Tahanan Spul Motor Honda - Berikut merupakan tabel tahanan spul motor merk Honda. Cara mengetahuinya adalah dengan menggunakan ohmmeter. Gunakan probe + dan - nya ke spul yang akan diuji. Misal probe + ke jalur output/pin kabel sedangkan probe - ke massa atau negatif aki.
Rabu, 16 Desember 2015
Senin, 14 Desember 2015
Daftar Gir Rasio Yamaha Mio
Daftar Gir Rasio Yamaha Mio - Ingin merubah final gear dari rasio Yamaha Mio tentu harus tahu ukurannya (standar 13-42). Gir rasio Yamaha Mio yang tersedia di pasaran adalah sebagai berikut.
Jumat, 11 Desember 2015
Daftar Gir Rasio Honda Beat
Daftar Gir Rasio Honda Beat - Ingin merubah final gear dari rasio Honda Beat tentu harus tahu ukurannya (standar 12-45). Gir rasio Honda Beat yang tersedia di pasaran adalah sebagai berikut.
Rabu, 09 Desember 2015
Gir Sentrik/Timing Suzuki Smash Aus Pakai Milik GL100
Gir Sentrik/Timing Suzuki Smash Aus Pakai Milik GL - Gigi timing Suzuki Smash menyatu dengan poros engkolnya. Tentu ketika sudah aus atau mengalami patah gir, tidak ada yang menjual giginya saja. Demi menghemat biaya, as kruk silahkan dibawa ke tukang bubut untuk dipasangkan gigi sentrik milik GL100. Ukurannya sama 16 mata. Namun rantai tidak bisa menggunakan tipe silent. Apabila tidak ingin repot, profil gigi sentrik GL10 tadi harus dibentuk seperti tipe rantai silent. Kalau punya Tiger/MegaPro tipe silent, tetapi 17 mata.
sentrik Smash diganti GL |
Senin, 07 Desember 2015
Diameter Luar Boring/Liner Honda MegaPro
Jumat, 04 Desember 2015
Diameter Crankcase Honda MegaPro
Rabu, 02 Desember 2015
Detail Klep Yamaha Xeon
Detail Klep Yamaha Xeon - Berikut detail dari klep Kawasaki Kaze maupun Blitz.
- Diameter payung IN : 26 mm
- Diameter payung EX : 22 mm
- Panjang klep : 73 mm
- Diameter batang : 5 mm
Senin, 30 November 2015
Diameter Luar Liner/Boring Yamaha Scorpio
Jumat, 27 November 2015
Diameter Crankcase Yamaha Scorpio
Rabu, 25 November 2015
Akibat Suzuki Smash Titan Memakai Aki Basah
Akibat Suzuki Smash Titan Memakai Aki Basah - Beberapa orang akan memilih aki basah sebagai pengganti aki MF bawaan motor (sering orang bilang aki kering padahal bukan), seperti di Smash Titan. Kendala sering mengenai biaya alias uang untuk menebus aki MF. Padahal harga aki Yuasa YT7C untuk Smash Titan hanya sekitar 160 ribu rupiah saja, sedangkan aki basah GM5Z mungkin 130 ribu rupiah. Dengan menghemat uang segitu, maka akan timbul masalah yang lebih banyak seperti Suzuki Smash Titan yang satu ini.
1. Terminal aki berkarat
Dengan posisi aki MF yang terletak di ruangan bagasi, maka aki basah tidak akan ada ruang untuk melepas uap air aki. Efeknya uap air aki akan mudah bereaksi dengan terminal aki dan bautnya. Baut jadi susah dilepas plus kondisi bagasi yang tergolong sempit menambah tingkat kesukaran. Jika skun kabel juga rusak, mencari pengganti skun juga sulit karena kabel bawaan memiliki serabut banyak dan besar.
Dengan posisi aki MF yang terletak di ruangan bagasi, maka aki basah tidak akan ada ruang untuk melepas uap air aki. Efeknya uap air aki akan mudah bereaksi dengan terminal aki dan bautnya. Baut jadi susah dilepas plus kondisi bagasi yang tergolong sempit menambah tingkat kesukaran. Jika skun kabel juga rusak, mencari pengganti skun juga sulit karena kabel bawaan memiliki serabut banyak dan besar.
terminal aki basah sering berkarat |
2. Kabel bodi putus
Kabel bodi terletak tepat di bawah tempat aki. Apabila menggunakan aki basah, besar kemungkinan air aki menetes ke kabel bodi. Kabel orange tepat di cabang kabel yang sering putus. Indikasinya adalah tidak berfungsinya komponen listrik di dashboard.
Kabel bodi terletak tepat di bawah tempat aki. Apabila menggunakan aki basah, besar kemungkinan air aki menetes ke kabel bodi. Kabel orange tepat di cabang kabel yang sering putus. Indikasinya adalah tidak berfungsinya komponen listrik di dashboard.
sambungan kabel + output kontak putus akibat tetsan air aki |
3. Baut bagasi macet
Di bagian bawah aki terdapat 2 baut pengikat bagasi ke rangka. Jika menggunakan aki basah, selain mengkorosi kabel, maka baut ini juga mudah berkarat dan macet. Apabila kepala baut menggunakan +, dapat dipastikan bahwa baut berkarat akan membuat stress.
Di bagian bawah aki terdapat 2 baut pengikat bagasi ke rangka. Jika menggunakan aki basah, selain mengkorosi kabel, maka baut ini juga mudah berkarat dan macet. Apabila kepala baut menggunakan +, dapat dipastikan bahwa baut berkarat akan membuat stress.
bagasi Smash Titan |
Senin, 23 November 2015
Mesin Istimewa Motor Bakar
Mesin Istimewa Motor Bakar - Mari kita sedikit keluar dari topik sepeda motor. Penulis membayangkan apabila beberapa siklus istimewa ini ada di motor Indonesia. Oke lanjut ke topik, istimewa memiliki arti bahwa terdapat unsur khas. Jadi mesin berikut ini tidak lagi mengikuti bentuk dari prinsip kerja mesin tak (tahap) yang menggunakan silinder tunggal.
Mesin ini dikembangkan oleh Ferrari. Jadi intinya, dalam 1 perputaran poros engkol terjadi 1 kali siklus usaha. Mirip prinsip kerja 2 tak, namun bekerja mirip 4 tak. Sekilas mesinnya seperti mesin 4 tak konfigurasi V-engine.
Rotary Engine (Wankel)
Mesin ini muncul sudah lama, sekitar tahun 1950'an, dengan ide ingin menciptakan mesin yang prinsip kerja berbeda dari mesin piston. Jadi idenya adalah membuat mesin yang pistonnya langsung berputar bersama poros engkol sehingga dapat meringkas dimensi mesin. Cara bekerja mesin ini mirip 4 tak, memiliki lubang porting seperti 2 tak, dan di dalam 1 mesin rotary dapat diisi lebih dari 2 ruang bakar.
Mesin ini masih tergolong baru dan dikenalkan di depan umum sekitar tahun 2011. Mesinnya kecil menyerupai bola, bekerja seperti prinsip kerja toroida, menggunakan lubang porting seperti 2 tak, namun siklus pembakarannya seperti 4 tak. Kalau ditinjau kembali, mungkin mesin ini meneruskan prinsip kerja Rotary Engine, namun berbeda jauh. Video dibawah ini memiliki 1 kubah bola dengan 2 ruang pembakaran sama halnya dengan mesin piston 2 silinder.
Duke Engine
Mesin ini menggunakan cara kerja aksial, yaitu menggabungkan beberapa silinder piston menjadi satu tabung (silinder di dalam silinder) dan berputar bersama untuk memutar poros engkol. Prinsip kerja yang dipakai bisa 4 tak. Berikut video agar lebih jelasnya.
Jumat, 20 November 2015
Langkah Kerja Motor Bakar
Langkah Kerja Motor Bakar - Berikut beberapa macam langkah kerja motor bakar, yang mesin terapannya dapat kita gunakan sekarang.
2 Tak
Mesin 2 tak sudah menguasai Indonesia dengan era keemasannya yakni sebelum tahun 2000. Siapa tidak paham dengan motor 2 tak? Cirinya adalah 1 siklus tenaga tercipta dalam 2 tahap dengan 1 putaran poros engkol. Gas buangnya mengandung banyak asap karena adanya oli samping yang diikutkan dalam proses pembakaran bahan bakar.
- Langkah pertama adalah saat piston dari TMB ke TMA, langkah kompresi dimulai sambil membuang gas sisa pembakaran dan juga pemasukan gas baru di ruang poros engkol.
- Langkah kedua adalah saat piston dari TMA ke TMB, yaitu langkah usaha setelah terjadi pembakaran dengan perpindahan gas baru dari ruang poros engkol menuju ruang bakar untuk proses pembilasan.
4 Tak
Di atas tahun 2000, Indonesia populer dengan siklus 4 tak dan meninggalkan era motor 2 tak. Cirinya adalah 1 siklus tenaga tercipta dalam 4 tahap dengan 2 putaran poros engkol. Gas buangnya bersih (tanpa asap), emisi lebih rendah dibandingkan motor 2 tak, serta konsumsi bahan bakar yang lebih irit.
- Langkah pertama adalah piston dari TMB ke TMA, pembuangan gas sisa pembakaran (buang)
- Langkah kedua adalah piston dari TMA ke TMB, pemasukan gas (hisapan)
- Langkah ketiga adalah piston dari TMB ke TMA, pemampatan gas (kompresi)
- Langkah keempat adalah piston dari TMA ke TMB, pembakaran gas (usaha)
Mesin 5 tak, apakah benar ada mesin yang siklusnya selain 2 dan 4 tak? Tentu ada. Silahkan cari literatur mengenai motor 5 tak agar pengetahuan kita semakin bertambah. Siklusnya mirip 4 tak, hanya saja ditambahkan 1 siklus setelah tahap pembuangan, yaitu ekspansi tambahan.
- Langkah pertama adalah piston dari TMA ke TMB, pemasukan gas (hisapan)
- Langkah kedua adalah piston dari TMB ke TMA, pemampatan gas (kompresi)
- Langkah ketiga adalah piston dari TMA ke TMB, pembakaran gas (usaha)
- Langkah keempat adalah piston dari TMB ke TMA, memindahkan gas sisa ke silinder lain untuk langkah ekspansi. (buang)
- Langkah kelima adalah piston di silinder lain menerima gas buang dan berpindah dari TMA ke TMB (ekspansi tambahan)
NB: Siklus ini menggunakan 3 silinder, sehingga 2 silinder bekerja layaknya 4 tak sedangkan silinder yang lain bekerja menerima gas buang bergantian untuk ekspansi tambahan. Knalpot menerima gas buang hanya dari silinder ekspansi. Ketiga silinder tersebut masih menggunakan 1 poros engkol.
Mesin 6 tak, apakah penulis semakin mengada-ada? Tentu tidak. Siklus ini dikembangkan lagi dari siklus 4 tak. Ditambahkan 2 siklus baru dari siklus 4 tak, dan tentu beda dibandingkan siklus 5 tak.
- Langkah pertama adalah piston dari TMA ke TMB, pemasukan gas (hisapan)
- Langkah kedua adalah piston dari TMB ke TMA, pemampatan gas (kompresi)
- Langkah ketiga adalah piston dari TMA ke TMB, pembakaran gas (usaha)
- Langkah keempat adalah piston dari TMB ke TMA, pembuangan gas sisa pembakaran (buang)
- Langkah kelima adalah piston dari TMA ke TMB, udara/steam masuk untuk tahap ekspansi
- Langkah keenam adalah piston dari TMB ke TMA, udara/steam dibuang melalui katup buang yang berbeda.
NB: Siklus 6 tak ini berulang di tiap silindernya. Kalau 5 tak menggunakan 2 silinder berbeda dalam siklusnya.
Langganan:
Postingan (Atom)