Sabtu, 16 November 2013

Macam Spuyer (Main Jet dan Pilot Jet) Karburator Mikuni

spuyer mikuni
Berikut merupakan macam spuyer (main jet dan pilot jet) dari karburator Keihin yang beredar di Indonesia. Semoga membantu.

PILOT JET
1. M28/1001
Untuk karburator RX100, dsb. Ukuran spuyer original mikuni adalah: 15, 17.5, 20, 22.5, 25, 27.5, 30, 32.5, 35, 37.5, 40.
pilot jet RX100
2. VM22/210
Untuk karburator V80, RX King, dsb. Ukuran spuyer original mikuni adalah: 10, 12.5, 15, 17.5, 20, 22.5, 25, 27.5, 30, 32.5, 35, 37.5, 40.
pilot jet V80, RX King, dsb.
3. VM28/486
Untuk karburator Jupiter, Satria FU, dsb. Ukuran spuyer original mikuni adalah: 10, 12.5, 15, 17.5, 20, 22.5, 25, 27.5, 30, 32.5, 35, 37.5, 40, 42.5, 45, 47.5, 50, 52.5, 55, 60, 65.
pilot jet Jupiter, Satria FU, dsb.
MAIN JET
1. N100.604 Large Round
Untuk karburator Jupiter, Vega, Shogun, dsb. Ukuran spuyer original mikuni adalah: 50, 52.5, 55, 57.5, 60, 62.5, 65, 67.5, 70, 72.5, 75, 77.5, 80, 82.5, 85, 87.5, 90, 92.5, 95, 97.5, 100, 102.5, 105, 107.5, 110, 112.5, 115, 117.5, 120, 122.5, 125, 127.5, 130, 132.5, 135, 137.5, 140, 142.5, 145, 147.5, 150, 152.5, 155, 157.5, 160, 162.5, 165, 167.5, 170, 172.5, 175, 177.5, 180, 182.5, 185, 187.5, 190, 192.5, 195, 200, 205, 210, 220, 230, 240.
main jet Jupiter, Shogun, dsb.
2. 4/042 Hex
Untuk karburator TM, dsb. Ukuran spuyer original mikuni adalah: 50, 55, 60, 65, 70, 75, 80, 85, 90, 95, 100, 105, 110, 115, 120, 125, 130, 135, 140, 145, 150, 155, 160, 165, 170, 175, 180, 185, 190, 195, 200, 210, 220, 230, 240, 250, 260, 270, 280, 290, 300, 310, 320, 33,0 340, 350, 360, 370, 380, 390, 400, 410, 420, 430, 440, 450, 460, 470, 480, 490, 500, 540, 560, 580, 600, 620, 640, 650, 660, 680, 700, 710, 720.
main jet TM

Jumat, 15 November 2013

Macam Spuyer (Main Jet dan Pilot Jet) Karburator Keihin

spuyer keihin
Berikut merupakan macam spuyer (main jet dan pilot jet) dari karburator Keihin yang beredar di Indonesia. Semoga membantu.

PILOT JET
1. N424-21
Untuk karburator FCR-MX. Ukuran spuyer original keihin adalah: 38, 40, 42, 45, 48, 50, 52, 55, 58, 60, 62, 65, 68, 70, 72, 75, 78, 80.
pilot jet FCR-MX.
2. N424-22
Untuk karburator Supra X 125, C-100 series, C70, dsb. Ukuran spuyer original keihin adalah: 38, 40, 42, 45, 48, 50, 52, 55, 58, 60, 62, 65, 68, 70.
pilot jet Supra, Grand, dsb.
3. N424-24
Untuk karburator CR. Ukuran spuyer original keihin adalah: 42, 45, 48, 50, 52, 55, 58.
pilot jet karburator CR

4. N424-25
Untuk karburator CV,CVK, FCR. Ukuran spuyer original keihin adalah: 38, 40, 42, 45, 48, 50, 52, 55, 58, 60, 62, 65.
pilot jet CVK
5. N424-26
Untuk karburator Tiger, PE, GL-series, Vario, Beat, dsb. Ukuran spuyer original keihin adalah: 38, 40, 42, 45, 48, 50.
pilot jet Tiger, GL-series, dsb.
MAIN JET
1. Round 99101-393
Untuk karburator Tiger, PE, GL-series, Vario, Beat, dsb. Ukuran spuyer original keihin adalah: 60, 62, 65, 68, 70, 72, 75, 78, 80, 82, 85, 88, 90, 92, 95, 98, 100, 102, 105, 108, 110, 112, 115, 118, 120, 122, 125, 128, 130, 132, 135, 138, 140, 142, 145, 148, 150, 152, 155, 158, 160, 162, 165, 168, 170, 172, 175, 178, 180, 182, 185, 188, 190, 192, 195, 198, 200.
main jet PE, GL-series, Tiger, dsb.
2. Hex 99101-357
Untuk karburator PJ, PWM, PWK, CR Special, FCR-MX. Ukuran spuyer original keihin adalah: 80, 82, 85, 88, 90, 92, 95, 98, 100, 102, 105, 108, 110, 112, 115, 118, 120, 122, 125, 128, 130, 132, 135, 138, 140, 142, 145, 148, 150, 152, 155, 158, 160, 162, 165, 168, 170, 172, 175, 178, 180, 182, 185, 188, 190, 192, 195, 198, 200, 205, 210, 215, 220, 225, 230.
main jet PJ, PWK, dsb.
2. 1001-806
Untuk karburator CS-1 dan CBR 150. Ukuran spuyer original keihin adalah: 90, 92, 95, 98, 100, 102, 105, 108, 110, 112, 115, 118, 120, 125, 130, 135, 138, 140, 142, 145, 150, 155, 160, 162, 165, 170, 175, 180, 185.
main jet CS1 dan CBR 150

Kamis, 14 November 2013

Korek Harian Yamaha F1ZR 120 cc

1. Piston NPP F1ZR oversize 200 dengan diameter 54 mm
Piston menggunakan diameter 54 mm agar kapasitas mesin dapat melonjak menjadi 120 cc. Agar mudah, piston sengaja dipilih dari NPP standar oversize 200 yang tinggal kolter dan pasang saja.
piston standar oversize 200
2. Silinder Kop costum
Kubah dibuat sebesar 9 cc dengan squish 7 mm dan nat 0.4 mm. Sudut dapat menggunakan besar 14ยบ. Rasio kompresi pasti akan naik karena volume kubah yang sempit.
kubah costum
3. Porting polish
Porting exhaust dibuat 28 mm dengan lebar 38 mm. Porting intake atau lubang bilas tetap standar dengan bagian dalam sedikit diperbesar.
blok costum
4. Reed valve
Stopper membran dibuat 11 mm jaraknya agar pemasukkan bahan bakar lebih optimal. Reed valve sendiri menggunakan standar.
stopper dibuat jauh sedikit
5. Karburator standar jetting ulang
Kira-kira spuyer menggunakan PJ ukuran 20 dengan MJ ukuran 115.
letak spuyer karburator F1ZR
6. Knalpot standar costum
Knalpot pakai standard F1ZR dengan meluruskan stinger ke silencer (diameter stinger 20mm).
knalpot costum F1ZR

Produk Klep CLD Valve Cap

Produk Klep CLD Valve Cap - Salah satu kendala di motor balap yang ganti klep adalah ujung as klep yang melebar. Ini terjadi bisa akibat dari lift kem tinggi atau kekuatan as klep yang kurang baik. Maklum biasanya motor balap pakai klep motor lain yang asnya kepanjangan dan mesti dipotong, nah setelah dipotong kendati dihardener tetap enggak sekuat aslinya.
valve cap
Jika ujung as klep melebar, performa pasti drop, lantaran lift klep enggak setinggi saat as masih normal. Untuk mencegah hal itu, kebanyakan mekanik mengandalkan topi klep atau valve cap. Biasanya mereka bikin sendiri, minta tolong tukang bubut.
Melihat peluang itu, CLD inisiatif bikin valve cap dan dijual massal. Biar mekanik enggak repot tinggal pasang, harga juga terjangkau. Harga 1 bijinya sekitar Rp 50 ribu.

Nah produk CLD ini sepasang dijual Rp 90 ribu, artinya sedikit lebih terjangkau dan enggak perlu repot bikin. Tinggal pasang deh, kekuatan dijamin karena sudah diuji di tim balap, bahan dari baja. CLD valve cap ini bisa dipakai untuk klep dengan diameter as 4,5 mm dan 5 mm.

Rabu, 13 November 2013

Substitusi Mesin C70 Menggunakan Supra/Grand (C100 Engine)

Substitusi Mesin C70 Menggunakan Supra/Grand (C100 Engine) - Mesin C70 sebenarnya susah susah gampang untuk dikorek. Alangkah baiknya menukar mesinnya langsung dengan milik C100 seperti supra series, grand, dsb. Untuk engine mounting/baut mesinnya sama dan tinggal pasang.
mesin C70
Terlihat bukan kesamaannya? Memang sebenarnya tinggal pasang saja mesin C70 dengan C100 yang lain.
mesin supra

Selasa, 12 November 2013

Merubah C70 Platina Menjadi CDI

Merubah C70 Platina Menjadi CDI - C70, atau lebih dikenal dengan ulung, masih menggunakan sistem pengapian platina. Agar simpel, biasanya orang merubah pengapiannya menggunakan CDI. Namun, double starter harus menjadi korban dan harus dinonaktifkan. Pada kali ini, saya memberi sedikit tips untuk merubah Platina C70 menjadi CDI.
C70 menggunakan CDI
Caranya:
1. CDI Grand
Harga CDI Grand/Supra sekitar 150rb original. Untuk soket nya sebagai berikut.
pin soket CDI grand/supra
2. Pulser Grand
Pulser diharuskan menggunakan milik motor lain karena C70 tidak mempunyai pulser. Pulser ini dapat menggunakan milik grand dengan peletakkan pulser yang harus pas. Jika terlalu kanan, maka pengapian maju, sedangkan pulser terlalu ke kiri maka pengapian akan mundur.
pulser grand di C70
3. Spul
Spul menggunakan model terpisah antara spul lampu dan spul pengapian (model C70 engkel). Ada baiknya kondisi spul dicek ulang dan digulung ulang kalau spul ada yang terbakar.
spul model terpisah
4. Modif tonjolan magnet
Magnet standar tidak terdapat tonjolan pickup pulser. Untuk ini harus dibuatkan di tukang las. Panjang pulser disamakan dengan magnet Supra/Grand. Kalau tidak salah panjangnya adalah 15 mm.
tonjolan pulser pickup
5. Mengurutkan kabel
Skematik diagram kelistrikannya adalah sebagai berikut.
skema kelistrikannya
Pada kabel CDI-Pulser dengan warna kabel biru-merah dihubungkan sebagai input CDI dari spul. Pin terletak di nomor 1.
Pada 3 kabel lain dari spul dihubungkan ke kiprok dengan warna hijau sebagai massa, warna kuning sebagai lampu ke kiprok, dan warna putih masuk ke kiprok.

Senin, 11 November 2013

Menghadapkan Karburator Honda Ke Belakang

Menghadapkan Karburator Honda Ke Belakang - Kebanyakan orang suka open filter, namun tetap menghadapkan karburator ke posisi standarnya. Saat kecepatan tinggi atau posisi skep terbuka penuh, biasanya angin sering nyelonong masuk dan motor jadi mbrebet akibat bensin terlalu miskin. Ada akal yang tergolong mudah agar karburator tidak terkena angin. Caranya adalah menghadapkan karburator ke samping atau ke belakang. Untuk menghadapkannya, biasanya manifold dipotong dan dilas ulang.

karburator Honda menghadap belakang
Cara mengelas ulang terbilang ribet karena harus mengukur ulang dan masih harus menghaluskan bekas las nya. Cara yang tergolong lebih mudah adalah dengan menggunakan intake manifold Supra X 125 atau Kharisma. Untuk trik ini khusus dapat dilakukan ke motor Honda C70, Supra series, Grand, atau basic mesin C100 saja. Seperti pada gambar di atas, karburator dapat sempurna terpasang tanpa menabrak ke part lain. Untuk Supra X 125 ataupun Kharisma terlebih dahulu melepas choke nya agar karburator menghadap ke belakang.

Sabtu, 09 November 2013

Korek Harian Jupiter Z1 130 cc

1. Piston Kaze dengan diameter 53 mm
Piston menggunakan milik Kawasaki Kaze dengan diameter 53 mm. Jika dihitung dengan rumus volume tabung, maka ditemukan hasil 127.8 cc atau masuk di kelas 130 cc. Blok tinggal dikolter saja tanpa ganti liner/boring. Piston dibentuk dome untuk menaikkan kompresi dan deck clearance dibuat 0.7 mm agar aman untuk harian.
model piston kaze untuk Jupiter Z1
2. ECU Dualband - Juken 2 BRT
Ecu menggunakan produksi BRT yang memang khusus diperuntukkan Jupiter Z1. ECU ini programmable dan terdapat layar untuk mempermudah setting. Pokoknya Ecu ini terbukti dan tinggal pasang. Setting ulang CO dari Ecu pun juga bisa.
Ecu Dualband untuk Jupiter Z1
3. Kopling Manual SYS
Agar lari motor lebih responsif, disarankan menggunakan kopling manual tangan SYS yang sudah termasuk rumah kopling pegas. Harga sekitar 775.000 rupiah.
kopling manual SYS for Jupiter Z1
4. Noken costum
Noken haruslah tetap berprofil gendut. Hal ini terjadi karena adanya roller rocker arm alias pelatuk kem roller. Lifter ditambah 1 mm dengan durasi standar agar karakter motor tidak berubah.
ilustrasi noken as costum

Korek Harian Honda CS1 235 cc DOHC

1. Piston Hi Speed dengan diameter 69 mm
Piston Hi Speed dengan diameter pin 15 mm. Harga sekitar 350 ribu rupiah. Untuk blok mesin menggunakan milik CBR 150 dengan proses ganti liner. Rasio kompresi mesin dibuat 11.0 : 1 agar dapat meminum premium.
piston Hi Speed 69 mm
2. Kruk as Tiger
Stroke kruk as Tiger adalah 62,2 mm dengan penyesuaian pada lengan kiri dan kanan. Dengan langkah 62.2 x diameter 69 mm, maka kapasitas mesin didapat 232.7 cc.
kruk as Tiger
3. Blok + Kop Honda CBR 150
Blok mesin menggunakan milik CBR 150 dengan proses ganti liner menyesuaikan diameter piston. Liner menggunakan milik diesel agak tebal agar tidak mudah panas. Selain itu, tebal liner pada bagian atas yang dekat dengan water jacket harus diatur ulang. Liner sedikit lebih tipis agar tetap ada ruangan untuk pendinginan radiator.
tampak kiri
Jangan lupa, piston pasti lebih keluar dan diwajibkan menggunakan paking aluminium. Paking aluminium yang digunakan tebal, sekitar 2.5 cm alias 25 mm dan harus selembar. Silahkan ukur ulang agar paking tidak terlalu tebal maupun terlalu tipis. Kop standar CBR 150 sudah menganut sistem DOHC agar menjamin putaran atas yang lebih maksimal.
tampak kanan
4. Klep 28 mm (in) dan 23 mm (ex)
Klep standar Honda CBR 150 adalah 24/21 mm dengan jumlah klep 2 isap dan 2 buang. Klep diperbesar dengan diameter klep masuk 28 mm agar nafas putaran atas lebih kuat diimbangi dengan klep buang 23 mm.
ilustrasi super head DOHC
5. Karburator PE 28 reamer
Karburator Keihin Pe28 direamer hingga 30 mm agar sanggup menyuplai pasokan bahan bakar ke dalam mesin. Setting karburator harus dicari hingga pembakaran merata hingga busi berwarna merah bata. Kira-kria PJ #48 dan MJ #130.
pe 28 reamer
6. Knalpot Costum
Knalpot diwajibkan lebih lepas dalam proses membuang gas sisa pembakaran. Untuk hal ini dapat langsung menggunakan knalpot aftermarket freeflow atau handmade.
knalpot aftermarket
7. Noken as Costum
Durasi dapat dibuat 270ยบ agar power mesin keluar di RPM tinggi. Spek ini dapat digunakan untuk touring karena nafas tidak habis-habis.
noken as

Menggosok Menggunakan Batu Ijo

Menggosok Menggunakan Batu Ijo - Pasti kalian ingin motor kalian memiliki penampilan yang bersih. Apalagi sekarang lagi marak-maraknya virus chrome. Perlu diketahui bahwa chrome hanya bertahan 2 tahun untuk tipe semprot, sedangkan tipe celup sangat jarang ditemukan. Jika dibandingkan dengan mengkilapkan menggunakan batu ijo, maka hasilnya akan sangat berbeda. Sekarang tinggal cara atau prosesnya saja agar hasil dapat mengkilap mengalahkan chrome semprot.
hasil bak magnet Jupiter
digosok menggunakan batu ijo
Bahan-bahan:
  • Batu ijo
  • Ampelas 400
  • Ampelas 1000
  • Minyak tanah
  • Kain jeans
  • Kain biasa
  • Paint remover
  • Kuas
  • Air
Caranya:
1. Hilangkan kotoran dan cat
Kotoran yang menempel terlebih dahulu disikat hingga mengelupas. Setelah itu keringkan dan beri paint remover (penghilang cat) menggunakan kuas. Hati-hati! Jangan sampai remover cat tersebut mengenai tubuh karena dapat dipastikan iritasi dan gatal - gatal. Diamkan beberapa saat hingga cat terkeluas bersih. Ulangi hingga cat terkelupas sempurna.
proses removing cat
2. Ampelas kasar hingga pori-pori hilang
Setelah cat terkelupas, mulai gosok menggunakan ampelas kasar (ukuran 400 atau 500). Usahakan semua pori-pori yang timbul dapat rata satu sama lain. Pastikan celah dan sudut-sudut sudah diampelas dengan baik.
3. Ampelas halus hingga rata
Setelah pori-pori hilang dan tidak ada bagian yang timbul, lanjut dengan mengampelas menggunakan ampelas halus (ukuran 1000). Haluskan dengan air hingga bekas ampelas kasar menghilang dan permukaan menjadi rata.
4. Gosok menggunakan batu ijo
Setelah rata, campur batu ijo dengan minyak tanah di dalam botol. Caranya dengan menggerus halus batu ijo dan dimasukkan ke dalam wadah yang sudah berisi minyak tanah. Ratakan larutan tersebut dan gosok menggunakan kain jeans atau kertas semen. Pastikan bunyi yang dihasilkan dari gosokan tersebut kian lama kian melembut. Jika sudah tidak berbunyi, coba cek apakah hasil gosokan tersebut sudah mengkilap. Kalau sudah, lanjutkan ke semua bagian yang akan dimengkilapkan.
5. Finishing menggunakan bedak bayi
Setelah mengkilap semua, finishing kan menggunakan kain bersih dan bedak bayi. Taburkan bedak secara merata dan gosok menggunakan kain hingga kotoran bekas batu ijo terangkat. Mengkilap sudah! Sekarang tinggal perawatannya agar hasilnya selalu mengkilap dan motor sedap dipandang mata setiap hari.
lebih mengkilap jika diberi finishing bedak
Lampiran gambar hasil lainnya.

Jumat, 08 November 2013

Cek Kondisi Per Kopling Skutik

Cek Kondisi Per Kopling Skutik - Sama-sama ada di CVT bagian belakang dan berbentuk pegas, namun per CVT lebih beken dari pada per kopling. Itu karena per CVT jadi salah satu yang masuk dalam daftar menu, kalau hendak upgrade performa. Tapi tahu enggak, kalau per kopling skutik yang ada 3 biji itu bisa bikin performa motor jadi loyo. Terutama kalau part tersebut sudah waktunya diganti. 
3 per kopling sentrifugal
Ada hal-hal yang enggak perlu dilakukan agar part tersebut enggak cepat menurun performanya. Selain pemakaian normal, salah perlakukan juga membuat umur pakai per kopling lebih pendek. Buka tutup gas secara mengentak apalagi saat kondisi mesin masih baru menyala, jadi penyebab per kopling cepat loyo.  Sesuai karakternya, skutik buka gasnya mesti diurut. Jadi geber-geber saat kali pertama mesin menyala, enggak disarankan.
kampas kopling skutik
Ada juga cara deteksi kalau per kopling sudah menurun kemampuannya. Pertama adalah dengan merasakan performa skutik itu sendiri dan yang berikutnya melihat secara fisik pada kampas koplingnya. Putaran mesin bawahnya terasa lemot dan performa skutik baru akan terasa pada putaran mesin tengah sampai atas saja.

Untuk deteksi berikutnya, tentu harus bongkar CVT dulu dan lihat langsung ke kampas kopling yang terdiri dari 3 bagian. Bila per kopling sudah waktunya ganti, biasanya ada perbedaan ketebalan pada masing-masing kampas nya.