Bak Kopling Manual C70 - Sekarang banyak club Honda lawas C70. Selain aliran modif tampilan klasik, banyak juga yang pecinta kecepatan. Tak hayal maka banyak juga yang memodifikasi mesin C70 nya agar lebih kencang dan mengimbangi motor keluaran baru. Salah satu caranya adalah dengan memasang kopling tangan/manual.
Sabtu, 21 Desember 2013
Jumat, 20 Desember 2013
Memasang Crankcase Mocin di Astrea
Memasang Crankcase Mocin di Astrea - Banyak pemilik astrea yang ingin kencang. Yaitu dengan cara bore up menggunakan piston besar. Hanya saja kelemahan astrea adalah pompa oli yang berada di tengah dan baut tusuk yang sempit. Cara mudah nya adalah dengan menggunakan crankcase kanan mocin yang memiliki pompa oli di kanan, sehingga baut tusuk bisa digeser leluasa dan lubang kalter lebih besar.
Kelebihan crankcase dari mocin adalah pompa oli nya sudah berada di samping kanan, sehingga crankcase mampu di perbesar lubangnya agar piston mampu masuk lebih besar. Kelemahannya hanya material bahan yang kurang bagus. Memasangnya pun tinggal pasang karena posisi baut crankcase sama dengan Astrea.
![]() |
| crankcase kanan mocin |
Kamis, 19 Desember 2013
Fungsi Velocity Stack
Rabu, 18 Desember 2013
Cara Memasang Velocity Stack di Jupiter
| velocity stack untuk Jupiter series |
Fungsi dari velocity stack adalah mengubah aliran fluida yang turbulen menjadi laminar. Selain aliran udara menjadi terarah, CFM dan gas speed menjadi meningkat. Efeknya adalah nafas motor menjadi panjang dan tidak mudah mbrebet akibat tertiup angin.
| beri karet ban secukupnya |
Cara memasang velocity stack untuk karburator Jupiter dan sejenisnya mudah. Tinggal mengencangkan baut kecil menggunakan kunci L kecil. Namun, menurut pengalaman baut tersebut tidak kuat. Sehingga harus ditambah karet ban agar rapat.
| tampak depan |
| tampak samping |
Selasa, 17 Desember 2013
Spesifikasi Suzuki Raider 115 (Satria F 115)
![]() |
| Suzuki Raider 115 |
Spesifikasi
Tipe mesin : 4 tak, SOHC, berpendingin udara
Diameter x langkah : 51 x 55.2 mm
Volume silinder : 112.8 cc
Rasio kompresi : 9.4 : 1
Sistem bahan bakar : Injeksi
Sistem pelumasan : Bak basah
Sistem starter : Starter kaki dan starter elektrik
Sistem pengapian : Pengapian elektronik
Kapasitas penggantian oli : 800 mL
Sistem transmisi : 4 tingkat percepatan, Constant Mesh
Tipe kopling : Basah, semi otomatis, sentrifugal, multiplat
Kaki - kaki
Suspensi depan : Teleskopik
Suspensi belakan : Lengan ayun
Ukuran ban depan : 70/90-17M/C 38 P, Tube type
Ukuran ban belakang : 80/90-17M/C 44 P, Tube type
Rem depan : Cakram
Rem belakang : Cakram
Dimensi
P x L x T : 1910 x 670 x 1000 mm
Wheelbase : 1.220 mm
Jarak terendah ke tanah : 145 mm
Berat kosong : 94 kg (tromol) 96 kg (Mags)
Tinggi tempat duduk : 765 mm
Senin, 16 Desember 2013
Memasang Karburator Rx King di New Jupiter MX
Memasang Karburator Rx King di New Jupiter MX - Banyak pengguna motor Yamaha Jupiter MX yang kurang puas terhadap laju kendaraannya. Sering faktor penyebabnya ialah karburator. Karburator sering dituduh sebagai penyebab kurangnya laju New Juptiter MX karena sudah bertipe vakum.
Langkah yang bisa diambil adalah menggunakan karburator RX King. Selain venturi karburator RX King sebesar 26 mm, karakternya bagus di putaran atas. Selain itu, intake standar New Jupiter MX dapat langsung digunakan tanpa repot menggantinya terlebih dahulu. Berbeda jika Jupiter MX lama yang harus mengganti intake manifoldnya terbelih dahulu.
Namun, terdapat kendala saat pemasangan karburator RX King di New Jupiter MX ini. Diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Terdapat TPS (Throtle Position Sensor) yang terhubung ke CDI.
Di karburator RX King tidak terdapat TPS. Jika menggunakan karburator ini, maka sensor TPS akan bekerja dan indikator di dashboard akan terus menyala akibat tidak terbacanya sensor TPS ke CDI. Cara satu - satunya yang dapat direkomendasikan secara aman adalah mengganti CDI asli menggunakan CDI BRT agar tidak ada sensor TPS lagi. Sekali lagi ini bukan promosi.
2. Kabel
Kabel gas harus menyesuaikan lagi. kabel choke menjadi non-aktif karena choke karburator RX King menggunakan tipe tarik manual.
3. Setting ulang spuyer
Kemungkinan spuyer berada di 17.5/130 (PJ/MJ). Setting hingga busi berwarna merah bata atau kecoklatan agar motor dapat tetap irit.
Minggu, 15 Desember 2013
Korek Road Race Honda BeAT 130 cc
1. Piston Izumi dengan diameter 54.4 mm
Dome piston dibuat hingga rasio kompresi bermain di angka 11,7 : 1. Ini terkait ketat dengan bahan bakar yang dipakai. Terutama, untuk Matic Race yang wajib berbahan bakar SPBU lokal. Makanya, kompresi tidak dibuat tinggi sekali.
![]() |
| piston izumi |
2. Klep CS1 dengan diameter 28 mm (in) dan 24 mm (out)
Head diubah model bathub, dijejali klep CS1 dengan diameter 28 mm (in) dan 24 mm (out).
![]() |
| super head BeAT |
3. Noken as costum
Untuk klep isap (in), membuka 25º sebelum Titik Mati Atas (TMA) dan menutup 55º sesudah Titik Mati Bawah (TMB). 25º + 55º + 180º = 260º. Sedang untuk klep ex, membuka 56º sebelum TMB dan menutup 24º setelah TMAº. 56º + 24º + 180º = 260º. Jadi, durasi kem dibuat sama untuk kedua klep. Untuk LSA kem sendiri, dibuat jadi 102º.
![]() |
| noken as racing |
4. CDI Rextor Prodrag
5. Roller 9 gram
Roller ringan mengejar akselerasi motor agar dapat keluar dari tikungan dengan cepat.
| roller |
6. Karburator standar jetting ulang
Sabtu, 14 Desember 2013
Karakter Noken As Racing (Kawahara, TDR, CLD, HRP)
![]() |
| karakter perubahan desain noken as |
![]() |
| teori noken as |
![]() |
| teori noken as |
Contoh-contoh Noken As tersebut :
1. KAWAHARA
Ada tiga tipe:
- tipe K1
- tipe K2
- tipe K3
Untuk K1 dan K2 biasa dipakai racing harian, lift, overlap dan LSA tidak terlalu ekstrim. Sedang untuk K3 untuk racing Ekstrim.
- DATA KAWAHARA K1
Klep in(durasi) : 19+180+50 = 249 derajat
Klep ex(rurasi) : 51+180+21 = 252 derajat
Lift in : 7.9 mm | Lift ex : 7.9 mm
Lift overlap : 2.5 mm
LSA : 105º
Harga : 350 ribu - DATA KAWAHARA K2
Klep in(durasi) : 11+180+57 = 248 derajat
Klep ex(rurasi) : 41+180+31 = 252 derajat
Lift in : 8 ,75 mm
Lift ex : 8 ,56 mm
LSA : 104º
Harga : 400 ribu - DATA KAWAHARA RACING ONLY
Klep in(durasi) : 28+180+ 60 = 268 derajat
Klep ex(rurasi) : 60+180+31 = 271 derajat
Lift in : 10 ,33 mm
Lift ex : 8 ,89 mm
LSA : 91º
Harga : 600 ribu
2. TDR
Noken As TDR racing memang pantas untuk harian dan Racing, Durasi dan LSA sangat aman dalap overlap sehingga tidak saling bentur antar klep. Bahkan untuk klep lebar sekalipun.
- DATA TDR
Klep in(durasi) : 13+180+45 = 238 derajat
Klep ex(rurasi) : 41+180+22 = 243 derajat
Lift in : 8 ,4 mm
Lift ex : 7 ,93 mm
LSA : 103º
3. CLD
CLD singkatan dari ciledud atau Champion leader development. Noken as ini lebih keras atau setara dengan noken as standart pabrikan
- DATA KEM CLD Stage 1
Klep in(durasi) : 7+180+41 = 228 derajat
Klep ex(rurasi) : 32+180+21 = 233 derajat
Lift in : 7,1 mm
Lift ex : 7,1 mm
LSA : 101º
Harga : 350 ribu - DATA KEM CLD Stage 2
4. HRP
HRP (Hendriyansyah Racing Produk) buatan pentolan pembalap nasional Hendriyansyah. Durasi kem ini mirip kem CLD, yang mempunyai karakter halus untuk di pakai harian. Enak untuk trek pendek
- DATA KEM HRP
Klep in(durasi) : 5+180+43 = 228 derajat
Klep ex(rurasi) : 23+180+25 = 228 derajat
Lift in : 7,35 mm
Lift ex : 7,33 mm
LSA : 99º
Harga : 300 ribu
5. Marathon
Noken as keluaran Mitra2000 ini lumayan laku di pasaran.
- DATA Noken As / Kem New Marathon
Klep in(durasi) : 16+180+50 = 246 derajat
Klep ex(rurasi) : 41+180+9 = 230 derajat
Lift in : 7 ,78 mm
Lift ex : 7 ,53 mm
LSA : 107º
Harga : 250 ribu
6. SPS
SPS part dari Thailand yang sudah banyak produknya.
- DATA KEM SPS Stage 3
Klep in(durasi) : 21+180+50 = 251 derajat
Klep ex(rurasi) : 64+180+21 = 265 derajat
Lift in : 7,9 mm | Lift ex : 7,6 mm
Lift overlap : 2,5 mm
LSA : 108º
Harga : 350-450 ribu
Jumat, 13 Desember 2013
Karburator Honda Grand di C70
Karburator Honda Grand di C70 - Agar performa Honda C70 tetap terjaga, biasanya perangkat karburator diganti dengan karburator berventuri lebih besar dari standar. Pilihannya bisa menggunakan milik Honda Grand/Supra yang murah atau milik Win 100, Jupiter Z, Shogun SP, dan Kharisma yang berperforma handal.
Kamis, 12 Desember 2013
Ciri Kompresi Motor Lemah
Ciri Kompresi Motor Lemah - Tak perlu bongkar-bongkar mesin untuk mendeteksi kompresi motor sudah mengendur. Problem ini menghinggapi motor yang usianya di atas 3 tahun. Usia yang telah dipatok pabrik mulai melemahnya onderdil jaminan mereka. Kolo nggak melemah mana bisa dapat untung pabrik spare parts, kan begitu.
![]() |
| proses kompresi di dalam mesin |
Makanya, ia bilang ada lebih sederhana lagi mendeteksinya. Dengar baik-baik, gejalanya saat menghidupkan motor di pagi hari atau lama didiamkan. Bila kompresi masih ketat atau utuh, sekali tombol starter elektrik dipencet motor akan bruuuum, hidup. Starter kaki ditendang pelan-pelan pun, motor dengan mudah hidup. Sebab uap bahan bakar masih kuat digencet kompresi membuatnya mudah meledak.
Sebaliknya, walau sudah ditendang-tendang dan dipencet-pencet tak kunjung menyala. Ini merupakan tanda kompresi sudah lemah. Pemampatan bahan bakar sudah tak ketat, bahan bakar akan sulit pecah dan tidak mudah juga dipercik api busi. Pada umumnya akibat melemahnya ring piston atau sudah waktunya over-size.
Rabu, 11 Desember 2013
Jenis & Spesifikasi Piston HI SPEED
Jenis & Spesifikasi Piston HI SPEED - Berikut adalah beberapa piston produksi pabrikan Hi-Speed Thailand yang beredar di Indonesia.
1. RX piston
Desain kepala piston : High dome
Desain bodi piston : Narrow body
Desain ring piston : Double ring
Piston pin : 13 mm, 14 mm, 15 mm
Size available : 50, 50.5, 51, 52, 52.5, 53, 53.5, 54, 54.5, 55, 55.5, 56, 57, 58, 58.5, 59, 59.5, 60, 60.5, 61, 61.5, 62, 63, 63.5, 64, 64.5, 65, 65.5, 66, 67, 68, 69, 70 mm.
Size available : 50, 50.5, 51, 52, 52.5, 53, 53.5, 54, 54.5, 55, 55.5, 56, 57, 58, 58.5, 59, 59.5, 60, 60.5, 61, 61.5, 62, 63, 63.5, 64, 64.5, 65, 65.5, 66, 67, 68, 69, 70 mm.
![]() |
| RX piston Hi Speed |
Desain kepala piston : High dome
Desain bodi piston : Narrow body
Desain ring piston : Double ring
3. PRO X piston
Desain kepala piston : High dome
Desain bodi piston : Wide body
Desain ring piston : Single ring
Piston pin : 13 mm, 14 mm, 15 mm
Size available : 50, 50.5, 51, 52, 52.5, 53, 53.5, 54, 54.5, 55, 55.5, 56, 57, 58, 58.5, 59, 59.5, 60, 60.5, 61, 61.5, 62, 63, 63.5, 64, 64.5, 65, 65.5, 66, 67, 68, 69, 70 mm.
Size available : 50, 50.5, 51, 52, 52.5, 53, 53.5, 54, 54.5, 55, 55.5, 56, 57, 58, 58.5, 59, 59.5, 60, 60.5, 61, 61.5, 62, 63, 63.5, 64, 64.5, 65, 65.5, 66, 67, 68, 69, 70 mm.
Desain kepala piston : High dome
Desain bodi piston : Wide body
Desain ring piston : Double ring
Piston pin : 13 mm, 14 mm, 15 mm
Size available : 50, 50.5, 51, 52, 52.5, 53, 53.5, 54, 54.5, 55, 55.5, 56, 57, 58, 58.5, 59, 59.5, 60, 60.5, 61, 61.5, 62, 63, 63.5, 64, 64.5, 65, 65.5, 66, 67, 68, 69, 70 mm.
Size available : 50, 50.5, 51, 52, 52.5, 53, 53.5, 54, 54.5, 55, 55.5, 56, 57, 58, 58.5, 59, 59.5, 60, 60.5, 61, 61.5, 62, 63, 63.5, 64, 64.5, 65, 65.5, 66, 67, 68, 69, 70 mm.
Desain kepala piston : High dome
Desain bodi piston : Wide body
Desain ring piston : Double ring
Selasa, 10 Desember 2013
Memasang Klakson DENSO di Honda BeAT
Memasang Klakson DENSO di Honda BeAT - Saat ini marak/nge-trend pemasangan klakson mobil/Denso di motor. Kebanyakan ingin mencari gaya agar motornya dilirik saat tombol klakson ditekan. Selain itu, klakson Denso ini bersuara nyaring dan berfungsi agar lebih memberi peringatan bagi pengendara lain.
| 2 klakson Denso di Honda BeAT |
1. Beli klakson Denso/mobil.
Klakson yang dibeli seharga 88 ribu rupiah sudah terdiri atas 2 klakson + 1 relay klakson.
| klakson Denso |
Untuk pemasangan relay dan klakson dapat dilihat di sini. Klakson ditempatkan pada dudukan yang telah ada.
| hasil setelah terpasang |
Percobaan ini berhasil dan suara klaksonnya nyaring tanpa terjadi voltage drop karena relay ikut terpasang.
Langganan:
Komentar (Atom)


























