Senin, 02 Desember 2013

Kopling Manual Jupiter Z1 SYS

Kopling Manual Jupiter Z1 SYS - Kopling manual Jupiter Z1, maupun New Jupiter Z, sudah didesain plug n play. Tidak asal kopling manual, tapi diproduksi macam buatan pabrik. Makanya memasangnya sudah satu paket. Kopling ini diproduksi oleh SYS. Tidak ada main akal sana dan akal sini, maksudnya mengakali ala bikin kopling manual. Nggak ada cerita gerinda sana dan di sini, lalu pergi ke tukang bubut untuk merangkai nya. Tinggal bongkar kopling yang lama diganti dengan SYS. Kalau bisa pasang sendiri juga bisa.
gambar potongan kopling manual Z1
Perhatikan saja fotonya, persis buatan produsen motor. As stut dan poros pendorongnya sudah didesain atau ditanam langsung pada bak kopling. Beli kopling ini telah bersama bak-nya, kampas kopling, pelat kopling, per kopling, tutup per, kabel kopling dan tuas kopling. Harga sekitar Rp. 775.000,- sudah bisa dibawa pulang.
part SYS untuk Z1
Juga nggak rugi, karena tarikannya bisa yahud dibanding standarnya. Maklum yang bikin bukan orang sembarangan. Maksudnya tarikan bisa bertambah, lantaran dimensinya berbeda dengan kopling standar. Ruas kampas lebih besar-besar. Per juga kenyal. Awalnya diproduksi untuk balap, tapi harian juga silakan, malah lebih bagus. Makanya bentuk bak koplingnya juga besar. Jangan lupa juga bak kopling dan isi standarnya disimpan, siapa tahu dikembalikan standar lagi.

Minggu, 01 Desember 2013

Korek Harian Honda CS1 150 cc

1. Piston NPP Tiger dengan diameter 63.5 mm
Piston kit sekitar 250 ribu dan pilih yang pin pistonnya 13 mm. Piston wajib re-design alias dibentuk ulang. Kapasitas mesin menjadi 149.4 cc alias dibulatkan menjadi 150 cc.
piston Tiger
2. Karburator PE 28
Karburator menggunakan milik NSR-SP dengan kombinasi spuyer 35/132. Setting tergantung pada kondisi daerah masing-masing.
karburator PE28 di CS1
3. Per kopling CLD dan kampas kopling BRT
Per kopling menggunakan milik CLD tipe medium agar proses kopling terasa kenyal di tangan. Kampas kopling sendiri menggunakan milik BRT agar daya cengkram semakin kuat sehingga power tersalur dengan baik ke roda.
per kopling CS1 aftermarket
4. Knalpot costum
Knalpot dapat mendesign ulang mulai leher hingga silencer menggunakan milik Satria FU. Ada baiknya porting polish juga dilakukan agar hasil lebih maksimal.

Sabtu, 30 November 2013

Menaikkan Kompresi Dengan Las Argon Pada Piston

contoh piston jenong
Menaikkan angka perbandingan kompresi untuk harian sudah tak jaman pangkas kepala silinder. Kalau balap sih tetap wajib. Menaikkan kompresi memang sederhana dan langsung terasa pada performa motor. Sekarang cukup pakai piston jenong. Tahu kan yang jenong-jenong? Itu sama dengan piston diibikin benjol lalu diatur ulang puncak pistonnya (dome). Bicara piston jenong spek racing, saat ini sudah banyak pilihan. Tapi beda cerita bila dana terbatas, tapi tetap ingin kencang. Atau ingin hasil karya tangan sendiri.
hasil las argon pada piston
Caranya adalah dengan memodifikasi piston standar dengan bentuk jenong. Misalnya, pada piston Yamaha Crypton yang berdiameter 49 mm, kepala pistonnya ditambah daging lewat las argon. Kemudian seperti langkah biasa dibubut ulang sehingga hasil customize ini membentuk dome melesak dalam ruang bakar.
hasil setelah dibubut
Jarak dome dibatasi 1 mm dari kepala busi. Kalau lebih dari itu, akan nabrak saat di TMA. Selisih piston dengan kubah disisakan 2 mm agar tidak terlalu padat. Untuk pengerjaan butuh tenaga ahli yang terlatih biar hasil optimal. Las argon punya kelebihan pada kekerasan nya. Lumayan kuat menahan kompresi dan suhu tinggi pada ruang bakar. Bentuk dome biasanya ikut desain kubah cylinder head. Yang penting punya jarak 2 mm dari dinding kubah. Itu tadi patokan tingginya 1 mm dari busi, selebihnya bebas berkreasi sesuai kompresi yang diinginkan.

Kamis, 28 November 2013

9 Aditif Pada Pelumas

9 Aditif Pada Pelumas - Kata aditif sudah tidak asing di telinga. Seperti kita tahu, aditif adalah salah satu komponen utama pada pelumas atau oli mesin. Oli mesin terbuat dari bahan dasar base oil, ada mineral atau sintetik yang kemudian harus dicampur dengan aditif agar bisa digunakan untu melumasi komponen mesin. Total ada 9 aditif pada oli mesin, komposisinya tinggal sesuai dengan kebutuhan.
semua oli terdapat aditif
Masing-masing merek oli pasti berbeda komposisinya. Perbedaan ini disesuaikan dengan keunggulan yang akan diberikan oleh pabrikan oli untuk konsumennya. Lalu apa saja aditif yang ada pada pelumas mesin ini? Berikut rincinannya satu persatu.
  1. Anti Oksidan, fungsinya untuk mencegah terjadinya proses oksidasi pada molekul pelumas.
  2. Detergent, untuk menjaga permukaan logam agar bebas dari kotoran.
  3. Dispersant, mengendalikan dan membawa kotoran agar terdispersi merata dalam pelumas.
  4. Anti karat atau korosi, untuk mencegah terjadinya karat pada bagian logam yang berhubungan dengan pelumas.
  5. Anti wear, mencegah gesekan dan keausan permukaan mesin.
  6. Friction modifier, untuk meningkatkan tingkat kelicinan film pelumas.
  7. Pour point despressant, mampu menjadikan pelumas tetap mudah mengalir pada temperatur rendah. 
  8. Anti foam, mencegah terbentuknya busa ada pelumas.
  9. Viscosity improver, untuk menjaga viskositas oli pada suhu rendah dan tinggi.

Rabu, 27 November 2013

ECU BRT Dualband - Juken 2

ECU BRT Dualband - Juken 2 - Inovasi baru dengan teknologi algoritma yang cerdas, melahirkan JUKEN-2. JUKEN-2 dirancang untuk meningkatkan performa motor harian, korek harian atau performa racing/balap. Beberapa fitur terbaru JUKEN-2 memudahkan pemakai untuk melakukan setting injeksi untuk menghasilkan performa terbaik .
Ecu BRT - Juken 2
JUKEN-2 dilengkapi teknologi DUAL BAND, sehingga biker dapat memilih langsung mapping ekonomis dan performance. Teknik pengaturan debit bahan bakar yang paling mudah digunakan adalah E-MAP (Easy Map), sangat cocok untuk pemula atau yang lebih ahli.

ECU ini dilengkapi dengan remote programmer, sehingga pemakai bisa mengatur parameter sbb:
  1. Injection Mapping (Koreksi Mapping)
  2. Ignition Timing (Kurva Pengapian)
  3. Revolution Limiter ( Batasan putaran Mesin)
  4. Injection Timing (Waktu penyemprotan)
  5. Kalibrasi TPS (Throttle Position Sensor)
Tersedia model :
Model : Vixion Old, Verza 150, Supra 125, Beat, Spacy, Scoopy, Jupiter Z1

Senin, 25 November 2013

Mengakali Rantai Keteng/Kamprat Honda Grand/Supra/Legenda Yang Berisik

Mengakali Rantai Keteng/Kamprat Honda Grand/Supra/Legenda Yang Berisik - Model setelan rantai kamprat generasi Honda C-series masih menganut model konvensional. Model ini hanya tahan hingga 8000 rpm dan cepat minta ganti rantai. Bila rantai keteng/kamprat Anda sudah minta ganti ada solusi hemat disaat dompet tipis. Yaitu dengan mengurangi tuas tensioner yang berdekatan dengan crankcase.
bagian yg dipapas
Caranya:
1. Buka Tuas Presneling, dan Bak Magnet
Untuk langkah ini membutuhkan Kunci 10 untuk tuas presneling, kunci T8 untuk membuka keempat baut pengikat bak magnet. Tidak perlu khawatir oli tumpah, karena daerah ini termasuk daerah kering tanpa adanya oli.

2. Lepas Magnet
Melepas magnet membutuhkan treker magnet khusus. Buka terlebih dahulu baut pengikatnya menggunakan kunci 14. Lepas magnet menggunakan treker.

3. Lepas Sistem Starter
Buka baut pengunci, lidah penahan rantai, gear starter, dan rantai starter.

4. Operasi dimulai
Buka tuas penonjok/tuas tensioner menggunakan kunci 17. Untuk melepas part ini, per tensioner harus dilepas terlebih dahulu. Caranya dengan menggunakan kunci 14, baut pada bagian bawah dibuka. Hati - hati per meloncat. Setelah terlepas, silahkan kikir tuas tersebut atau menggunakan gerinda. Tidak perlu banyak - banyak, hanya sampai tuas tidak menempel pada crankcase atau ada jarak bebas 1 - 2 mm. Pasang kembali tuas, masukkan per dan pasang. Setel ketegangan rantai keteng dan kencangkan.

5. Pasang kembali semua part.
Caranya dengan kebalikan proses di atas. Setelah beres, nyalakan mesin dan cek.

Sabtu, 23 November 2013

Karakter dan Substitusi Part Roller Tensioner Honda Blade

Karakter dan Substitusi Part Roller Tensioner Honda Blade - Berikut ada sedikit informasi tentang trik tips cara ganti roller tensioner rantai Honda Blade. Tensioner pada Honda Blade 110 masih sama dengan punya honda yang lama seperti Honda Grand, Legenda dan Supra X. Tensioner memakai 2 roller yang berada di atas dan bawah di tengah gir keteng bawah atas sistem penekanan menggunakan per dan oli.
rantai keteng Blade
Tensioner Honda Blade di lengkapi dengan roller yang terbuat dari karet. Batasan roller itu hanyalah mencapai 8.000 rpm saja. Roller ini hanya cocok untuk di gunakan untuk harian saja, dan tidak untuk balapan. Dan jika gerigi pada roller sudah habis mestinya harus di ganti dengan roller yang baru, jika tidak maka ketegangan rantai sulit untuk diatur. Idel mesin juga akan berkurang sehingga efeknya adalah penurunan tenaga motor dan bensin menjadi lebih boros. Kem juga menjadi tidak stabil, buka-tutup klep pada ruang bakar juga tidak sesuai dengan pehitungan yang normal. Untuk mengganti roller tensioner Honda Blade bisa menggunakan roller punya motor lawas Honda seperti yang disebut di atas (Grand, Legenda, Supra, dsb.).

Jumat, 22 November 2013

Ganti Noken As Vixion di Jupiter MX

Ganti Noken As Vixion di Jupiter MX - Buat pengendara Yamaha Jupiter MX yang ingin menaikkan performanya tapi tidak mau repot, bisa menerapkan jurus ganti noken as standar dengan noken as Vixion. Tinggal PNP dan jangan lupa waktu beli noken as Vixion sekalian beli pin dowel 2 biji yang biasa ada di noken as mx & vixion, karena waktu beli tidak ada pin dowel nya. Jadi, harus beli lagi pin dowel nya. Basic sama, part number sama cuma beda 3 kode awal sebagai penanda model motor. Vixion = 3C1-E2170-00 kalau Jupiter MX = 1S7-E2170-00. Keuntungannya adalah sebagai berikut.
noken as Vixion
1. Angkatan Klep (Lift)
Tinggi angkatan klep MX 29.65 – 25.10 = 4.55 mm sedangkan VIXION 30.25 – 25.10 = 5.15 mm. Oleh karena lift lebih tinggi, maka kabut bahan bakar yg masuk lebih deras. Untuk penggunaan harian masih aman. Perbedaan cuma 5.15 mm – 4.55 mm = 0.6 mm. Jangan lupa agar mencoak piston sebanyak 0.5 mm agar klep aman dan tidak terbentur piston.
cara mengukur angkatan klep/lift
2. Harga
H.E.T noken as Jupiter MX adalah Rp 245.500 sedangkan VIXION Rp 153.000. Harga ini diambil dari sparepart katalog Yamaha sendiri.
harga noken as di website resmi Yamaha

Kamis, 21 November 2013

Permasalahan Oli Tidak Naik Pada Jupiter Bak Kopling Manual

jalur pelumasan Jupiter
di bak kopling
Permasalahan Oli Tidak Naik Pada Jupiter Bak Kopling Manual - Setelah ditelusuri, piston sangat cepat sekali baret setelah menggunakan bak kopling manual OEM. Selidik punya selidik, ternyata terdapat kebocoran saluran oli. Seharusnya, saluran oli pada bagian gambar di atas harus buntu, alias tidak mengalir. Untuk mengeceknya bisa menuangkan cairan pada lubang kiri dan akan terlihat tidaknya kebocoran saluran oli pada bak kopling Jupiter tersebut. Untuk mengatasinya, cukup menutup total saluran pelumasan yang berada pada contoh di bawah.
tutup saluran pelumasan ke arah kanan
Dapat menggunakan lem besi, atau pun sekalian menggunakan las. Setelah ditambal, cek ulang untuk memastikan tidak adanya kebocoran lagi.
hasil tambalan lem besi
Untuk motor ku sendiri sudah saya tambal menggunakan lem besi. Saya mengetahui hal ini ketika membandingkan rumah kopling saya dengan X1 original Thailand. Pada bak kopling X1 tidak terdapat lagi saluran pelumasan tersebut. Coba cek bak kopling manual kalian, jangan sampai terjadi kebocoran sehingga piston cepat aus.

Rabu, 20 November 2013

Mengganti Aluminium Rumah Kopling Yang Pecah

Mengganti Aluminium Rumah Kopling Yang Pecah - Rumah kopling pecah, pasti motor melaju dengan tidak mantap. Hal ini bisa terjadi akibat kekuatan (power) motor yang terlampau besar atau kesalahan mekanik dalam menggunakan alat-alatnya. Jika sudah pecah, ya harus diganti agar motor tidak tersendat-sendat.
rumah kopling pecah
Ternyata, membeli aluminium rumah kopling nya saja ada kok. Hanya saja seperti biasanya, merk imitasi dan bukanlah part original pabrikan. Untuk harga milik motor Jupiter, saya membeli seharga Rp. 28.500,- dan ini merupakan KW Super. Namun, ketika dibandingkan dengan part asli, hasilnya tetap saja sangat mencolok.
perbandingan aluminium rumah kopling
Cara menggantinya adalah dengan melepas rumah kopling dan menyiapkan aluminium rumah kopling pengganti. Bawa part tersebut ke tukang bubut untuk ditukar antara yang baru dengan yang lama. Ongkos hanya berkisar 25 ribu rupiah saja. Beres sudah dan sekarang rumah kopling dapat digunakan kembali.
hasil aluminium rumah kopling

Selasa, 19 November 2013

Mengganti Karet Damper Kopling Yamaha Jupiter

Mengganti Karet Damper Kopling Yamaha Jupiter - Jika lari motor tersendat-sendat, maka hal ini merupakan pertanda ada yang tidak beres. Bisa kemungkinan rumah kopling sudah mengalami spelling, sehingga laju motor tersendat-sendat. Tidak ada salahnya mengecek bagian ini. Harganya cukup murah kok sehingga minim perawatan.
damper kopling Jupiter
Letak karet damper kopling Yamaha Jupiter terletak di antara gear primer dan boss kopling. Cara menggantinya harus di tukang bubut terlebih dahulu. Ongkos sekitar 25 rb rupiah saja. Untuk jasa bengkel bervariasi tiap bengkel.
posisi damper kopling Jupiter di dalam gear primer

Senin, 18 November 2013

Motor Matik Wajib Cek Komponen CVT

Motor Matik Wajib Cek Komponen CVT - Jangan anggap enteng kalau terdengar suara-suara yang mencurigakan keluar dari dalam CVT skutik Anda. Skutik tunggangan Anda meski pelan akan tetap melaju dengan mengeluarkan bunyi-bunyian tersebut. Namun sepatutnya hal itu jadi pertanda, kalau skutik Anda sudah saatnya diboyong ke bengkel terdekat. 
roller (kanan)
1. Telurusi sumber bunyi
Suara tersebut biasanya keluar dari bagian CVT depan. Ada beberapa part yang ada di bagian tersebut, hanya satu part saja yang jadi penyebab hal itu terjadi.

2. Deteksi kerusakan roller
Keluarnya bunyi-bunyian tersebut, tersangka-nya bisa dipastikan part yang biasa disebut roller. Kalau sudah sampai mengeluarkan bunyi seperti kretek kretek, kebanyakan fisik roller sudah berubah. Dari bulat jadi hancur.
part CVT
3. Cek part lain
Enggak hanya 1 hal saja yang jadi penyebab roller remuk di dalam pulley. Faktor pemakaian yang kemudian membuat roller jadi peyang, bila terus-terusan dipaksa akan berakhir dengan rusaknya part yang berjumlah 6 roller.

4. Ciri roller yang rusak
Ciri roller sudah peyang, seperti belt yang performanya menurun. Saat grip gas dipelintir ada rasa ndut-ndutan.

5. Perhatikan kampas kopling sentrifugal
CVT bagian belakang juga bisa jadi pemicu roller pecah. Bila kondisi kampas kopling sudah waktunya diganti namun tetap dipaksa pakai, bisa jadi pemicu pecahnya roller.