas noken as kan bukaan klep lebih lebar,kira2 bunyi klitik2 sperti clah klep yg longgar,itu bukan brasal dri benturan dri masing2 ulir?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau benturan mogok motor dan berisik nya beda.. kalau papasan jelek klitik karena celah klep naik turun saat kondisi bebas, bisa d cek saat mesin mati apalagi pakai dial

      Hapus
  18. Mau nanya bang...ini motor saya smash kalau mau dinyalain karbunya musti ditutup pake tangan..dan brebet di putaran bawah pas naik setengah sampai ke.atas itu baru mantap bang...kira2 penyebabnya apa ya bang??

    BalasHapus
  19. Noken papasan? Profil nya seperti itu, settingan retard.. kalau nggak cek karbu dulu ada yang buntu nggak nya

    BalasHapus
  20. Bang mau tanya saya kan bubut noken as supra x 125 untuk harian tapi suara nya jadi kasar cara mengatasinya gimna di stel sudah benar Apakah berdampak buruk? Jika suara kasar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan kualitas papas kem nya ga halus.. di jarum dial ada gerak kembali alias cekungan saat ramp.. wajib papas ulang sampai rapi dan timing sesuai

      Efeknya d telinga kurang nyaman, di mesin klep mudah jeber

      Hapus
  21. Mau tnya mtr saya KLX. Ko pas ganti cam Kawahara jdi apa nglitik ya. Padahal stelan udh rapet smuah

    BalasHapus
  22. Gan mau tanya nih, kalau di posisi top setelan klep rapet terus di putar sebelum top malah ada celah 0,5 apakah ngelitik?

    BalasHapus
  23. Bang mau nnya klo noken as in dan ex berbeda ukuran 1 mili apakah bisa

    BalasHapus
  24. Bang motor saya tiger
    Abis modif cam
    Tapi suara nglitik .pertama jadi sempet ilang pergi tu suara.tapi sekarang ada terus.itu apanya ya?piston gak nabrak atau bayang.klep temlar baru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Antara profil noken as atau base circle tidak melingkar sempurna

      Hapus
  25. Bang cara ngurangin operlap tinggi gmanana , cara mudah, slalin mendemin klep, atau di buat gap ulang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mendemin klep dan ubah gap klep tidak mengurangi overlap.. gerus noken as untuk merubah overlap

      Kalau mengakali overlap yg rapat bisa dengan papas tepi klep selain dipendam

      Hapus
  26. Mas mau nannya,,,ada mslah pada beat fi 2014,,klep sllu berisik,,hbis di bwa bngkel pling lama 1 minggu nnti brisik lgy jga,,,pyung klep udh di gnti baru

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perlu dicek keseluruhan itu.. dari piston sampai pin rocker arm

      Hapus
  27. Bang,emang bener kalo noken as yg sudah dicustom suaranya gk bisa sehalus noken as standar pabrik bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ga ekstrim, asal syarat di atas tercapai bisa halus kok..

      Hapus
  28. Mau nanya bg, aku punya motor supra 125 std tapi noken as nya d papas, pertanyaannya knpa ya d saat mesin panas suaranya kasar banget sperti suara stelan klep kendur ,tapi d saat mesin dingin suaranya adem gk berisik, klau sperti itu salahnya d mana y mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Didial dulu buat baca profil nya.. sepertinya bukaan ramp tidak landai, terlalu tajam seperti profil RRA..

      Hapus
  29. Bang mau nanya kenapa yah motor beat karbu sy setelah papas noken Di rpm tinggi ad jeda seperti limit

    BalasHapus
  30. Mirip punya saya tuh,kalo panas baru bunyi klitik²

    BalasHapus
  31. Gan mau tanya ,saya beli noken as set rra mio merk moto 1 saya pasang di fino karbu setelan klepnya kenapa longgar lagi setelah di nyalain sebentar, top nya saya turunin satu mata karena kalau standar jadi brebet

    BalasHapus
    Balasan
    1. Antara kurang kencang menyetelnya, atau drat nya sudah aus akibat terlalu kencang..

      Atau kalau klep nya menabrak piston trus bengkok, celah klep otomatis berubah dan jadi brebet akibat tidak rapat antara klep dan seating..

      Noken as produk" gitu umumnya retard semua, jadi agak brebet idle nya..

      Hapus
  32. Malam om saya mau nanya , kenapa ya noken as saya di motor Mio m3 tidak mau pakai otomatisny? Kalau dipakai otomatisnya berisik banget ngelitik.
    Kalau tidak dipasang kan ga mungkin banget 😐

    BalasHapus
    Balasan
    1. Otomatis apa? Dekompresi? Kemungkinan per nya eror..
      Kalau tensioner otomatis, kemungkinan juga dah lemah per nya..

      Hapus
  33. bang mau nanya,motor saya jupiter z,noken as nya sudah di papas trus kata mekaniknya piston nya harus di coak biar klep gk rapat ke piston,karna dana saya masih kurang untuk sementara pistonnya belum di coak,jadi mekaniknya sengaja melonggarkan stelan klepnya biar gk rapat ke piston,jadinya suara mesin jadi kletek²,nah apakah untuk sementara aman gak bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setelan terlalu kendor dengan noken as papasan menyebabkan batang klep mudah jeber/aus melebar..
      Nanti ga bisa dibongkar kalau sudah aus..

      Hapus