Modifikasi Main Shaft V80 Kopling Manual - Mainshaft orisinil dibubut agar panjang main shaft pas dengan rumah kopling F1ZR. Setelah dipotong, maka diperlukan penambahan daging agar rumah kopling tidak oblak saat terpasang. Lalu dilakukan proses snei agar drat baut terbentuk menyesuaikan ukuran mur rumah kopling.
Senin, 24 Maret 2014
Korek Yamaha V80 94 cc
1. Stroke Up 2 mm
Kruk as standar digeser big end sejauh 2 mm ke luar, dengan naik turun piston, langkah menjadi 45.6 + 4 = 49.6 mm. Crankcase harus diperlebar 1 mm pada dinding kruk as nya agar tidak menabrak.
stroke up 2 mm |
2. Piston Suzuki FR80 dengan diameter 49 mm
Boring standar masih mampu melayani piston diameter 49 mm. Pin piston sama, yaitu berdiameter 12 mm. Kepala piston diubah dan pantat piston menyesuaikan as kruk. Selain itu, porting juga dihaluskan dan diarahkan (porting polish).
3. Porting Polish + Squish kop
piston FR80 |
Squish kop bermain untuk putaran tinggi, yaitu 49% luasan piston (6.3 mm), dengan volume kubah sekitar 8.5 cc sehingga menghasilkan rasio kompresi statis 7.5 : 1. Durasi langkah buang bermain sekitar 190 derajat dengan tinggi porting exhaust dari bibir blok sejauh 26.5 mm. Porting diubah semi-oval dan dihaluskan. Transfer port sendiri diperlancar aliran nya.
blok mesin V80 |
4. Knalpot 3v3 mini
5. CDI RX-S dan Koil standar modif
CDI menggunakan orisinil Yamaha RX-S yang tinggal plug n play. Jumlah kabel hanya 4 saja. Koil dipotong 2 cm dan dililit kawat email sebagai ground strap.
cdi RX-S |
6. Membran V-Force + Karburator PWK28
Membran menggunakan V-Force dikombinasi dengan intake kodok F1ZR. Karet intake menyesuaikan dengan milik Keihin PWK 28. Settingan ini mirip dengan motor trail Yamaha YZ85, yaitu dengan menggunakan pilot jet #38 dan main jet #135
membran VForce-3 |
7. Kopling Manual
Rumah kopling menggunakan milik F1Z-R dengan costum main shaft standar. Bak kopling yang di bor dan dikombinasi stut kopling assy F1ZR.
kalter kopling V80 |
8. 4 Speed Rasio Yamaha FIZR
Rasio dapat menggunakan milik Yamaha Force 1 atau juga Alfa. Versi racing alias rasio rapat pun semakin kencang di motor. Pemasangan harus memodifikasi sedikit di stopper presneling dan rumah botolan.
presneling 4 di V80 |
Sabtu, 22 Maret 2014
Alasan Honda Blade Mengubah Mesin Tanpa Rombak Tampang
Alasan Honda Blade Mengubah Mesin Tanpa Rombak Tampang - Ada yang menarik saat peluncuran Honda Blade Jumat (28/3) di Jakarta.Pasalnya, meski tampangnya nyaris tak berubah, namun mesin yang diusung kini berkapasitas 125cc. Pemilihan mesin 125cc dikarenakan dapur pacu tersebut dirasa sesuai dengan keinginan konsumen Blade selama ini. Yakni ingin performa mesin tinggi, tapi tetap memiliki konsumsi BBM yang irit. Sehingga perubahan Blade 125 FI terfokus di mesin.
Honda Blade 125 FI (Kiri), Nyaris tak dapat dibedakan dengan versi sebelumnya (Kanan) |
Sementara tampilan Blade 125 FI yang hanya mengalami minor change. Tampilan sebelumnya masih digemari oleh konsumennya yang hadir dari kaum muda yang senang desain sporty. Untuk itu, hanya disematkan ubahan di desain bodi samping yang lebih gagah. Serta bentuk knalpot yang lebih ramping dan beraura racing. Dan yang tak ketinggalan adalah aplikasi ala livery tim Repsol Honda MotoGP.
Jumat, 21 Maret 2014
Perhatikan Ukuran dan Bahan Baku Helm Demi Keselamatan
Perhatikan Ukuran dan Bahan Baku Helm Demi Keselamatan - Biker pun perlu pengetahuan tentang berbagai ukuran dan tipe bahan helm. Tujuannya demi keselamatan. Kebanyakan orang masih kurang pengetahuan tentang ukuran dan bahan baku. Kebanyakan latah karena model dan tren fashion.
helm INK supermoto |
Untuk kebutuhan komersial bahan ABS resin termoplastik sudah cukup aman, namun jangan sampai helm bahan ini digunakan untuk event balap. Jangan sampai tertipu oleh merek dan harga yang mahal, lebih baik save money tapi kualitas oke. Salah satu produk baru yang ditawarkan adalah model supermoto, bentuknya mirip helm motor-cross namun sudah built-in kaca pelindungnya. Model ini bisa ditebus seharga Rp 1,1 juta.
Kamis, 20 Maret 2014
Macam Bentuk Kaki Bohlam
Macam Bentuk Kaki Bohlam - Di pantat bohlam ada tonjolan dari timah atau biasa disebut kaki. Ada juga yang biasa menyebut terminal atau kutub. Bohlam memiliki jumlah terminal positif berbeda. Ada yang 1 atau 2 dengan posisi kutub negatif ada di bodi bohlam. Ada juga yang 2 atau 3 namun dengan kutub positif dan negatif 1 tempat di pantat bohlam.
Bohlam di motor harian umumnya menggunakan terminal positif 1 atau 2. Sedangkan kaki 3 lebih banyak digunakan di motor kelas premium. Kalau ada dua kutub berarti fungsi bohlam untuk 2 cahaya. Sedangkan pada bohlam 1 kutub hanya 1 sinar.
Contoh bohlam headlamp untuk lampu pendek dan jauh. Di bagian bawah bohlam rata-rata ada 2 terminal positif berbentuk benjolan dari timah. Sedangkan untuk kutub negatif pada bohlam jenis ini biasanya terpasang pada rumah fitting lampu. Makanya lampu bisa nyala karena ada arus positif dan negatif.
Beda lagi dengan bohlam 1 kutub positif. Biasanya peranti ini dipakai untuk lampu sein atau lampu kecil di panel spidometer dengan terminal kutub negatif di fitting lampu. Namun seiring perkembangan desain motor dan fitur pada panel, bentuk bohlam dirancang berbeda. Sekarang bohlam di panel spidometer atau sein ukurannya bukan cuma lebih kecil, tapi sistem pemasangannya sudah model tancap dan cabut. Sehingga bentuk terminal positif dan negatif ada di bawah bohlam.
Selain disebutkan di atas, coba perhatikan 3 terminal bohlam H4 yang biasa dipakai di motor-motor besar. Pada bohlam ini terdapat 3 kutub, yaitu positif untuk lampu dekat, jauh dan terminal massa. Makanya model terminal kabel juga ada 3 dan arus massa jadi satu dan tidak terpisah.
contoh kaki di bohlam |
Contoh bohlam headlamp untuk lampu pendek dan jauh. Di bagian bawah bohlam rata-rata ada 2 terminal positif berbentuk benjolan dari timah. Sedangkan untuk kutub negatif pada bohlam jenis ini biasanya terpasang pada rumah fitting lampu. Makanya lampu bisa nyala karena ada arus positif dan negatif.
bohlam tipe tancap |
Selain disebutkan di atas, coba perhatikan 3 terminal bohlam H4 yang biasa dipakai di motor-motor besar. Pada bohlam ini terdapat 3 kutub, yaitu positif untuk lampu dekat, jauh dan terminal massa. Makanya model terminal kabel juga ada 3 dan arus massa jadi satu dan tidak terpisah.
Rabu, 19 Maret 2014
Alasan Tidak Boleh Memegang Kaca Lampu Halogen
Alasan Tidak Boleh Memegang Kaca Lampu Halogen - Tangan selalu meninggalkan sidik jari berupa lapisan lemak tipis. Apalagi saat menyala, ya nggak bisa dipegang, bisa melepuh tangan sampeyan. Lampu tipe ini memang panas. Lapisan lemak yang menempel pada kaca lampu halogen saat menyala suhu akan meningkat dan lemak akan melebur menyatu dengan kaca.
Koefisien memuai nya berbeda bagian kaca bersih dan tidak. Maksudnya suhu permukaan kaca lebih dingin dibanding permukaan kaca yang bersih. Maklumlah kaca halogen berbahan dasar kuarsa (quartz). Jika perbedaan aktivitas muainya t besar, kaca halogen bisa retak.
penyebab rusaknya lampu halogen ketika dipegang |
Belum lagi dengan perbedaan suhu akibat lemak tangan, lama-lama kaca jadi hitam, abu-abu atau buram oleh panas lampu. Selain tidak terang, juga bikin lampu cepat putus. Mending jangan langsung di pegang pada bagian kaca lampu. Tetapi pada bagian ulir besi di luar kaca.
Selasa, 18 Maret 2014
Membuat Charge/Cas Aki Motor Sederhana
Membuat Charge/Cas Aki Motor Sederhana - Cas aki dapat dibuat secara sederhana. Komponen yang diperlukan pun sangat mudah dicari di pasaran. Untuk biaya tinggal menyiapkan dana sebesar Rp. 50.000,- saja. Output pengecasan belum saya ukur, dan pastinya untuk mengecas aki kering Yuasa YT7-C dari 10 volt menjadi 13 volt hanya membutuhkan waktu 3 jam saja.
- 1 buah Transformator CT step down 5 ampere
- 2 buah Diode 1N4007
- 1 buah Kapasitor 2200 µF/25V
- Capit buaya
Untuk ampere meter tidaklah wajib, karena hanya sebagai indikator pengisian aki. Sebaiknya diberi sekring 10A atau 15A untuk mencegah korsleting.
Senin, 17 Maret 2014
Membersihkan Kotoran di Tangki Bahan Bakar
Membersihkan Kotoran di Tangki Bahan Bakar - Cara usir kotoran dalam tangki bahan bakar ya mesti copot tuh tangki dari tempatnya. Kalo itu sih tak usah jadi cerita. Tapi ternyata ada cara yang lebih mudah, cukup sediakan selang bening atau transparan. Selang tadi digunakan untuk mengeluarkan kotoran macam air dan karat dari dalam tangki, tapi karena kotoran tadi punya berat jenis (bj) yang pasti lebih berat ketimbang bensin, otomatis ada di dasar tangki. Selang ini untuk menyedotnya.
menguras tangki tanpa melepas tangki nya |
jerigen penampung bensin |
Usahakan selang menyentuh dasar tangki sambil lirik bensin yang mengalir dan kelihatan banyak kotorannya, tahan sebentar posisi ujungnya di satu tempat di dasarnya. Proses tadi bisa diulang hingga tangki benar-benar bersih. Bensin bercampur kotoran di wadah penampung tadi boleh dituang lagi ke tangki. Kan tadi sudah dibilang kotorannya selalu ada di bawah karena beda bj. Sisakan saja sedikit agar kotoran tidak terbawa ulang.
Korek Drag Kawasaki Ninja RR Standar
1. Kubah bakar costum
Squish 11° dengan lebar 7 mm berbentuk kubah parabola. Volume kubah terukur sebanyak 12.6 cc dengan busi terpasang. Sebelumnya, kop sudah dipapas 2,5 mm.
kop ninja RR |
2. Porting polish
Porting dicustom ulang dengan lebar lubang buang 40,5 mm dan tinggi lubang transfer 42 mm.
porting blok ninja RR |
3. Membran V-Force 3
Membran terpercaya untuk performance motor. Membuat proses induksi bahan bakar menjadi lebih maksimal dibanding standar.
membran/reed valve VForce 3 |
4. Kopling Costum
Per kopling menggunakan merek CMS dan kopling sendiri menggunakan milik saudaranya, Kawasaki KX 250.
Per kopling menggunakan merek CMS dan kopling sendiri menggunakan milik saudaranya, Kawasaki KX 250.
kopling KX dan Ninja RR |
5. Karburator Keihin PWK 38 Air strike
Karburator gambot agar performa mesin lebih keluar. Kombinasi spuyer pilot jet menggunakan #52 dan main jet #160.
Karburator gambot agar performa mesin lebih keluar. Kombinasi spuyer pilot jet menggunakan #52 dan main jet #160.
keihin PWK Air Striker |
6. Knalpot KDX
Exhaust Concept dari KDX full system, mulai dari knalpot hingga silincer.
Exhaust Concept dari KDX full system, mulai dari knalpot hingga silincer.
knalpot KDX di ninja RR |
7. Magnet Yamaha YZ125
Magnet fullset milik SE Yamaha YZ 125. Timing pengapian diset pada 14,5° sebelum TMA. Rasio bahan bakar yang dicampur dengan oli adalah sebesar 25 : 1 agar mesin tetap terlumasi dengan baik.
pengapian set YZ 125 |
8. Gigi Rasio
Rasio yang digunakan sederhana yang bertujuan agar start lebih cepat.
1 : 16/30
1 : 16/30
2 : 19/27
3 : standart/25
4 : standart/23
5 : standart
6 : standart
Sabtu, 15 Maret 2014
Beberapa Penyebab Oli Bocor di CVT
Jeroan CVT motor matik macam puli depan-belakang dan V-belt harus bebas dari kotoran. Jika kotor maka akan menyebabkan kinerja nya terganggu. Makanya mesti rajin dibersihkan. Penyebab kotoran mudah menempel juga bisa dari rembesan oli. Jika demikian, tak cukup tindakan kebersihan. Harus dilacak penyebabnya. Oli tadi juga bikin repot kerja komponen CVT, selain licin, oli bisa habis yang ujung-ujungnya mesin cepat rusak.
Itu akibat beberapa hal, yang sering dituding oli sil nya. Sil CVT sendiri ada 2 biji. Pertama sil kruk-as yang letaknya ada di balik rumah roller (pulley depan/primer). Yang kedua, sil as puli belakang/kampas ganda yang berada di balik puli tadi. Tinggal lihat area bawah tempat kedua sil itu berada.
cek sil baut tensioner |
- Baut tensioner bisa dilem
Masuknya oli ke area CVT bisa juga baut penahan lidah tensioner rantai keteng. Letaknya ada di balik rumah roller atau di atas sil kruk-as tadi. Makanya kudu diperhatiin juga termasuk kindisi o-ring baut tadi, kalau o-ring-nya getas atau rusak ya sekalian diganti. Tapi kalau kondisinya oke cukup oles dengan gasket/lem paking lalu pasang kembali.baut tensioner - Kruk-as oleng
Ada juga kasus yang baru ini ditemui. Setelah ganti sil dan o-ring, olinya masih juga meler. Selidik punya selidik ternyata gerak lengan as kruk nggak center alias oleng meruapakan penyebabnya. Otomatis dekapan karet sil antar sisinya nggak rata. Biar kata silnya baru ya tetep meler.kruk as oleng
menyebabkan sil tidak rapat - Sil kruk-as
Sil kruk as menahan oli mesin. Tekanan pada ruang bakar akan menyebabkan oli terdorong keluar. Apabila sil sudah aus, maka oli akan mudah keluar.sil as kruk butuh pengecekan - Sil CVT belakang
Sil pada CVT belakang harus mampu mencegah oli gardan keluar. Tinggal dilihat saja apakah terdapat rembesan oli pada CVT bagian belakang.sil as gear butuh perawatan
Jumat, 14 Maret 2014
Aplikasi Master Rem ER-6n di Yamaha Fino
Bentuk master rem Kawasaki ER-6n ini lebih besar dari aslinya. Selain bentuknya besar, buat pengeremannya cukup empuk dan nyaman buat harian. Malahan lebih enak ketimbang orisinal nya. Kalau harga memang agak mahal, tapi menarik handle rem depan jadi enak. Aplikasinya cukup mudah. Master rem ER-6n tersebut bisa pakai slang rem aftermarket atau standar nya. Tapi, untuk braket spion harus diganti, karena bawaan ER-6n gak ada dudukannya. Harga master rem sekitar 1.1 juta rupiah.
Berikut panduan pemasangan nya.
panduan gambar |
- Caranya, lepas semua komponen pengereman depan dan rumah handle kiri Fino. Lalu, buka baut slang rem di master rem pake kunci T-12
- Dilanjutkan melepas master rem Fino dan pasang master rem depan ER-6n berikut mengencangkan baut 12 di slang rem
panduan gambar - Harga itu terdiri dari, master rem depan, braket, rumah handle kiri serta tuas kiri dan kanan
- Pasang deh, rumah handle kanan dan masukkan kabel rem belakang ke tuas
- Kalo sudah, tinggal masukkan minyak rem dan pompa handle hingga terasa ngerem.
Kamis, 13 Maret 2014
Tips Substitusi Aki
Tips Substitusi Aki - Mengganti aki model apa saja boleh, dari jenis basah, kering sampai lithium. Bila tipe basah diharuskan sering mengecek air akinya. Bila tipe kering yang bebas perawatan, juga sama dengan lithium, harganya mahal. Ganti aki motor harus memperhatikan voltase dan arus. Voltase dapat sama, tapi yang tak kalah penting adalah ampere penggantinya. Ampere harus sama dengan ampere pada aki sebelumnya.
berbagai merk aki |
Perbandingan antara aki dan regulator pengisian umumnya yang diperbolehkan 10%. Maksudnya jika aki 10Ah, maka arus pengisian seharusnya berada dibawahnya 10% (1 ampere) dan tidak boleh melebihi. 10% tersebut untuk mengantisipasi agar tidak terjadi over charge. Jika ganti ke yang lebih besar maka harus merubah spul pengisian untuk menyesuaikan dengan kebutuhan aki.
Pada regulator ada komponen yang namanya dioda. Dioda ini menjadi penentu dari besar atau kecilnya arus pengisian. Dioda inilah yang mengendalikan arus pengisian. Hal inilah masalahnya karena setiap dioda itu memiliki ukuran yang berbeda beda. Beda pabrik juga beda rangkaian regulatornya. Maka jangan asal pilih aki, pilih ampere yang sama dengan aslinya. Kalau harus beda amperenya, maksimal hanya boleh dinaikkan satu digit saja dari ukuran standar.
Langganan:
Postingan (Atom)