Minggu, 19 Mei 2013

Macam Cara Skir Klep

Macam Cara Skir Klep - Tenaga motor ngempos, bisa saja di karena kan klep/katup (valve) bocor. Yang di maksud klep bocor adalah klep tidak dapat duduk sempurna pada dudukan klep di karenakan terganjal arang bekas pembakaran, kotoran (debu) atau tergores. Cara mengecek klep bocor atau tidak dengan cara menuangkan beberapa cc bensin ke lubang Intake dan exhaust atau lubang masuk bensin dan lubang keluarnya sisa pembakaran. Apabila bensin merembes menyelinap di pinggiran klep berarti klep bocor, segera lakukan Skir klep.
klep kotor
Ada dua cara men-skir klep motor, mari kita bahas satu persatu :
1. Cara pertama
Payung klep disambung dengan selang yang ukurannya lebih kecil sedikit dari batang klep dan di skir pakai tangan.

2. Cara kedua
Ekor/batang klep di beri sambungan dari bahan karet untuk di hubungkan dengan mata bor atau alat skir klep.
skur klep
Cara ini memerlukan felling kuat dan ketelitian, karena apabila salah sedikit klep tetap bocor atau saking semangatnya sampai - sampai kebablasan hancur tuh klep termakan obat skir klep. Ini biasa terjadi jika men-skir klep dengan bor mesin.

Fungsi dan Efek dari Celah Klep

Fungsi dan Efek dari Celah Klep - Celah klep berfungsi agar supaya klep menutup sempurna pada saat mesin dingin maupun panas. Apabila klep tidak menutup sempurna akan berakibat turunnya performa motor. Biasanya penyetelan klep pada saat posisi mesin dingin, dan untuk ukuran celah klep wajib mengacu pada standar yang telah ditentukan pabrikan pembuat motor.
celah klep dan penyetelannya
Mengapa celah klep wajib diukur ulang setiap 10.000 km. Ini dikarenakan keausan pada sistem penekan klep yang mengakibatkan celah klep menjadi besar dan keausan pada payung klep dan kedudukan nya yang mengakibatkan celah klep menjadi kecil.

Ukuran celah klep wajib disesuaikan dengan anjuran pabrikan pembuat motor, karena apabila tidak sesuai dengan anjuran pabrikan pembuat motor akan mengakibatkan kerugian - kerugian sebagai berikut :

1. Celah klep terlalu besar
Mengakibatkan penggerak klep berisik dan bagian penggerak katup (rocker arm) bisa patah.

2. Celah klep terlalu kecil
Mengakibatkan waktu buka klep cenderung lebih lama. Yang berakibat pula overlap menjadi lebih lama, kerugiannya adalah gas baru terbuang percuma dan putaran idle kurang stabil.

3. Tidak ada celah klep sama sekali
Mengakibatkan klep tidak menutup dengan sempurna sehingga gas baru ada yang ikut keluar. Karena terjadi kebocoran pada klep dapat mengakibatkan merambat-nya pembakaran ke karburator dan mengakibatkan terbakar nya klep karena tidak ada pemindahan panas dari payung klep ke dudukan klep.

Sudut Pengapian dan Sudut Dwell

sudut pengapian = 2x sudut dwell
Sudut Pengapian dan Sudut Dwell - Di dalam satu siklus kerja motor ada yang namanya sudut pengapian dan sudut dwell. Apa sih yang dimaksud dengan sudut pengapian dan sudut dwell tersebut dan apa perbedaan antara sudut pengapian dan sudut Dwell . Dan apa efek yang akan timbul jika sudut dwell tidak sesuai dengan anjuran pabrik. Mari kita bahas satu persatu tentang sudut pengapian dan sudut dwell.

Sudut pengapian adalah sudut yang diperlukan untuk satu kali pengapian pada satu silinder motor. Dimana secara detail dapat diterangkan sebagai sudut putar nok/cam saat platina membuka sampai membuka lagi pada tonjolan nok/cam pada silinder berikutnya.

Sudut Dwell adalah lamanya platina dalam keadaan menutup. Dengan memperbesar celah platina, sudut dwell menjadi kecil. Begitu juga sebaliknya, jika celah platina diperkecil akan mengakibatkan sudut dwell menjadi besar.

Sudut Dwell harus di setel sesuai anjuran pabrikan motor, sebab jika sudut dwell terlalu besar dapat mengakibatkan percikan api bisa menjadi terlambat, putaran mesin menjadi kasar, tidak optimalnya fungsi kondensor, dan lain - lain. Sedangkan sudut dwell yang terlampau kecil dapat mengakibatkan percikan bunga api kecil, mesin menjadi panas, dan tidak optimalnya tenaga motor.

Macam - Macam Konstruksi Penyetel Klep

Macam - Macam Konstruksi Penyetel Klep - Macam konstruksi penyetel klep ada 5 macam yaitu :
1. Penyetel celah klep dengan mur dan baut
Konstruksi ini banyak digunakan pada motor yang diproduksi di Indonesia, hampir semua motor memakai penyetel ini. Cara penyetelan nya sangat mudah langkah pertama longgarkan mur pengencang dan stel baut sampai ditemukan ukuran yang ditentukan dan kencangkan kembali mur pengencang, selesai.

2. Penyetel celah klep pada konstruksi tuas ayun
Konstruksi ini biasanya diaplikasi pada mobil - mobil buatan Eropa  Posisi pengukuran celah klep diantara noken as dengan tuas ayun bukan pada ujung batang klep dan tuas ayun klep.

3. Penyetel celah klep dengan shim atau plat penyetel
Penyetelan pada sistem ini dengan cara menganti plat penyetel (shim) dengan bermacam - macam ketebalan shim. Keuntungan dari penyetel model shim adalah kita akan jarang sekali menyetel klep dan konstruksi ini banyak digunakan pada motor berkecepatan tinggi karena ketepatan buka tutup klep tidak akan berubah pada saat kecepatan tinggi. Penyetel model ini digunakan motor Suzuki Satria-F 150, Kawasaki Ninja 250, dll. 

4. Tuas klep dengan penyetel eksenter (eksentrik)
Konstruksi penyetelan model ini hampir mirip dengan setelan rantai pada motocross. Penyetel model ini digunakan pada mesin tipe boxer.

5. Penyetel celah klep pada motor neptune
Keunggulan dari penyetel celah klep pada motor neptune adalah penyetelan dapat dilakukan pada saat mesin motor hidup sehingga lebih akurat.

Sabtu, 18 Mei 2013

Penyebab O-Ring Karburator Rusak


Penyebab O-Ring Karburator Rusak - Sejatinya bodi karburator standar itu jarang rusak. Kecuali, ‘dirusak’ macam direamer venturinya atau ganti skep. Pun begitu, beberapa komponen di karburator bisa juga rusak dan dapat menyebabkan pasokan bahan bakar dan udara jadi tidak sempurna.
O-ring karburator dan perangkatnya
Seperti diketahui, beberapa tipe motor karburatornya nempel di intake manifold dengan cara diklem. Dan, ada pula yang dikunci 2 baut di intake manifold. Biasanya yang model di baut, dilengkapi 2 O-ring. Satu nempel di intake manifold, satu lagi nempel di moncong depan karbu.

Biasanya, O-ring yang sering rusak. Itu karena lama ditekan dan dalam kondisi panas. Cirinya, gepeng dan rata dengan coakan di moncong karbu atau intake manifold. Setelah bongkar-pasang, biasanya O-ring tidak rapat lagi menutup sambungan. Akibatnya terjadi kebocoran dan sulit diseting waktu di rpm langsam atau idle.

O-ring lain yang mungkin rusak, ada di baut penyetelan udara langsam. Rusaknya karena lama tertekan atau hilang. Lantaran, tidak sadar saat bongkar-pasang. Jika hilang, sulit cari gantinya. Paling gantinya ambil O-ring dari korek api gas.

Di dalam karbu juga ada. Saat bongkar mangkuk, kelihatan paking mangkuk. Biasanya dibuat dari kertas atau karet. Seringnya, rusak, patah atau putus karena tercemar bensin. Akibatnya bensin di karbu selalu luber keluar. Wah, bau bensin tuh!.

Selasa, 07 Mei 2013

Korek Harian Suzuki Smash 125cc

1. Piston Thunder 125 oversize nol dengan diameter 57mm
Cukup bore-up sedikit, dan maksimalkan komponen standarnya sudah cukup. Gunakan saja Piston Thunder 125, bibirnya dibubut 1,5 mm dengan lebar 6 mm dan sudutnya 10 derajat, sehingga kini jadi 124,46 cc. Caranya blok standar cukup dikorter menyesuaikan piston, ketebalannya masih mumpuni. Jangan lupa coakan klep diatur ulang.

2. Memajukan timing pengapian
Memajukan waktu pengapian 3º, dari 12º jadi 15º sebelum TMA, dengan menggeser pick up yang ada di magnet.

3. Karburator standar di reamer
Skep menggunakan RC100 dan tinggi diubah menjadi 22mm dengan pisau tuner. Pilot jet akan bertemu di angka 17,5 dan main jet sekitar 97,5.  Coba cari jetting yang pas.

4. Porting polish
Cukup di porting 1mm saja alias membuang kulit jeruknya. Porting dapat dilebarkan 1 mm.

5. Noken As papasan
Bagian pantat dipapas 1 mm. Lifter akan bertambah dan atur ulang durasi kem nya.

6. Knalpot di bobok
Standarnya dibobok, agar aliran gas buang lebih lancar. Standar tanpa dibobok sebenarnya bisa, namun kurang maksimal, tenaganya jadi sedikit tertahan.

Korek Drag Suzuki Satria FU 260cc

1. Stroke 62 mm
Stroke diperoleh dengan cara menggeser big end sejauh 6,6mm.

2. Piston  menggunakan ukuran 73 mm
Ukuran ini termasuk besar. Jika dipadukan dengan stroke di atas, maka akan menghasilkan volume silinder sebesar 260cc. CC sekian sangatlah cukup untuk turun ke arena drag liar.

3. Karburator PJ 34
Karburator menggunakan Keihin PJ 34 yang seharusnya enak untuk motor 2 tak. Setting bisa lebih basah dengan menggunakan PJ 34.

4. Knalpot AHM Trioval
Knalpot freeflow AHM lebih nendang di putaran atas.

5. Klep 28mm (in) 24 (ex)
Klep bisa mengambil EE5 sebanyak 2 pasang. Ukuran in menggunakan 28mm dan ukuran out menggunakan 24mm.

6. Noken as custom
Durasi noken as 265º dan lifter dipertinggi dengan memapas pantat noken.

7. CDI BRT Imax Super Pro
Otak pengapian menggunakan BRT unlimiter.

8. Ratio diracik ulang.
Gigi rasio presneling diatur ulang agar akselerasi lebih terasa hingga gigi 6.
I (14-33)
II (16-23)
III (19-25)
IV (21-23)
V( 23-23)
VI (25-23)

Sil Air-Screw (Penyetel Angin) Karburator Menggunakan Sil Korek Gas

Sil Air-Screw (Penyetel Angin) Karburator Menggunakan Sil Korek Gas - Di air-screw karburator terdapat sil karet yang mencegah udara masuk dan mengacaukan setelan nya. Sil karet pun memiliki batas pakai, yaitu ketika sudah mengeras dan pecah. Untuk menggantinya, tidak ada yang menjual hanya sil nya saja, melainkan harus membeli dalam repair kit. Namun masih ada cara lain, yaitu menggunakan sil korek api gas bekas. Pertama - tama lepas keseluruhan part yang ada dan ambil karetnya langsung. Berikut penampakan nya.
bentuk, dimensi, dan diameter sama
Setelah sil karet nya sudah diambil, pasang kan seperti gambar di bawah ini.
urutan jangan terbalik
per → ring → sil karet
Setelah itu masukkan kembali ke tempatnya dan setel ulang air-screw nya.

Senin, 06 Mei 2013

Mengakali Per Pedal Rem yang Putus

Mengakali Per Pedal Rem yang Putus - Per pedal rem milik saya putus hingga menyebabkan pedal jatuh ke bawah dan membuat rem tertarik dan bergesekan. Tentu sangat mengganggu performa karena membuat mesin terbebani rem yang terus bekerja. Ya harus membeli lagi per nya atau kalau punya per kanvas rem bekas dapat digunakan.
per kanvas rem tromol yang digunakan
Cara menggunakannya yaitu sediakan kawat dan per nya. Sambung kan kawat seperti pada gambar dan buat model lingkaran untuk dipasang pada baut yang dapat di-jangkau. Tapi ingat, ini sifatnya sementara.

Minggu, 05 Mei 2013

Korek Harian Yamaha F1ZR Standar

Perhatian, korek mesin ini hanya bermain di trek pendek alias daerah perkotaan. Jika anda sering mengalami macet alangkah baiknya menggunakan spek korekan berikut ini.

1. Kompresi primer di bandul kruk as
Untuk mengimbangi, torsi juga harus dinaikan. Bisa diakali dengan menambah beban bandul seberat 3 ons. Hasilnya tenaga dan putaran akan cepat keluar.

2. Kompresi sekunder di silinder kop
Konstruksi kubah head bersudut squish 15º dan lebar 7mm. Kedalaman nat di head 2mm sehingga perbandingan kompresi akan tinggi.

3. Porting 28mm dan di porting polish
Tinggi lubang porting 28mm dengan kelebaran tetap.

4. Knalpot aftermarket
Anda bisa andalkan knalpot aftermarket yang tidak perlu lagi penyesuaian pada desainnya. Karburator jetting ulang.

5. Karburator Mikuni TM 36
Karbu menggunakan Mikuni TM36 dengan setingan spuyer 45/260. Tarikan sangat terasa. Intake manifold menggunakan variasi agar bisa masuk.

6. Pengapian YZ 125
Lalu ditemanin satu set pengapian YZ125 guna membakar bensin yang masuk. Bagian ini dapat dilewati jika dana kurang mencukupi, karena harga pengapian YZ 125 tergolong mahal. Pengapian F1ZR standar sudah terasa asalkan spul, koil, dan CDI adalah barang ori Yamaha.

Tips Sederhana Merawat Knalpot Agar Awet

Tips Sederhana Merawat Knalpot Agar Awet - Agar knalpot tidak terserang korosi, ada baiknya kita melakukan sedikit perawatan. Berikut tips sederhana dalam merawat knalpot.
1. Olesi Leher Knalpot dengan Oli 
Bagian dari knalpot yang paling sering dan gampang keropos adalah bagian leher. Maklum, pipa leher merupakan bagian yang paling pertama terkena semburan hawa panas dari gas buang yang dihasilkan mesin. 

Bila cairan yang telah menempel atau guyuran air dengan tingkat kandungan garam dan keasaman yang tinggi menempel di bagian itu mengering karena suhu panas, maka berpotensi menimbulkan karat. Timbunan karat itulah yang akan menggerogoti leher knalpot tersebut dan akhirnya bocor. 

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk melakukan perawatan leher knalpot tersebut secara rutin. Caranya cukup gampang, cuci bersih motor dengan menggunakan air yang bersih. Kemudian, olesi pipa leher tersebut dengan oli mesin atau cairan silikon yang banyak tersedia di toko dan biarkan merata. Setelah itu panasi mesin selama dua hingga tiga menit.

2. Bersihkan Pipa Bagian Dalam dan Mulut Knalpot 
Pipa bagian dalam di badan knalpot memang jarang sekali bermasalah sebab lokasinya yang berada di dalam dan terlindung menyebabkan bagian ini relatif lebih aman. Namun, tidak menutup kemungkinan embun dan debu masuk ke bagian tersebut. Maka, potensi keropos atau rusak pun ada. 

Seperti halnya perawatan leher knalpot, perawatan badan dan ujung knalpot juga relatif mudah. Cukup mengolesi dengan oli atau menyemprotkan cairan silikon melalui lubang mulut knalpot. Setelah itu panasi mesin motor dan lakukan perawatan ini sepekan sekali. 

3. Sikat Leher Knalpot Bila Telah Berkerak 
Bila kotoran di bagian leher tersebut telah membentuk kerak, maka lakukan penggerusan. Caranya, gunakan sikat dari kawat dan jangan menggunakan kikir untuk membersihkan kotoran tersebut. 

Sebelum olesan tersebut kering sebaiknya melakukan pemanasan mesin. Lakukan cara ini antara dua hingga tiga menit hingga cairan yang berada di pipa leher benar-benar kering. Lakukan perawatan seperti ini seminggu sekali agar knalpot awet.

Perbesar Leher Knalpot

Perbesar Leher Knalpot - Ingin performa sepeda motor lebih terasa, namun tanpa biaya banyak. Ternyata ada cara mudah dan murah nya. Kita bawa saja sepeda motor kita ke tukang knalpot dan minta dimodif  knalpotnya. Jangan khawatir knalpot menjadi ramai suaranya. Kita minta ganti leher knalpot nya menjadi lebih besar dan tipe lurus. Suara nanti sama dengan standar, namun nafas putaran atasnya banyak.
lehernya sudah tidak standar lagi
Seperti berikut inilah penampakan gambar leher knalpot milik saya. Tipe lurus dan lebih besar dari standarnya.
lurus leher knalpotnya
Soal biaya tidak lah mahal. Hanya 30 ribu rupiah dan hasil rapi sekali. Silahkan bagi Anda yang tinggal di kawasan Jember kota mampir ke "Ari Knalpot" yang beralamat di Jalan Letjen Suprapto, Jember.

Gambar:
leher knalpot lurus
leher knalpot costum