Kamis, 06 Juni 2013

Karburator SupraX 125R/Kharisma di Honda Legenda2

karbu SupraX 125R di Legenda
Karburator SupraX 125R/Kharisma di Honda Legenda2 - Sekerdar share aja. Karburator Honda SupraX 125 atau milik Kharisma dapat digunakan ke Honda Legenda, Supra, maupun Grand. Pemasangannya pun tidak ribet dan dapat menggunakan box filter standar nya. Untuk gasket antara intake manifold dengan karburator tinggal dibalik posisi atas dan bawahnya. Baut diganjal ring tebal agar baut tidak mentok ke karburator. Selang bensin tidak menggunakan kran lagi. Kalau berkenan ya beli saja kran manual seharga 25rb. Untuk kabel gas, selongsong harus dipotong alias cover kawat kabel dikurangi. Sekitar 2cm lah. Coba saja sampai tuas gas ada jarak main bebasnya atau beli kabel gas baru kalau eman sama yang asli.
TPS dilepas saja
Untuk karburator SupraX 125 atau milik Kharisma memliki TPS (Throtle Position System). TPS ini dilepas saja karena akan berhimpit dengan box filter standar. Kalau open filter sebaiknya dipasang saja. Penyetelan karburator akan bertemu di sekitar 2-2.5 putaran. Pilot jet dan main jet standar (35-75) dapat digunakan. kalau Anda mau ya turun 1 step pilot jet nya menjadi 32.
filter masih dapat digunakan.
Untuk yang masih mengandalkan box filter, karet joint ke box filter harus diganti dengan milik Honda SupraX 125R sendiri. Untuk yang biasa dapat dibeli seharga 5.000 rupiah saja. Kalau standar nya kekecilan, namun dapat dipaksakan dengan mengikis karetnya menggunakan bor tune.

Senin, 03 Juni 2013

Korek Harian Satria FU Standar

1. Pilot jet ukuran 17.5
Bisa menggunakan milik Jupiter-Z atau Shogun SP. Harga sekitar 30rb. Kalau mau lebih murah bisa menggunakan merek Kitaco atau Extreme, harganya 20 ribuan.

2. Lepas paking kepala silinder
Gunakan 1 lapis aja yang tengah. Langkah ini berarti menaikkan rasio kompresi. Kalau mau menaikkan kompresinya lebih tinggi lagi, paking blok bawah bisa dilepas dan ga usah pake paking. Cukup menggunakan lem paking aja (yang atas tetep pake 1 paking). Trik ini dah dicoba dan terbukti piston gak tabrakan dengan klep ataupun ada kebocoran oli.

3. Porting polish
Lubang in dan out masing-masing di gedein diameternya 1 mm. Biaya termasuk servis besar. Di bengkel resmi paling mahal 125rb. Kalau di bengkel umum top bisa 300rb.

4. Ganti karbu RX King
Berarti langkah nomor 1 tidak perlu. Saran pakai punya RX King karena murah dan cocok. Bisa langsung pasang ke intake manifold dan filter udara standar. Spuyer bisa coba PJ 20 MJ 150. Setelan udara 1,5 putaran berlawanan arah jarum jam (note tiap motor bisa berbeda). Posisi klip jarum skep di ulir nomor 2 dari atas.

5. Gigi TOP 1 mata
Ini berarti memajukan waktu buka tutup katup masuk dan buang. Kalo mau lebih advance lagi setinggannya adalah klep masuknya dimajuin 1 mata trus buangnya dimundurin 1 mata. Istilah teknisnya buat nyempitin LSA-nya (Lobe Separation Angle. Buat optimalkan proses pembilasan di putaran tinggi Hasilnya juga mantap tapi kerenggangan klep harus dibikin lebih sempit (jadi in 0,07 mm dan out 0,1 mm) dari ukuran standarnya dengan cara mainin tebal shim-nya.

6. Lepas saringan udara
Kalau sudah ganti karbu, yang dilepas hanya elemen saringan udaranya aja. Itu tuh yang ada ada kertas saringannya. Sedangkan boksnya masih terpasang dan tersambung ke karbu. Kalau masih tetap mau andalkan karbu standar maka saringan satndar masih dapat dipakai/dipasang tapi kertasnya di lubangi dibeberapa tempat, guntingin aja, palingan 3 lubang ukuran 0,5 x 4 cm (panjang x tinggi). Bisa dilakuin sendiri

7. Potong kabel koil 2 cm
Resistensi kabel berkurang sekitar 10%. Ingat memasang kabelnya lagi harus benar-benar kuat, caranya ditusukkan dan diputar hingga ngedrat.

8. Busi Iridium
Saran yang agak murah pake merek Sindengen/SDG 30rb. Hasilnya lumayan. Kalau mau tetap pakai busi standar juga bisa. Atur lagi celahnya jadi 0,9 – 1 mm.

9. Oli SAE 10W40
Pakai yang khusus motor (merek apa aja yang penting asli) dengan SAE 10W40.

10. Knalpot free flow
Knalpot standar dicustom atau beli knalpot di toko.

11. Posisi as roda pada penyetel kekencangan rantai diusahakan pada posisi se depan mungkin
Kalau perlu potong 2 mata rantainya. Keuntungannya, jarak poros roda depan belakang makin pendek jadi motor lebih lincah bermanuver. Khasiat lainnya buat mengurangi bunyi-bunyian dirantai karena rantai beradu dengan lengan ayun.

12. Per kopling di ganjel kurang lebih 1 mm
Bisa pakai potongan per kopling atau beli ring per (biasanya 2mm ketebalannya). Terus di ujung kabel kopling yang di atas bak mesin, di ujungnya dipakai kan per yang sering dipakai di rem teromol untuk mengembalikan tuas pengungkit kopling dengan cepat. Hasilnya kopling jadi cepat baliknya dan motor langsung loncat begitu kopling dilepas. Kedua langkah ini bisa juga diganti dengan pasang per kopling racing seharga 100 – 150rb. Tetapi awas! Beberapa pemakai per kopling racing mengeluh motornya cuman enak 3 bulan, abis itu per jadi lembek dan kurang nendang lagi. Per kopling standar terutama yang CBU kayak nya lebih durable dan dengan diganjel. Kekerasan nya akan setara dengan per racing. Tapi perhitungkan efek sampingnya yakni jari tangan kiri jadi pegal kalau lewat jalan macet.

13. Pulser digeser 1-2 mm
Pulser digeser agar waktu busi memercikkan api lebih maju. Power akan terasa bertambah.

14. Kombinasi final gear
Untuk akselerasi pakai yang 13 mata (standarnya 14 mata) dari Yamaha Crypton atau F1ZR. Beli aja yang buatan Aspira atau Indopart cuma 30 ribuan. Hasilnya motor lebih narik lagi ampe gigi 6 sekalipun. Langkah ini tidak mengurangi Top Speed secara signifikan. Kalau di perkotaan atau jalanan macet, malahan justru bikin motor lebih cepat menggapai top speed. Untuk Top speed mata depan ganti yang ukuran 15 mata. Bisa ambil milik Yamaha Jupiter.

Bila dana masih ada
Langkah lanjutan adalah mengganti CDI, koil dan camshaft racing. Untuk 3 item ini butuh 1,5 juta. Tapi sangat setimpal bila dilakukan. Saran pake CDI XP Andrion HP 7 (400 ribu) dipadu ama koil andrion juga (170 ribu). Sebagai informasi, CDI BRT sebenarnya bagus juga, hanya saja menurut produsen nya dan dari hasil test, BRT hanya cocok bila koil masih pake yang standar. Kalau koilnya racing malah kadang drop tenaganya atau CDI-nya cepet mati.

Bila CDI telah diganti racing maka sebaiknya per klep juga diganti yang lebih keras, bisa pake merek2 racing seperti WRD, CLD, TK, dll. Atau bisa juga pake aslinya tapi diganjal 1 mm (ini lebih recommended karena kasusnya sama dengan per kopling, yang racing kadang jadi lembek lama-lama. Untuk camshaft/noken as bisa pake WRD, CLD, Kawahara, Akutagawa.

Sabtu, 01 Juni 2013

Korek Road Race Yamaha Fino 150cc

1. Piston FIM dengan diameter 57.25mm
Piston diameter 57,25 mm punya FIM Piston dengan sroke tetap standar, 57,9 mm menghasilkan volume silinder sebesar 149.1cc. Kemudian biar power tetap galak, rasio kompresi mesin dibuat jadi 12,9 : 1 dengan cara papas head 0,25 mm.

2. Klep Honda Sonic dengan diameter 28mm (in) dan 24mm (out)
Klep standar yang tadinya berdiameter 23 mm (in) dan 19 mm (ex) diganti klep Honda Sonic. Kini diameter payung klep jadi 28 mm buat klep isap dan 24 mm buat klep buang.

3. Pelatuk roller CLD
Pelatuk roller alias rocker arm CLD minim friksi sehingga meringankan kerja mesin dalam buka tutup klep.

4. Kem standar dicustom
Durasinya dibuat 269 derajat untuk in dan 263 derajat untuk ex-nya. Sedikit harus mengakali ubahan ini,  yaitu memaksimalkan nya dengan lift klep in 9,1 mm dan ex 9,4 mm.

5. CDI Predator
CDI dari Predator. Timing pengapian dibikin 34 derajat di 8.000 rpm. Dengan begitu, power mesin dari putaran bawah sampai putaran atas bisa ngisi terus.

Korek Road Race Suzuki Nex 150cc

1. Piston Kawasaki Blitz Joy oversize 100 dengan diameter 57 mm
Nex dijejali piston Kawasaki Blitz Joy 125 diameter 57 mm. Lalu, diikuti naik stroke 1,5 mm. Agar kuat, boring standar diganti produk aftermarket. Kapasitas engine naik jadi 148,4 cc dengan perbandingan kompresi 13,6 : 1. Bahan bakar, pakai Pertamax Plus.

2. Porting polish
Selain porting polish, klep ikut dirubah menjadi 28mm (in) dan 24mm (out). Klep bisa mengadopsi milik Honda Sonic.

3. Karburator TM28
Karbu menggunakan venturi ukuran 28mm.

4. Noken as custom
Untuk mengatur buka-tutup klep, durasi kem dibikin 272 derajat (in) dan 273 derajat buat out.

5. Roller 8 gram
Enteng agar akselerasi didapat.

6. Per CVT 2000rpm
Per cvt 2000rpm agar nafas tidak cepat habis dan power bawahnya tidak liar.

Substitusi Relay Starter Honda Vario Memakai Yamaha Mio

relay starter
Substitusi Relay Starter Honda Vario Memakai Yamaha Mio - Relay starter rusak pasti bikin ruwet. Kita harus menggunakan kick starter dulu agar mesin menyala. Mendorong kick starter di matik jauh lebih susah dibandingkan dengan motor bebek. Mengapa? Karena di motor matik, tuas kick starter baru bisa dipakai saat motor sedang standar tengah. Ditambah lagi sistem starter di dalam boks CVT memang memiliki konstruksi berat kerjanya.

Saat relay starter ngambek, biasanya terdengar bunyi tek.. tek.. Kalau sudah begini dapat di tes dengan menggunakan obeng dan kedua baut relay langsung dihubungkan. Kalau langsung bisa menyala saat menggunakan electric starter, berarti relay sedang bermasalah. Part ini dapat langsung diganti yang baru.

Ketika sulit mencari ori Honda Vario, ada substitusi nya. Yaitu milik Yamaha Mio. Tinggal plek pasang dan electric starter kembali normal.

Bak Kopling Alfa/F1Z di Yamaha V80

Bak Kopling Yang Dapat Digunakan di Yamaha V80 - Ingin sekali mengubah Yamaha V80 berkopling manual. Hanya saja rumah kopling nya masih merupakan teknologi lama dan tidak ada penutup kopling nya, tanpa kopling sentrifugal terpisah. Rumah kopling nya sudah tersusun atas kopling sentrifugal (diwakili bola baja) dan kopling multiplat.
beda posisi antara crankcase V80 dengan bak kopling F1ZR
Ingin mencoba apakah bak kopling F1Z-R itu dapat masuk ke Yamaha V80. Jadi saya membeli packing bak kopling F1Z-R dan mencoba memasangnya di Yamaha V80. Sekilas melihat motor F1ZR teman sih memang sama.

Untuk rumah kopling F1Z-R 1 set dapat digunakan di Yamaha V80 karena model gigi sama dan jumlah mata nya juga sama. Namun harus mengakali main axle atau poros input gearbox terlebih dahulu.
Sama sama menganut model scissor gear
main axle ori v80 dipotong dan ditambah las
URL modifikasi main axle: http://freecharz.blogspot.co.id/2014/03/modifikasi-main-shaft-v80-kopling-manual.html atau klik di sini.

Mur Bos Kopling Yamaha V80 Rawan Merusak Kampas Kopling

mur terdapat di tengah
Mur Bos Kopling Yamaha V80 Rawan Merusak Kampas Kopling - Mur bos kopling Yamaha V80 terdapat di tengah rumah kopling yang fungsinya sebagai pengunci rumah kopling agar tidak bergerak kemana - mana. Nama nya pengunci, jadi harus kencang mengunci. Namun, ketika di Yamaha V80, baut tidak boleh terlalu keras mengunci nya. Rawan membengkokkan dudukan kampas kopling. Kalau sampai terjadi, kopling tidak akan free / bebas saat posisi idle / langsam. Akibatnya, motor langsung mati ketika menginjak gigi 1. Ibaratnya pada motor kopling, kita tidak menarik tuas kopling dan langsung memindahkan ke gigi 1. Langsung mati kan mesin nya?
bagian yang berwarna hijau jadi melengkung
timbul bekas gesekan di sekeliling nya
Solusi nya ya ganti kampas kopling dengan yang baru. Atau kalau masih tersimpan kampas yang sudah aus masih bisa digunakan sementara.

Cara mengencangkan nya sendiri ada teknik nya. Caranya yaitu dengan memutarkan mur hingga bos kopling ikut berputar. Jadi hanya kunci yang digunakan untuk mengencangkan. Rumah kopling tidak usah diganjal maupun di tahan alat. Lalu dengan mengencangkan lagi ¼ putaran agar mur benar-benar kencang. Kita tidak perlu khawatir mur lepas karena terdapat sil bak kopling yang akan menahan nya agar tidak terlepas.
seal bak kopling beserta dudukannya
berfungsi menahan mur bos kopling pada tempatnya

Seal Karet Mangkuk Karburator yang Baik

yang atas jelek
sedangkan yang bawah baik
Seal Karet Mangkuk Karburator yang Baik - Seal karet pada mangkuk karburator penting fungsinya agar bahan bakar tidak merembes keluar dari karburator. Bahannya biasanya karet. Sifat karet sendiri ketika terkena bensin kelamaan akan mengeras. Kalau sudah keras, bensin biasanya sudah mulai bisa menerobos seal dan badan karburator biasanya basah dan tercium bau bensin.

Seal karet mangkuk karburator yang baik adalah karetnya masih kenyal dan garis pada sealnya teratur. Ketika membeli seal satuan, biasanya kualitas ada yang kurang baik. Seal yang baik dapat dibeli dalam satu repair kit karburator. Namun, tidak selalu seal eceran berkualitas buruk. Yang perlu dilihat adalah seal nya harus lunak dan garis yang terbentuk harus teratur. Coba lihat kembali pada gambar di atas.

Cairan Dalam Wadah HCS

Wadah di HCS bisa kita isi apa saja, asalkan mengandung hidrogen dalam ikatan kimia nya. Untuk mengetahuinya silahkan pelajari kembali pelajaran Kimia atau mencari saja rumus ikatan kimia cairan apa saja. Contohnya air adalah H2O.

Cairan yang dapat digunakan ialah:
1. Air
Air dapat digunakan untuk mengisi wadah HCS karena memiliki hidrogen dalam ikatannya. Namun, jumlahnya hanya ada 2 setiap molekul nya.

2. Premium
Premium lebih baik dari air dalam produksi hidrogen karena dalam satu rantai karbon nya membawa 18 paket hidrogen.

3. Pertamax atau Pertamax Plus
Pertamax lebih baik lagi dari premium karena paket hidrogen yang dibawa jauh lebih banyak akibat oktan yang lebih tinggi. Artinya hidrogen yang ada semakin padat dan semakin banyak.

4. Alkohol 95% atau 70%
Alkohol merupakan etanol yang juga memiliki rantai karbon. Hidrogen yang terbawa juga cukup banyak. Namun alkohol lebih cepat menguap daripada premium dan pertamax. Alkohol harus lebih sering di cek volume di wadah.

5. Spiritus
Spiritus merupakan metanol yang juga memiliki rantai karbon. Hidrogen yang ada mirip premium dan mudah menguap. Titik didih nya pun rendah, sehingga gas yang terbentuk lebih cepat. Namun spiritus jauh lebih cepat habis dari alkohol.

Selasa, 28 Mei 2013

Kelebihan dan Kekurangan Produk HCS

hcs milik de Hari
Harga HCS untuk mobil 250.000 rupiah dan untuk motor 100.000 rupiah. Namun saya tidaklah berjualan. Hanya sekedar info saja. Berikut kelebihan dan kekurangan HCS.

Keunggulan HCS
  1. Power/torsi kendaraan meningkat sehingga dengan pijakan gas yg lebih pendek dapat memperoleh akselerasi lebih baik dari sebelumnya. Torsi puncak bisa diperoleh di rpm yg lebih rendah.
  2. Bila power/torsi tersebut kita gunakan dengan bijak, maka diharapkan memperoleh penghematan bahan bakar antara 15-30% di mobil injeksi dan prosentase yg lebih tinggi di mobil karburator. Pernah dilaporkan jg untuk sepeda motor Jupiter MX bisa hemat 100%.
  3. Dari beberapa kali uji emisi dg metode HCS non-aktif dan aktif di berbagai kendaraan seperti luxio, innova, avanza dan baleno, maka terlihat adanya penurunan kadar HC dan CO saat HCS aktif. Asalkan saat membuka kran HCS juga memperhatikan perubahan lambda di monitor.
  4. Dalam beberapa kasus dilaporkan bahwa suhu AC lebih dingin dibanding sebelumnya sehingga level suhu terpaksa diturunkan.
  5. Setelah beberapa bulan pemakaian di kendaraan uji (avanza, granmax, dan innova) yg menggunakan bensin premium melihat warna businya seperti menggunakan bbm oktan 92/95.
  6. Bila AFR/lambda dinaikkan di atas 1, maka penghematan bisa lebih tinggi tanpa mengurangi tenaga.
  7. Tidak memerlukan daya listrik dan mudah dipasang/bongkar tanpa merusak komponen kendaraan yang sudah ada.
  8. Katalis mampu digunakan sampai mesin ukuran 4000cc. Di amerika serikat pernah diuji di mobil Durango dengan kapasitas 5700cc dan ada peningkatan power dan sedikit hemat demikian juga di Indonesia pernah dipasang di Chrysler MPV dg kapasitas 3000cc dengan hasil yg sama. Bisa untuk kendaraan bermesin bensin maupun diesel (beda katalis).
Kelemahan HCS
  1. Membuat repot bagi yg tidak serius karena harus mencari bukaan kran yg tepat buat kendaraannya untuk memperoleh tenaga dan hemat bbmnya. Serta pengisian tabungnya. Tabung standard yg diisi maks. 700cc
  2. Periode/jarak penggunaannya relatif pendek bagi sebagian orang. 700cc biasanya sudah harus diganti baru bila sudah menempuh jarak 150km untuk dalam kota atau 3-4 hari mana yg lebih dulu tercapai. Untuk luar kota sampai jarak 175km.
  3. Bila yg tersedot cairan bensinnya (karena isi tabung melewati batas maks atau melewati jalan bergelombang) akan menyebabkan mesin mbrebet karena terlalu banyak bensin masuk ke ruang bakar. Namun demikian hal tsb tidak akan merusak komponen kendaraan maupun sistem HCS.
  4. Bila bukaan kran terlalu besar, maka kevakuman akan turun. Di mobil injeksi hasilnya tidak baik karena MAP sensor akan melaporkan adanya tambahan beban sehingga akan menaikkan frequensi semprotan bensin ke injektor. Jadi tidak memperoleh penghematan bensin bahkan bisa lebih boros dibanding pada awalnya walaupun mendapatkan power yg lebih besar.
  5. Bukaan terlalu besar juga akan mempercepat menyusutnya isi tabung. Biasanya penyusutan atau menurunnya kwalitas oktan bensin ditandai dengan menurunnya performa kendaraan dibanding saat oktan bensin masih tinggi.
  6. Bagi sebagian user sering tidak menyadari jika isi tabung sudah kosong. Bila ini terjadi sebaiknya langsung tutup kran di tabung dan kran airmix (khusus karburator) agar kendaraan kembali dalam keadaan normal (spt sebelum pakai HCS) dan untuk mencegah konsumsi bensin lebih boros karena kevakuman menurun.
Hal-hal lain.
  1. Bila tabung isi bensin tercampur air tidak apa2 sepanjang volume airnya tidak mencapai batas maksimum isi tabung supaya tidak sampai tersedot langsung oleh mesin. Kalau tercampur maka yg akan habis terlebih dahulu adalah bensinnya karena lebih mudah menguap dan selalu berada di atas air karena berat jenis air lebih besar daripada bensin.
  2. Air bisa juga digunakan tapi tidak efektif. Tapi bila uap air mendidih yg digunakan dan digabung dengan uap bbm sebelum masuk ke katalis, maka jika volumenya tepat akan menjadikan hydrogennya meningkat menjadi hydrogen rich, atau hydrogen yg lebih baik. Bisa dicek melalui uji emisi.

Membuat HCS Sendiri Model I

Membuat HCS Sendiri Model I - Ini merupakan pengalaman pertama sekaligus percobaan membuat HCS sendiri. Berikut panduan membuat secara sederhana dan sedikit ngaco. Siapkan bahannya, antara lain:
1. Wadah toples atau jurigen yang keras dan sebisa mungkin ada tempat untuk melihat volume isinya. Volume bebas.
2. Selang rem mobil atau pipa tembaga/kuningan. Dibeli di toko mobil seharga kira - kira Rp. 10.000,-
3. Selang vakum kran atau selang bensin.
4. Kran gas
5. Nipple untuk wadah atau pipa rem mobil tersebut yang dipakai.

Langkah Membuat HCS:
1. Modifikasi wadah HCS
Wadah yang digunakan harus dimodifikasi terlebih dahulu. Salah satu pipa menjadi input udara dari luar wadah masuk hingga hampir menyentuh dasar wadah. Satu pipa menjadi output dibuat dari bagian atas wadah.

2. Lilitkan pipa rem mobil ke leher knalpot terdepan
Pipa rem mobil ini dililitkan ke leher knalpot untuk menerima panas setinggi mungkin. Fungsi panas ini memecah uap cairan di wadah agar molekulnya pecah. Dari proses tsb kita akan mendapatkan gas hidrogen sebagai suplemen bahan bakar.
selang rem mobil
pipa tembaga
3. Potong selang secukupnya
Selang bensin digunakan untuk menyambungkan wadah → katalis → kran → intake manifold. Selang plastik untuk jalur input karena tidak terdapat panas yang extreme. Berbeda dengan jalur output yang dekat knalpot dan terkena rambatan panas.

4. Beri keran sebagai airmix
Agar dapat diatur volume gas yang masuk, gunakanlah kran sebagai penyetelnya. Ibarat setelan air-fuel screw di karburator (angin-angin karburator). Membuka kran terlalu penuh membuat brebet dan mesin istilah nya mbandang (tidak mau turun).

5. Setting langsam karburator
Panaskan sepeda motor terlebih dahulu hingga knalpot menjadi panas. Buka kran perlahan. Kran ibarat setelan air-fuel screw di karburator. Setting langsam karburator akan naik. Setel ulang air-fuel screw karburator hingga RPM tertinggi. Setel lengsam kembali seperti semula.

6. Tes jalan
Setelah selesai dengan setting karburator, coba bawa jalan motor Anda. Tarikan terasa bertambah dan setting seperti basah karena terlalu pekatnya campuran. Cek wana busi, warna agak kecoklatan. Jika mau, setel juga angin-angin karburator hingga busi kembali berwarna merah bata. Cek juga apakah HCS ini menambah irit motor Anda.

Lampiran gambar:

Alasan HCS Membuat Irit BBM

Alasan HCS Membuat Irit BBM - HCS, atau Hidrokarbon Crank System, berfungsi untuk menambah bahan bakar berupa gas hidrogen. Tujuannya ialah untuk membuat irit konsumsi bahan bakar pada mesin. Bagaimana bisa membuat irit? Apakah alasannya? Berikut merupakan alasan pribadi dari saya.

1. Menambah bahan bakar
HCS sendiri mempunyai fungsi menambah bahan bakar berupa gas hidrogen yang dimasukkan ke dalam saluran intake. Hal ini mampu mengurangi pemakaian BBM ketika melakukan penyetelan ulang misal pada karburator. Hal ini dapat diamati saat keran airmix mulai dibuka. Mesin perlahan menunjukkan gejala mbrebet akibat pekatnya campuran bahan bakar.

2.  Kevakuman menurun
Ibarat terjadi kebocoran pada proses induksi, kevakuman akan menurun dan bensin yang terhisap pun menjadi lebih minim. Namun hal ini diimbangi dengan gas hidrogen yang sudah bercampur dengan udara dan molekul nya sudah berwujud gas. Berbeda dengan campuran uap bensin yang masih berwujud butiran cair.

3. Wujud gas hidrogen
Karena hidrogen berwujud gas dalam suhu kamar, maka lebih memudahkan pembakaran di dalam mesin. Selain itu, karena gas hidrogen mudah terbakar, maka gaya untuk mendorong piston menjadi lebih kuat. Ini terasa saat akselerasi dari putaran bawah hingga menengah.

4. Setelan langsam turun
Kalau keran airmix dibuka penuh, sampai skep turun penuh pun stationer masih tinggi. Sekitar 3000 rpm. Kalau mau ya harus jetting ulang karburatornya. Pilot jet dan Main jet biasanya minta turun step. Dengan setelan tetap sebelum memasang HCS, busi berwarna kehitaman dan lari tersendat karena pekat nya campuran bahan bakar.