Rabu, 26 September 2012

Warna pada Elektroda Busi

Berikut adalah berbagai gambar busi dan beberapa masalah yang dapat diidentifikasi berdasarkan penampilan busi :

Images 1 & 2: Ini adalah campuran bensin yang terlalu miskin, ujung isolator adalah kelabu putih, tapi juga bisa menjadi kuning keabu-abuan.

Images 3 & 4: Seperti beludru, deposit karbon hitam kusam pada elektroda isolator, dan shell disebabkan oleh salah satu dari berikut: campuran yang salah, filter udara kotor, choke otomatis yang rusak, busi terlalu dingin , atau cara mengemudi stop & go yang extrem. Untuk memperbaikinya, setting ulang campuran udara dan bensin, mengganti filter udara atau menggunakan busi panas dan perbaiki cara mengemudi


Images 5 & 6: Basah,disebabkan oleh : kelebihan pengisian oli ,silinder aus, ring piston atau katup. Untuk memperbaiki masalah ini, perbaikan dan / atau mengganti bagian aus. Dalam kasus apapun, busi harus diganti.

Images 7 & 8: Deposit pada isolator berwarna kuning adalah dari aditif bahan bakar yang mengandung timbal, deposit akan menjadi konduktif dan menyebabkan ngelitik. Busi harus diganti karena deposit ini tidak bisa dibersihkan

Images 9 & 10: Deposit dengan Warna kecoklatan dan kuning adalah kombinasi dari karbon dan timbal dari aditif bahan bakar dan oli. Mereka menumpuk di isolator selama kondisi mengemudi lambat dan, pada kecepatan tinggi mereka mencair. Deposit ini akan mengeras pada saat busi dalam kondisi dingin dan mencair pada saat busi dalam kondisi panas. Sekali lagi, pembersihan dan sandblasting tidak berguna; Harus ganti busi baru.

Images 11 & 12: Kecoklatan seperti arang pada elektroda dan isolator merupakan akibat dari penumpukan carbon dalam ruang bakar dan untuk memperbaiki ini dalam beberapa kasus mesin harus carbon clean, sebelum memasang busi baru 

Image 13: Elektroda mencair disebabkan oleh panas yang berlebihan dan akibat salah pemilihan jenis busi 

Image 14: Bagian tengah elektroda mencair, akibat dari pembakaran yang tidak normal : misal ngelitik atau set timing terlalu tinggi

Image 15: Elektroda meleleh disebabkan oleh pengapian yang terlalu rendah atau terlalu tinggi, campuran udara dan bensin yang terlalu miskin atau tumpukan deposit carbon dalam ruang bakar sudah terlalu tebal.. 

Image 16: Elektroda menipis sedikit karena sudah terlalu lama tidak ganti busi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar