Selasa, 28 Juli 2015

Hubungan Antara Torsi Dan Power Mesin


Hubungan Antara Torsi Dan Power Mesin - Pada spesifikasi engine kendaraan, tertulis daya dalam satuan horsepower atau kilowatt pada putaran engine tertentu, dan momen puntir atau torsi dengan satuan kgm atau lbf-ft pada putaran engine tertentu. Apakah hubungan antara daya dengan torsi dan dengan putaran engine?
grafik performa mesin
Pada motor pembakaran dalam (internal combustion engine), gas hasil pembakaran akan menekan piston yang terhubung dengan poros engkol (cranksaft) dengan setang piston (connecting rod). Gaya tekan gas tersebut menghasilkan torsi pada poros engkol dan membuat poros engkol berputar. Daya adalah torsi dikalikan putaran (kecepatan sudut):

P = τ * ω
Pada System International (SI):
  • satuan daya P adalah watt
  • satuan torsi τ adalah Nm (newton meter)
  • satuan kecepatan sudut ω adalah radian per detik.
Rumus untuk satuan lain adalah:
P = τ * ω * 2 phi / (60 * 76.04)

Dimana satuan yang digunakan adalah:
  • Daya P dalam horsepower (HP)
  • Torsi τ dalam newton meter (Nm)
  • Kecepatan sudut ω dalam Revolution Per Minutes (RPM)
Pada internal combustion engine, torsi maximum tidak diperoleh pada putaran yang persis sama dimana diperoleh daya maximum. Pada kendaraan yang digunakan untuk menarik beban berat seperti truck, maka daya maximum yang dihasilkan engine berada pada RPM rendah sehingga torsi maximum juga pada RPM rendah. Pada kendaraan yang digunakan untuk kecepatan tinggi dengan beban ringan seperti sedan dan sepeda motor, maka daya maximum yang dihasilkan engine berada pada RPM tinggi, sehingga torsi maximum juga pada RPM yang tinggi.

Jumat, 24 Juli 2015

Bore Up Kawasaki Ninja RR 250 Pakai Piston Honda CBR 250

Bore Up Kawasaki Ninja RR 250 Pakai Piston Honda CBR 250 - Bagi pemilik Kawasaki Ninja RR Mono 250 yang bersilinder tunggal dapat bore up motor nya menggunakan piston dari Honda CBR 250. Pen piston sama 17 mm, dan dome lebih tinggi 1 mm milik CBR 250. Dome dapat dibentuk ulang dengan mesin bubut untuk menyesuaikan rasio kompresi. Pantat piston CBR 250 lebih pendek dan terdapat lapisan molybdenum khusus, sehingga lebih minim friksi. Diameter piston standar Ninja RR Mono 250 adalah 72 mm, sedangkan CBR 250 lebih besar 4 mm, yaitu 76 mm. Jadi volume mesin akibat bore up ini sebesar 277.7 cc. Untuk pen piston sendiri dapat menggunakan bawaan motor Ninja RR Mono dan disesuaikan di piston CBR 250 yang akan digunakan.
piston Kawasaki 250 cc
piston Honda CBR 250

Mengakali Kampas Kopling Matic yang Tipis

Mengakali Kampas Kopling Matic yang Tipis - Pada motor matik juga terdapat kopling yang bertipe sentrifugal. Cara kerja nya ialah secara otomatis mengembang mengikuti putaran mesin dan gaya sentrifugal yang terjadi. Saat kampas kopling masih bagus dan tebal, motor akan memiliki respon yang cepat untuk berjalan dari keadaan diam. Namun ketika kampas kopling sudah aus alias tipis, diperlukan bukaan gas lebih dalam demi mengawali jalan motor. Belum lagi getaran dan suara yang ditimbulkan tidaklah nyaman.
kampas kopling Vario yang sudah tipis
Kalau sudah demikian, kita dapat menebus kampas kopling baru pada motor matik kita agar kondisi nya kembali prima. Apabila mangkuk kopling juga aus disarankan mengganti 1 set. Harga dari komponen kopling matik tersebut tentunya tidaklah murah. Bagi yang kantong nya pas-pasan, mereka akan lebih memaksa untuk mengakali nya terlebih dahulu. Oleh karena itu, penulis blog freecharz ini akan memberi sedikit tips dalam mengakali kampas kopling matik yang tipis agar berfungsi normal kembali. Berikut tips nya, silahkan disimak penjelasan di bawah ini.

Agar respon motor tetap cepat, maka kita harus tahu penyebabnya. Semisal memang kampas kopling kita telah tipis alias aus, maka kesimpulan yang dapat diambil adalah bahwa gap antara kampas ke mangkuk telah jauh. Berarti pemikiran kita adalah harus mendekatkan kembali gap antara kampas ke mangkuk nya. Caranya adalah dengan memberi ganjal pada dudukan kampas atau kampas diganti baru dengan cara pantek.
  1. Ganjal Kampas Kopling
    Proses mengganjal kampas bisa dengan memberi lem besi seperti gambar di bawah. Bisa juga dengan memberi selang pada dudukan nya. Kedua cara tersebut membuat jarak per cvt semakin jauh, dan berarti per cvt menjadi semakin keras. Untuk itu kita harus melebarkan dudukan per agar tarikan per tidak terlalu keras.
    ganjalan lem besi agar kuat
    tempat per dilebarkan sedikit
  2. Pantek Kampas Kopling
    Untuk cara pantek kampas kopling juga tergolong merogoh kocek namun tidak semahal membeli part baru. Kelebihannya adalah luas permukaan bidang gesek kampas dapat dibuat lebih lebar dibandingkan orisinil nya. Tentu diperlukan tukang pantek kampas yang berpengalaman.
    beda permukaan kampas kopling
    pantek (kiri), orisinil (kanan)

Diameter Luar Liner/Boring Honda Supra X 125

Diameter Luar Liner/Boring Honda Supra X 125 - Untuk keperluan bore up, banyak yang bertanya seberapa jauh blok Supra X 125 alias Kharisma mampu di bore up dengan liner standar. Oleh karena itu, penulis mengukur diameter luar liner/boring dari blok Honda Supra X 125. Caranya adalah dengan menggunakan jangka sorong dan diukur diameter luar liner. Terbaca diameter luar liner Honda Supra X 125 adalah sebesar 58.1 mm. Ini berarti bore up maksimal ialah diameter terserbut dikurangi 4 mm, yaitu 54.1 mm. Namun keperluan balap liar yang dipakai hanya sebentar mampu dipaksa hingga 56 mm.
liner Honda Supra X 125
hasil diameter liner Supra X 125

Diameter Crankcase Honda Supra X 125

Diameter Crankcase Honda Supra X 125 - Untuk kali ini adalah diameter dari lubang crankcase  yang terhubung dengan blok Honda Supra X 125. Pengukuran menggunakan jangka sorong alias sigmat seperti pada gambar di bawah ini. Diameter lubang crankcase Honda Supra X 125 terbaca 59.5 mm.
diameter crankcase Honda Supra X 125

Rabu, 22 Juli 2015

Modifikasi Filter Udara dari Kertas ke Busa/Spons

Modifikasi Filter Udara dari Kertas ke Busa/Spons - Kebanyakan motor saat ini menggunakan filter udara berbahan dasar kertas yang dilumuri minyak. Fungsi nya adalah agar lebih banyak menyaring debu agar tidak masuk ke dalam mesin dibandingkan bahan busa/spons. Selain itu, penggantian praktis karena langsung ganti tanpa perlu merawat filter udara. Itu merupakan kelebihannya.
filter udara Beat yang sudah kotor
Sedangkan kelemahannya, karena tidak dianjurkan dibersihkan, kita harus menebus part filter udara kertas tersebut yang tidaklah murah. Ini berarti pengeluaran kita untuk merawat kendaraan kita lumayan merogoh kantong. Demi melakukan penghematan, filter udara kertas kita yang kotor dapat kita modifikasi sendiri dan diganti dengan bahan busa/spons. Namun ini cara diperkenankan bagi kita yang siap merawat ekstra, karena perlunya perawatan khusus. Perawatan tersebut adalah membersihkan busa filter secara rutin. Bisa dengan mencuci busa tersebut dan diberi oli kembali. Perlu diketahui juga bahwa daya penyaringan lebih baik kertas dibandingkan busa, sehingga udara masuk kurang bersih. Berikut contoh gambar secara sederhana dalam proses modifikasi filter udara kertas menjadi busa/spons.
potong busa/spons secukupnya
busa tersebut diberi oli secukupnya
oli tadi diremas agar meresap ke dalam busa
beri tahanan agar busa tidak lepas/jatuh

Minggu, 19 Juli 2015

Perbandingan Connecting Rod/Stang Seher Vega ZR dan Jupiter Z1

Perbandingan Connecting Rod/Stang Seher Vega ZR dan Jupiter Z1 - Berikut merupakan perbandingan connecting rod alias stang piston dari Vega ZR/New Jupiter Z dengan Jupiter Z1. Untuk spesifikasi ternyata sama persis. Perbedaan hanya pada big end Jupiter Z1 yg lubang.

detail stang piston Vega ZR dan Jupiter Z1
stang piston Vega ZR dan Jupiter Z New
stang piston Jupiter Z1

Model Knalpot 2 Tak dan Karakternya

Model Knalpot 2 Tak dan Karakternya - Sering kita melihat knalpot pada 2 tak memiliki model yang bermacam - macam. Ada yang namanya knalpot telo, udang, kolong, dsb. Tapi apa kita tahu yang dimaksud knalpot tersebut seperti apa? Dan juga bagaimana terhadap performa kendaraan tersebut Oke mari kita cari tahu bersama. Sebagai contoh adalah model knalpot yang sering muncul untuk RX King.
  1. Stock Exhaust / Knalpot Standar
    Knalpot standar merupakan keluaran asli dari pabrik alias bawaan motor. Model nya standar, namun ada juga yang telah modif dalaman nya. karakter dari model ini adalah untuk motor rpm rendah dan menengah. Irit konsumsi bahan bakar nya.
    stock exhaust RX King
  2. Shrimp Exhaust / Knalpot Udang
    Knalpot ini dinamakan knalpot udang karena memang bentuknya meliuk bak udang yang menghadap belakang. Untuk karakter nya, cocok untuk motor rpm tinggi seperti motor trail/motocross.
    shrimp exhaust RX King
  3. 3v3 Exhaust / Knalpot Telo
    Dinamai telo (ketela rambat) karena tabung nya besar namun panjang leher muffler yang pendek. Jadi mirip dengan ketela rambat. Karakter nya adalah power besar namun powerband relatif sempit.
    3v3 exhaust RX King
  4. Scorpion Exhaust / Knalpot Kalajengking
    Knalpot nya mirip 3v3, hanya saja muffler panjang. Jadi seperti standar Kawasaki Ninja 150. Karakternya adalah powerband yang lebar. Cocok untuk jarak jauh yang bermain rpm menengah.
    scorpion Exhaust RX King

Volume Oli Shock Depan Honda

Volume Oli Shock Depan Honda - Banyak nya oli shock depan sangat mempengaruhi pada proses peredaman, kestabilan, dan kekuatan suspensi depan. Oleh karena itu, kita perlu tahu standar volume oli shock depan motor Honda kita. Berikut tabel di bawah merupakan standar volume oli shock depan motor Honda.
volume oli shock depan Honda

Volume Oli Shock Depan Suzuki

Volume Oli Shock Depan Suzuki - Untuk volume oli shock depan standar milik Suzuki bermacam - macam. Kita perlu tahu acuan standar nya agar redaman suspensi dapat sesuai dengan kehendak kita. Berikut merupakan tabel yang tertera di botol oli shock depan Suzuki.
jumlah oli shock depan Suzuki

Volume Oli Shock Depan Yamaha

Volume Oli Shock Depan Yamaha - Agar suspensi depan nyaman dipakai, kita harus setting takaran oli. Takaran oli yang pas tentu tidak sama di setiap motor. Untuk beberapa varian motor Yamaha, terdapat standar volume oli shock depan nya. Berikut merupakan data volume oli sok depan yang direkomendasikan Yamaha melalui tabel di botol Yamalube Front Fork Oil.
volume oli shock depan Yamaha

Maksimal Kemiringan Saat Menikung Ala MotoGP

Maksimal Kemiringan Saat Menikung Ala MotoGP - Berikut merupakan perbandingan sudut kemiringan motor saat menikung. Sudut yang terbentuk dihitung berdasarkan sumbu normal dengan sumbu roda depan motor. Langsung saja disimak gambar di bawah ini.
perbandingan kerebahan motor saat berbelok
Jadi terlihat bahwa maksimum kemiringan motor sebesar 64º diraih oleh MotoGP. Namun sangat jarang motor dibawa berbelok hingga sedemikian rebah. Untuk motor bebek maupun matic yang beredar di Indonesia masih mengarah pada kelas Scooter maupun Street Bike yaitu 0 - 50º saja.