Sabtu, 14 Desember 2013

Karakter Noken As Racing (Kawahara, TDR, CLD, HRP)

karakter perubahan desain noken as
teori noken as
teori noken as
Karakter Noken As Racing (Kawahara, TDR, CLD, HRP) - Banyak produk camshaft/noken as yang sudah beredar luas, seperti Kawahara, TDR, CLD, HRP, dsb. Banyak juga rider yang memanfaatkan kepraktisannya, karena tinggal beli dan pasang saja. Banyak pilihan berbeda, bahkan satu merk juga menawarkan pilhan-pilihan berbeda-beda, dan menyebabkan konsumen bingung memilih yang mana. Karena itu saya mencoba memberikan keterangan-keterangan yang bisa membuat Anda mengerti tentang pilihan dalam memilih Noken As yang sesuai dengan karakter motor anda.

Contoh-contoh Noken As tersebut :
1. KAWAHARA
Ada tiga tipe:
  • tipe K1 
  • tipe K2 
  • tipe K3
Untuk K1 dan K2 biasa dipakai racing harian, lift, overlap dan LSA tidak terlalu ekstrim. Sedang untuk K3 untuk racing Ekstrim.
  • DATA KAWAHARA K1
    Klep in(durasi) : 19+180+50 = 249 derajat
    Klep ex(rurasi) : 51+180+21 = 252 derajat
    Lift in : 7.9 mm | Lift ex : 7.9 mm
    Lift overlap : 2.5 mm
    LSA : 105º
    Harga : 350 ribu
  • DATA KAWAHARA K2
    Klep in(durasi) : 11+180+57 = 248 derajat
    Klep ex(rurasi) : 41+180+31 = 252 derajat
    Lift in : 8 ,75 mm
    Lift ex : 8 ,56 mm
    LSA : 104º
    Harga : 400 ribu
  • DATA KAWAHARA RACING ONLY
    Klep in(durasi) : 28+180+ 60 = 268 derajat
    Klep ex(rurasi) : 60+180+31 = 271 derajat
    Lift in : 10 ,33 mm
    Lift ex : 8 ,89 mm
    LSA : 91º
    Harga : 600 ribu 
2. TDR
Noken As TDR racing memang pantas untuk harian dan Racing, Durasi dan LSA sangat aman dalap overlap sehingga tidak saling bentur antar klep. Bahkan untuk klep lebar sekalipun. 
  • DATA TDR
    Klep in(durasi) : 13+180+45 = 238 derajat
    Klep ex(rurasi) : 41+180+22 = 243 derajat
    Lift in : 8 ,4 mm
    Lift ex : 7 ,93 mm
    LSA : 103º
3. CLD
CLD singkatan dari ciledud atau Champion leader development. Noken as ini lebih keras atau setara dengan noken as standart pabrikan
  • DATA KEM CLD Stage 1
    Klep in(durasi) : 7+180+41 = 228 derajat
    Klep ex(rurasi) : 32+180+21 = 233 derajat
    Lift in : 7,1 mm
    Lift ex : 7,1 mm
    LSA : 101º
    Harga : 350 ribu
  • DATA KEM CLD Stage 2
4. HRP
HRP (Hendriyansyah Racing Produk) buatan pentolan pembalap nasional Hendriyansyah. Durasi kem ini mirip kem CLD, yang mempunyai karakter halus untuk di pakai harian. Enak untuk trek pendek
  • DATA KEM HRP
    Klep in(durasi) : 5+180+43 = 228 derajat
    Klep ex(rurasi) : 23+180+25 = 228 derajat
    Lift in : 7,35 mm
    Lift ex : 7,33 mm
    LSA : 99º
    Harga : 300 ribu
5. Marathon
Noken as keluaran Mitra2000 ini lumayan laku di pasaran.
  • DATA Noken As / Kem New Marathon
    Klep in(durasi) : 16+180+50 = 246 derajat
    Klep ex(rurasi) : 41+180+9 = 230 derajat
    Lift in : 7 ,78 mm
    Lift ex : 7 ,53 mm
    LSA : 107º
    Harga : 250 ribu 
6. SPS
SPS part dari Thailand yang sudah banyak produknya.
  • DATA KEM SPS Stage 3
    Klep in(durasi) : 21+180+50 = 251 derajat
    Klep ex(rurasi) : 64+180+21 = 265 derajat
    Lift in : 7,9 mm | Lift ex : 7,6 mm
    Lift overlap : 2,5 mm
    LSA : 108º
    Harga : 350-450 ribu

468 komentar:

  1. In 268
    Ex 266,
    lift 7,2mm

    Karakternya gmna tuh mas?

    BalasHapus
  2. noken racing ya?
    ya nafas bagus di putaran atas..
    efeknya kompresi dinamis turun, ya harus menaikkan kompresi nya dlu biar sip..

    BalasHapus
  3. Gak mas, itu bkinan mekanik saya, cma sya ga ngerti karakternya gmna, mkasih mas pencerahannya

    BalasHapus
  4. ya itu namanya noken as racing bro..
    hehe
    karakter nya mirip ke noken racing pada umumnya..
    hanya durasi nya dimulai sejak kapan aja yg saya blm tahu haha

    BalasHapus
  5. Mas butuh pencerahan nih...
    Kalo beat pake seher 53 pake kem yg gimana biar ngacir mas?
    Makasih sebelumnya mas ..

    BalasHapus
  6. sesuaikan kbtuhan aja.. pakai yg daily use aja.. ga terlalu bnyak ubahan ehhee

    BalasHapus
  7. mas butuh pencerahan nih...
    motor ane vario, pengen sedikit tambah ngacir.., pengen ganti CDI, Karburator, busi, dan noken yg recomended dari mas dong? thx

    BalasHapus
  8. cdi brt aja deh, karbu standar aja kalau nemu karbu vakumnya CBR 150..
    busi standar aja, kalau nyoba busi TDR murah tuh
    noken jadi merk CLD ambil yg 260º untuk sehari"

    BalasHapus
  9. Kalo jupiter Z udah OS 50 kaze kira2 bagusnya tipe apa yah mas...
    Kawahara K1, K2 atau K3...
    Klep motorku masih standar... Terus headnya udah aku perbesar ruang kubahnya menjadi 54MM...
    Mohon bantuannya mas

    BalasHapus
  10. harian ambil K1 aja bro, ga bnyak ubahan hehe

    BalasHapus
  11. mas butuh masukan nih spek ane fu taun 07 piston tiger stang seher ori,klep standar,cdi neo dualband brt,koil standart knalpot bikinan prs pondok gede,biar enak untuk harian pake cam apa ya antara marathon,k1,apa sps,kalo sps ane ga tau harganya kisaran brp mohon pencerahannya

    BalasHapus
  12. terserah aja..
    mending sih CLD 260 atau 270 derajat
    kawahara k1 jg boleh hehe

    BalasHapus
  13. Mw tnya mas...mtr sya mx 06 sya pke blok vixion n sher cld size 57...klo pke nokn as cld 280 ° gmn mnrut mas...ok ga wat hrian n liaran mas? Cdi sya dh pke brt dual band...tlg ksh msukn ea...mksih mas

    BalasHapus
  14. kalau itu mah sbnarnya awet aja kalau ga dibuat balapan..

    BalasHapus
  15. bang mw tanya nih ane pke mio soul... koil KTC racing..busi tdr racing..piston oversize 50...per cvt rpm 1000...roller 9gr.. nah klo pke kem kawahara k2 bkalan enak gk larinya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak aja.. karakter speed di putaran tinggi..

      Hapus
  16. Gan, mau tanya, noken racing yg enak buar harian tiger apa?
    tapi yg gak usah ngerubah.

    Trimakasi gan

    BalasHapus
  17. seperti noken as CLD, kawahara itu ga merubah kok.. cm dikhawatirkan floating makanya per klep diganjal ring..

    BalasHapus
  18. permisi mas, mau nanya
    rencana mau bor up fino pake 54
    kalo utk chamsaft racing enak pakai yg mana ya buat harian, klep standar
    thx

    BalasHapus
  19. noken as racing suka" aja nih.. yg penting durasi lbh tinggi..
    porting polish jg terserah samean.. lebih sip kalau porting polish hehe

    BalasHapus
  20. Hi, nice too meet you. Hope you can use English. What model bike of those cam? I'm looking for camshaft for my FU150 with std bored and strike, pe28,Cheetah CDI, after market exhaust. The std cam of fu 150 is 6,9 duration 231. Daily use, sometime short 1km2

    BalasHapus
    Balasan
    1. yes i can speak english too..
      i think the better choice is 250º duration like kawahara K2 for better speed but still give efficient fuel consumption..

      Hapus
    2. Thanks for your reply bro. Do you have any article which show hot to install and timing racing camshaft? I bought Kawahara but no instruction, my engineer feel stranger with DOHC

      Hapus
    3. find in indonesian google, top satria FU

      http://2.bp.blogspot.com/-Z9U7ASCYjSU/UAoLO3DaO4I/AAAAAAAABKg/GANdCGpt8U0/s1600/di-printer2.jpg

      Hapus
  21. Gan mau nanya ni , motor ane jupiter mx thn 2007 , udah bore up 63mm , karbu pe28 , cdi brt ,, cocok nya pake noken as yang mana ia ?? Trus apa ada yang harus di ubah ?? Motor ane bukan motor harian jarang jarang gtu di pkenya , thxx

    BalasHapus
  22. Mhn pencerahanya suhu, newbie nih, njmxku 2012, mx ku d gaspol kok cepet bgt jeritnya ( kyak limit) , cdi brt dual, karbu pe28, knalpot racing, trus mentok di 110 kpj

    BalasHapus
  23. Mas butuh pencerahan nih...
    Kalo beat pake seher 53mm,pake karburator PE 24, terus kalo mau nyari nokenas bagusan buat harian yang k1 apa k2 mas, mohon dibantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba k2 aja lbh enak,, cm per klep dan piston perlu dicoak lg,,

      Hapus
  24. mass mau nanya ni motor saya new Jupiter MX pengen nmbah ngacir nih lari nya CDi udah pakai brt hyperbeand coil pakee punya karisma n busi pake NGK platinum .... pengen ganti noken as yg cocok pake noken as apa ya mas .....??
    mkasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. suka2 aja bro.. ambil durasi tinggi aja, di atas 260º sekaligus per klep racing

      Hapus
  25. Mas mw nanya ni roller tdr honda beat buat harian enak nya yg brpa gr mas.
    Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. 7 gram enak buat akselerasi ehhe
      tp standaran mentok lari 80 kpj aja

      Hapus
  26. Mas motor saya tiger revo kalo yang awet buat harian dan nggak banyak ngerubahnya itu yang cocok yang mana ya mas, speknya gini, seher 70mm trus pakai askruk megapro,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. piston 70mm pasti sudah ganti liner y bro? biar awet yg tebal..
      as kruk megapro hanya 49.5 mm, tiger rev 62.2 mm
      jd nya cc mesin turun jauh dong? hanya 190.5 cc?

      noken berpengaruh pd stroke jd, bingung sya kalau spek nya turun hehe

      Hapus
    2. iya mas emang bener cc motor saya turun tapi tarikannya padat di rpm 5rb ke atas cuman kemaren saya bingung muter" cari noken as yang cocok buat spek motor saya mas katanya mekanik kalo pakai noken kawahara tapi yang versi megapro mas apa bener ya,,,

      Hapus
    3. itulah keuntungan mesin langkah pendek,, putaran tinggi stabil dan ga loyo hehe

      noken as jg dipengaruhi oleh langkah stroke, tp sbenarnya yg dicermati adalah durasi nya bro.. ga peduli pnya tiger atau megapro, asal dudukan sama bisa saling tukar..
      beda ada pada durasi, lift, LSA nya saja..

      durasi tinggi maka kompresi jg harus dikejar..
      ambil kawahara k2 aja udah nyaman

      Hapus
  27. Gan kalo mau pake2 turing enaknya make ahrs k1 ato kawahara k1? Motor ane shogun fl sp udah o.s 50, cdi brt powermax dualband, magnet ama balncer udah dibubut. Untuk sementara ane make ahrsa k1 gan mohon pencerahannya. Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak ahrs buat tarik2an nya bro.. hehe
      kalau turing kedapatan kemacetan sip

      kawahara enak kalau jalan lenggang, lurus alias trek lurus jauh

      Hapus
  28. mas Bro minta pencerahannya yaa, motor ane njmx 2012, karbu PE tdr 28 plus velocity, seher, noken as, per klep semua ganti vixie, tapi klep masih standar, cdi brt neo dual band, kemren rumah seher di bubut dikit biar plug and play dengan tma ama tmb'nya, manipol exhoustnya pake nobi, knalpot standar FU non Blaarr.. putaran menengah memukau.., rencana biar putaran atasnya lebih gigit lagi, noken as di ganti apa yaa mas Bro? harian ma liar..thx b4 responnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. noken as CLD 270 atau 280º bro..
      geser ke rpm tinggi..

      Hapus
  29. Gan mw tax motor q njmx thn 2012, per sama kampas kopling pake tdr, cdi dual band pake brt, karbu sama mesin masi standar, trus klo pikih noken as yg bagus pake ap Gan ?

    BalasHapus
  30. misi gan mau tanya kalo noken as racing yang cocok buat cbr 150 fi milik produk apa ya gan. .soalnya saya udah ubah knalpot freeflow serasa tenaga mesin masih ada tapi ga mau keluar.thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau produk mah sama aja dg pnya cbr 150 karbu..
      banyak mcm nya bro..

      Hapus
  31. Gan mau nanya,saya pake shogun sp 06 pake seher thunder,klep masih standar,kalo noken as yang ccok buat harian/liaran pake apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kawahara K2 enak bro.. atau CLD 270º
      merk" lain menyesuaikn dah karakternya mirip

      Hapus
  32. Butuh pencerahan fu q porting leher bebas biar lebih ganas pake noken merek apa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. butuh noken berdurasi lama, lift tinggi, dan overlap banyak..
      ada baiknya modif sendiri saja, tp kalau beli bisa seperti kawahara K3, CLD yg durasi tertinggi, dsb

      Hapus
  33. misi bos mau tanya ni fu ku pake seher kawasaki boss 67 pen stroke 3mm head full isi std ting ting belum portingan pake noken as yang mana ni biar enak di pake harian dan liaran. dan harga nya berapaan kalo untuk satria fu

    BalasHapus
    Balasan
    1. ambil yg durasi tinggi boss..
      terserah sudah, kalau harga berkisar 1juta

      Hapus
  34. bang gw mau tanya motor gw supra x 125 thun 2008, spek motor : kopling manual, per+kampas TDR buat harian, knalpot CLD OVAL C-1, Cdi brt powermax dualband, karbu standar spuyer pake ukuran 38.
    cocok nya pake noken as yg mana ya?
    biar tarikannya enteng buat sehari2 tapi kenceng juga hehe..
    ohya kalo ganti noken as suara knalpot bisa lebih adem dan teratur ga suaranya .

    thanks :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. noken as terserah aja yg penting merk ternama agar sip performa nya

      suara pasti berubah
      ntar main jet yg diganti jgn pilot nya aja

      Hapus
  35. numpang nanya nih gan, motor ane mio soul speknya 54 klep shogun trs per klepnya pake swedia. enaknya pake noken as apa ya biar tarikannya ada

    BalasHapus
    Balasan
    1. noken as mah terserah aja, tp dengan per klep yg sudah baik boleh coba yg durasi tinggi seperti kawahara K2, CLD 280º dll

      Hapus
  36. kalo noken mobil k3 maksude pye om?
    ini ada yang nawarin noken as mobil buat motor.
    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga paham bro.. kalau noken as mobil biasanya dipotong dan dibentuk sesuai dengan noken std.. tp profil noken sendiri masih perlu diubah sesuai dg yg diharapkan.. keunggulannya adalah pada bahan serta diameter masih gede

      Hapus
  37. mas, kem Kawahara K-1 untuk MX bisa dipake ke R15 gak, dah terlanjur beli

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa saja kok.. substituen dengan vixion maupun R15 hehe

      Hapus
  38. Gan, gw pake Kawahara K1,

    Ini datanya :
    DATA KAWAHARA K1
    Klep in(durasi) : 16+180+47 = 237 derajat
    Klep ex(rurasi) : 53+180+13 = 239 derajat
    Lif in : 8 mm
    Lift ex : 8 mm
    LSA : 98 derajat
    Harga : 350 ribu

    Kompresi 11:1

    Rencana mau ganti CDI Programmable (Adjustable), nah yang ingin gw tanyain berapa derajat sebelum TMA bagusnya busi di-ignite, RPM 1500 dan 9000?

    Ngitungnya gimana?
    Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini motor apa dlu ya? saya bingung mah kalau gtw motornya haha
      tp perkiraan saya begini bro,
      RKD yg ketemu sebesar 9.8 : 1, jadi bahan bakar wajib pertamax
      untuk setting derajat pengapian harus dilihat lewat dynotest kalau mau teliti..
      tp kalau ga ada bisa didengarkan suara mesin yg muncul, apabila detonasi (ngelitik mesin nya) pengapian minta mundur..

      kira" bro saat rpm 1500 masih rendah, antara 5-12º
      saat rpm menengah bisa maju sampai 25-35º, saat di atas rpm 9000 minta mundur lg sekitar 15-25º
      ga tentu jg bro, tergantung kondisi mesin jg hehe

      Hapus
  39. Gan satria ane standar . Tahun 2008. Kalo pake noken as kawahara k1 cocok kaga? Makasih

    BalasHapus
  40. Kang bro mohon pencerahan dong tumpakan ane NSX 125 OS 100 pake seher vario cbs 125, klep standar. kalo mo nyangkok noken as cucoknya buat harian pake K1 & K2 yak?. Trus apa perlu sehernya di coak. Thanks kang bro...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ganti noken lift tinggi sudah pasti butuh coak piston lg..
      hehe
      sekalian k2 saja kalau suka putaran tinggi,
      kalau cuma ingin power cepat keluar enak k1

      Hapus
  41. Mas motor sy CBR150R fi spek ECU aracer koil racing perkop DBS kamkop WRX busi iridium & filter udara ferrox replacement niatnya mo porpol cocoknya pakek noken as yg mana nih yg enak bwt harian & funrace

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk CBR saya rasa sulit jg cari barangnya hehe
      bisa costum aja drpd sulit nyari yg pas

      Hapus
  42. Bro nova. Motoe ane xride seher 58 rencana mo aplikasi cam karakter cld sm kawahara yg bagus mana. Motor suka dipake trail medan lumpur gastrack harian jg. Klep standard kl pake per klep racing misal per swedia gmn tuh ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. karakter CLD aja dah bro.. kawahara dibuat jalan datar hehe

      Hapus
  43. Maaf Gan mau nanya ? Motor gw mio 58(harian) head cld 28/24,per klep cld, karbu 28, noken Kawahara K2R. koq masih kurang enak yah ? Kira2 noken yg cocok pake APA yah ?
    Mohon pencerahannya.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga kerasa enak lah ga dicek kompresi nya seberapa, rasio roller std cocok nggk ke noken as rpm tinggi..

      Hapus
  44. Mas motor saya supra125, porting polish, busi ngk platinum, knalpot satria Fu, yg mau saya tanyakan kalo misal noken as saya ganti Kawahara k1 perubahan apa yang terjadi pada motor saya? Maaf masih newbie mas hehhe...

    BalasHapus
  45. Untuk harian sama touring aman kan mas? Atau harus ada ubahan lain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sangat bisa lah hahaha
      ga perlu diubah gpp.. kalau berkenan ya per klep dibelikan racing jg

      Hapus
  46. Motor saya beat nihh..udah seher 54,cdi brt..enaknya pake noken as apa yaa biar tarikannya enak?

    BalasHapus
  47. Mas mau nanya enakan Pke yg mana kalo new mx Pke noken apa . Piston ukuran 57mm sudah

    BalasHapus
    Balasan
    1. semua noken racing merk itu enak bro..
      durasi rendah untuk main akselerasi.. durasi tinggi untuk jarak jauh..
      pgin nya gmn?

      kawahara k1 itu enak jg

      Hapus
  48. Mas kalo mio pake piston 58.5mm klep 28/24 per klep racing. Nah kalo noken ass nya pengen pake ori harus di bubut berapa mili? Mohon bantuan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau per klep udah racing bisa tinggi lift nya..
      bubut 2 mm itu setelan klep udah di ujung..
      kalau mau ekstrim ya 3 mm dengan mur setelan klep ditaruh d bawah..

      Hapus
  49. mas kenapa ya kopling manual gw ga enak banget. kalo misal lagi macet kopling di tarik setengah terus rante girnya kaya bunyi klotak2 jadi harus di tarik full koplingnya biar ga jalan2 rante girnya.
    terus kalo gas di geber pas pindah gigi koplingnya ga langsung balik cepet malah lelet padahal saya udah pake per kopling racing TDR.
    salahnya dimana ya? kmren kebengkel katanya laher gir rusak pas udah di ganti sama aja..
    tlong pencerahannya ya mas. thanks :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. motor apa ya?
      kopling manual nya pakai merk apa atau bwt sendiri?

      biasa nya kalau yg biasa2 itu stut nya aus..
      atau ga center lg.. jd tertahan

      Hapus
  50. supra x 125 bang, kopling nya merek SYS beli jadi 1 set.
    stut apa ya? jadi harus di gimanain ya bang? kira2 estimasi biayanya berapa kalo buat benerin kaya gitu.
    makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada beberapa penyebab nih bro
      1. bongkar pasang nya ga bner, ada yg tertinggal
      2. setelan kopling kurang pas
      3. kabel atau handle kopling macet
      4. stut/tuas kopling berubah bentuk
      5. presneling gangguan..

      tp sya kira kok mslah ada d setelan dan tuas kopling nya ya

      Hapus
  51. Mas boleh minta contact person nya engga? Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas kalo mio pake rocker arm blade atau model laher lainya. Nah kalo noken ass nya pengen pake ori harus di bubut berapa mili? Mohon bantuan nya

      Hapus
  52. Mio spek seher 66
    Per klep jepang
    Krbu 28
    Rasio 14 39

    Noken yg cocok apa yah..
    Untuk jarak 300/400m

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang durasi rendah.. bisa pakai sprti kawahara k1 dsb

      Hapus
  53. Mas adakah Kawahara yg palsu? Saya tanya di pasar semanggi solo harga 250rb perlu diragukan?

    Sekalian Supra 125
    Seker = kaze os 50
    Per Klep = Swedia
    Noken = kawahara K2
    Klep = std pabrik.
    Karbu = std pabrik.

    Buat harian adakah yg perlu dirubah atau diganti dr planing sy tsb?
    Bisa tetap pake double starter & knalpot std FU+leher diperbesar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ati2 noken K2 bisa benturan klep nya cz ga diubah alais std hehe
      ga bnyak yg diubah kok

      Hapus
    2. Iya gan jadinya pake K1
      Harga emang turun pa gan? Di toko kok 250rb?
      Sm kmaren beli per klepnya dikasih yg 30mm bukan 34mm gpp gan dipasang?

      Hapus
    3. sebaiknya disamakan dengan panjang per klep standar.. bisa diakali dengan ring yg sesuai dengan per nya

      kalau masalah harga mah terserah toko bro.. ada yg jual 300rb, ada yg sampai 400rb..

      Hapus
    4. Lah ini baru reyen tp perklep blm ditambah ring gan, ini klep uda kenceng tp nglitik, klau ditambah ring di per klepnya bisa ilang nglitiknya?
      Makasih gan pencerahanya. Sukses selalu

      Hapus
    5. ngelitik ini akibat apa dlu?
      waktu dipasang sempet liat nggk klep saling beradu nggk nya? terus nyentuh piston nggk?
      setelan celah klep brapa?

      penambahan ring cm berfungsi menambah kekerasan per aja..

      Hapus
  54. Mas kalo mio pake rocker arm blade atau model laher noken as nya harus di bubut berapa mili?

    BalasHapus
    Balasan
    1. terserah km bro haha
      semakin bnyak ya lift tinggi, jd power mesin besar.. 2 mm aja ckup

      Hapus
  55. Motor ane Vario 110 F1 enaknya buat harian tapi tarikan atasnya main di kasih noken as apa gan yang bisa ngilangin limit injeksi yang cuma mentok 110kpj. Maap newbie gan. hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ganti noken as ya ga ngilangin limit lah.. haha
      karakter akselerasi ntar beda..
      hehe

      Hapus
  56. Nanya mas. Motor saya jupiter z burhan masih standar pabrik enaknya pakai noken tipe apa ya buat harian?
    Dan misal saya sudah pasang nokennya terus nanti saya ganti seher Kaze atau Blitz Joy apakah ada yang harus dirubah lagi?
    Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kawahara K1 bisa diaplikasi..
      ubahan mgkn hanya coakan klep d piston aja..

      ntar kalau ganti piston ya bentuk coakan lg..
      ga ada perubahan signifikan kok

      Hapus
  57. bro mau tanya karbu yg cocok untuk motor ane karbu berapa ya?
    untuk sekarang ini masih pake karbu standar tapi pilot+main jet naik 1 step aja dari ukuran standar. tarikannya sih enak tpi kayanya ada yg nahan gimana gitu suara knalpot juga ga beraturan, berantakan bngt mau di stel basah atau kering sama aja -_-

    nih spek motor saya :
    seher 54 hi dome CLD
    Noken as CLD 280"
    kampas+perkopling CLD
    knalpot CLD C-1 oval
    CDI BRT powermax dualband
    kopling manual
    klep+perklep standar

    makasih bro nov :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. venturi 24 mm sudah optimal kok.. mesin 133 cc..
      kalau mau kenceng pakai karbu kotak hahaha

      kalau mw yg lebih enak tp lbh murah pakai karbu king ori aja. 550rb dah enak,,

      Hapus
    2. motor saya supra x 125 gan :D
      cari karbu king banyak yg imitasi ya gan skrng? kmren temen ada yg nawarin karbu ori satria FU kira2 cocok ga kalo di taro di motor sya?

      ohya bagus mikuni 24 atau keihin 24 atau pwk ? hehehe
      kmren di bengkel di tawarin mikuni 24 harga 350ribu + intake racing 150ribu. emg sgitu ya harganya?
      kalo di pakein filter ferrox yg buat open karbu enak ga ya bro?
      maav bnyak tnya..
      thanks bro nov fast respon :)

      Hapus
    3. kalau mau mantep bisa mikuni TM24 atau keihin PWK24
      harga ori bisa 1-2 jutaan haha
      ada kok harga karbu mikuni ori 350rb bro.. tp kalah sama yg skep kotak soal perform..
      menyesuaikan duit aja lah..
      masalah filter kalau racing jelas lbh enak lah,, aplg merk Ferrox uda terkenal baik..

      Hapus
  58. Kang punten, vario 110 sy uda pke seher kaze 100, klep std, spesifikasi yg enak buat kohar kira" apa aja yg perlu di ganti ?
    Makasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu ganti piston 54 mm kan udah sip buat kohar?
      sektor cvt aja dimaksimalkan..

      Hapus
  59. "Minta sarannya gan, motor sy HSX-125. baru ganti
    -piston kit ukuran 58mm
    -kopling manual (per+kampas kopling) msh std.
    *komponen yg laen msh standar pertanyaan sy, selepas masa inreyen tenaga motor masih trs loyo. penyesuaian apa saja yang perlu di rubah/ganti?
    *pemakaian untuk harian dll.
    thx...

    BalasHapus
    Balasan
    1. klep nya ya jelas krg besar..
      minimal 28/24 untuk piston 58 mm
      karburator dan knalpot jg krg besar..

      Hapus
  60. Mau tanya ,, noken as sama cdi yg bagus buat jupiter z yg udah ganti seher kaze os100 apa ya ?
    Minta saran nyy

    BalasHapus
    Balasan
    1. CDI Mio lama aja atau sekalian Yamaha Fino..
      noken as di papas sendiri aja, kalau beli bs kawahara K1 atau K2

      Hapus
    2. Kalo sya pake cdi shogun kebo gimna ??
      Terus untuk karbu yg masih standar apa yg harus di ubah ??

      Hapus
    3. cdi kebo gak enak..
      jngan deh..
      ubah soket, tonjolan magnet

      karbu kalau pakai gede ya pnya king aja.. rpm atas nya mantap..

      Hapus
    4. sya mau pkai karu standar aja,, kira2 ukuran menjet & pilot jet yg pas ukuran berapa ??

      Hapus
    5. pilot jet 20 dan main jet 110 bisa..

      Hapus
  61. Mksih banyak,, kira kira ada tambahan lgi gak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasti nya kalau mau mantap ya ga satu" yg dimodif..
      hehehe

      Hapus
  62. Gan motor ane shogun 110 msih stndart semua cuma seher os 0.5 enakan pake noken apa ya biar tarikan enteng

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau buat sehari" bisa kawahara K1, CLD 260º
      atau modif an

      Hapus
  63. Bro njmx 150 cc ane pake daleman vixion,cdi brt dual band,klep ama per klep standar mx,cam pake cld 280°,top speed cuman 120 bro,klo pake cam kawahara 2 nambah top speed gak?trs klep ama per klep harus ganti gak bro?mohon pencerahannya bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau ganti kem tanpa diimbangi dengan perangkat lain sperti klep, dsb ya percuma karena rpm mesin ga bisa tinggi..
      top speed di dapat apabila rpm mesin juga ikut tinggi atau rasio gir menjadi lebih berat drpd yg dipakai

      Hapus
  64. Mas...noken kawahara yg ad tulisan di noken 252' K2 ya.....mau nanya mas...ni old vixion make 66mm piston..p n p head, klep standr, ecu brt,enak make kawahara tipe ap,,lo ada stelan pengapian standrt vixion,skrang lo dah mesin panas suara ngelitik timbul kawahara ad tulisan 252..pa perlu mundur pengapiannya,mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. klitik2 karena detonasi itu, klep terlalu kecil..
      optimal klep ada di 23/20 mm.. minimal 21/18 loh.

      Hapus
  65. Kalau mio pakai paket bore up tdr 58.5 klep dan perklep standar noken as kawahara k1 piston tdrnya di coak brapa mili lagi dalemnya bosku..???
    Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga di coak masih bisa.. nabrak nggk?
      kalau mau aman ya diperdalam 1 mm aja dah

      Hapus
  66. Mas, mau tanya niih.. Motor saya honda beat 2010.. baru saya ganti piston vario spek standar.. nah tapi nokennya saya pake kawahara k2, kira2 gimana mas? Apakah boleh2 aja atau harus ada yg di setting lagi mas. Soalnya nyari yg k1 ga ada mas di daerah saya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih mantep K2 kok. piston sudah oke
      setting coakan klep pada piston nya, karena pasti nabrak antara klep dan piston..
      per klep sebisa mgkn yg lbh baik

      Hapus
  67. mas, motor saya vega r 2004 ,, baru ganti cylinder pakek yg 59mm, kopling pakek kanvas fr ori. klep 25mm 22mm ,,karburator pakek karisma ,knalpot bebas.. tinggal cari noken as yg cocok apa ya mas,,

    BalasHapus
  68. Mas saya mau nanya spek mesin awal scoopy karbu saya:
    Piston: vario 0
    Klep: std
    Per klep: swedia
    Karbu: PE28
    Cdi: BRT hyperband f-tech
    Nah kemaren masang blok kawahara paketan 54,5mm yang domenya lumayan,sama sekaligus cam kawahara k1. Tapi skr setelah dipasabg ada bunyi krikk kriiikkk kalo gas mulai dibetot,kalo jalan santai bunyinya alus,itu kira2 stelan klepnya atau klep nyentuh seher? Kalo floating per klep sudah pakai swedia terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan floating lah, floating nggk bunyi gitu tp rpm ga bisa naik lg..
      itu kemungkinan detonasi, alias menuntut oktan bahan bakar lbh tinggi..
      mx teman aku pun begitu, setelah pakai K1 minta pertamax.. kalau premium ada klitik dan krik gitu saat gas spontan.. kalau pelan" nggk ada suara

      Hapus
  69. Mas..motor saya new jupiter z 115
    std tapi udah kopling..
    noken as racing yang bagus buat putaran atas apa ya gan?
    kemarin ane beli noken CLD,tapi kata penjualnya untuk jupiter burhan/ lama....
    trus noken as racing tsb sama gak buat jupiter 115/robot?

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih sama kok bro.. bisa di pasang

      Hapus
    2. Klo dipasang. Pistonnya perlu dicoa'kin ga'?
      trus bagus pakai CLD atau Kawahara?

      Hapus
    3. yang spek apa itu? kalau dipasang nabrak ya dicoak aja piston nya..
      kalau seperti kawahara K1 nggk perlu coak..
      untuk merk sendri kalau kawahara perlu mengisi gas dlu baru enak, kalau CLD atas nya sedikit kalah sama kawahara..
      tp tergantung spek motor km juga

      Hapus
    4. Spek mesinnya STD gan...
      emang tinggi lift noken std sma kawahara k1 sama ya gan?
      kok gak perlu dicoak lagi pistonnya?

      Hapus
    5. lebih tinggi sedikit, sekitar 1 mm dr standar.. jd hampir" mentok ke piston tp aman kok..
      enak K2 nya bro mantap, sekalian coak piston..

      Hapus
    6. Karakter k2 itu gimana ya gan?
      kok LSAnya lebih kecil dari k1?

      Hapus
    7. LSA lbh kecil ya power semakin besar dan keluarnya pada powerband yg sempit..
      semisal 105 derajat itu 6-10 rb
      kalau 90 derajat hanya 7-9 ribu..

      contohnya LSA rendah itu GL, Tiger, jambak2 aja
      LSA lebar itu jupiter z, nggk cepet lari tp power rata

      Hapus
    8. Berarti saran agan yang mana biar putaran atasnya juoosss?

      Hapus
  70. Gan motor sy satria fu ubahan cdi karbu knalpot. Bagusan pakai noken as merk apa ya? Cocok buat harian tapi ditarik ngacir.

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak yg buatan kalau sprti itu..
      cari yg durasi nggk terlalu tinggi..

      Hapus
  71. Mohon petunjuk gan, motor MX old, piston n kas udah diganti vixion ori. Per klep, klep n noken bagus diganti merk apa n jenis apa gan tru apa aja yg dirubah?? Motornya sering buat perjalanan jauh gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. piston orisinil vixion harus dikombinasi dengan blok orisinil vixion.
      kalau blok mx diboring tak jamin cepat aus wong bahannya nggk sama.
      noken as sprti kawahara K2 itu lumayan, CLD jg boleh,
      per klep std msh bisa kok, kalau mau ganti ya terserah
      klep std nya masih bisa. kalau mau kejar performa bisa diperbesar dkit 21/19 mm

      Hapus
  72. Bloknya sudah dganti gan yg ori vixion, klo klepnya pake BRT 22/19 masuk gk gan trus per klepnya dganti merk apa? Mumpung ada dana lebih gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh saja bro klep segitu. tentu ganti seating klep nya juga.
      dana ganti klep lebar itu bs 400 rb.
      per klep terserah agan, menyesuaikan kantong aja. merk CLD gitu udah oke kok atau TK.

      Hapus
  73. Klo pake klep ukuran 24/22 trus noken as yg bagus kawahara K2 atw CLD durasi 280/330?? Mohon pencerahan gan, Maaf ya gan ane kebanyakan nanya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. terlalu besar. ideal di 22 19 mm itu.
      bagus nya yg sesuai di hati km bro.
      cld ambil 280 nya saja

      Hapus
  74. gan sy butuh pencerahan rncna mau pasang kawahara K1 dan per cvt 1500rpm di motor beat karbu kira2 tgl pnp atau gmn dan juga biar akselerasi atas bawah mantap enaknya pke roller brp gr?tks infonya gan
    spek;
    -seker + klep stdr
    -karbu mikuni 24
    -pulley sps

    BalasHapus
    Balasan
    1. kawahara k1 krg enak bawah nya.
      sedikit nahan dlu.
      kalau roller dibuat ringan ya krg dpt top speed. coba 10 gram saja lah

      Hapus
  75. Motor saya tiger body CB. Karbu PE 28 ori, lubang in, ex ud digedein, ronsel megapro bgusan pake noken ap?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bebas bro milih yg mana.
      beli merk CLD 280 enak buat keliling2

      Hapus
  76. mas mau tanya nie mas,,,,fu saya naik stroke 3 mm dan seher uda 65 mm punya cbr,bawahnya mlempem atasnya lumayan ngacir.semua standart.paling enak pake noken apa ya mas biar bawahnya bisa ngacir juga dan irit mungkin

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya tetap noken as standar kalau bawahnya tetap mau enak..
      dimodel IN IN juga boleh

      Hapus
  77. mas mau tanya ni, motor ku kan mio gt cuma ganti roller 7gr + 9gr dan per cvt nya q ganti yang rpm 1500
    klo noken nya q ganti punya kawahara k1 itu pengaruh'e di motor ku itu ap ya?????
    butuh pencerahan mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngapain seling roller nya? salah satu jenis saja supaya enak.
      ganti k1 tarikan lemot tp nafas pnjang

      Hapus
  78. Mas mau nanya, ane punya vixion lama ta kasi ecu brt juken 2 sama noken kawahara k1, itu abis d ganti nokennya kok suara mesin jadi ngelitik ya?apa iti efek sampin pake noken racing? Emng di rpm bawah agak berat, tp dapet d rpm atasnya, nggak teriak" tu motor. Motor jadi lebih liar. Tp agak risi denger suara mesinnya ngelitik
    Nuwus mas, mohon pencerahannya

    Avim yvci-bj #047

    BalasHapus
    Balasan
    1. setel celah klep kawahara k1 0.10 mm baik in dan ex
      selain itu wajib pakai pertamax.
      iya memang bawahnya lemot tp atasnya enak K1 hehe

      Hapus
  79. Sudah d stel klepnya mas, tp katanya yg punya bengkel, emng efek samping pake noken kawahara suaranya ngelitik. Gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. loh pdhal kpan hari pasang k1 di mx nggk kmlitik kalau pakai pertamax.
      kalau premium langsung klitik detonasi.
      hahaha

      Hapus
  80. Waduh pake premium aja udah kerasa nih si motor bikin kantong bolong, apa lagi pake pertamax bro..
    Hehehe

    Makasih mas infonya , ta cobanya isi pake pertamax :D

    BalasHapus
  81. Malem mas.
    Mohon pencerahan nya dong.
    Motor ane jupiZ 2008.
    Piston uk 54, klep 27/23, karbu king pilot/main jet standar, cdi brt dualband powermax, per klep jepang, cam k1 kawahara.
    Kalo lgsg gaspoll knpa brebet ya mas?
    Harus tutup gas dlu, baru buka gas lg.
    Rencana mw gnti cam HRP yg 280 lg, tp ntr takut ga kuat.
    Dlu pernah pke itu, tp ga lama aus cam nya.
    Makasih Mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah ya itu kalau kem racing sering aus nya :D
      makanya aku pakai noken ori trus dicostum.
      itu brebet cz spuyer nya blm di setting alias standar karburator nya. jelas masih terlalu besar.

      Hapus
    2. Tp dlu pas pakai noken HRP 280 nya ga ada brebet nya mas.
      Recommended gnti cld 280 ato yg k2 aja mas?
      Trus, spuyer pke ukuran brp mas?

      Hapus
  82. mas. motor ane VegaZR 2011 masih standar tulen, kira-kira noken apa yang cocok dan apa aja yg perlu di ubah biar ngacir diharian/touring??? mohon pencerahannya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya ada stock noken Vega ZR spek touring..
      tak lepas 250 rb dah, diskon.
      bahan orisinil di bubut lg.
      ni spek nya
      IN : 5 + 180 + 50 = 235º || 7.3 mm
      EX : 44 + 180 + 16 = 240º || 7.4 mm
      overlap 21 derajat 0.5 mm
      LSA = 108º

      Hapus
  83. Mas,piston kit beat 54.5mm kawahara ama noken as k2 nya,bisa dipakek ke vario techno gak ya? ( part beat nya yg karbu bkn injeksi) trims :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. seingat aku model noken as nya berbeda yak?

      Hapus
  84. Mas motor ane beat 2010, baru ganti seher pake supra 125 doang, yg lain masih std, rencananya pengen ganti karbu, cdi, sama noken as, tp bingung mesti pake apa? Motor saya di pakai harian, suka di pakai tasik-bdg, mohon pencerahannya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau mau irit karbu jupiter tp buat manifold dlu.
      kalau mau yg pemasangan mudah karbu keihin PE atau karbu rx Mikuni VM
      yg 24 mm aja ckup.
      cdi BRT aja sekalian
      noken as std dlu saja cz ubahan bnyak ntar

      Hapus
  85. Brtnya pake dualband yg type ST atau TR? Kalo harga karbu jupiter+manifoldnya berapa ya? Makasih sebelumnya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. ST aja.. diset yg Tune Up nya hehe
      karbu jupiter ori 500 rb, manifold 45 rb,
      ori baru Yamaha semua

      Hapus
  86. gan mao nanya motor ane jupiter z th 2003, seher os 100, cdi pake jupiter burhan , klep karbu stdr. klo mau ganti noken as yang cocok pake merk ap gan? motor si buat harian aj cuma mau tambah lebir ngacir aja hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. cdi jupiter z mu sama jupiter z burhan sama saja hehe
      noken as jarang ada yg cocok sama yg km mau..
      kawahara k1 cocok buat jarak jauh..
      hehe

      Hapus
  87. Mas . saya mau sedikit curhat . hehehe . ini saya punya motr honda karisma dgn spek .
    Piston izumi 55.25 . per klep racing japan.. klep standart .. Di dukung dgn. Cdi brt neo dualband TR .. per kopling TDR .. Kampas nya AHRS . karbu pwk 28 . knalpot racing AHRS F4 TGA .. Porting polist .. Trus ini pake noken as durasi berapa mas ?? ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau durasi kem sih efeknya ke torsi mesin keluar rpm brapa.
      kalau durasi bnyak ya torsi puncak lebih d rpm tinggi.
      sesuaikan kebutuhan

      Hapus
  88. Mas ada no ho atau fb mas?biar enak hubngin nya,
    Ane newbie gan ngak pham mesin, jupi standard banget tahun 2005 ,klo waktu pagi di panasin gitu suka mati sendiri gimana ya gan? Terus karbunya itu klo di tarik suka kayak ada suara2 benturan pas di panasin pertama itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mesin sehat standar nggk gitu kok.
      ga perlu ganti part" yg memang jarang rusak.
      dicek lg kebersihan karbu, selang bensin, tangki,
      juga kalau perlu blok kop diservis, dibersihkan, dicek klep nya

      Hapus
  89. Kalau noken mau pake yg k2 sementara mesin masih std harus ngimbangi apa aja gan ?

    BalasHapus
  90. Jupiter z kalau ganti per swedia dengan keadaan klep standar dan noken k1 apa ga masalah sama klepnya dengan per diganti yg keras?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jupiter z klep standar kasih per swedia? topi klep ganti boss. kurang lebar
      juga per kurang panjang kalau klep standar.
      noken as bebas apa saja

      Hapus
  91. Mas cam k2 kawahara untuk vixion atau mx itu apakah tidak ada tulisan kwahara di camnya?.
    Klo di amplikasikan ke new vixion apa saja ubahannya selain lepas dekompresi

    BalasHapus
    Balasan
    1. vixion mx r15 nvl smaa semua bro hehe
      k2 kira" coak klep diperdalam

      Hapus
  92. mo tanya om, mtr ane nouvo 05 piston 54an klep standar kira2 noken as yg cocok apa yak? buat harian touring

    BalasHapus
    Balasan
    1. baca2 ini lengkap
      http://motor.otomotifnet.com/read/2010/06/18/9344/105/13/Komparasi-Noken-as-Aftermarket-Yamaha-Mio
      suka2 aja lah

      Hapus
  93. mas mo nanya cam buat old vixion cocok nya pake apa? blok silinder udah di papas 0,5mm,,,,,,,,terus apa perlu ganti kleb, biar gak cepet bengkok klebnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggk usah perbesar klep kalau main harian..
      noken as suka" aja sih, cocok"an.. tiap orang ga sma seleranya

      Hapus
  94. Kalau pakai k1, karakternya bagaimana mas,,,,,
    Coakan kleb, perlu di perdalam gak mas

    Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. noken k1 tinggal pasang aja..
      celah klep setelnya 0.10 mm
      karakternya lemot tarikan, nafas panjang

      Hapus
  95. Mau nanya gan...r15 biar joss pakai nokes as yg mana dan merk apa....yg lain standart kecuali coil pakai ultraspeed dan busi iridium... R15 buat harian dan riding jarak jauh..mohon bantuannya...thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. noken as vixion dan kawannya mx bisa dipakai
      untuk karakter suka" bro soalnya selera ga tentu sama..
      untuk jrak jauh monggo dicoba CLD 280 derajat atau kawahara k2

      Hapus
  96. Mas mau nanya motor saya vega r new klep shogun seher kaze per klep pake punya honda noken as yang pas apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai klep honda apa?
      diameter brapa?
      sudut klep diubah nggk?

      Hapus
  97. misi bos mau tnya nih, mtor vixion klo mau di pakain noken as CLD 280, klo klep msih standar gmna ya boss?, aman nggk? buat larinya gmna bos..

    BalasHapus