Jumat, 25 April 2014

Perawatan dan Pemilihan Ban Tubeless

Perawatan dan Pemilihan Ban Tubeless - Dunia modifikasi makin berkembang pesat, seiring dengan perkembangan motor sport di tanah air yang makin marak. Dalam konteks ini, produsen motor secara tak langsung menjadi dalang penggerak bisnis option part dunia modifikasi. Salah satunya sistem tubeless. Apa saja yang perlu diperhatikan saat pemakaian ban tubeless?
variasi ban pun berkembang
BAN TUBELESS
Ban tubeless ada dua jenis, yaitu soft compound dan regular compound. Kalau soft compound, biasanya dibuat untuk kompetisi yakni road race. Soft compoundnya memang dibutuhkan rider untuk bermanuver. Tapi, sekarang ban tubeless jenis soft compound trendnya sudah mengarah ke pemakaian harian, sebab banyak sport 250 cc memakai ban jenis ini. Selain menjadi kebutuhan agar tetap stabil saat dipakai manuver di jalanan, juga menjadi life style.

Sedang regular compound yang mengarah ke jenis medium cenderung hard, dikonsumsikan buat harian dan tak bisa dipakai balap. Mengingat, kadar campuran compound ban jenis ini terbatas kemampuannya. Dan oleh pabrikan untuk memaksimalkan kemampuan menghadapi jalanan, maka dipakainya kembangan untuk menunjang limit compound yang diaplikasi. 

Dan ketika ditinjau dari harga, ban tubeless soft compound lebih mahal dibanding regular compound. Dan makin besar profil bannya dipastikan makin mahal. Tapi, umur pemakaian ban tak bisa lama ketika dipakai harian. Sementara ban tubeless yang menganut regular compound, lebih awet.

KONSUMSI BUAT PELEK JERUJI 
Jangan, dikira pelek jeruji tak bisa memakai sistem tubeless. Tapi, saat ini sistem tubeless pada pelek jeruji sudah disoroti oleh produsen variasi, dengan meluncurkan marset spesial buat pelek jeruji pengaplikasi ban tubeless. Marset ini nantinya dimanfaatkan untuk menutup pori di celah naple jeruji dan dilengkapi perekat semacam soft compound dan sekaligus menjadi dudukan naple pengisi angin. 

Tapi, ada baiknya saat pemasangan marset ini perkuat dengan lem atau silicon. Untuk memperkuat kedudukan marset atau nggak selip dari dudukannya. Sebab, peranannya cukup vital mencegah keluarnya angin lewat pori napel. 

MENGAMANKAN BAN TUBELESS
Kendati kalangan biker mengklaim kalau pemakaian ban tubeless lebih aman. Tapi, ada baiknya tetap maksimalkan keamanan ban tubeless. Caranya praktis dan simpel, cukup tuang cairan sejenis silikon lewat naple pengisi angin. Sifat cairan silikon ini akan berubah menjadi karet tipis saat terkena angin. Jadi, diperkirakan akan melapis seluruh ruang pelek dan ban.

Sehingga, ruang yang terisi angin jadi lebih terlindungi dalam jangka waktu lebih lama. Jadi cocok buat konsumsi modifmania yang barusan beralih ke pemakaian ban jenis tubeless yang masih belum memahami cara maintenance ban jenis tubeless. Termasuk bikers yang rajin touring menyisir kawasan pelosok yang minus bengkel tambal ban. 

IDEAL UKURAN BAN TUBELESS
Dapat memakai pedoman keberadaan lis garis pada dinding ban luar. Prinsipnya lis garis harus mepet dengan bibir pelek, saat ban terisi angin di tekanan ideal. Sebab, kondisi seperti ini lis ban tak tertarik oleh lebar pelek, sehingga masih aman saat dipakai touring atau harian. 

Beda lagi, ketika lis garis ban menjauhi tepi pelek. Kondisi demikian dapat dimaksudkan, kalau tepi ban tertarik oleh lebar pelek hingga membentuk penampang ban mendekati kotak. Maka, dalam pemakaian harian kuran aman dan rentan terkena paku atau kaca pecahan botol.

UMUR NAPLE PENGISI ANGIN 
Patut diketahui bahwa kestabilan tekanan angin ban, juga dipengaruhi oleh naple. Salah satu komponen terpenting adalah sil kedap yang nempel di naple. Sebab, seiring dengan meningkatnya tekanan angin ban, sil kedap tadi jadi terjepit. Kondisi seperti itu saat kena terik panas, dipastikan sil kedap jadi pecah-pecah. 

Maka, mulai saat ini berikan jadwal untuk penggantian sil kedap pada naple. Maksimal dapat dilakukan penggantian di setiap 6 bulan sekali, bagi yang mobilitas nya tinggi. 

PERAWATAN BAN TUBELESS
Agar, umur ban dapat bertahan lama, untuk perawatan ban tubeless dapat dilakukan dengan cara swadaya. Terpenting hindari ban tubeless kempes, sebab akan menyebabkan berubahnya posisi lis ban terhadap dudukannya yakni nat pelek. Mengingat tekanan lis ban terhadap dudukannya berkurang. 

Gawatnya ketika lis ban berubah, dikhawatirkan tekanan angin dalam ban, akan menyusut dalam waktu singkat. Maka, penting diperhatikan buat pemilik motor yang memakai ban tubeless ketika, motornya kelar diparkir dalam waktu lama. 

Selain itu, kurangnya tekanan angin pada ban ketika dipaksa dipakai terus, akan menyebabkan ban retak duluan disaat kembangan ban belum habis. Juga dapat menyebabkan ban melembung sampai pecah. Untuk itu, ada baiknya saat mengisi tekanan angin ban memakai nitrogen yang diklaim pengaruhnya minim sekali, terhadap lonjakan atau penurunan tekanan angin ban, saat panas dan dingin. 

MEMILIH PELEK BALOK KONSUMSI BAN TUBELESS
Kalau ditinjau dari kebutuhan ban tubeless, maka pelek balok yang ideal untuk pemakaian ban tubeless pastikan dinding peleknya lebih tinggi, dibanding pelek yang menggunakan ban dalam. Ditujukan agar lis ban luar atau hill, lebih aman didekap pelek.

Selain itu, pastikan penampang pelek letak dudukan lis atau hil ban luar dilengkapi dengan nat. Untuk memastikan agar kedudukan lis ban luar atau hil lebih kuat saat menerima tekanan, misalkan menghantam siku aspal berlubang dengan kedalaman 2 cm lebih. Urusan memastikan tingkat kepresisiannya, cukup putar dengan bantuan poros dan bearing. Kalau tak oleng artinya tepi pelek presisi dan dipastikan cukup menunjang untuk penggunaan ban tubeless.

Kamis, 24 April 2014

Cara Sederhana Mengatasi Karburator Dimasuki Air

Cara Sederhana Mengatasi Karburator Dimasuki Air- Tangki kemasukan air memang sudah menjadi permasalahan yang cukup klasik, apalagi saat memasuki musim hujan. Ada beberapa faktor yang menyebabkan air bisa masuk ke dalam tangki hingga akhirnya masuk ke dalam karbu dan menyebabkan mesin tak mau menyala. Mulai dari disebabkan saat mencuci motor dengan cara disemprot atau kehujanan.
terdapat endapan air di dasar mangkuk karburator
Cara mengatasinya pun cukup mudah, langkah awal yaitu menutup keran bensin di tangki yang menuju karbu, lalu kendurkan baut saluran pembuangan bensin di karbu. Biarkan bensin yang tersisa di karbu tersebut terbuang habis, sebab ada kemungkinan bensin dalam karbu sudah tercampur dengan air.

Jika air dalam karbu sudah benar-benar terkuras, maka tutup atau kencangkan kembali baut saluran pembuangan tersebut lalu membuka kembali kran dari tangki menuju karbu, yang dilanjutkan dengan menyalakan motor. Namun perlu diingat, saat menyalakan sebaiknya menggunakan kick starter dan jangan menggunakan elektrik starter.

Tapi jika motor tetap aja tak mau menyala, maka ada kemungkinan busi motor ternodai air sehingga proses pematikan api gagal terjadi. Maka lepas busi, lanjutkan dengan mengeringkan busi menggunakan lap kering sampai benar-benar bersih dan kering. 

Setelah itu, dengan menyumpal lubang busi dengan lap kering, kick starter motor beberapa kali dalam keadaan mesin mati atau kunci kontak off. Langkah terakhir adalah memasang kembali busi, namun pastikan tidak ada air dalam kepala busi maupun di busi. Lalu hidupkan motor dengan kick starter.

Rabu, 23 April 2014

Gearbox 6 Speed R15 untuk Yamaha Vixion

Gearbox 6 Speed R15 untuk Yamaha Vixion - Ketika kita ingin motor Vixion kita memiliki 6 tingkat percepatan, kita masih kesulitan mencari part yang cocok. Namun sekarang tidak perlu lagi khawatir karena gearbox 6 speed Yamaha R15 dapat langsung terpasang ke Vixion old and new tanpa mengubah apapun. Ini terjadi karena Yamaha sengaja mendesain gear yang lebih tipis agar kedua mesin motor ini dapat substitusi. Alhasil pasti penjualan gearbox ini akan ramai diincar pemilik Vixion yang ingin lebih cepat berakselerasi dengan 6 speed Yamaha R15.
paket gearbox Yamaha R15
Untuk cara penggantian dan pemasangan akan dibahas di artikel berikutnya.

Selasa, 22 April 2014

Cara Merawat Kulit Jok

Cara Merawat Kulit Jok - Jok motor setiap hari terkena panas, debu dan gesekan bokong. Ya lama-lama kulit joknya menipis, kusut dan kusam. Makanya dirawat, toh kan mudah, apalagi jok dari calp spon atau kulit sintetis. Merawatnya dilarang menyemir jok dengan semir sepatu. Ya iyalah, semir kan item, calana sampeyan bisa kotor, hehe. Maksudnya, jok yang disemir sepatu saat kena air akan menyebabkan keretakan pada spon jok.
sebelum
Kimia semir sepatu sifatnya menyatu dengan kulit. Saat kering akan mengeras dan ikut menarik jok. Beda lagi bahan pengilap ban dipakai untuk jok, jangan coba-coba deh. Pantat sampeyan akan licin dan mudah terpeleset saat pengereman, bahaya. Untuk merawat dan membersihkan jok motor cukup pakai kain bersih. Lalu, kain dibasahi campuran minyak tanah dan minyak goreng. Gosokan lap ini pada permukaan jok, langkah ini sebenarnya telah membuat jok bersih.
sesudah
Campuran minyak tanah dan air tersebut juga bisa mengusir noda pada jok. Caranya hanya menggosokan kain lap pada noda dengan perlahan hingga bersih. Selanjutnya, menjaga jok tetap awet jangan sering-sering dijemur. Usahakan di perkir di tempat teduh

Senin, 21 April 2014

Yamaha X-Ride Off Road Disarankan Ganti Ban

Yamaha X-Ride Off Road Disarankan Ganti Ban - Kondisi trek off road yang licin dan penuh rintangan tentu berbeda ketimbang melintasi jalan raya beraspal mulus. Namun bukan berarti skutik sekelas Yamaha X-Ride nggak boleh ikutan menggaruk tanah. Nah, agar mumpuni di trek off road sebaiknya ikuti langkah berikut.
tampilan X-Ride Off Road
Utamakan modifikasi kaki-kaki. Paling minimal dengan mengganti ban standar dengan model pacul berukuran kombinasi 17 inci di depan dan 14 inci di belakang. Penggunaan ban pacul dibutuhkan untuk mendapatkan traksi di lintasan tanah atau lumpur. Bakalan licin kalau pakai ban aspal. Bukan hanya hilang traksi, tapi juga pengendalian akan semakin sulit.
X-Ride Off Road lebih mudah menggaruk tanah
Sementara pemilihan ukuran 17 inci di depan bukan hanya ditujukan untuk menambah ground clearance motor, tapi juga menambah tapak permukaan ban di tanah saat melintas gundukan. Kalau tetap pakai 14 inci, tentu permukaan yang menapak tanah lebih sedikit ketimbang 17 inci. 

Sedangkan kombinasi ban 14 inci dibelakang lebih ditujukan pada sisi fungsional. Kalau paksakan pakai 17 inci, ban akan mentok boks filter udara. Dan lebar ban juga nggak akan maksimal karena akan mepet ke suspensi.

Korek Harian Honda Vario 110 130 cc

1. Piston Kaze oversize 100 dengan diameter 54 mm.
Kapasitas mesin menjadi 126 cc atau dibulatkan ke kelas 130 cc. Kepala piston dibubut agar tidak menabrak kubah. Coakan klep perlu dicek ulang agar tidak menabrak juga. Pada dinding piston boleh dibuatkan saluran oli seperti piston asli Honda BeAT.
piston kaze modif
2. Per klep Suzuki Smash
Per klep milik Smash lebih kenyal dan tahan meredam floating pada klep.
per klep smash (kiri) per ori (kanan)
3. Costum part CVT
Sektor CVT juga kena modif. Roller bobot 11 gram, puli depan label KTC, per CVT mencomot Honda Spacy injeksi standar.
pulley depan
4. Karburator old CBR150
Karbu standar CBR 150 lawas cocok dipasang di Vario. Settingan spuyer standar masih bisa dipakai. Akan tetapi tetap perlu perubahan spuyer apabila kurang cocok pada lingkungan sekitar.
karburator CBR 150 28 mm
5. Knalpot aftermarket Tsukigi
Knalpot aftermarket Tsukigi mengeluarkan suara yang cukup halus. Desain knalpot mirip standar sehingga tidak kentara bedanya. Power mesin terasa lebih kuat.
knalpot tsukigi

Sabtu, 19 April 2014

Salah Satu Cara Menambah Traksi Ban Off Road

Salah Satu Cara Menambah Traksi Ban Off Road - Salah satunya trik untuk meningkatkan traksi ban off road berbeda saat di jalan raya. Jangan samakan kondisi ban di jalan raya dengan di medan off road. Karena traksi yang dihasilkan ban aspal dan pacul berbeda. Ban aspal memiliki daya gesek besar di bagian telapak, ban pacul hanya mengandalkan kembangan tahu yang ada di permukaan ban.
off road bike
Untuk meningkatkan traksi ban pacul bisa dengan cara mengurangi tekanan angin pada ban. Jika di ban aspal tekanan angin berkisar 26-29 psi, untuk di trek tanah bisa dikurangi di bawah 20 psi. Tujuannya agar kembangan tahu pada ban pacul dapat menapak sempurna karena efek ‘kempes’ karena tekanan angin yang kecil. Makin sedikit angin, maka makin banyak ‘tahu’ yang menapak di tanah, karena itu traksi akan bertambah.

Terakhir, usahakan usia ban belum lewat tiga tahun. Biasanya jika usia ban sudah di atas tiga tahun, karet ban sudah getas dan keras. Hasilnya licin, seperti ban bertemu keramik. Karena telapak ban yang keras tidak bisa mencengkram tanah dengan sempurna.

Jumat, 18 April 2014

Korek Harian Honda Tiger 250 cc

1. Piston dengan diameter 71 mm
Boring harus ganti yang lebih tebal dan geser lubang sirkulasi oli agar tidak terganggu sistem pelumasan motor.
blok tiger piston gede
2. Klep 33/28 mm
Klep wajib lebih lebar daripada standar agar pasokan gas lebih lancar. Caranya hanya dengan memperbesar diameter dalam dudukan klep. Porting polish menjadi kunci suplai bahan bakar dan udara ke dalam mesin.
klep lebar di Tiger
3. Kampas Kopling 6 lembar
Kampas kopling ditambah menjadi 6 daripada standarnya agar meminimalisir selip. Per kopling sendiri tetap menggunakan standar karena dengan penambahan kampas menyebabkan per tertekan dan menjadi lebih keras.
kampas kopling Tiger
4. Noken as costum
Noken as costum menjadi kunci buka tutup klep. Lift ditambahkan menjadi 7 mm agar nyaman dipakai harian, sedangkan durasi dibuat lebih lebar daripada standar.
noken as Tiger costum
5. Karburator Keihin PWK 33
Karburator pas menggunakan venturi 33 mm. Motor akan optimal hingga 10 ribu rpm.
karburator keihin PWK
6. CDI BRT AC
Untuk otak pengapian tetap menggunakan AC produk BRT Hyperband. Tinggal pasang dan selamat mencoba!
cdi BRT AC

Kamis, 17 April 2014

Rumah Kopling 6 Per Mocin untuk Honda Tiger

Rumah Kopling 6 Per Mocin untuk Honda Tiger - Agar akselerasi Honda Tiger sobat lebih terasa, sebaiknya silakan ganti part di sekitar kopling pacuan sport Honda 200 cc itu. Terutama, ganti bagian kaki empat yang letaknya di mangkok kopling. Kaki empatnya diganti pakai dari motor Cina yang jumlahnya enam kaki. Pakai punya Viar yang basic mesin mirip Tiger.
rumah kopling mocin roda tiga
Alasan diganti pakai model kaki enam, agar balikan kopling terasa lebih menyentak. Juga daya tekannya jadi lebih rata. Ibaratnya, tenaga yang tadinya hanya 4 orang kini jadi dibantu 6 orang. Selain itu, langkah penggantian juga ditujukan buat mencegah kampas kopling mudah gosong. Terutama, ketika pacuan itu kerap dipakai balap atau akselerasi. Maka pergantian gigi menjadi lebih spontan. Karena model kaki enam, artinya ada penambahan dua per lagi. Nah, ini yang bikin tarikan lebih yahud.
kampas dan plat standar masuk
Pemasangan sendiri masih tetap seperti standar. Untuk membeli part ini, kira-kira cukup merogoh kocek sekitar Rp 250 ribuan. Harga yang dikeluarkan tadi, sudah termasuk kaki enam dan lawannya alias satu set. Sedang untuk mangkok kopling, tetap bisa pakai part standar Tiger.

Begitu juga kampas koplingnya. Tak perlu ganti! Sobat tetap bisa gunakan kampas standar bawaan Tiger. Lha wong yang diganti cuma kaki empatnya doang. Jadi, mangkok pun tetap bisa disesaki kampas Tiger yang jumlahnya 5 kampas.

Rabu, 16 April 2014

Fungsi Produk 9Power

Fungsi Produk 9Power - Komponen ini merupakan aksesoris pengapian dan hanya tambahan untuk mendorong pengapian bisa lebih tajam. Tentu saja, tak bakal merobek dompet seperti beli CDI racing. Pokoknya pakai ini lumayan tarikan motor bertambah, bahan bakar jadi irit. Nama barangnya 9Power. Penjualnya mengklaim bahwa 9Power bisa memaksimalkan akselerasi, tenaga dan top speed. Tarikan akan beda, lumayan bikin halus dan enteng mesin.
9power pada kabel busi
Harga Rp 45.000 per satuan, cukup murah. Aplikasinya gampang, tinggal copot soket busi lalu kabel dimasukkan ke selongsong 9power. Jangan sampai terbalik, kalau terbalik sia-sia hasilnya. Sebab sifat, 9Power mengantar aliran strum dari koil labih tajam.

Selasa, 15 April 2014

Paket Bore Up Honda Supra Series

1. Paket bore up SupraX 125
  • Faito 57 mm → 147.8 cc || 800.000 IDR
  • Shark 57 mm → 147.8 cc || 750.000 IDR
2. Paket bore up Supra 100
  • TK 52 mm → 106.2 cc || 650.000 IDR
  • TK 53 mm → 110.4 cc || 650.000 IDR
  • TK 54 mm → 114.6 cc || 650.000 IDR
  • Shark 54 mm → 114.6 cc || 700.000 IDR
  • Shark 55 mm → 118.8 cc || 700.000 IDR
  • Shark 56 mm → 123.2 cc || 700.000 IDR
  • Shark 57 mm → 127.6 cc || 700.000 IDR
NB: Harga hanya perkiraan saja.

Senin, 14 April 2014

Paket Bore Up Yamaha 2 Tak

1. Paket bore up RXZ
  • Shark 58 mm → 148 cc || 1.250.000 IDR
  • Faito 58 mm → 148 cc || 2.200.00 IDR
  • Ori Y3 up to 58 mm → 148 cc || 5.000.000 IDR
2. Paket bore up F1ZR
  • Shark 56 mm → 128.1 cc || 675.000 IDR
  • Faito 56 mm → 128.1 cc || 850.000 IDR
3. Paket bore up 125Z
  • Faito 57 mm → 139.6 cc || 2.000.000 IDR
  • Faito 61 mm → 159.9 cc || 3.200.000 IDR
  • Garris 60 mm → 154.7 cc || 1.500.000 IDR
4. Paket bore up RX King
NB: Harga hanya perkiraan saja.