Jumat, 06 Desember 2013

Merawat Knalpot Racing Harian Tetap Joss

Merawat Knalpot Racing Harian Tetap Joss - Knalpot racing harian modern modelnya sudah slip on, bagian per bagian bisa diurai dan dirawat. Sambungan-sambungannya ada yang menggunakan baut dan per. Ada juga yang memakai klem, toh boleh dibuka. Fungsinya untuk rutinitas perawatan sekaligus mengganti glasswoll sebagai peredam suara.
knalpot racing sekarang model slip-on
Melemahnya performa knalpot racing 4-tak sebagian besar dikarenakan peredam suara sudah aus. Peredam mengeras dan tak mampu menjadi bagian pengolah gas buang. Gas buang sudah tak singgah lagi dalam tabung silincer tapi langsung terbuang.

Kalau sudah begitu, ciri-cirinya selain bensin boros, juga tenaga akan sontoloyo. Suara juga jadi cempreng. Gas buang-nya lepas. Gas buang sudah tak bergasing semestinya dan sebagian tak kembali ke ruang bakar, untuk membantu pembakaran ulang.
knalpot WRX freeflow
Ada dua penyakit utama peredam bisa cepat kalah dan mengeras, yaitu:
  1. Pertama knalpot sering kemasukan air saat mencuci motor dan musim hujan.
    Musim hujan genangan di mana-mana bro, seperti sekarang ini hujan deras di mana-mana. Apalagi genangannya sudah melewati moncong kenalpot dan pas di genangan mesinnya mati, air dengan mudah tersedot. Air akan merapatkan pori-pori peredam saat mengering dengan instan akibat dari panas mesin.
  2. Yang kedua adalah oli.
    Nah ini, banyak yang salah kaprah. Katanya kenalpot 4-tak harus diawetkan dengan mengisi oli. Ya memang untuk kenalpot standar bisa, tapi racing jangan sampai mengenai peredam suaranya. Minyak oli akan merapatkan serabut glasswoll dan akhirnya mengeras. 
glasswoll yang masih baik
Hati-hati juga bagi oli mesin yang bocor lewat pembakaran. Miisalnya sil klep koyak atau ring seher sudah lemah. Nah olinya akan dibuang lewat kenalpot. Ya, pastilah akan diserap oleh peredam. Akibatnya, gas buang tidak akan bertubulensi lagi pada tabung silincer, namun langsung ke atmosfer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar