Selasa, 25 Desember 2012

Korek Harian Honda Tiger Revo 206 cc

1. Porting and Polish
Porting in dan ex dibenahi arahnya dan cukup dihilangkan kulit jeruknya. Klep ikut dibubut 1 mm bagian payungnya.

2. Noken As Custom
Noken as mentah/buta bebas diatur lift dan durasi nya. Bagusnya durasi dibuat untuk putaran atas.

3. Piston std oversize 50 dengan diameter 64mm
Piston standar oversize 50, Volume silinder hanya menjadi 206cc, tetapi sudah cukup untuk harian.

4. Kampas Kopling ZX
Permukaan kampas lebih rapat dan tebal. Cocok untuk meneruskan putaran mesin menjadi kecepatan di putaran atas.

5. Karburator PE28
Karburator standar dapat digunakan tanpa harus ganti dengan PE28 karena masih cukup asupan udara+bahan bakarnya dan hanya tinggal menyetel air screw nya. Tetapi dengan PE28, tarikan lebih enteng dan enak akselerasi nya.

Minggu, 23 Desember 2012

Korek Harian Yamaha Jupiter 115 cc

1. Klep In Honda Grand, Klep Out Mio
Ukuran diameter klep 23 mm (in) dan diameter klep 20 mm (out). Perlu penyesuaian bosh klep sebesar 0.5 mm. Panjang klep sama dengan asli nya. Sitting klep dapat diperdalam sebanyak 1 mm.

2. Porting diperbesar menjadi 22mm (in) 24mm (out)
Hal ini perlu agar didapatkan aliran gas segar yang cepat agar CFM tinggi dan pembuangan yang lebih ploong.

3. Noken as custom
Papas noken agar mendapat lifter 7.5mm pada kedua noken. Masih aman untuk harian. Kombinasi dengan per klep shogun atau per klep grand ori.

4. Piston Jupiter Z oversize 100 dengan diameter 52mm.
Tentukan seberapa besar kompresi dan coak klep di perdalam agar tidak menabrak klep.

5. Setting spuyer
Spuyer standar atau naik 1 step dan cari air screw kira-kira 1 putaran.
6. Knalpot custom atau aftermarket
Intinya knalpot dibuat lebih cepat membuang gas sisa pembakaran.

Minggu, 09 Desember 2012

Korek Drag Yamaha Y125Z 130cc

1. Karbu PJ38 Solenoid.
Pilot jet 60 main jet 138. Kondisi solenoid di buat mati / non aktif tidak apa-apa.

2. CDI YZ125 Racing.
CDI yang dipakai berkode 4SS-T1

3. Korek Silinder Blok.
Lubang transfer dari 43mm (std) di ubah menjadi 42mm. Lubang exhaust dari 32mm (std) di ubah menjadi 27mm.

4. Head Blok custom.
Di papas 0.8mm dengan desain kubah 14º, 55mm, dengan nut 0.5mm, squish 9º, dan volume 12.2cc.

5. Piston dengan diameter 54.75mm.
Volume silinder berubah menjadi 128.8cc dengan stroke standar 54.7mm

Sabtu, 08 Desember 2012

Korek Road Race Yamaha Fino 232 cc

1. Piston Tiger dengan diameter 66 mm.
Piston juga dimodifikasi dengan menambal jalur oli agar friksi jadi lebih minim. Kompresi dibuat sebesar 13.8:1.

2. Stroke up 10 mm.
Kruk as di geser sejauh 5mm sehingga total naik turun menjadi 10mm. Crankcase wajib di bobok 4mm agar kruk as tidak mentok. Dengan piston 66 dan stroke 67.9, volume silinder melonjak menjadi 232.3cc.

3. Setang seher Mio.
Setang seher menggunakan milik mio karena materialnya lebih kuat. Alhasil setang seher tidak mudah melintir sehabis di pakai balapan.

4. Klep EE5 dengan diameter 34mm (in)  29mm (out).
Klep gambot dengan diameter batang 5.5mm ini dipakai untuk mengimbangi volume silinder yang besar.

5. Noken as CLD custom.
Noken as CLD dengan durasi 278º (in) 277º (out) dipapas 1.5mm lift nya.

6. Karburator TMR 28mm.
Spuyer dikombinasi kan pilot jet 35 dan main jet 135.

Jumat, 07 Desember 2012

Membuat Tabung Skep/Piston Valve Sendiri

Membuat Tabung Skep/Piston Valve Sendiri - Mencari part karburator untuk yang aftermarket itu gampang-gampang susah, terutama skepnya yang kebanyakan sering mengalami oversize atau oblak. Kenapa sering terjadi demikian? Wajar saja jika mengunakan karbu selalu open filter / tidak menggunakan boks filter, jadi debu / pasir dengan mudah terhisap dan menempel di tabung skep sehingga tabung mudah baret. Kalau sudah begini biasanya karbu sudah tidak berfungsi maksimal seperti setting nya berubah, mbrebet seperti kebanyakan bensin, susah langsam, dsb.
skep handmade
Sebenarnya, part-kit nya sudah banyak beredar, tetapi umumnya kita harus beli satu paket part-kit dan harganya pun sama dengan harga 1 buah karbu yang Kw Series. Untuk itu, cobalah beberapa solusi berikut yang mungkin saja sudah umum bagi sebagian orang.


Kali ini kita akan coba membuat tabung Skep Carburator PE Series untuk Venturi 28. Bahan yang di butuhkan adalah :

  • As Sock Bekas Rx king diameter 30mm ( sesuai dengan Diameter Standar Tabung Skep Carbu 28 Pe Series) dan
  • Albronce

As Shock Depan RX-King dan Albronce
Keuntungan menggunakan Bahan dari As shock ini karena material-nya yang kuat terhadap gesekan jadi tidak mudah termakan / oblak dan bobotnya yang berat membantu menutup gas jadi lebih cepat. Lebih baik lagi jika menggunakan barang bekas pakai yang bisa cari di tukang loak atau onderdil bekas jika ingin lebih murah meriah.

Langkah Pengerjaannya:
1. Memotong Sock As depan Sesuaikan dengan Tinggi Tabung Skep yang asli.
memotong as shock
as shock telah terpotong
2. Membuat koin dengan tebal kira-kira 5mm dari albronce.
Sesuaikan diameternya dengan diameter tengah As shock. Untuk mengerjakan pembuatan koin ini memang kita harus membutuhkan bantuan tukang bubut. Namun, untuk yang lainnya, kita bisa mengerjakan sendiri secara manual.
albronze diubah seperti koin
3. Memasukan koin ke dalam Potongan As Shock.
Posisikan tinggi rendahnya posisi koin sesuai dengan Tabung Skep standar. Lalu bor bagian tengah sesuai dengan diameter jarum skep. Agar jarum skepnya tidak lepas dari dudukan nya, bisa di buatkan pengancing atau di lem besi, seperti gambar di bawah.
koin terpasang di tengah as shock
untuk mengunci jarum skep dapat dipaten menggunakan lem
4. Membuat Dudukan Tali Gas.
Bor pada bagian sampingnya untuk dudukan tali gas sesuaikan dengan gambar dari lubang besar menjadi kecil agar tali gas dapat mengunci.contoh gambar di bawah
lubang tempat kabel gas
5. Membuat Jalur Tabung Skep.
Jalur tabung skep berfungsi agar tabung skep tidak bergerak/berputar.Cara membuatnya bisa dengan menggunakan gergaji besi dari atas kebawah. Kedalaman dan lebarnya di sesuaikan kebutuhan.
alur agar skep tidak berputar
6. Membuat Setelan Gas.
Potong dengan menggunakan Gerinda usahakan berpatokan pada ukuran tabung skep yang asli agar tidak terlalu jauh melenceng dari pakemnya.

sudut kemiringan untuk setelan gas
7. Membuat Cutaway.
Untuk cutaway, papas bagian Pantat dengan menggunakan Gerinda dengan berpatokan pada ukuran tabung skep yang asli.
cut away skep
Cara di atas bisa di terapkan juga untuk karbu Reamer, tinggal sesuaikan diameter tabung sesuai dengan yang diinginkan.. Jika ingin mendapatkan diameter tabung yang lebih besar, gunakan as shock lain yang diameternya lebih besar dari RX-King seperti As Shock Tiger diameter 31mm atau Scorpio 33mm. Namun hal ini hanya di rekomendasikan untuk karbu yang telah mengalami reamer dengan dameter venturi yang lebih besar dari standarnya.

Tips Membuat Karbu Vakum Jadi Kontan

Tips Membuat Karbu Vakum Jadi Kontan - Karburator vakum (CV) tidak sereponsif karburator konvesional. Masalahnya karburator tipe CV kerjanya berdasarkan kevakuman di ruang bakar sehingga irit bahan bakar. Tetapi, gara-garanya lagi karburator vakum banyak diaplikasikan ke motor keluaran terbaru. Inilah yang menjadi kendala bagi yang memiliki idola kebut-kebutan dijalanan.

Opsi terakhir biasanya orang akan mengganti karbu CV dengan karbu konvesional agar bisa mendapat akselerasi yang di inginkan, contohnya Suzuki Satria FU mengadopsi karburator Keihin PE28 kepunyaan Honda NSR-SP. Namun imbalannya berefek pada konsumsi BBM. Tetapi jangan khawatir, masih ada alternative lain dibanding harus mengganti karburator yaitu dengan memaksimalkan kinerja karburator CV. Caranya cukup dengan membesarkan lubang main air jet yang ada di corong depan, dijamin cara tersebut dapat merespon mesin lebih bagus.

Berikut langkah-langkahnya :

  1. Perbesar Lubang Main Air JetMain air jet itu mirip spuyer. Lubangnya punya ukuran tertentu, tempatnya berada di corong depan. Akan tetapi main air jet ini tak bisa dilepas seperti main jet ataupun pilot jet. Karena itu jalan satu satunya untuk membesarkan adalah dengan mengebor. Pengeboran cukup menggunakan mata bor 1 mm. Perlu diperhatikan untuk melakukan pekerjaan ini nosel alias needle jet harus dilepas lebih dulu. Lantas, Lakukan pengeboran hingga tembus ke ruang nosel tadi.(Coba perhatikan skema 1)
    bagian lubang air jet
    Memperbesar lubang main air jet perlu sekali untuk dilakukan, karena lubang main air jet berfungsi sebagai pengontrol udara pada pencampuran bahan bakar + udara baik di putaran menengah dan tinggi. Dengan membesarkan lubang main air jet maka suplai udara ke needle jet alias nosel lebih lancar. Proses pencampuran udara dan bahan bakar dari main jet bisa berlangsung lebih sempurna. Sehingga respon mesin tidak dirasa lelet karena tidak terlambatnya skep piston naik lantaran suplai udara sudah besar. (Coba perhatikan skema 2)
    cara kerja karburator vakum
  2. Seting SpuyerSetelah lubang main air jet diperbesar, secara tidak langsung lubang main air jet tersebut sudah tak standart maka takaran campuran udara dan bahan bakar wajib dirubah. Ukuran spuyer harus direvisi. Ukuran pilot jet dipastikan turun Sementara main jet naik. Perkiraannya Pilot jet turun satu step. Jadi jika sebelumnya 15, turunkan jadi 12,5. Sedang Main Jet bisa naik banyak, semisal dari 120, naik kan hingga sekitar 150, Untuk kenaikan Main Jet ini paling sip cek kondisi Elektrode busi. Naik kan hingga warna busi muncul kecokelatan.

Selasa, 04 Desember 2012

Turbo Cyclone

cara kerja turbo cyclone
Turbo Cyclone adalah alat untuk membelokkan arah aliran. Aliran yang telah berbelok ini jika berada pada laluan lingkaran akan menjadi aliran swirl. Kelebihan aliran swirl adalah campuran akan mempunyai jarak tempuh yang lebih panjang sehingga campuran lebih homogen. Turbo Cyclone ini dapat dibuat sendiri. Berikut link nya http://adf.ly/FxVkP.
turbo cyclone

Minggu, 02 Desember 2012

Servis Karbu Nggak Perlu Bongkar

Servis Karbu Nggak Perlu Bongkar - Membersihkan karburator termasuk rangkaian servis ringan sepeda motor. Namun beberapa mekanik bilang, komponen vital ini tak harus dibongkar. Selain karena masalah ini, servis karbu cukup setel setingan anginnya. Kecuali jika masalahnya sudah berat dan sudah lama tidak dibongkar. Kenapa bisa seperti itu, sering bongkar karbu bisa bikin derat baut-baut rusak bahkan dol. Selain itu, karet sil jadi cepat longgar. Jika ada kejadian parah, seperti kemasukan kotoran debu atau air, seting karbu itu enggak cepat berubah. Kecuali jika diutak-atik sembarangan.
carburator cleaner
Nah, biar perawatan karbu mudah, murah dan prosesnya enggak makan waktu dan tenaga, berikut ini langkah-langkahnya. Apalagi kalau bisa dikerjakan sendiri.


  • Pertama, kalau masih pakai filter bensin antara tangki dengan karbu rajinlah untuk pengecekan. Jika kotor, bersihkan atau ganti. Lalu tanpa filter bensin, rajin buang bensin di mangkuk karbu dua atau 3 minggu sekali. Atau tiap isi bensin penuh. Caranya, tinggal kendurkan baut pembuangan di mangkuk.
  • Langkah kedua, bersihkan saluran udara di congor karbu dengan cairan pembersih. Caranya dengan melepas karet penyambung karbu dengan box filter, lalu semprot semua lubangnya sambil hidupkan mesin. Dijamin semua kotoran akan hilang dari filter udara.
Pembersih Karbu BM Lube

Sabtu, 01 Desember 2012

Telusuri Penyebab Oli Mesin Yamaha Scorpio Rembes

Telusuri Penyebab Oli Mesin Yamaha Scorpio Rembes - Sebalnya melihat oli rembes di seputar mesin. Seperti di head silinder Yamaha Scorpio. Parahnya kalau sudah campur debu, terkesan jorok dan enggak terawat. Ketika ditelusuri, ternyata sil atau O-ring dari karet yang ada di sekitar mesin sudah bocor. Penyebabnya bisa lingkar dalam atau luar karet sil robek, atau mengeras karena panas mesin. Akibatnya maksimal membendung oli. Ada beberapa sil yang menyebabkan oli meler di mesin Scorpio.
mesin Scorpio 225

  • Pertama, sil yang ada pada tutup setelan klep. Karena di daerah panas, sil ini gampang mengeras dan bocor. Apalagi kalau O-ring imitasi yang enggak presisi dan pemasangan kurang tepat.
  • Kedua, oli rembes di sekitar tutup silinder head sebelah kanan yang bertuliskan Four. Penyebabnya O-ring cover blok sudah tidak maksimal bekerja, rembesan oli terlihat di bawah, kiri dan atas cover Four.
  • Penyebab lain pada areal ini bisa dari O-ring kabel kabel rpm. Posisinya di dalam head kanan bertuliskan Four. Bentuk sil bagian tengah berlubang mirip tapi dimensinya kecil. Selain O-ring di kabel rpm, oli juga bisa rembas dari karet sil di sela lubang baut yang biasanya juga sudah sudah korosi atau karat. Kalau yakin memang ini biangnya, harus menebus kabel rpm baru yang banyak dijual di toko onderdil.

Trik Membersihkan Super KIPS Kawasaki Ninja

Trik Membersihkan Super KIPS Kawasaki Ninja - Super KIPS (Kawasaki Integrated Powervalve System) berfungsi sebagai tutup-buka sebagian lubang exhaust. Membuka ketika putaran mesin 7.000 rpm dan menutup di bawah 7.000 rpm. Agar enggak mudah aus karena gesekan, Kawasaki memberikan pelumasan berupa oli. Tapi, oli yang berasal dari oli mesin terkadang malah menghambat fungsi Super KIPS, karena oli bisa mengendap di sela-sela KIPS sehingga ogah muter dan bisa terkunci dalam keadaan membuka atau menutup. Akibatnya enggak enak di rpm tertentu, artinya harus dibersihin.
super Kips ada di Ninja 2 tak
Selain akibat oli mengendap, lapisan seperti cat emas yang terdapat di KIPS bikin macet juga, mending dibersihkan pakai cutter. Untuk membersihkan KIPS bisa tempuh dua cara, ditodong alias ketika blok silinder masih nempel atau bongkar sekalian dengan silindernya. Biar enggak buka silinder, ditempuh cara todong saja.

Buka 2 baut cover KIPS dan jangan lupa buka baut tiang KIPS yang menuju ke bak kopling menggunakan kunci pas 10, agar KIPS bisa dicabut. Untuk buka baut di tiang KIPS berbalik arah seperti mengencangkan baut.

Agar mudah mengambil KIPS, arahkan dudukan baut KIPS ke depan agar ruang congkel luas. Lalu congkel menggunakan obeng min. Lakukan di kedua KIPS. Setelah tercabut, bersihkan kotoran yang berada di luar menggunakan tinner.

Untuk membersihkan sela-sela di KIPS, lebih mudah menggunakan cutter. Arahkan mata cutter di sela-sela bagian atas KIPS yang biasanya banyak kerak oli, lantas diputar. Dengan begitu kerak bisa terangkat. Jangan lupa bersihkan lapisan cat agar KIPS bekerja maksimal.
membersihkan katup KIPS
Setelah bersih, pasang kembali. Untuk membantu memasukkan KIPS bisa pakai palu. Tapi, jangan lupa, saat pemasangan posisi KIPS harus seimbang, kalau miring bisa enggak mau muter. Perhatikan juga KIPS harus dalam keadaan top alias titik ketemu titik. Karena Super KIPS juga punya kondisi top. Lanjut pasang cover KIPS dan komponen lain, juga fairing.

Agar pembersihan maksimal, mending tempuh buka silinder. Karena rumah KIPS biasanya kotor. Tahap ini memang termasuk servis besar, tapi maksimal.

Bikin Saklar Engine CutOff Sendiri

Bikin Saklar Engine CutOff Sendiri - Cara pasang engine stop, kabel yang diputus dari mana ya? Lihat diagram di bawah. Pasang engine stop kalau di motor balap digunakan ketika darurat. Begitu motor jatuh, supaya singkat dan mesin langsung mati, segera tekan engine stop. Kalau di motor harian, engine stop bisa dipakai sebagai kunci rahasia. Disimpan di bawah jok supaya motor aman dari incaran maling.
diagram engine cutoff bikinan sendiri
Cara pemasanganya mudah dan bisa dilakukan di rumah. Cukup memotong kabel CDI yang nyambung ke massa bodi. Tetapi, perhatikan warna kabel. Warna kabel massa tiap motor itu beda. Di Honda warna kabel massanya hijau, di Yamaha hitam dan Suzuki hitam bergaris putih. Jadi, jangan sampai salah potong.
kabel massa CDI Yamaha berwarna hitam
Setelah potong kabel massa CDI, ujungnya disambungkan ke dua kabel. Satu kabel disambung yang dari CDI dan satu kabel lagi disambung dengan kabel massa bodi yang dipotong itu. Supaya aman langsung diisolasi. Nah, dari ujung dua kabel itu kemudian dipasang sakelar. Supaya rapi, gunakan solder dan timah untuk merekatkannya. Kelar disambungkan, simpan sakelar di tempat yang paling aman.