Rabu, 25 Desember 2013

Cara Melepas Tutup Aki Vario 125

Cara Melepas Tutup Aki Vario 125 - Ritual cek kondisi aki, wajib dilakukan berkala. Aki adalah sumber arus yang mensuplai kebutuhan listrik. Kalau pun telah menggunakan aki kering, kutub postif dan negatifnya harus juga diperiksa dan dirawat. Belum lagi klem atau penyalur dayanya pada kutubnya.
gunakan obeng dilapis kain
Beberapa tipe letak akinya sulit dilacak. Misalnya, Honda Vario Techno 125 injeksi, letak akinya di bawah pelat nomor polisi depan. Tidak seperti biasanya di bawah jok, tinggal membuka jok, aki sudah kelihatan. Barengan dengan aki, di situ juga letak dari DLC yang akan kita butuhkan saat melakukan setting komponen injeksi atau saat mencari masalah.
pengunci body/dek
Di Honda Vario, kita harus membuka cover depan. Umumnya kesulitan atau malah nggak tahu sama sekali letaknya, saat akan mengecek aki Vario. Cover aki tersebut hanya menggunakan dua buah baut pengunci dan flip klip. So, untuk melepasnya perlu membuka dua buah baut yang ada di bagian atas tepat di bawah batok. 

Usai melepas dua baut tersebut, tidak bisa langsung tarik atau dorong penutup tersebut. Di sini masih masih ada flip klip yang perlu dilepas. Penjepit ini letaknya di ujung bawah penutup.Coba cungkil dengan obeng min, pasti copot. Hati-hati, obeng yang digunakan jangan sampai merusak cat atau pinggiran penutup. 

Caranya, ujung oben dilapisi kain. Setelah flip klip tersebut bisa terbuka, berikutnya dorong keatas cover untuk melepaskan pengait yang berada dibagian kanan dan kiri. Setelah pengaitnya terlepas kita baru bisa mengambil penutup aki tersebut dan aki bebas diperiksa.

Selasa, 24 Desember 2013

Setelan Klep Matic Lebih Sensitif

Setelan Klep Matic Lebih Sensitif - Kerja mesin matik yakinlah lebih berat. Pelantara tenaga ke roda tidak menggunakan gigi bertingkat seperti gigi 1,2,3,4 yang bikin ringan kerja engine. Ditambah lagi sistem pendinginnya full kipas dari putaran mesin tanpa bantuan terpaan angin langsung dari luar, mesin jadi cepat panas bilah salah ditangani. 
proses setel klep
Hubungannya dengan itu, maka jangan asal-asalan menyetel celah klepnya. Asal lebih renggang mungkin tak apa-apa. Tapi asal bila disetel jadi rapat, itu yang asal kerja. Kalau rapat kan, saat klep memuai oleh panas, celah ini akan hilang atau sudah bersentuhan langsung pelatuk sepatunya membuat kompresi bocor. Ingat ya, celah klep juga berpengaruh pada durasi kem. 
gunakan feller untuk menyetel
Tanda-tanda celah atau clearene matic terlalu rapat, motor mudah panas alias mempercepat panasnya matik yang gampang panas. Kedua, mesin berjalan beberapa saat akan sulit idle atau konstan, dan gejala yang sering muncul ngelitik lalu mati mendadak. Makanya, dalam urusan setel klep matik, mekanik pemula dan senior termasuk sampeyan yang hobi otak-atik motor harus punya feeler gauge (bilah pengukur celah klep).
feller gauge

Senin, 23 Desember 2013

Mengatur Porting Intake Manifold Karburator Reamer

Mengatur Porting Intake Manifold Karburator Reamer - Butuh penyelarasan lubang pada intake manifold sehabis kita mereamer karburator. Jika tidak, maka banyak udara yang menabrak dinding intake manifold. Akibatnya, gas speed dan CFM menurun dan menyebabkan performa motor malah ngedrop.
porting intake manfiold (kiri) dan venturi karburator (kanan)
Berikut cara mengatur porting intake manifold menggunakan bor tuner.

  1. Gunakan paking resin sebagai mal
    Paking ini dibautkan ke karburator lalu kita gerus menyesuaikan venturi karburator.
    paking karburator yang akan digunakan sebagai mal
  2. Samakan paking dengan intake manifold
    Paking yang sudah ada mal dari venturi karburator tersebut kita bautkan ke intake manifold. Setelah itu kita samakan lagi bentuk dan ukurannya. Jika sudah sama, haluskan ulang agar lebih maksimal. Cara ini hanya diperuntukkan karburator tipe baut, jika menggunakan karburator tipe sok menggunakan cara lain lagi.
    ilustrasi pembesaran intake dan karburator

Minggu, 22 Desember 2013

Korek Harian Yamaha Jupiter MX 175 cc

1. Paket Bore Up X1R dengan diameter piston 62 mm
Silahkan coba paket bore-up keluaran X1R dengan diameter piston 62 mm. Sehingga volume ruang bakar meningkat menjadi 175 cc. Pemasangannya tinggal plek tanpa ada penyesuaian. Harganya juga terjangkau yakni 900 ribuan saja.
blok X1R terpasang
2. Noken as & per klep CLD
Kemudian biar torsinya terasa lebih nendang, mengandalkan noken as berlabel CLD dengan durasi 270 derajat yang bisa ditebus dengan dana Rp 400 ribu. Sedangkan per klep mengandalkan yang lebih keras merek CLD seharga Rp 150 ribu.
noken as dan per klep CLD
3. Knalpot freeflow
Lalu urusan penerus gas buang, dapat dijejalkan knalpot freeflow. Karena baru saja belanja merk CLD, biasanya bengkel juga menyediakan merk CLD lain. Knalpot bisa menggunakan milik CLD tipe C-2 berbahan full stainless. Harganya juga terjangkau, yakni Rp 1 juta.
knalpot CLD C2
4. Jetting ulang karburator standar
Karena masih mengandalkan karburator standarnya, biar settingan-nya lebih pas, pilot jet naik 2 step. Standarnya 17,5 diganti dengan ukuran 22,5.

5. Per kopling CLD medium type
Selanjutnya agar entakan awal lebih cepat sehingga akselerasi bawah juga maksimal, diandalkan per kopling racing berlabel CLD. Ongkos tebusnya cuma Rp 100 ribu.

Sabtu, 21 Desember 2013

Bak Kopling Manual C70

Bak Kopling Manual C70 - Sekarang banyak club Honda lawas C70. Selain aliran modif tampilan klasik, banyak juga yang pecinta kecepatan. Tak hayal maka banyak juga yang memodifikasi mesin C70 nya agar lebih kencang dan mengimbangi motor keluaran baru. Salah satu caranya adalah dengan memasang kopling tangan/manual.
bak kopling C70 tampilan standar
Bak kopling model standar ini mampu mempertahankan keorisinalnya agar tetap tampil standar. Namun dengan tambahan perangkat kopling manual mampu memberikan kelebihannya.
dalaman bak kopling C70

Jumat, 20 Desember 2013

Memasang Crankcase Mocin di Astrea

Memasang Crankcase Mocin di Astrea - Banyak pemilik astrea yang ingin kencang. Yaitu dengan cara bore up menggunakan piston besar. Hanya saja kelemahan astrea adalah pompa oli yang berada di tengah dan baut tusuk yang sempit. Cara mudah nya adalah dengan menggunakan crankcase kanan mocin yang memiliki pompa oli di kanan, sehingga baut tusuk bisa digeser leluasa dan lubang kalter lebih besar.
crankcase kanan mocin
Kelebihan crankcase dari mocin adalah pompa oli nya sudah berada di samping kanan, sehingga crankcase mampu di perbesar lubangnya agar piston mampu masuk lebih besar. Kelemahannya hanya material bahan yang kurang bagus. Memasangnya pun tinggal pasang karena posisi baut crankcase sama dengan Astrea.

Kamis, 19 Desember 2013

Fungsi Velocity Stack

velocity stack untuk karburator Jupiter
Fungsi dari velocity stack adalah sebagai berikut.
  1. Mengubah aliran udara yang turbulen menjadi laminer sebelum memasuki venturi karburator atau throttle body.
  2. Meningkatkan kecepatan aliran udara agar nafas mesin lebih panjang.
  3. Mencegah bahan bakar terbuang percuma ke udara akibat resonansi buka tutup klep
    ilustrasi perubahan aliran udara
Selain agar eye-catching, hasil pengunaan velocity stack ini akan lebih terasa jika diimbangi dengan setting spuyer karburator. Untuk injeksi, suplai bahan bakar sudah otomatis menyesuaikan dengan pemasukannya.
posisi/letak pemasangan velocity stack

Rabu, 18 Desember 2013

Cara Memasang Velocity Stack di Jupiter

velocity stack untuk Jupiter series
Fungsi dari velocity stack adalah mengubah aliran fluida yang turbulen menjadi laminar. Selain aliran udara menjadi terarah, CFM dan gas speed menjadi meningkat. Efeknya adalah nafas motor menjadi panjang dan tidak mudah mbrebet akibat tertiup angin.
beri karet ban secukupnya
Cara memasang velocity stack untuk karburator Jupiter dan sejenisnya mudah. Tinggal mengencangkan baut kecil menggunakan kunci L kecil. Namun, menurut pengalaman baut tersebut tidak kuat. Sehingga harus ditambah karet ban agar rapat. 
tampak depan
tampak samping

Selasa, 17 Desember 2013

Spesifikasi Suzuki Raider 115 (Satria F 115)

Suzuki Raider 115
Spesifikasi
Tipe mesin : 4 tak, SOHC, berpendingin udara
Diameter x langkah : 51 x 55.2 mm
Volume silinder : 112.8 cc
Rasio kompresi : 9.4 : 1
Sistem bahan bakar : Injeksi
Sistem pelumasan : Bak basah
Sistem starter : Starter kaki dan starter elektrik
Sistem pengapian : Pengapian elektronik
Kapasitas penggantian oli : 800 mL
Sistem transmisi : 4 tingkat percepatan, Constant Mesh
Tipe kopling : Basah, semi otomatis, sentrifugal, multiplat

Kaki - kaki
Suspensi depan : Teleskopik
Suspensi belakan : Lengan ayun
Ukuran ban depan : 70/90-17M/C 38 P, Tube type
Ukuran ban belakang : 80/90-17M/C 44 P, Tube type
Rem depan : Cakram
Rem belakang : Cakram

Dimensi
P x L x T : 1910 x 670 x 1000 mm
Wheelbase : 1.220 mm
Jarak terendah ke tanah : 145 mm
Berat kosong : 94 kg (tromol) 96 kg (Mags)
Tinggi tempat duduk : 765 mm
Kapasitas tangki bahan bakar : 3.7 L
Satria F 115

Senin, 16 Desember 2013

Memasang Karburator Rx King di New Jupiter MX

Memasang Karburator Rx King di New Jupiter MX - Banyak pengguna motor Yamaha Jupiter MX yang kurang puas terhadap laju kendaraannya. Sering faktor penyebabnya ialah karburator. Karburator sering dituduh sebagai penyebab kurangnya laju New Juptiter MX karena sudah bertipe vakum.
karburator RX King VM26
Langkah yang bisa diambil adalah menggunakan karburator RX King. Selain venturi karburator RX King sebesar 26 mm, karakternya bagus di putaran atas. Selain itu, intake standar New Jupiter MX dapat langsung digunakan tanpa repot menggantinya terlebih dahulu. Berbeda jika Jupiter MX lama yang harus mengganti intake manifoldnya terbelih dahulu.

Namun, terdapat kendala saat pemasangan karburator RX King di New Jupiter MX ini. Diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Terdapat TPS (Throtle Position Sensor) yang terhubung ke CDI.
Di karburator RX King tidak terdapat TPS. Jika menggunakan karburator ini, maka sensor TPS akan bekerja dan indikator di dashboard akan terus menyala akibat tidak terbacanya sensor TPS ke CDI. Cara satu - satunya yang dapat direkomendasikan secara aman adalah mengganti CDI asli menggunakan CDI BRT agar tidak ada sensor TPS lagi. Sekali lagi ini bukan promosi.

2. Kabel
Kabel gas harus menyesuaikan lagi. kabel choke menjadi non-aktif karena choke karburator RX King menggunakan tipe tarik manual.

3. Setting ulang spuyer
Kemungkinan spuyer berada di 17.5/130 (PJ/MJ). Setting hingga busi berwarna merah bata atau kecoklatan agar motor dapat tetap irit.

Minggu, 15 Desember 2013

Korek Road Race Honda BeAT 130 cc

1. Piston Izumi dengan diameter 54.4 mm
Dome piston dibuat hingga rasio kompresi bermain di angka 11,7 : 1. Ini terkait ketat dengan bahan bakar yang dipakai. Terutama, untuk Matic Race yang wajib berbahan bakar SPBU lokal. Makanya, kompresi tidak dibuat tinggi sekali.
piston izumi
2. Klep CS1 dengan diameter 28 mm (in) dan 24 mm (out)
Head diubah model bathub, dijejali klep CS1 dengan diameter 28 mm (in) dan 24 mm (out).
super head BeAT
3. Noken as costum
Untuk klep isap (in), membuka 25º sebelum Titik Mati Atas (TMA) dan menutup 55º sesudah Titik Mati Bawah (TMB). 25º + 55º + 180º = 260º. Sedang untuk klep ex, membuka 56º sebelum TMB dan menutup 24º setelah TMAº. 56º + 24º + 180º = 260º. Jadi, durasi kem dibuat sama untuk kedua klep. Untuk LSA kem sendiri, dibuat jadi 102º.
noken as racing
4. CDI Rextor Prodrag
CDI Rextor Prodrag dapat disetting kurvanya sesuai dengan keinginan.
CDI Rextor Pro drag
5. Roller 9 gram
Roller ringan mengejar akselerasi motor agar dapat keluar dari tikungan dengan cepat.
roller
6. Karburator standar jetting ulang
Standar nya diubah menggunakan 38/95. Ukuran pilot jet naik step sedangkan main jet malah cenderung minta turun.
jetting karburator BeAT

Sabtu, 14 Desember 2013

Karakter Noken As Racing (Kawahara, TDR, CLD, HRP)

karakter perubahan desain noken as
teori noken as
teori noken as
Karakter Noken As Racing (Kawahara, TDR, CLD, HRP) - Banyak produk camshaft/noken as yang sudah beredar luas, seperti Kawahara, TDR, CLD, HRP, dsb. Banyak juga rider yang memanfaatkan kepraktisannya, karena tinggal beli dan pasang saja. Banyak pilihan berbeda, bahkan satu merk juga menawarkan pilhan-pilihan berbeda-beda, dan menyebabkan konsumen bingung memilih yang mana. Karena itu saya mencoba memberikan keterangan-keterangan yang bisa membuat Anda mengerti tentang pilihan dalam memilih Noken As yang sesuai dengan karakter motor anda.

Contoh-contoh Noken As tersebut :
1. KAWAHARA
Ada tiga tipe:
  • tipe K1 
  • tipe K2 
  • tipe K3
Untuk K1 dan K2 biasa dipakai racing harian, lift, overlap dan LSA tidak terlalu ekstrim. Sedang untuk K3 untuk racing Ekstrim.
  • DATA KAWAHARA K1
    Klep in(durasi) : 19+180+50 = 249 derajat
    Klep ex(rurasi) : 51+180+21 = 252 derajat
    Lift in : 7.9 mm | Lift ex : 7.9 mm
    Lift overlap : 2.5 mm
    LSA : 105º
    Harga : 350 ribu
  • DATA KAWAHARA K2
    Klep in(durasi) : 11+180+57 = 248 derajat
    Klep ex(rurasi) : 41+180+31 = 252 derajat
    Lift in : 8 ,75 mm
    Lift ex : 8 ,56 mm
    LSA : 104º
    Harga : 400 ribu
  • DATA KAWAHARA RACING ONLY
    Klep in(durasi) : 28+180+ 60 = 268 derajat
    Klep ex(rurasi) : 60+180+31 = 271 derajat
    Lift in : 10 ,33 mm
    Lift ex : 8 ,89 mm
    LSA : 91º
    Harga : 600 ribu 
2. TDR
Noken As TDR racing memang pantas untuk harian dan Racing, Durasi dan LSA sangat aman dalap overlap sehingga tidak saling bentur antar klep. Bahkan untuk klep lebar sekalipun. 
  • DATA TDR
    Klep in(durasi) : 13+180+45 = 238 derajat
    Klep ex(rurasi) : 41+180+22 = 243 derajat
    Lift in : 8 ,4 mm
    Lift ex : 7 ,93 mm
    LSA : 103º
3. CLD
CLD singkatan dari ciledud atau Champion leader development. Noken as ini lebih keras atau setara dengan noken as standart pabrikan
  • DATA KEM CLD Stage 1
    Klep in(durasi) : 7+180+41 = 228 derajat
    Klep ex(rurasi) : 32+180+21 = 233 derajat
    Lift in : 7,1 mm
    Lift ex : 7,1 mm
    LSA : 101º
    Harga : 350 ribu
  • DATA KEM CLD Stage 2
4. HRP
HRP (Hendriyansyah Racing Produk) buatan pentolan pembalap nasional Hendriyansyah. Durasi kem ini mirip kem CLD, yang mempunyai karakter halus untuk di pakai harian. Enak untuk trek pendek
  • DATA KEM HRP
    Klep in(durasi) : 5+180+43 = 228 derajat
    Klep ex(rurasi) : 23+180+25 = 228 derajat
    Lift in : 7,35 mm
    Lift ex : 7,33 mm
    LSA : 99º
    Harga : 300 ribu
5. Marathon
Noken as keluaran Mitra2000 ini lumayan laku di pasaran.
  • DATA Noken As / Kem New Marathon
    Klep in(durasi) : 16+180+50 = 246 derajat
    Klep ex(rurasi) : 41+180+9 = 230 derajat
    Lift in : 7 ,78 mm
    Lift ex : 7 ,53 mm
    LSA : 107º
    Harga : 250 ribu 
6. SPS
SPS part dari Thailand yang sudah banyak produknya.
  • DATA KEM SPS Stage 3
    Klep in(durasi) : 21+180+50 = 251 derajat
    Klep ex(rurasi) : 64+180+21 = 265 derajat
    Lift in : 7,9 mm | Lift ex : 7,6 mm
    Lift overlap : 2,5 mm
    LSA : 108º
    Harga : 350-450 ribu