Adaptor Blok RX di Yamaha V80 - Ingin bore up ekstrim di motor bebek jadul Yamaha menggunakan blok dan head RX? RX yang mana saja terserah yang penting ada blok dan kop nya. Ini merupakan salah satu trik yang sering dilakukan tuner bebek jadul. Dengan berbekal adaptor besi di bawah blok, maka baut tusuk tidak perlu digeser. Seperti apa contohnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini.
salah satu model adaptor blok RX king akan dipasang di V80 |
Di atas tadi adalah ilustrasinya. Lantas bagaimana caranya? Caranya adalah menyiapkan plat esser tebal dan dimal sesuai dengan lubang baut standar dan blok RX yang akan digunakan. Pada bagian tengah, lubang disesuaikan dengan liner dan lubang transfer. Untuk lubang baut standar menyesuaikan bentuknya dan untuk baut tusuk blok berada di paling luar. Ini barusan adalah caranya mengkreasi adaptor blok agar blok dapat terpasang di crankcase V80.
ilustrasi mesin V80 di blok kop RX Special by Bayu, teman di Juwana |
Pertanyaan selanjutnya yang muncul pastilah terkait piston, porting, as kruk, stang, dsb. Ya, karena ini share dari teman aku, tentu bermacam-macam cara yang dipakai karena tergantung kebutuhan dan kemauan. Ada yang as kruk menggunakan Force1, F1ZR, Alfa (52 mm), RX King (50 mm), atau standar V80 tapi ganti stang. Piston sendiri juga tergantung kapasitas mesin mau dibuat berapa cc.
yamaha V75 blok kop RX100 by Adelio KRT Pro Speed |
Apakah ini membutuhkan bubut sana sini? Sudah dikatakan tergantung kebutuhan juga. Kalau piston nyatanya mendem/tenggelam jauh tentu perlu proses bubut blok atau malah ganti piston yang lebih tinggi dome nya. Porting tentunya diukur kembali agar durasi tidak kacau. Tentu aplikasi cara modif mesin ini butuh ilmu dan pengalaman yang lebih dari cukup.
yamaha V75 yang dulu dibuat mainan by Adelio KRT Pro Speed |