Senin, 21 Oktober 2013

Piston Kaze di Jupiter Z

piston kaze
Piston Kaze di Jupiter Z - Aplikasi piston Kawasaki Kaze di motor Jupiter Z mampu mendongkrak kapasitas mesin menjadi 120 cc. Secara fisik, pen piston sama berukuran 13 mm dan panjangnya pun juga sama. Tinggi piston keseluruhan lebih panjang milik Kaze di bagian pantat piston nya. Agar tidak membentur bandul kruk as, sebaiknya pantat piston dikurangi agar tidak terbentur.
diagram perbedaan nya
Berikut ini merupakan langkah desain piston Kaze untuk Jupiter Z.

  1. Mengurangi pantat piston Kaze
    Mengurangi pantat piston bertujuan agar piston tidak membentur kruk as.
  2. Memapas blok 0.5 mm
    Papas blok 0.5 mm ini bertujuan untuk mengejar rasio kompresi kembali seperti awal. Rasio kompresi sekitar standar (9.3 : 1) dengan syarat jika kop tidak ikut dikepras. Akibat memapas blok, ketegangan keteng harus dicek kembali agar tidak kendur.
  3. Memperdalam coakan klep
    Coakan klep harus dibentuk menyerupai klep yang digunakan. Hal ini bertujuan agar klep tidak menabrak piston.

281 komentar:

  1. ndan mau nanya,, jika blok/kop tidak dipapas maka rasio kompresinya berapa??? apa pengaruhnya???

    BalasHapus
  2. ga di papas gpp sih..
    rasio kompresi mungkin tetap dekat dg standar di 9.5 : 1..
    pengaruhnya awet pistonnya.. tp performa krg maksimal hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Head nya perlu di papas apa cuma blok nya aja kang? Misalkan gak di papas cuma ganti perpak yg lbih tpis buatan sendiri gmn?

      Hapus
    2. Bos saya mau tanya klok jupiter z new udh porting harian tapi noken standar tapi udh di cam kasi piston Kaze os 100 aman gk yh? Truss cc nya nambah berapa?

      Hapus
    3. Noken sama cam itu nama benda yg sama.. noken nya sudah dipapas/modif maksud agan

      Jupiter Z new pakai piston 54 mm ketemu pembulatan 130 cc

      Hapus
    4. Mass, mau nnya klo supra fit 100 ubah 125 harian
      Apaa aj yaa di ubah ya mass?

      Hapus
    5. Supra fit pakai piston ukuran 56.5 mm ketemu 124 cc
      Ubahan perbesar crankcase dulu dan ganti liner besar sesuai crankcase
      Nanti seperti karburator knalpot dan porting head menyesuaikan

      Hapus
  3. Mas motor saya New vega r 2007 kan basis mesin smaa ya seperti jupiter z burhan, nah saya mau bore up pake piston kaze. Saya punya berapa pertanyaan agar mesin saya aman
    1. Pantat piston kaze dikurangi setinggi piston aslinya?
    2. Blok harus dipapas berapa mm?
    3. Saya mau papas pantat noken as nya 1,5 mili apakah aman dan ubahan apa saja yang perlu disesuaikan?
    Terima kasih mas, rencana saya mau mengerjakan sendiri minggu ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. pantat iya disamain sprti standar
      2. ga bubut blok jg ga apa2, lepas pak blok 1.
      3. papas noken as ga cuma melihat dikurangi brapa, tp durasi lift lsa overlap yg utama. garap nya ga bisa dipegang tangan loh ya

      Hapus
    2. Paking standar ada berapa lapisan ya mas?
      Noken saya mau papas bagian pantat nya aja mas gak sampe lobe nya, cuma buat naikin tinggi lift nya buat ngejar nafas panjang itu gimana mas?

      Hapus
    3. standar nya ada 1 lapis pak kop, 1 lapis pak kertas blok.
      yg kertas ga di pake ga apa2. diganti kertas tipis atau lem tp harus sering dicek hehe
      noken as ga bisa satu persatu, harus keseluruhan.
      naikkan lift dg bubut pantat nya tentu merubah timing derajat nya.
      ga bisa asal loh.

      Hapus
    4. Mas saya udah kolter sama bikin coakan pistonnya, saya pilih jupiter z os 2.00 karena biar gak perlu memotong pantat pistonnya, sebelum saya mau pasang ukuran pilot jet dan main jet karbu diganti ukuran berapa ya mas agar cocok terima kasih mas.

      Hapus
    5. paling" pj 20 dan main jet 110 dah ckup..

      Hapus
    6. Cara menghitung cc gimana ya mas, udah saya kasih kaze oz 50 sama noken bubut

      Hapus
    7. Pakai rumus tabung jaman SD, phi x diameter x diameter x langkah dibagi 4.. dalam cm semua

      22/7 x 5.4 x 5.4 x 5.4 /4 = 123.7 cc

      Hapus
    8. Mas, kalo udah seher kz 50 bagusnya pake klep apa mas..?

      Mohon infonya

      Hapus
    9. Klep standar masih sanggup..
      Ideal nya sih 27/23

      Hapus
  4. Saya udah rakit semua mas, cuma sekarang yang saya belum puas untuk respon gas baliknya masih belum cepat, nah untuk per klep misalkan pakai punya smash apa yang harus di ubah mas? Maaf banyak tanya heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. cepat nggk nya dari noken as..
      per klep smash butuh topi atas klep yg lebih lebar.

      Hapus
  5. Memang poston jupi ada yg os 200 bro?

    BalasHapus
  6. ada..
    merk non orisinil nya
    seperti NPP itu menyediakan

    BalasHapus
  7. Kalau pakebpiston jupie os 200 u/vega new saya,aman gak buat harian, tiap hari pulang/pergi 100 km jalanan macet. Kayaknya boring idah tipis ya bro? Trims

    BalasHapus
  8. piston jupe os 200 = piston jupiter z/vega r new standar (51 mm)
    lek piston vega r new/jupiter z os 200 = 53 mm, std kaze.
    aman aja kok. tebel boring e
    ga enak nya ga ada orisinil part'e :D
    lek misal kebul bisa coba ring piston honda CB100 os 100

    BalasHapus
  9. Mau tanya mas
    Kalo piston kaze os100 dipasang di vega 2005 (lama) tapi masih pake klep standar aman gak buat harian?

    Terima kasih

    BalasHapus
  10. masih bisa.. tp kurang optimal

    BalasHapus
  11. Bang saya mau tanya, kalo jupi mata kucing pake seker kaze os 50 bisa gk, apa saja yg perlu diganti dan dirubah selain kolter
    Terima kasih

    BalasHapus
  12. bubut tepian piston 2 mm untuk mengurangi tinggi (biar nggk keluar dari blok).
    tapi cepat aus piston kaze di semua mesin yamaha

    BalasHapus
  13. Enaknya pake piston apa bang yang pas ,
    Mohon sarannya
    Terimakasih

    BalasHapus
  14. saya pakai piston vario 125.
    dimodif kepalanya saja, selebihnya siap pasang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kepala pistonnya di dome apa gmn? Saya pngen pke pisto vario125 ov50 apa PNP di jupiter, apa mesti coak piston biar gk nabrak

      Hapus
    2. Ubahan nya coak untuk klep nya saja bisa.. kompresi agak padat.. kalau ingin kompresi standar ya dikurangi tepian kepala piston nya

      Hapus
  15. mas motor saya new vega r 110, sekarang sudah bore up pake piston kaze std cuma sudah ngasap jadi mau pakai piston kaze ov 50, jadi mau ganti pakai liner kaze. pertanyaan nya apakah crankcase perlu penyesuaian atau hanya panjang liner kaze di sesuaikan saja panjangnya dengan milik vega saat ini?
    terima kasih sebelumnya mas

    BalasHapus
  16. iya disesuaikan agar pas duduk di blok nya

    BalasHapus
  17. mas aq punya motor vega 04 kok nasih ngk mw kebut mas pdhal piaton kaze 0 karbu king noken racing tpi pengpian ma klwp standar mas
    mohon info nya mas

    BalasHapus
  18. malah nggak ngebut kalau noken ga sip dan setelan karbu ga pas..
    atau kopling nya selip?

    BalasHapus
  19. Gan mau tanya motor sya jupi burhan klo mau os pakek kaze sntdrt ngerubah apa aja n ganti apa aja?? Buat harian sma jauh ada resiko kah??? Maaf Newbie gan:)

    BalasHapus
  20. daripada pake kaze mending pakai piston vario 125 os 50.. ukurannya hampir sama cuma selisih 0.1 mm..
    hanya butuh coak klep nya mengikuti klep standar..
    rasio kompresi nambah, kalau kaze malah turun.
    mantep dah pkok nya

    BalasHapus
  21. Mas klu sya buat harian touring, ada sarankah mas apa aja yg perlu di ganti, biar performa dapat tapi mesin tetap aman. Motor sya jupe burhan

    BalasHapus
  22. kalau full standar, coba kampas kopling bagus seperti BRT dan cdi nya.
    itu aja dah enak

    BalasHapus
  23. Bang motor saya jupe z thn 2006 lama . udah ganti piston kaze dome OS 50 kawahara. boring udah d bubut . tpi kok ada bunyi kemlatak di dalam mesin ?? Mesin semua standard pabrik cuma ganti piston. Mohon solusinya . nuhun

    BalasHapus
  24. kolternya ga sip
    setting bahan bakar belum pas

    BalasHapus
  25. Punten gan mo nanya. Motor sya jupi th 03 boreup kaze os 50 head porting. Kok malah mesin jadi brisik itu apanya ya? Laennya padahal standar. Solusinya gan. Trims

    BalasHapus
  26. mungkin piston nya aus atau kolter nya ga bagus
    celah klep kendor juga bisa
    atau klep nabrak piston

    BalasHapus
  27. Kalo Kaze os 100 di blok Vega standar masih bisa gk mas

    BalasHapus
  28. bisa. sama aja crypton vega jupiter jupiter z vega r new
    tp tipis banget lo kasihan

    BalasHapus
  29. Punten mas kalo sya mau pake piston Vario 125 os 100 tpi masih pake noken standar cuman porting Polish gmana mas

    BalasHapus
  30. Gan maaf mau tanya,motor saya jupe 04 udh pake kz 100,rencana mau pake klep sonic,nah untuk biaya kira2 abis.berapa dan apa saja yg harus drubah ?

    BalasHapus
  31. Gam mau tanya motor saya vega r 2003 mau ganti piston jupiter z new os 100 klep standar kira kira harus dirubah apa aja?dan ketemu nya cc berapa?

    BalasHapus
  32. vega r new itu piston nya 51 mm.. justru kalau pakai jupiter z new robot os 100 malah sama 51 mm.. tidak ada perubahan malah kompresi turun karena kepala yg lebih pendek jupiter z new

    BalasHapus
  33. Gan, dia meter kaze 200 berapaan ya
    Mohon info gan :)

    BalasHapus
  34. Mas mau tanya, motor jupiter z saya mau pasang seher vario 125 apakah lngsung ke pasang atau nnti seher nya jadi mendem

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pernah aplikasi ke Jupiter saya..
      Kalau ke Jupiter Z bibir piston lebih mendem 1 mm dibanding standar, namun jenong an vario 125 setara standar Jupiter z.. jadi kompresi masih kembali standar.. jangan lupa coakan klep dibuat lagi, nanti stasioner mesin agak tinggi.. enak lari motor dan awet

      Hapus
  35. Gan, untuk Jupiter z kalo pake piston Kaze apa masih bisa pake knalpot standar apa harus pake knalpot racing?,..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau harian bukan pengejar top speed masih bisa pakai standar, tenaga nahan d putaran tinggi

      Sebaiknya standar modif atau knalpot adopsi motor lain yg lebih plong

      Hapus
    2. Gan kalo motor jupiter z old mau dibikin 130 cc harian apa ajah yg harus di ganti....terimakasih

      Hapus
    3. Jupiter Z dijadikan 130 cc pakai piston 55 mm
      Ganti liner yg tebal, perbesar crankcase.. lain" banyak yg harus disesuaikan

      Hapus
    4. Kalo pake piston diameter 55 mm, trus ga di ganti linerr nya apa bisa, awet atau tidak

      Hapus
  36. Bisa gk pkek piston kaze os 200 di motor jupe burhan tnpa gnti boreng...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti diameter 55 mm
      Untuk diameter luar liner jupe yang belakangan 56,4 mm
      Tentu sisa hanya 1,4 mm dibagi 2 yaitu 0,7 mm.. riskan.. bisa sih bisa sebaiknya ganti liner

      Hapus
  37. Mas nih mau tanya dari komen di atas,masih belum paham.itu yang pakek piston Vario 125 .panjang pistolnya ya yg di kurangi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Piston Vario 125 ke Jupiter Z ga perlu potong piston, cukup buat coakan klep aja

      Hapus
  38. bang..kalau vega r new standart piston kaze 53mm,ukuran PJ/MJ nya yg pas di ukuran berapa ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa coba naik ke 20/107.5
      Tergantung setting mesin juga sih

      Hapus
  39. Kalo piston Kz 50 aman gk buat jarak jauh mas bro?

    BalasHapus
  40. Mau tnya lok pen os nol mau naiki os ke 100 apa harus gnti en juga apa tdak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pen nya sama aja pakai os std maupun 100.. kalau yg lama aus ya ganti

      Hapus
  41. Kalo Jupiter z pke piston Vario125 ov 50 boring std aman GK buat harian?
    Dan isian head pke std semua apakah performa lumayan bagus?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih aman.. performa lebih enak cepat tarikan nya

      Hapus
  42. Tanya mas, kalo mau pake piston kaze os'100,, selain pantat piston yang di potong harus rubah apa aja mas.?? Terimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya ga suka pakai piston kaze.. kalau ubahan nya ya coakan klep

      Hapus
  43. Jupiter z pke piston vario125 ov 50 liner std aman buat harian?
    Terus klep, noken pke std apa performa bagus? Mohon masukannya mas bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih bisa liner standar.. saya dulu pakai klep noken standar sudah enak untuk harian.. porting saja

      Hapus
  44. mas tanya,kalau pakai klep Sonic piston nya kz standar apa yang harus di rubah mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pemakaian klep sonic di Jupiter harus merubah posisi sudut klep.. kalau bagian head sudah tinggal membuat coakan klep saja dan atur kompresi

      Hapus
  45. Mas saya mau tanya nih motor saya Jupiter z ukuran piston masih standard asli bawaan,saya mau rubah kz os 50 itu apa aja yang di rubah,dan apa aja perubahannya aman kah di gunakan buat harian mohon pemasukannya mas.. terimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau boleh saran sih mending vario 125 os 100 saja daripada Kaze os 50.. ukuran hampir sama kaze sama Vario 125..

      Ubahan tinggal kolter dan buatkan coakan klep saja.. setel karburator

      Hapus
    2. Maaf saya mau tanya motor saya vega new piston kaze std klep std vega noken paprasan knalpot plong karbu std filter saya pasang, knapa gak bisa kenceng saat top sped

      Hapus
    3. Karburator nya kurang besar atau pun kurang boros..
      Selain itu kompresi jadi turun dengan piston kaze..

      Hapus
  46. Motor blade 125 injeksi piston masih standar. Mau ganti piston apa yg awetp kaze atau vario? Buat dipakai harian. Apakah harus ganti ecu dll biar bensin boros

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blade 125 basic mesin sama dengan supra x 125..
      Jangan kaze.. lebih awet ori blade/supra 125 nya..

      Biar lebih boros harus ganti ecu programmable

      Hapus
  47. Bang mau tanya, saya punya seher vario 125 std kode kwn kalo saya mau pasang di jupiter z 2004 standar apa saja yg di rubah bang? apa perlu di boreup linernya.
    Terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Liner standar masih sanggup.. tinggal kolter sama buat coakan klep saja dan cukup

      Hapus
  48. Asslmualaikum ,mau tny alasan piston vario 125 lbh disarankn dr pda kaze untuk vega new, trmksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kepala piston kaze lebih pendek daripada vario 125, kompresi jadi turun kalau pakai kaze

      Piston vario ringan, ring tipis minim gesekan, tapi lebih cepat aus ring dan kebul putih d knalpot kalau ga sering d cek

      Harga piston kit ori vario hanya Kisaran 100 rb saja, kaze lebih mahal

      Hapus
  49. Mau tanya mas bro, motor jupiter 2010 itu kalau mau ganti piston enak dan awetnya itu pakai piston kaze os 50 atau piston vario 125 mas bro, dan yang di rubah itu apa saja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jupiter z new 2010 piston 50 mm.. bore up kaze/vario 125 ganti liner yang lebih tebal biar awet..

      Kedua nya sama" ubah kepala piston..

      Hapus
  50. Mas kalau vega r 2008 pakai piston vario os 50,Ganti apa aja apakah klep,Noken,Harus porting?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak harus soalnya ukuran masih ga beda jauh.. kalau mau lebih enak performa ya diporting yg bagus

      Hapus
  51. Mau tny mas , jika ring piston vario lbh cpt aus , kira2 brpa bulan tahanan umur piston bila pemakaian jarak jauh dan apa saran agar piston vario lbih awet untuk divega r new , sekian dan trimaksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Piston nya sih 5 tahun aman aja, seperti motor bawaan pabrik.. kalau oli rutin 10 tahun pun bisa
      Ring normal nya 2 tahun sudah ada pengurangan fungsi

      Hapus
    2. Bang saya mau nanya Jupiter 2010 pakai piston Vario 125 OS 50 kok mendemnya 1m gimana supaya agak dekat

      Hapus
    3. Harusnya tinggi piston sama Jupiter Z new dengan vario 125
      Kompresi sudah lebih tinggi kok dibandingkan standar
      Sudah cukup untuk harian

      Hapus
  52. Aman dan awet gak sih vega new pakai piston vario 125 std buat jarak jauh , sisa linernya brp mas , trmksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aman sekali saya pakai..
      Sisa liner 2 mm total 4 mm..

      Hapus
  53. Mau nanya kalo mau ganti seher kaze boringnya harus diganty nggak ya???

    BalasHapus
  54. Gan mau nanya buat motor Vega r vote up 130 CC klep standar noken as lift ex brapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bebas sesuai kreasi.. semakin tinggi semakin banyak ubahan

      Hapus
  55. mas saya mau nanya... saya mau pake piston kaze 56mm merk fim untuk di pasang di motor beat esp.. apakah pantatnya piston harus di papas? sama atasnya juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Disesuaikan saja mengikuti pantan piston asli beat esp.. untuk bagian dome bebas sesuai kreasi yang penting coakan klep nya pas

      Hapus
  56. mas saya mau tny mtr saya jupiter z piston pke fim diameter 53 kok paking bb nya pke 5lmba,,menghambat jalur oli msin g law pking bb nya 5lmbar???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kenapa harus pakai 5 lembar?
      Bukan masalah menghambat/tidak tapi rawan kempes/menipis sehingga piston nanti nabrak head

      Hapus
  57. Mas, saya pake seher kaze os 0 di Jupiter robot. Setelah selesai motor ttp ngebul sama karbu seperti nyangkut setelah lepas gas. Kalo pas jalan ada jeda ketika di gas lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Spuyer ga pas, ada bocoran udara palsu, sil klep atau gasket nya minta ganti jadi kebul.. atau kolter nya ga bagus terlalu longgar

      Hapus
  58. Mas sy mau tanya,motor sya jupi 2005.
    Mau tak ganti seher jenong ukuran 53mm. Misal.pake boring standar aman gak? Klo.iya ganti boring punya motor apa?.
    Trus klep in dan ex yg ccok ukuran brpa?.
    Maksih maap byak tanya

    BalasHapus
  59. Bg saya punya motor vega lama 2004 saya mau pasang piston vario 125 itu coakan klepnya berapa mm ya bg?

    BalasHapus
  60. 1.Jupiter Burhan saya sudah pakai kaze yang 53mm , sekarang sudah ngebul bang dan untuk saran dari abangnya bagusnya di naikin ukuran piston kazenya atau ganti merek lain gitu?
    2.untuk noken as gapapa kah di papas , kalo di papas ukurannya brp bang?

    Amit nggeh hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cek dulu kebul dari mana.. kalau dari piston aus ya kolter ukuran berikut nya.. kalau saya sih pakai merk lain non kaze

      Noken as bebas, sesuai kreasi.. ukurannya menyesuaikan karakter yg diinginkan..

      Hapus
  61. Mau tanya,motor saya vega r lama masih std,mau saya kasih piston kaze os 0,saya ada beberapa pertanyaan
    1.piston harus dipapas seperti panjang piston vega?
    2.apakah harus gedein squis head?
    Mohon dibantu,saya masih belajar di dunia otomotif

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Paling tidak disamakan panjang dan kepala agar tidak tabrakan.. kepala sendiri ga harus flat, bebas atur kompresi
      2. Kaze masih bisa ga squish head, yang penting kepala piston sesuai dengan squish

      Hapus
  62. Bubut coak piston brp mili? Terus bawa ke tukang bubutnya piston aja apa gmna soalnya ngecek biar klep gk nabrak piston TDK paham,
    Terimakasih sebelumnya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau di tukang bubut tempat saya cukup bawa piston soalnya mereka punya data coakan klep standar ke piston apapun.. kalau di tempat agan ga ada data ya bawa head se set sama piston nya

      Hapus
  63. Kalau sudah ubah sudut klep lebar ya piston minimal selebar muka ruang klep nya.. kalau nggak ya nabrak..

    BalasHapus
  64. Bang mau tanya kalo jupiter z lama mau di bikin gestrek/trail di rubah apa ny aja dibagian mesin nya supaya tenaga ny mantap mohon jawaban nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Namanya mesin yg pasti ubah ruang bakar.. kapasitas mesin mau standar atau berapa cc? Nanti penyesuaian piston..

      Penunjang karakter performa ada di noken as, klep diperbesar nafas semakin panjang dan tenaga lebih los.. porting wajib diperbaiki.. knalpot tentu dibuat lebih loss

      Hapus
  65. Bg motor saya Vega lama,,mau pake piston 55,25 enaknya pake merk apa ya bg... Linernya diganti pake apa bg..
    Truss coak krengkese nya brapa bg ...���� ,,Kira" biaya nya brapa ya bg...������

    BalasHapus
    Balasan
    1. Liner asli bisa dibosh belakang diluruskan jadi diameter 58 mm
      Crankcase lubang standar, beberapa bagian dicoak..
      Cek YT saya https://youtu.be/pIejwh0Muqs

      Hapus
  66. mas motor jupiter z kalau mau pake piston diameter 56 jika ganti liner apakah harus bubut crankase?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya diperbesar sesuai dengan liner baru.. liner baru pakai tebal biar awet

      Hapus
  67. Mas mending pake piston fim xb atau npp,

    BalasHapus
  68. Mas mau tanya saya pake piston 54 fim buring kop kepras ukurn 0.05 mm perpaknya yg kertas pke standar piston nabrak klep ndak
    Mkasihh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dicoak mengikuti standar atau diperdalam ga nabrak

      Hapus
  69. Mas mau tanya motor saya Jupiter z pake piston Kaze 50.kok pistonya ngendem 3mm kedalam ya apakah harus papas blok sama kopnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya saya ga suka piston kaze hahaha
      Mending ganti piston aja yang sesuai

      Hapus
  70. Mas sy pake jupiterlama dah porting..piston.fim 52mm rpi mesin jadi kletek2 suaranya.klep standar..noken atandar mohon solusinya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Antara hasil kolter jelek, stang aus, atau sebab lain.. rocker arm aus juga kletek"

      Hapus
  71. Mas saya punya jupiter z 2004, blok saya di tukar dengan boring standar kaze, jadi pertanyaan saya apakah bisa boring standar kaze di pasang dengan piston jupiter z oversize 200? Mohon jawabannga mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kondisi boring ga butuh kolter ya bisa saja.. kalau sudah aus/beret ya harus naik ukuran lagi

      Hapus
  72. Mas vegar new piston jupe oz 200 udah ngebul. Enakan ganti ap yah. Uk berapa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jupiter z os 200 itu 53 mm.. selanjutnya bisa 53.4 mm, merk" ada atau supra x 125 os 100, vario 125 os 100.. dipilih saja model dome kepala piston nya

      Hapus
  73. Mas mau tanyaa nih, jupiter z 2006 pakai piston fim vario 125 os 150 kan jadi 53.9 , apa masih kuat mas buat harian kerja kena macet macetan, makasih mas

    BalasHapus
  74. Mas motor saya jupiter z 2004 udah os 25 merek npp boring baret" dan ada bunyi seperti mesin jahit.kalau mau ganti piston vario 125 os berapa ya trus untuk ukuran coakan klepnya berapa mm...trimakasih mas sebelumnya🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mending kalau masih os 25 naik ke os 50 atau 100 saja..
      Coba cek oli naik nggak, packing kalter kopling wajib lubang 2 d jalur oli

      Kalau piston vario 125 standar anggap os 140 Jupiter Z..

      Hapus
  75. Piston fim 55,25 mm bisa di pake di Jupiter z Burhan ya bisa.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa.. kalau boring standar disok dulu sama bersih" dikit bagian crankcase biar ga nyangkut

      Kalau ga gitu ga awet.. mentok 54.4 mm

      Hapus
  76. Mau tanya,standart nya piston kz kalau di pasang di jupiter z operses berapa ya,tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alangkah baiknya dari std.. ukuran 53 mm

      Kalau saya sih ga mau pakai piston kaze..

      Hapus
  77. Mas sy sdh pakai piston kaze standar tp sy mau ganti piston supra 125 apa saja yg harus di rubah..
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kaze standar 53 mm..
      Kolter lagi ke supra x 125 os 100 alias 53.4 mm..
      Kepala piston menyesuaikan head

      Hapus
  78. Bang motor Vega new pakai piston Vario 125 apa saja yg dirubah untuk penyesuaiannya?.

    BalasHapus
  79. Bang boring vega new udah OS 53 bagusnya pake seher apa ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Piston diameter 53 mm bisa piston standar os 200 merk non original
      Atau Kaze std

      Naik ukuran ya pakai lain lagi

      Hapus
  80. Bang mau tanya nih .
    Mesin motor saya kan vega lama si boring nya mau di ganti pake vega new harus ganti stang seher nya gk ?
    Terus ini boring udah os 53 bgus nya pake seher apa ya bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boring vega lama vega new sama saja.. beda model sirip blok dan panjang blok

      Ukuran piston 53 mm bisa Jupiter z burhan os 200 atau kaze std

      Hapus
  81. Gan mau nanya saya mau pasang piston 55,25 tentu saja harus ganti liner nah supaya tidak bubut krengkes pake ukuran diameter luar brp ya?��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Liner 59 mm bisa.. tetapi ada bagian crankcase yang harus d bersihkan karena nabrak dikit dengan liner 59 mm.. lubang crankcase tetap standar kok

      Hapus
  82. mas mau tanya klo seher kaze os 100 noken as nya di bubut berpa mili ya

    BalasHapus
  83. Mas kalo boring vega r new pakein seher kaze tapi udh ngasap lagi... Pertanyaan saya adalah apakah masi bisa di kolter lagi buat harian....klo bisa sampe berapa mili lagi batasnya...biar aman... Terimakasih sebelumnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba piston vario 125/supra x 125 yang os 100
      Itu ukuran terakhir
      Disesuaikan kepala piston nya supaya ga nabrak

      Hapus
  84. Bang klau jupiter z1 standar d kasih piston vario 125 os 50 apa aja yg di rubah .. termasuk isi dalam dekselnya ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sepertinya liner diganti biar ga cepat panas
      Kepala piston menyesuaikan
      Porting polish sekalian

      Nanti remap ECU sih pastinya

      Hapus
  85. Bang saya mau tanya
    Motor saya Vega lama ,rencana mau pakai seher kaze r os 50 , klep std masih nyanggup ga ya ? Noken pake jupiter z papas , sama karbu pake pe 24 , itu ideal apa tidak ya ? Kalo tidak , kasih tau saran saya dong biar idealnya gmna ya bang ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klep std masih bisa.. noken papasan saya ga tau profil nya seperti apa
      Karburator boleh besar asal knalpot juga tidak standar

      Hapus
  86. mas mau tanya, Jupiter Z1 injeksi kalo ganti seher 55mm liner nya masih aman nggak,ngrubah crankkres nggak bang,mohon solusinya apa saja yang dirubah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Habis liner besi nya
      Crankcase ga ada ubahan soalnya besar

      Hapus
  87. Malam mas,saya mau nanya,saya punya Jupiter Burhan of 75 std, kalo mau makek piston Vario 125 00 std apakah bisa mas? Dan apa yg perlu dirubah dibagian piston dan dekselnya mas, terimakasih mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa tinggal kolter dan coak klep saja.. saya pernah pakai

      Hapus
    2. Apa dia tidak lebih pendek mas?

      Hapus
    3. Tepi piston 19 mm, jenong 1 mm.. hasil rasio kompresi jauh lebih padat daripada standar

      Hapus
  88. Mas.mau tanya vega r saya skarang pakai piston kaze os std...tpi udah berasap. ..bagus nya pakai piston apa mas,apa pkai piston kaze os 50 apa vario 125 yang os brapa mas...mohon saran nya mas

    BalasHapus
  89. Klo misal pantat piston kaze gak di papas gmana? Apa ya efekx?

    BalasHapus
  90. Bang saya pake piston jupiter z npp os 200, cuma masalahnya kok kompresi kurang padet ya yg saya rasakan. Misal blok dipapas 0,5mm apa masih aman? Head & isinya masih std semua. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harusnya padat walau standar.. cek kebocoran klep, skur dulu.. gap ring piston ga boleh melebihi 0.50 mm, kalau ring baru saja gap di atas 0.50 mm butuh oversize/kolter lagi

      Hapus
    2. Makasih untuk jawabanya..
      Update mas setelah blok sy papas 0.5mm kompresi bisa padet lagi, nah dpt pemakaian 1mingguan kompresi kembali berkurang. Sepertinya emg dr klep'nya yg bocor. Mgkn dr klep & seteng'nya udah minta ganti. Kmrn pas bongkar udah sy skur klep'nya tp hasil tetep gak bisa maksimal. Pas di'cek pake bensin masih kluar rembesan dr klepnya..

      Hapus
    3. Iya ga boleh rembes sama sekali.. waktunya servis klep

      Hapus
  91. Bang saya mau nanya motor saya jupiter z pakai piston kaze std, rencana pingin ganti piston enaknya pakai piston apa dan apa saja yang harus di ganti atau di rubah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang yg sekarang kenapa?
      Piston vario 125 itu enak saja saya pernah aplikasi kan..

      Hapus
  92. Bang punya saya jupiter z 2009 piston pakai kz std tarikn atas kurang, pingin ganti piston pakai apa yg enak bang apa saja yang di ganti atau diubah,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya efek dari knalpot kurang plong itu
      Sama main jet kurang besar

      Hapus
  93. Mau nanya pak motor saya vega r new th2008 sudah saya kopling dan saya bore up pakai piston kaze 50 tapi kop nya ngek di papas ngek di porting noken nya ngek di papas juga kira"aman ngek ya dan ketemubya berapa kompresinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kompresi ga beda jauh sama standar.. aman saja kok.. sekitar 10:1

      Hapus
    2. Bg motor saya Jupiter z pakai piston Kaze ov standart kira kira yg sama ukuran besar panjang ya yg sama pakek piston apa ya tanpa boring lgi

      Hapus
    3. Ukuran sama dengan diameter kaze os 0 ya Jupiter Z karbu os 200..

      Hapus
  94. Mas saya rencana mau pakai piston vario 125 os 0 di motor vega r new, tpi tetap menggunakan noken as standar aman gak? Atau kira" ada saran modif noken asnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aman lah pakai standar.. saya pernah aplikasi seperti itu full standar piston vario 125.. enak.. jangan lupa coakan klep nya jangan sampai nabrak

      Hapus
  95. Bg tanya punya saya force injek th2013 rencana saya mau naikin tenaga di cc133 ke atas, nah mohon solusinya, pakai piston apa yg lebih tepat,awet & aman buat harian jarak 100km lebih meski terkena macet, mohon solusinya bang, nuhun🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yamaha Force FI mau jadi 135 cc pakai piston diameter 54 mm

      Opsi nya banyak sih

      Ganti liner dan penyesuaian head lagi.. ECU standar ga sanggup untuk semprotan bahan bakar agar ga batuk

      Hapus
  96. Mas saya punya vega r new memakai seher fim kaze 53.5 noken standar klep standar butuh saran dengan spek sgtu biar aga kencengin lagi harus di apain gan (Maaf newbie)

    BalasHapus
  97. Kira² haBis Berapa kak
    Pakai piston 54?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Piston kit, kolter, gasket head ukuran 54, bubut head, modif kepala piston berkisar 350 rb sendiri.. belum setting karburator, porting, dan knalpot

      Hapus
  98. Mas per klep Swedia di Jupiter z dudukan per klep bawah harus di perbesar di tukang bubut atau di tuner manual mas???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mending pakai alat d tukang bubut demi kerapian dan presisi

      Kalau dituner yakin bisa rapi? Kalau per ga duduk sempurna bakal floating

      Hapus
  99. Mas Jupiter z pison npp (53mm, dome 2mm coakan piston in 25, ex 23, jarak mendem piston ke bibir blok seperti standar Jupiter z) enak nya pakai noken as racing seperti apa mas(yang tinggal pasang) untuk harian touring, sama rekomendasi per klep nya juga mas..... terimakasih atas jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Noken as BRT S2
      Per klep standar

      Enak banget

      Hapus
  100. Mas motor saya jupiter 2004 ingin naik cc jdi 135, saya harus ganti pake piston apa trus klep nya tetep yang standar apa harus ganti kalo ganti pake klep apa.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jupiter lama mau 135 cc dengan stroke standar butuh diameter piston 56.5 mm

      Wajib perbesar crankcase dan liner.. klep usahakan tidak standar
      Ubahan banyak tuh knalpot karburator porting dab

      Hapus
  101. Kalo jupiter pke ukuran 55 mm, trus ganti liner apa ada yang harus di ubah lagi

    BalasHapus