Rabu, 20 Mei 2020

Pasang Head dan Blok Silinder Mio di Yamaha Jupiter

Pasang Head dan Blok Silinder Mio di Yamaha Jupiter - Banyak pemilik motor Jupiter yang ingin upgrade performa motornya. Ada yang melirik untuk memasang blok maupun head Mio karena bentuknya yang lebih besar dibandingkan standar, ketersediaan part racing Mio yang lebih beraneka ragam, klep batang 5 mm, per klep lebar, maupun porting yang lebih mengarah. Untuk penjelasan dapat dibaca di bawah ini, untuk video nya simak di link ini.

Head dan blok Mio di Jupiter

Senin, 18 Mei 2020

Diameter Crankcase Yamaha Jupiter

Diameter Crankcase Yamaha Jupiter - Untuk kali ini adalah diameter dari lubang crankcase yang terhubung dengan blok Yamaha Jupiter. Pengukuran menggunakan jangka sorong alias sigmat seperti pada gambar di bawah ini. Diameter lubang crankcase Yamaha Jupiter terbaca 60 mm.


Diameter Luar Liner/Boring Yamaha Jupiter

Diameter Luar Liner/Boring Yamaha Jupiter - Besar dari liner Jupiter sebesar 56.4 mm di bagian ujung, dan 58.3 di bagian pangkal.




Rabu, 13 Mei 2020

Karburator Jupiter Z di Jupiter lama/Vega/Crypton

Karburator Jupiter Z di Jupiter lama/Vega/Crypton - Pemasangan karburator milik Jupiter Z memiliki venturi lebih besar dibandingkan standar Jupiter lama/Vega/Crypton. Untuk pemasangan dapat langsung plug n play ke intake manifold standar. Mur setelan kabel gas dihabiskan sampai bawah, spuyer bawaan Jupiter Z sudah cukup jadi tidak perlu jetting ulang. Hasilnya performa akan lebih baik, tarikan ringan, top speed cepat diraih.

Karburator VM17SH Jupiter Z di motor Jupiter

Selasa, 12 Mei 2020

Panjang Blok Yamaha Mio Karburator Standar

Panjang Blok Yamaha Mio Karburator Standar - Panjang blok tempat piston naik turun standar nya adalah 73 mm.

Pengukuran menggunakan jangka sorong
Blok Mio kode 5LW

Kamis, 23 April 2020

Komstir Model Kacang alias Laher Bambu Untuk Yamaha Jupiter Dan Sejenisnya

Komstir Model Kacang alias Laher Bambu Untuk Yamaha Jupiter Dan Sejenisnya - Mengganti komstir standar model pelor atau model kelereng dengan model laher bambu yang bentuknya seperti kacang,  akan lebih awet sehingga kita tidak sering ganti part satu ini. Yang perlu diperhatikan adalah ukuran real dari komstir tersebut. Jika dimensi sudah sesuai dengan standar motor kita, maka tinggal cara pemasangan komstir. Pemasangan yang benar akan menjamin keawetan dari komstir, termasuk penyetelan kekencangan komstir.

Contoh aftermarket komstir bambu Yamaha Jupiter

Untuk hasil penggunaan komstir laher bambu ini akan terasa lebih berat dibandingkan dengan standar. Efeknya berkendara lebih stabil namun butuh tenaga ekstra. Untuk motor Yamaha Jupiter sendiri menggunakan ukuran 30x48x12 untuk bagian bawah, dan 25x43x12 untuk bagian atas. Tips ini berlaku untuk motor Yamaha sejenisnya.

Selasa, 17 Maret 2020

Kelebihan Kekurangan Mesin Motor Korek Bore Up Tetap Knalpot Standar

Kelebihan Kekurangan Mesin Motor Korek Bore Up Tetap Knalpot Standar - Ketika kita menaikkan kapasitas mesin,m mesin 110 cc menjadi 125 cc, maka banyak pula PR yang harus kita kerjakan. Ada perlu setting ulang karburator, porting, filter, dan satu lagi yang penting yaitu pembuangan alias knalpot.

Bagaimana kelebihan dan kekurangan jika mempertahankan knalpot standar pada motor yang sudah dikorek macam bore up? Berikut penjelasan nya.

Kelebihan: suara halus, bahan bakar irit, minim dana/ubahan
Kekurangan: mesin cepat panas, tenaga tertahan di putaran mesin tinggi, top speed tertahan

Penulis menyarankan sebaiknya untuk mesin bore up dilakukan perubahan knalpot juga agar hasil maksimal. Bisa dengan menggunakan knalpot racing, bobok knalpot, atau kanibal muffler motor standar lain yang karakter mesin rpm tinggi/kapasitas mesin lebih besar.

Yamaha Jupiter menggunakan silencer CB 150R

Ubahan seperti di atas memiliki karakter suara yang halus lebih sunyi daripada standar namun memiliki performa baik hingga rpm tinggi.

Knalpot Suzuki Satria 150 FI di Yamaha Jupiter Z


Jumat, 25 Oktober 2019

Spesifikasi Ukuran Retainer Topi Klep Pakai Shim Yamaha R25

Spesifikasi Ukuran Retainer Topi Klep Pakai Shim Yamaha R25 - Berikut ini ukuran dari topi klep/retainer atas Yamaha R25. Tentunya ini untuk batang klep ukuran 4,5 mm saja.











Diameter luar 18,7 mm, diameter dalam 13 mm, tebal topi per 2 mm, tinggi 8,7 mm dengan shim diameter 7,5 mm atau bawaan Satria F dan CBR bisa. Opsi shim sangat banyak di pasaran.

Sabtu, 19 Oktober 2019

Spesifikasi Karakter Per Klep Suzuki Nex II

Spesifikasi Karakter Per Klep Suzuki Nex II - Per klep Suzuki Nex bawaan nya dipasang tunggal, bukan double per. Tingkat kekerasan nya cocok untuk korek harian. Spesifikasi ukuran per klep sebagai berikut.

Diameter luar: 21.6 mm
Diameter dalam: 16 mm
Tebal kawat: 2.7 mm
Tinggi: 30 mm






Selain bawaan Suzuki Nex II, per ini mirip dari saudara nya yaitu Nex, Spin, Shogun Axelo, Smash, Address, SkyDrive, Skywave, Hayate.

Kamis, 01 Juni 2017

Jenis Pemasangan Cakram Rem

Jenis Pemasangan Cakram Rem - Disc brake atau piringan setidaknya ada 3 macam menurut pemasangannya pada pelek, yaitu fix, semi-floating dan floating. Fix banyak dijumpai di motor kecil, piringan langsung terbaut secara kuat ke pelek. “Ciri lain model ini kalipernya pasti fleksibel,” lanjut Benny. Hal ini dilakukan karena cakram belum tentu 100% lurus, ada keolengannya.

Semi-floating cirinya antara dudukan yang terikat ke pelek dan piringannya, terpisah dan disatukan dengan klem yang disebut conical washer, sehingga saat dijepit kaliper masih ada gerakan walaupun sedikit. Jenis ini banyak dijumpai di moge, sedang motor lokal misal di Yamaha YZF-R25. “Fungsi floating ini untuk mengurangi efek deformasi atau kerusakan disc brake akibat panas saat pengereman,” terang Ridwan.

Floating atau biasa disebut juga full floating piringan dan dudukannya benar-benar ada celah, sehingga bisa digoyang pakai tangan. Biasanya ditemui di remaftermarket untuk keperluan balap. Ciri berikutya biasanya dipadukan dengan kaliper yang fix.

Cakram model ini saat direm suaranya berisik. Cakram juga didesain dilengkapi lubang, yang fungsinya untuk menghilangkan air dan debu serta mengurangi bobot. “Di motor off-road disc brake-nya memiliki pinggiran bergelombang untuk mencegah terkumpulnya lumpur

Kamis, 24 November 2016

Motor Honda Rawan Konslet dan Kabel Putus!

Motor Honda Rawan Konslet dan Kabel Putus! - Berdasarkan kenyataan di lapangan, sering motor Honda mengalami gangguan kabel. Motor Honda yang dimaksud terutama keluaran mulai sepuluh tahun ini. Untuk motor sport sendiri akan mengalami putus kabel di dekat setir atau bawah tangki. Untuk motor matik di kabel rem, kabel spul dan sekitar throttle body, klakson, dan tak jarang pula kabel switch standar samping. Untuk motor bebek berkemungkinan konslet di belakang tombol klakson dan bawah jok.
 
kabel bodi menempel ke rangka
 
Di atas merupakan salah satu contoh kasus dari Honda New Blade. Kasus yang dialami ialah korsleting kabel pada rangka. Mengapa terjadi di sana? Ternyata karena tombol klakson bekerja dengan cara ditekan! Posisi kabel dari pabrikan berada di antara tombol dan rangka. Jika sering menekan tombol klakson, lama kelamaan isolator akan terkikis dan terkelupas. setelah itu konslet deh. Pencegahannya adalah mengecek posisi kabel tadi dan menambah isolasi lebih tebal. Jangan lupa pada tekukan di bawah jok. Saran ini berlaku untuk semua motor Honda.

Kamis, 03 November 2016

Busi Supra X 125 di Yamaha Xeon

Busi Supra X 125 di Yamaha Xeon - Busi standar Yamaha Xeon (NGK CR7E) mirip dengan Vixion (NGK CR8E). Apabila diganti dengan kepunyaan Jupiter MX (NGK CPR8AE9), Supra X 125 (Denso U24EPR9), dan sejenisnya akan sedikit menabrak piston. Jika memaksa dengan busi tersebut tentu perlu menyetel celah busi lebih rapat dengan feeler gauge sekitar 0.6 mm rata.  Selebihnya cara memasang sama saja.
elektroda busi Xeon lebih pendek
Jika tanpa perlakuan tersebut, maka bidang percikan bunga api busi tidak banyak karena elektroda samping akan tertekuk setelah disentuh piston.
busi Xeon/Vixion (bawah),
busi Jupiter MX (atas)