Service motor sebaiknya tiap sebulan sekali karena sisa-sisa pembakaran menumpuk sebelum menjadi kerak lebih banyak yang susah di bersihkan sebaiknya sebulan sekali karburator motor dibersihkan dan gantilah oli manakala sudah mencapai batas maksimal jarak tempuh, tujuannya adalah agar mesin motor anda awet dan tidak ada kendala saat berkendara:
Jumat, 15 Juni 2012
Senin, 11 Juni 2012
Cara Menyetel Kopling
1. Kopling Otomatis
Baut setelan kopling biasanya ada di bak kopling sebelah kanan. Tinggal siapkan kunci pas untuk mur pengunci baut dan obeng minus untuk baut penyetel. Langkah pertama, kendurkan mur pengunci pakai kunci pas. Setelah dikendurkan, tinggal putar baut penyetel.
Selasa, 05 Juni 2012
Panjang Stang Seker/Connecting Rod
Untuk itu kita mesti tahu cara mengukur panjang setang seher. Lebih jelas sambil lihat gambar 1. Rumus mengukur panjang setang seher = Panjang setang terdalam (A) + setengah diameter big end (B) + setengah diameter pen seher (C).
Lebih sederhanya, panjang setang seher (L) yaitu:
L = A + ½B + 1/2C
L = A + ½B + 1/2C
Rumah dan Sepatu Sentrifugal Jangan di-Las
Banyak yang melakukan cara gampang ketika pasang kopling manual. Yakni dengan cara langsung ngelas rumah sentrifugal. Maksudnya, antara sepatu atau kampas sentrifugal langsung dilas mati dengan mangkuk.
Kalau di balap tidak dianjurkan. Karena dengan cara dilas yang manual seperti itu, akan berakibat pada berat sentrifugal yang tidak merata. Bisa jadi oleng atau godek.
Senin, 04 Juni 2012
Cara Menghemat Kampas Kopling
Taukah anda umur kampas kopling(clutch disc) dengan pemakaian normal bisa mencapai 4tahun? Bagaimana dengan usia kampas kopling kendaraan anda..? Berapa lama anda menggunakan kampas kopling anda?
Teman bengkel saya mengatakan tidak mungkin usia kampas kopling bisa sepanjang itu… mari kita hitung bersama pemakaian normal kendaran dalam setaun dapat menempuh jarak 10.000km. berarti dalam 40.000km barulah kita mengganti kampas kopling tersebut.
Cara Jetting dan Menyetel karburator
Karena masih ada dan malah banyak yang tidak tahu tentang jetting karburator, saya coba ulas lebih lengkap.
Setting karburator dilakukan dengan melakukan adjustment pada :
1. Ukuran pilot jet
2. Ukuran main jet
3. Posisi klip needle jet
4. Setelan bukaan udara
5. Setelan stasioner
Pada bukaan gas 3/4 hingga full yang berperan adalah jarum skep dan main jet. Ukuran dratnya dan bentuk harus sama, yang beda adalah ukuran lubang di tengahnya. Jadi tak ada masalah gonta-ganti MJ/PJ asal bentuk dan dratnya sama.
Untuk setting air-screw/angin2, fungsinya untuk mengatur perbandingan bahan bakar dengan udara yang masuk. Semakin kering campuran maka bisa lebih irit. Namun, konsekuensi nya mesin cepat panas. Kalau terlalu kering motor malah tidak bisa jalan. Setting yang optimum ditunjukkan dengan warna busi merah bata. Itu berarti setting sudah pas dah hasilnya pasti irit dan bertenaga. Kalau mau akselerasi cepat, setting dibuat kaya. Efeknya boros dan caranya dengan menggeser posisi klip ke bawah.
Sabtu, 02 Juni 2012
Mengubah Kopling Otomatis menjadi Kopling Manual
Kamis, 31 Mei 2012
Sistem Lampu Sein/Tanda Belok
Fungsi lampu tanda belok adalah untuk memberikan isyarat pada kendaraan yang ada di depan, belakang ataupun di sisinya bahwa sepeda motor tersebut akan berbelok ke kiri atau kanan atau pindah jalur. Sistem tanda belok terdiri dari komponen utama, yaitu dua pasang lampu, sebuah flasher/turn signal relay, dan three-way switch (saklar lampu tanda belok tiga arah).
Flasher tanda belok merupakan suatu alat yang menyebabkan lampu tanda belok mengedip secara interval/jarak waktu tertentu yaitu antara antara 60 dan 120 kali setiap menitnya. Terdapat beberapa tipe flasher, diantaranya; 1) flasher dengan kapasitor, 2) flasher dengan bimetal, dan 3) flasher dengan transistor.
Macam Bantalan Crankshaft
Crank pin & journal poros menerima beban yang berat saat mesin berputar, oleh karena itu diperlukan bantalan (biasa disebut metal) yang dilumasi oli untuk mengurangi beban gesekan tersebut agar mesin bisa berputar lembut dan mendapatkan performa yang bagus.
Cara Bekerja EFI (Electronic Fuel Injection)
EFI bekerja dengan beberapa prinsip utama, system Electronic Fuel Injections dibagi menjadi tiga macam system utama:
1. Sistem saluran bahan bakar.
2. Sistem udara masuk
3. System kontrol Elektronik
Berikut akan dijelaskan satu persatu mengenai bagian utama dalam EFI
1. Sistem saluran bahan bakar
Sistem saluran bahan bakar, terdiri dari tangki bahan bakar, pompa bahan bakar, pipa saluran bahan bakar, pressure regulator,pipa (selang) balik.
Bahan bakar menuju ke injektor ditekan menggunakan pompa bahan bakar. Pompa bahan bakar diletakkan dekat dengan tangki bahan bakar, sedangkan kontoran-kotoran yang ada pada bahan bakar disaring dengan menggunakan filter yang sangat presisi, hal ini dimaksudkan agar tidak menyumbat injektor.
Model Ruang Bakar
1. Ruang Bakar Model Bak Mandi
Ruang bakar model bak mandi (Bathtup type combustion chamber) kontruksinya sederhana dan biaya produksinya lebih rendah. Hal ini disebabkan diameter katupnya lebih kecil, tetapi saat penghisapan (intake) dibandingkan dengan jenis ruang bakar model setengah bulat.
2. Ruang Bakar Model Baji
Ruang Bakar model baji (wedge type combustion chamber) ini kehilangan panasnya juga kecil kontruksi mekanisme katupnya lebih sederhana bila dibandingkan dengan ruang bakar model setengah bulat (Hemispherical Combustion Chamber)
Pompa Oli
Pompa oli adalah komponen mesin yang berfungsi untuk menghisap oli dan menekan oli kebagian-bagian mesin yang bergerak, pompa oli ada yang digerakkan langsung oleh crankshaft dan ada jga yang digerakkan oleh sumbu nok (camshaft). Untuk menyaring oli dari kotoran agar tidak ikut bersirkulasi maka pada bagian inlet pompa oli dipasang saringan oli.
Berikut macam-macam pompa oli:
1. Pompa model roda gigi
Pompa oli model roda gigi adalah pompa yang terdiri dari dua buah gigi yang berputar untuk memompa oli dua buah roda gigi tersebut ada roda gigi penggerak (driven gear) dan ada roda gigi yang digerakkan (driven Gear). Ada dua tipe pompa oli model roda gigi yaitu:
a. Tipe internal Gear
Langganan:
Postingan (Atom)