Rabu, 01 Januari 2014

Mengganti Connecting Rod/Stang Seker Yamaha Jupiter

Mengganti Connecting Rod/Stang Seker Yamaha Jupiter - Stang piston atau connecting rod, yang sering disingkat conrod, merupakan komponen yang lambat aus. Penyebabnya bisa dari faktor usia, rasio kompresi terlalu tinggi, detonasi, minimnya pelumas, maupun kesalahan/error. Sebagai contoh adalah motor Jupiter tahun 2001 milik saya sendiri. Stang pistonnya macet dan tidak dapat berputar normal, sehingga piston tidak mampu bergerak secara lancar. Penyebabnya adalah detonasi akibat rasio kompresi tinggi tanpa diimbangi dengan bahan bakar oktan tinggi.
stang piston Jupiter
Cara menggantinya adalah sebagai berikut.
1. Siapkan conrod kit/stang piston kit
Untuk varian Jupiter lama, atau Crypton dan Vega, harga stang piston kit nya sektiar 250 ribu. Milik saudaranya, Jupiter Z hanya seharga 140 ribu saja. Untuk versi murah meriahnya, saya percayakan NPP condrod kit seharga 98 ribu/kit nya. Lumayan hemat dan nyaman untuk harian.
stang piston Jupiter lama
2. Belah mesinnya/Overhoule
Untuk melepas kruk asnya, maka kita harus melakukan overhoule alias turun dan pecah mesin. Untuk langkah ini bisa dilakukan di bengkel kepercayaan, atau bagus jika Anda mampu melakukannya sendiri karena ongkos bongkar mampu kita minimalisir.
belah mesinnya
3. Bawa ke tukang bubut
Bawa as kruk/crankshaft dan conrod kit yang baru ke tukang bubut. Di sana akan dilepaskan big pen yang lama dan stang piston kit yang baru akan menggantikannya. Lakukan balancing as kruk jika memang perlu.

Korek Harian Honda MegaPro Standar

1. CDI Shogun BRT dualband
CDI dapat mengaplikasi CDI Suzuki Shogun kebo lama yang terkenal tanpa limiter. Untuk soket/pin sama dan tinggal pasang. Namun, agar hasil lebih terasa, sebaiknya menggunakan produk BRT dualband. Bisa menggunakan milik Shogun ataupun MegaPro sendiri.
pin CDI shogun dan Megapro
2. Noken as aftermarket
Noken as dapat menggunakan ragam merk yang ada di pasaran. Sebaiknya durasi menggunakan rentang 270º dan tidak lebih dari 280º agar nyaman untuk harian. Imbangi dengan menggajal per klep atau menggunakan per klep yang lebih keras.
3. Kampas kopling Honda Grand dan per kopling aftermarket
Kampas kopling dapat menggunakan orisinil Honda Grand yang terkenal dengan material nya. Per kopling menggunakan aftermarket agar dekapan kampas lebih mantap.


kampas kopling

4. Knalpot freeflow

Untuk pembuangan dapat menggunakan knalpot freeflow. Power mesin serasa lebih lepas dan ringan. Namun, hati-hati akibat yang ditimbulkan dari suara knalpot jenis ini.

knalpot freeflow

Minggu, 29 Desember 2013

Korek Harian Kawasaki KLX 170cc

1. Paket Bore Up
Mengaplikasi paket bore up keluaran CLD dengan diameter piston 63 mm (standar 58 mm). Total volume ruang bakar jadi 169,5 cc. Pemasangan tinggal plug an play tanpa ada ubahan. Harga sekitar 900 ribuan. Meski masih mengandalkan pengabutan bahan bakar orisinalnya, agar asupan bensin ke ruang bakar lebih optimal, main jet naik 2 step.
blok + piston KLX produk CLD
2. Noken As
Agar torsi makin optimal, noken as aftermarket berlabel CLD menggunakan durasi 280 derajat. Per kopling dan per klep juga pakai keluaran CLD. Yang pasti lebih keras dari bawaan pabrik agar mencegah terjadinya floating dan membuat power tersalur sempurna ke roda.
noken as CLD
3. CDI BRT Dual Band
Nah, agar pengapian lebih optimal menyesuaikan ubahan mesin, dapat diandalkan CDI BRT Dual Band. Selain mampu meningkatkan performa, dipilih karena harganya lebih terjangkau dibanding otak pengapian merek lain.
CDI BRT for KLX
4. Knalpot
Agar peredaran gas buang makin lancar, knalpot CLD tipe C-3 dapat digunakan. Harganya terjangkau dan pemasangan plug n play.
knalpot CLD C3 for KLX

Sabtu, 28 Desember 2013

Penjelasan Tentang Bearing/Laher Motor

bearing/laher
Berikut merupakan penjelasan tentang kode dan bagian dari bearing/laher secara standar ISO. Silahkan disimak agar lebih mudah memahami kode dari bearing/laher tersebut.
bagian pada bearing/laher
contoh nomor pada bearing/laher
Perhatikan contoh pada gambar di atas. Bearing/laher tersebut merupakan produk dari SKF dengan kode 6301 RSI/C3 MT47. 
  • 6 = Type Ball Bearing
  • 3 = Menunjukan Dimensi (Diameter,Tebal,Tinggi)
  • 01 = Ukuran Lingkar dalam Bearing
    00 memiliki diameter dalam 10 mm
    01 (12mm)
    02 (15mm)
    03 (17mm)
    04 (20mm)
    05 (25mm)
  • RS = Rubber seal (penutup karet)
  • C3 = (kerenggan antara bola bering dan Bantalan bering). Satuan kerenggangan atau Clearance adalah mikron. 1 mikron sama dengan 1/1000 mm.
  • MT = Medium Temperatur

Jumat, 27 Desember 2013

Cara Mengkilapkan Kendaraan Menggunakan Bahan Kimia

Cara Mengkilapkan Kendaraan Menggunakan Bahan Kimia - Tunggangan kinclong pasti menarik perhatian. Apa lagi kalau bisa buat ngaca. Itu namanya bening bro. Langsung saja. Tips kali ini soal cara mengembalikkan fungsi varnish. Cat pelapis ini kalau masih baru, bisa buat ngaca juga. Tapi lama-lama akibat asam dan waktu, menjadi lesu alias memudar. Sebenarnya sih tinggal poles, tapi cara itu kurang maksimal hasilnya.
bahan (kiri)
dan gosok bagian yang ingin dikilapkan (kanan)
Siapkan dulu peranti untuk membuatnya jadi bening. Yang pertama ampelas halus nomor 2000, compound poles, obat poles dan kain yang pori-porinya halus. Seluruh bodi motor dicuci sebersih-bersihnya. Lanjut diampelas dulu menggunakan nomor 2000, dibantu dengan air dan sabun colek. Sabun ini membuatnya ringan diampelas, licin. Juga sabun mengurangi goresan pada bodi.
contoh proses mengkilapkan batok
Keringkan menggunakan kanebo. Ingat! Harus sampai kering agar tahap selanjutnya bisa lebih maksimal. Langsung poles bodi menggunakancompound dengan media kain halus, sampai rata. Polesnya satu arah, kalau vertikal jangan coba-coba horizontal, bisa acak-acakan. 

Sebenarnya pakai compound saja, kilapnya sudah terlihat, tapi belum bisa untuk berkaca. Makanya tahap terakhir memoles menggunakan obat sesungguhnya obat poles. Maksudnya fungsinya untuk mengilapkan.

Kamis, 26 Desember 2013

Ganjal Damper Gear Belakang Dengan Karet Ban

Ganjal Damper Gear Belakang Dengan Karet Ban - Buat pemilik motor yang dikendalikan rantai rodanya, gak ada salahnya iseng-iseng pakai tips ini. Siapa tau perlu, karena emang ini sangat perlu agar berkendara tetap aman dan nyaman. Sering bongkar-bongkar motor pasti paham yang namanya nat gear. Itu loh yang menghubungkan antara sproket dan pelek. Di dalam teromolnya ada bongkahan karet pengganjal. Fungsinya sebagai peredam entakan. Namanya adalah damper.
bagian damper yang ditambah karet ban
Jika karet sudah terkikis dimakan usia pasti nat gear bakalan oblak atau goyang. Risikonya penahan yang ada pada tromol bisa pecah. Nah, jangan sampai begitu dan terpaksa ganti teromol. Tapi paling utama dari gejala ausnya karet ini, setiap digas dan pindah gigi mulai tak nyaman. Karena entakan akan terasa di seluruh badan.

Nah ini ada cara praktis mengatasi hal tersebut. Tinggal diganjal pakai sobekan ban dalam. Langkah pertama, ya harus bongkar dulu tuh roda. Lalu cek bagian nat remnya, jika memang permasalahannya di situ, berarti bagian yang diganjal agar celah nat berkurang.

Di nat gear ada empat kaki sebagai penghubung, bagian itu yang diganjal agar tidak goyang. Lanjut ke langkah selanjutnya, guntinglah ban dalam sesuai ukuran, jangan terlalu kecil, jangan juga kebesaran. Yang jelas, harus pas saat diselipkan pada karet pengganjalnya.

Tips ini hanya sementara alias darurat, mau tetap nyaman harus diganti yang baru. Tips ini bisa di aplikasikan di semua motor. Umumnya sih motor yang sudah tahunan. Ada juga yang belum tahunan, tapi sudah terasa seperti cerita di atas, nah itu tanda motor pekerja berat. Pasti jam terbang spedometernya juga tinggi.

Rabu, 25 Desember 2013

Cara Melepas Tutup Aki Vario 125

Cara Melepas Tutup Aki Vario 125 - Ritual cek kondisi aki, wajib dilakukan berkala. Aki adalah sumber arus yang mensuplai kebutuhan listrik. Kalau pun telah menggunakan aki kering, kutub postif dan negatifnya harus juga diperiksa dan dirawat. Belum lagi klem atau penyalur dayanya pada kutubnya.
gunakan obeng dilapis kain
Beberapa tipe letak akinya sulit dilacak. Misalnya, Honda Vario Techno 125 injeksi, letak akinya di bawah pelat nomor polisi depan. Tidak seperti biasanya di bawah jok, tinggal membuka jok, aki sudah kelihatan. Barengan dengan aki, di situ juga letak dari DLC yang akan kita butuhkan saat melakukan setting komponen injeksi atau saat mencari masalah.
pengunci body/dek
Di Honda Vario, kita harus membuka cover depan. Umumnya kesulitan atau malah nggak tahu sama sekali letaknya, saat akan mengecek aki Vario. Cover aki tersebut hanya menggunakan dua buah baut pengunci dan flip klip. So, untuk melepasnya perlu membuka dua buah baut yang ada di bagian atas tepat di bawah batok. 

Usai melepas dua baut tersebut, tidak bisa langsung tarik atau dorong penutup tersebut. Di sini masih masih ada flip klip yang perlu dilepas. Penjepit ini letaknya di ujung bawah penutup.Coba cungkil dengan obeng min, pasti copot. Hati-hati, obeng yang digunakan jangan sampai merusak cat atau pinggiran penutup. 

Caranya, ujung oben dilapisi kain. Setelah flip klip tersebut bisa terbuka, berikutnya dorong keatas cover untuk melepaskan pengait yang berada dibagian kanan dan kiri. Setelah pengaitnya terlepas kita baru bisa mengambil penutup aki tersebut dan aki bebas diperiksa.

Selasa, 24 Desember 2013

Setelan Klep Matic Lebih Sensitif

Setelan Klep Matic Lebih Sensitif - Kerja mesin matik yakinlah lebih berat. Pelantara tenaga ke roda tidak menggunakan gigi bertingkat seperti gigi 1,2,3,4 yang bikin ringan kerja engine. Ditambah lagi sistem pendinginnya full kipas dari putaran mesin tanpa bantuan terpaan angin langsung dari luar, mesin jadi cepat panas bilah salah ditangani. 
proses setel klep
Hubungannya dengan itu, maka jangan asal-asalan menyetel celah klepnya. Asal lebih renggang mungkin tak apa-apa. Tapi asal bila disetel jadi rapat, itu yang asal kerja. Kalau rapat kan, saat klep memuai oleh panas, celah ini akan hilang atau sudah bersentuhan langsung pelatuk sepatunya membuat kompresi bocor. Ingat ya, celah klep juga berpengaruh pada durasi kem. 
gunakan feller untuk menyetel
Tanda-tanda celah atau clearene matic terlalu rapat, motor mudah panas alias mempercepat panasnya matik yang gampang panas. Kedua, mesin berjalan beberapa saat akan sulit idle atau konstan, dan gejala yang sering muncul ngelitik lalu mati mendadak. Makanya, dalam urusan setel klep matik, mekanik pemula dan senior termasuk sampeyan yang hobi otak-atik motor harus punya feeler gauge (bilah pengukur celah klep).
feller gauge

Senin, 23 Desember 2013

Mengatur Porting Intake Manifold Karburator Reamer

Mengatur Porting Intake Manifold Karburator Reamer - Butuh penyelarasan lubang pada intake manifold sehabis kita mereamer karburator. Jika tidak, maka banyak udara yang menabrak dinding intake manifold. Akibatnya, gas speed dan CFM menurun dan menyebabkan performa motor malah ngedrop.
porting intake manfiold (kiri) dan venturi karburator (kanan)
Berikut cara mengatur porting intake manifold menggunakan bor tuner.

  1. Gunakan paking resin sebagai mal
    Paking ini dibautkan ke karburator lalu kita gerus menyesuaikan venturi karburator.
    paking karburator yang akan digunakan sebagai mal
  2. Samakan paking dengan intake manifold
    Paking yang sudah ada mal dari venturi karburator tersebut kita bautkan ke intake manifold. Setelah itu kita samakan lagi bentuk dan ukurannya. Jika sudah sama, haluskan ulang agar lebih maksimal. Cara ini hanya diperuntukkan karburator tipe baut, jika menggunakan karburator tipe sok menggunakan cara lain lagi.
    ilustrasi pembesaran intake dan karburator

Minggu, 22 Desember 2013

Korek Harian Yamaha Jupiter MX 175 cc

1. Paket Bore Up X1R dengan diameter piston 62 mm
Silahkan coba paket bore-up keluaran X1R dengan diameter piston 62 mm. Sehingga volume ruang bakar meningkat menjadi 175 cc. Pemasangannya tinggal plek tanpa ada penyesuaian. Harganya juga terjangkau yakni 900 ribuan saja.
blok X1R terpasang
2. Noken as & per klep CLD
Kemudian biar torsinya terasa lebih nendang, mengandalkan noken as berlabel CLD dengan durasi 270 derajat yang bisa ditebus dengan dana Rp 400 ribu. Sedangkan per klep mengandalkan yang lebih keras merek CLD seharga Rp 150 ribu.
noken as dan per klep CLD
3. Knalpot freeflow
Lalu urusan penerus gas buang, dapat dijejalkan knalpot freeflow. Karena baru saja belanja merk CLD, biasanya bengkel juga menyediakan merk CLD lain. Knalpot bisa menggunakan milik CLD tipe C-2 berbahan full stainless. Harganya juga terjangkau, yakni Rp 1 juta.
knalpot CLD C2
4. Jetting ulang karburator standar
Karena masih mengandalkan karburator standarnya, biar settingan-nya lebih pas, pilot jet naik 2 step. Standarnya 17,5 diganti dengan ukuran 22,5.

5. Per kopling CLD medium type
Selanjutnya agar entakan awal lebih cepat sehingga akselerasi bawah juga maksimal, diandalkan per kopling racing berlabel CLD. Ongkos tebusnya cuma Rp 100 ribu.

Sabtu, 21 Desember 2013

Bak Kopling Manual C70

Bak Kopling Manual C70 - Sekarang banyak club Honda lawas C70. Selain aliran modif tampilan klasik, banyak juga yang pecinta kecepatan. Tak hayal maka banyak juga yang memodifikasi mesin C70 nya agar lebih kencang dan mengimbangi motor keluaran baru. Salah satu caranya adalah dengan memasang kopling tangan/manual.
bak kopling C70 tampilan standar
Bak kopling model standar ini mampu mempertahankan keorisinalnya agar tetap tampil standar. Namun dengan tambahan perangkat kopling manual mampu memberikan kelebihannya.
dalaman bak kopling C70

Jumat, 20 Desember 2013

Memasang Crankcase Mocin di Astrea

Memasang Crankcase Mocin di Astrea - Banyak pemilik astrea yang ingin kencang. Yaitu dengan cara bore up menggunakan piston besar. Hanya saja kelemahan astrea adalah pompa oli yang berada di tengah dan baut tusuk yang sempit. Cara mudah nya adalah dengan menggunakan crankcase kanan mocin yang memiliki pompa oli di kanan, sehingga baut tusuk bisa digeser leluasa dan lubang kalter lebih besar.
crankcase kanan mocin
Kelebihan crankcase dari mocin adalah pompa oli nya sudah berada di samping kanan, sehingga crankcase mampu di perbesar lubangnya agar piston mampu masuk lebih besar. Kelemahannya hanya material bahan yang kurang bagus. Memasangnya pun tinggal pasang karena posisi baut crankcase sama dengan Astrea.