Noken As Modif Berisik, Mengapa? - Sesuai judul posting kali ini, saya akan membahas alasan setelah membuat noken as modifikasi (bubut/papas) timbul suara berisik. Yang diperlukan adalah alat modif noken as yang memiliki catok seperti mesin bubut yang dapat disetel hingga noken as center, dial gauge, magnetic base, dan teknisi alat yang ahli mengoperasikan alat bubut maupun alat ukur. Mengapa noken as harus center terlebih dahulu? Karena kita memerlukan bulatan sempurna pada bagian base circle. Sebelum lanjut ke bahasan lainnya, terlebih dahulu pelajari lah bagian-bagian noken as.
nama bagian pada noken as |
Mengapa berisik setelah modifikasi noken as? Alasan nya adalah :
- Base Circle tidak membulat. Pada titik TOP, jarum dial masih disetel nol. Tetapi setelah noken as diputar, jarum menjadi kurang dari nol akibat adanya bagian yang lebih kecil dibanding diameter di posisi TOP. Jadi walaupun celah klep sudah disetel rapat, suara berisik pasti terjadi. Limit naik atau pun turun jarum dial dari nol adalah 0.05 mm saja.
- Ramp dan Timing Point terdapat ketidakrataan. Apabila diukur dengan dial gauge, jarum tidak bergerak naik saja, melainkan naik turun dan naik lagi. Hal ini terjadi pada saat memodifikasi noken as secara tidak teliti. Jadi, meski telah menggunakan alat sekalipun masih saja bagian ramp tidak rata. Apalagi tidak menggunakan alat (menggunakan gerinda dan dipegang tangan)
- Celah Klep belum disetel dengan baik. Setelah noken as dikurangi diameter nya, tentu setelan sebelumnya tidak dapat dipakai karena jarak celah pasti melebar. Tentu diperlukan penyetelan ulang sesuai dengan hasil dial noken as costum.
- Klep menyentuh piston akibat lift yang tinggi. Piston harus diberi coakan klep lebih dalam agar klep tidak menyentuh piston. Apabila jarak sentuh terlalu banyak, klep biasa nya bengkok bahkan patah.
- Lift saat overlap terlalu banyak. Mengatasi nya adalah mengubah sudut klep IN dan EX atau mengurangi lift overlap noken as.
Berikut video dial noken as Mio. Terlihat base circle tetap nol walau di derajat manapun hingga ramp juga naik dengan tenang.
yakin bagian ramp noken as nya sudah bagus?
BalasHapusberisik bisa dari sana juga loh.
jgn kelihatan mata aja halusnya. pakai dial kyk video d atas itu.
BalasHapusoverlap itu kan bagian dimana kedua klep saling terangkat.
jadi kurangi dibagian tengah2 dr kedua kem
kalau bisa ngedial ketahuan itu bagus nggk kerjaan nya.
BalasHapuslift overlap rendah tentu stationer mesin tenang.
kalau memang sisi ramp yg aku jelaskan td nggk bagus ya tetap aja berisik.
BalasHapuslift overlap pengaruh ke respon bukaan gas.
kalau lift overlap tinggi itu respon cepat, tp kalau berlebihan klep in ex nabrak dan juga malah nggk nyala motor.
pasti kena papas lah ramp nya.
BalasHapusmengurangi diameter base circle pasti membentuk ramp baru bro.
haha
tmbh kasar bs jd baut setelannya kemakan dan semakn aus akibat buka tutup yg nggk bener
di atas kan ada diagram kem.. bagian ramp itu peralihan klep akan terbuka.
BalasHapuskalau aku bisa kok benerin. digerus alias dipapas lg bagian yg diperlukan.
kalau aku bertempat di jember jatim
BalasHapusmas klo misal base circle nya naik di atas dari 0,05mm bakalan terjadi kasar gk mas? klo turun jarum sih gk mas, base circle top soal nya paling kecil.
BalasHapusada kemungkinan halus atau tik tik kecil..
BalasHapusga berisik kok..
Lokasi dmna gan..ane mau mapas gan biar gak brisik mesin ane
BalasHapus@ilham hadi
BalasHapusposisi jember jatim. sumbersari
@baim
noken as nya sehat?
sering suara seperti itu dr noken as tp orang salah sangka ke as kruk pen stang
Mas yg nomor satu itu ngakalin nya gmna ya? Soalnya stelan klep udah rapet cuma mash aja ngericik?
BalasHapuswajib diprofil ulang alias papas lg..
BalasHapusdan merubah karakter dr awal
Mau nanya kalo udah di cam noken e cara mengetahui setelan celah klep gimana carae
BalasHapusSetel celah klep secara manual ya dirasakan hingga benar" dalam posisi bebas .. ketika noken diputar tidak ketahan baut setelan..
BalasHapusNoken as posisi standar ketika top diputar kiri kanan kan kondisi bebas, ga berat.. harus seperti itu.. sorry agak ribet enak video atau praktek langsung
sayah mau nanya mas klo buat beat karbu buat spek 115 pake piston vario uk 52.5 pinggang nya d kasih uk brapa ya . biar ga berisik tapi responsif ukuran ori nya 28mm mas pinggang nya
BalasHapusPapas noken yg terpenting profil nya.. kalau bisa melingkar pada base circle dan ramp tidak minus tidak berisik.. profil tidak hanya dari ukuran pinggang berapa mm..
HapusUntuk pemula dicoba dikurangi 1 mm dengan perhatian pada ramp
Setlah papas noken as kan bukaan klep lebih lebar,kira2 bunyi klitik2 sperti clah klep yg longgar,itu bukan brasal dri benturan dri masing2 ulir?
BalasHapusKalau benturan mogok motor dan berisik nya beda.. kalau papasan jelek klitik karena celah klep naik turun saat kondisi bebas, bisa d cek saat mesin mati apalagi pakai dial
HapusBosh klep kocak
BalasHapusAda wa bg
BalasHapusMau nanya bang...ini motor saya smash kalau mau dinyalain karbunya musti ditutup pake tangan..dan brebet di putaran bawah pas naik setengah sampai ke.atas itu baru mantap bang...kira2 penyebabnya apa ya bang??
BalasHapusNoken papasan? Profil nya seperti itu, settingan retard.. kalau nggak cek karbu dulu ada yang buntu nggak nya
BalasHapusBang mau tanya saya kan bubut noken as supra x 125 untuk harian tapi suara nya jadi kasar cara mengatasinya gimna di stel sudah benar Apakah berdampak buruk? Jika suara kasar
BalasHapusKemungkinan kualitas papas kem nya ga halus.. di jarum dial ada gerak kembali alias cekungan saat ramp.. wajib papas ulang sampai rapi dan timing sesuai
HapusEfeknya d telinga kurang nyaman, di mesin klep mudah jeber
Mau tnya mtr saya KLX. Ko pas ganti cam Kawahara jdi apa nglitik ya. Padahal stelan udh rapet smuah
BalasHapusGan mau tanya nih, kalau di posisi top setelan klep rapet terus di putar sebelum top malah ada celah 0,5 apakah ngelitik?
BalasHapus0.5 apa 0.05?
HapusKalau 0.5 ngelitik parah tuh
Bang mau nnya klo noken as in dan ex berbeda ukuran 1 mili apakah bisa
BalasHapusGa masalah.. bebas kreasi
HapusBang motor saya tiger
BalasHapusAbis modif cam
Tapi suara nglitik .pertama jadi sempet ilang pergi tu suara.tapi sekarang ada terus.itu apanya ya?piston gak nabrak atau bayang.klep temlar baru.
Antara profil noken as atau base circle tidak melingkar sempurna
HapusBang cara ngurangin operlap tinggi gmanana , cara mudah, slalin mendemin klep, atau di buat gap ulang?
BalasHapusMendemin klep dan ubah gap klep tidak mengurangi overlap.. gerus noken as untuk merubah overlap
HapusKalau mengakali overlap yg rapat bisa dengan papas tepi klep selain dipendam
Mas mau nannya,,,ada mslah pada beat fi 2014,,klep sllu berisik,,hbis di bwa bngkel pling lama 1 minggu nnti brisik lgy jga,,,pyung klep udh di gnti baru
BalasHapusPerlu dicek keseluruhan itu.. dari piston sampai pin rocker arm
HapusBang,emang bener kalo noken as yg sudah dicustom suaranya gk bisa sehalus noken as standar pabrik bang?
BalasHapusKalau ga ekstrim, asal syarat di atas tercapai bisa halus kok..
HapusMau nanya bg, aku punya motor supra 125 std tapi noken as nya d papas, pertanyaannya knpa ya d saat mesin panas suaranya kasar banget sperti suara stelan klep kendur ,tapi d saat mesin dingin suaranya adem gk berisik, klau sperti itu salahnya d mana y mas?
BalasHapusDidial dulu buat baca profil nya.. sepertinya bukaan ramp tidak landai, terlalu tajam seperti profil RRA..
HapusBang mau nanya kenapa yah motor beat karbu sy setelah papas noken Di rpm tinggi ad jeda seperti limit
BalasHapusMirip punya saya tuh,kalo panas baru bunyi klitik²
BalasHapusGan mau tanya ,saya beli noken as set rra mio merk moto 1 saya pasang di fino karbu setelan klepnya kenapa longgar lagi setelah di nyalain sebentar, top nya saya turunin satu mata karena kalau standar jadi brebet
BalasHapusAntara kurang kencang menyetelnya, atau drat nya sudah aus akibat terlalu kencang..
HapusAtau kalau klep nya menabrak piston trus bengkok, celah klep otomatis berubah dan jadi brebet akibat tidak rapat antara klep dan seating..
Noken as produk" gitu umumnya retard semua, jadi agak brebet idle nya..
Malam om saya mau nanya , kenapa ya noken as saya di motor Mio m3 tidak mau pakai otomatisny? Kalau dipakai otomatisnya berisik banget ngelitik.
BalasHapusKalau tidak dipasang kan ga mungkin banget 😐
Otomatis apa? Dekompresi? Kemungkinan per nya eror..
HapusKalau tensioner otomatis, kemungkinan juga dah lemah per nya..
bang mau nanya,motor saya jupiter z,noken as nya sudah di papas trus kata mekaniknya piston nya harus di coak biar klep gk rapat ke piston,karna dana saya masih kurang untuk sementara pistonnya belum di coak,jadi mekaniknya sengaja melonggarkan stelan klepnya biar gk rapat ke piston,jadinya suara mesin jadi kletek²,nah apakah untuk sementara aman gak bang?
BalasHapusSetelan terlalu kendor dengan noken as papasan menyebabkan batang klep mudah jeber/aus melebar..
HapusNanti ga bisa dibongkar kalau sudah aus..