Senin, 23 Januari 2012

Cara Membersihkan Kampas Rem Tromol Belakang

Cara Membersihkan Kampas Rem Tromol Belakang - Suara yang muncul dari rem tromol (sprti gb. di bawah) sering muncul,apalagi saat musim penghujan.


Pasti kita akan bising jika mendengar rem kita berdecit keras. Hal ini menandakan kampas rem kita sudah kotor/habis. Eitzz ! Jangan terburu-buru mengganti dengan yang baru. kita bisa membersihkannya dengan tangan sendiri tanpa harus ke bengkel. Saya menggunakan motor saya, Jupiter 102 cc tahun 2001, sebagai contoh agar para pembaca sekalian mampu memahami lebih jelas.


Begini caranya:
1. Pastikan motor kita dalam posisi jagrak tengah,ini berguna agar roda belakang mampu berputar bebas.
2. Siapkan alatnya, yaitu Kunci 19 (kunci inggris bisa), kunci 10-12, amplas kasar, dan wadah.


3. kendorkan indikator secukupnya saja

4. buka mur dan baut penahan rem tromol dengan kunci 12,

5. lepaskan pengaitnya dr tempatnya dengan cara menginjak rem dan melepaskannya.


6. buka mur dengan kunci 19.


Kalau macet gunakan kunci 14 di sisi kiri dan kuci 19 di sebelah kanan 

7. tarik as dari roda keluar.

8. pukul perlahan spacer yang ada di kanan roda, setelah roda lepas, ambil kampas rem yg ada di dalam.


9. bersihkan kampas dengan amplas kasar hingga bagian mengkilapnya hilang.(jangan terlalu banyak)


10. kalau sudah kembali ke prosedur mengembalikannya.
11. pasang kampas ke bossnya dan masukkan ke sepeda lagi..
12. pasang roda bersamaan dengan spacer (hal ini tidak bisa satu per satu) lalu tekan ke atas.
13. masukkan kembali as ke dalam roda
14. setel kekencangan rantai dengan melihat indikatornya


15. kembalikan semua mur dan baut.

Cara Setel Klep Motor (HONDA)

Cara Setel Klep Motor (HONDA) - Ada kalanya Anda mecoba sendiri melakukan penyetelan klep pada motor Anda, tapi perlu diingat, bahwa setelan klep yang benar atau salah akan mempengaruhi terhadap performa mesin Sepeda Motor.

Berikut ini saya tulis secara ringkas cara cara yang tepat menyetel klep pada Sepeda Motor Honda.
1. Persiapkan alat-alat antara lain; 
  • Obeng (-) besar 
  • Kunci T 17 (untuk motor Supra X 125/Kharisma) 
  • Kunci T 14 (untuk motor Supra Fit, Tiger) 
  • Ring 8-9 (untuk motor tipe bebek) 
  • Ring 10-11 (untuk motor tipe Sport) 
  • Ring 17 (untuk motor tipe Sport) 
  • Ring 24 (untuk motor tipe bebek) 
  • Fuller gauge 1set 
  • Valve Adjusting wrech (kunci klep) 
2. Buka kedua tutup klep (In dan Ex) dengan menggunakan kunci Ring 17(tipe bebek) atau Kunci Ring 24 (tipe Sport)

3. Awalnya posisikan agar kondisi valve bebas atau posisi piston pada Titik Mati Atas (TMA), dengan cara buka tutup magnet pada blok mesin kiri dengan menggunakan Obeng (-) besar (ada 2 buah ), pergunakan kunci Ring 14/17 untuk memutar poros engkol berlawanan dengan jarum jam.

4. Sambil memutar poros engkol, perhatikan pada saat valve In bergerak, lihat pada lubang kecil di blok magnet, posisikan tanda T pada garis lurus di lubang kecil blok magnet.


5. Kemudian pegang dan gerak-gerakkan kedua klep untuk memastikan keduanya sudah dalam posisi bebas.

6. Jika langkah diatas sudah benar, maka lakukan penyetelan valve dengan ukuran untuk tiap-tiap motor sbb;
  • Tipe Sport (Tiger,Mega Pro,GL Pro,Phantom) ukuran = 0,10mm (±0,01mm). 
  • Tipe Bebek (Supra Fit, Grand, Legenda, Supra X, Win, GL 100) ukuran celah klep = 0,05mm (±0,01mm). 
  • Tipe Bebek (Supra X 125, Kharisma, Kirana) ukuran celah klep = 0,03mm (±0,01mm) 
  • Tipe Matik (Vario) ukuran celah klep ( Klep In : 0,15mm (±0,01mm) Klep Ex : 0,26mm (±0,01mm)
Cara penyetelannya adalah, kendorkan mur pengikat tappet adjuster (baut stelan klep) dengan menggunakan Ring 8-9 / 10-11

7. Lalu letakkan Fuller gauge sesuai ukuran celah klep kedalam ujung batang klep, putar tappet adjuster(baut stelan klep) sampai terasa apabila fuller gauge di tarik terasa seret dan apabila didorong tidak bisa.

8. Kemudian keraskan lagi mur stelan klep dan cek ulang hasil stelan klep tadi, sampai hasilnya tepat, (bila fuller gauge terasa ditarik seret dan di dorong tidak bisa)

9. Tutup kembali semua komponen yang tadi dibuka kemudian rasakan hasilnya.

Minggu, 22 Januari 2012

Menyetel Karburator Honda Tiger Revo

Menyetel Karburator Honda Tiger Revo - Dalam menyetel karburator ada beberapa poin penting yang harus dipahami. Jangan menurunkan langsam hingga rpm sekecil-kecilnya. Alasannya karena mesin membutuhkan sirkulasi pelumasan yang baik. Pelumasan tersebut akan bersirkulasi dengan baik berdasarkan tekanan dari putaran pompa oli yang berputar mengikuti putaran mesin. Jadi jika langsam mesin di bawah ketentuan pabrikan, maka akan memberikan dampak negatif. Pelumas akan kurang tersalurkan ke kepala silinder yang akhirnya dapat merusak komponen.

Berikut cara menyetel karburator Honda Tiger Revo
1. Putar penyetel langsam yang ada di karburator sebelah kiri motor hingga putaran mesin sekitar 2.500 - 3000 rpm


2. Langkah berikutnya menyetel skrup udara yang ada di bagian bawah pada karburator dengan menggunakan alat Obeng (-) kecil. Besarnya stelan angin untuk tipe motor Tiger ini adalah kurang lebih antara 2 – 2,5 putaran. (putar ke kanan mentok dan kembalikan kekiri hingga 2 – 2,5 putaran (sampe ketemu putaran mesin yang paling stabil).


3. Kemudian kecilkan RPM dengan memutar baut penyetel langsam ke kiri hingga ditemukan 1.400 - 1.600 RPM dengan melihat jarum penunjuk pada Tachometer.

Kendala yang dihadapi saat menyetel langsam :

  • Mesin tersendat-sendat (tidak bisa stabil)
  • Periksa lubang main jet dan pilot jet, pastikan tidak tersumbat dan sudah terpasang dengan baik
  • Ukuran Main jet dan slow jet tidak berubah ( sesuai dengan standar ) apabila tidak sesuai, maka bisa susah langsam, karena campuran BB tidak tepat
  • Periksa apakah ada kebocoran udara pada karburator dan intake manifold
  • Putaran mesin turun terlalu lama (nge-gerung)
  • Periksa kemungkinan baut karburator masih kendor, sehingga ada kebocoran udara
  • Periksa kedudukan jarum skep & skep sudah tepat dan tidak macet/seret pada saat balik
  • Periksa per skep mungkin sudah lemah
  • Periksa, kemungkinan BB bercampur dengan air
  • Knalpot nembak-nembak setelah gas ditarik
  • Periksa tidak ada kerusakan pada seal (karet) pada stelan angin, dengan membuka dan melepas skrup stelan -.angin dari karburator.
  • Periksa dan pastikan bahwa skrup stelan angin tidak cacat (ujung yang lancip pada stelan angin tidak patah)

Sabtu, 21 Januari 2012

Cara Menyetel Rantai Motor Sendiri

Cara Menyetel Rantai Motor Sendiri
1. Harus diketahui bahwa masing-masing tipe motor memiliki karakter yang berbeda, termasuk urusan rantai tadi. Untuk itu bacalah dengan seksama buku petunjuk manual sepeda motor dan pahami bagian-bagian motor yang terkait dengan rantai agar tidak bingung saat mengencangkan/ mengendurkan rantai.

2. Sebelum menyetel rantai, posisikan sepeda motor anda pada posisi standart (dongkrak) tengah. Hal ini bertujuan agar posisi roda belakang bisa bebas berputar. Cari posisi penyetelan rantai dengan cara diputar selanjutnya cari titik tertinggi dari rantai tersebut. Karena rantai yang sudah aus kondisi nya sangat berbeda, ada di satu titik kendor sekali sedang di titik yang lain posisinya sangat kencang.

3. Setelah itu kendurkan baut roda belakang dan tarik roda tersebut beberapa milimeter secara perlahan dan kencangkan baut kembali, untuk mengecek kekencangan rantai. Ukurlah jarak renggang rantai dengan cara menekan bagian bawahnya dengan jari tangan atau obeng. Jarak renggang rantai penggerak yang normal berkisar 20-33mm (atau bisa dilihat pada stiker di tutup rantai roda). Rantai yang terlalu kencang akan cepat mengalami keausan, sebaliknya jika kendur akan menimbulkan sentakan dan getaran yang berlebihan.


4. Jangan lupa untuk mematikan tanda penyesuai setelan rantai antara yang kiri dan kanan harus sama posisi tandanya. Demikian pula pastikan antara sprocket (gir) depan dan sprocket belakang harus tetap sejajar. Karena apabila tidak sama hal ini dapat merusak rantai bahkan sprocket-nya.

5. Kalau semua sudah dilakukan, pastikan saat mengencangkan baut roda belakang, roda tidak bergerak sama sekali, karena kalau bergeser sedikit saja akan memberi pengaruh besar pada kekencangan rantai.

6. Dianjurkan untuk memeriksa kekencangan rantai paling tidak dua minggu sekali agar keamanan dan kenyamanan berkendara lebih terjamin, apalagi kalau motor sering dipakai bepergian. Jika Anda tidak yakin bisa melakukan langkah-langkah di atas, ada baiknya untuk membawa motor ke bengkel atau meminta bantuan mereka yang lebih ahli.

Jumat, 20 Januari 2012

SOHC vs DOHC

SOHC vs DOHC - Pada kendaraan 4 tak, banyak di jumpai SOHC dan DOHC.

1. SOHC (Single Over Head Camshaft)
Disebut single karena mempunyai hanya satu poros camshaft yang melayani katup in dan ex. Kelebihannya adalah mudahnya konstruksi, baik head, rantai timing, dan profil noken as. Kekurangannya adalah kurang kuatnya suplai pada rpm tinggi. SOHC 4 klep juga ada untuk mengimbangi efisiensi pemasukan gas. Namun tetap saja kekurangan momen puntir di rpm tinggi terjadi. Hal ini yang kemudian menjadi keunggulan sistem DOHC.

SOHC = Single Over Head Camshaft

2. DOHC (Double Over Head Camshaft)
Disebut double karena terdapat dua poros camshaft yang kebanyakan melayani katup in dan ex tersendiri. Ada yang tiap porosnya memiliki 2 bumbungan profil kem untuk menekan 2 katup (konvensional), ada juga produsen yang membuat 1 bumbungan profil kem untuk tiap porosnya dan menggunakan rocker arm untuk menekan 2 katup. Kekurangannya adalah desain yang rumit dan mahal. Namun kelebihannya adalah performa di putaran tinggi sanggup dilayani karena efisiensi mekanis yang tinggi.

DOHC = Double Over Head Camshaft

Tutorial Pasang Kampas Kopling Sendiri Motor Bebek Jupiter

Tutorial Pasang Kampas Kopling Sendiri Motor Bebek Jupiter - Jika kopling terasa selip, ada kemungkinan kampas kopling atau per kopling aus. Biasanya mekanik akan menyarankan mengganti salah satu dari kedua komponen (kampas dan per kopling). Bisa memakai produk dengan performa lebih tinggi dari bawaan motor.

Contohnya per diganti yang lebih keras dari standar dengan tujuan supaya kampas lebih menekan pada pelat rumah kopling sehingga cengkraman kopling lebih kuat. Hasilnya diharapkan saat gas dibuka untuk berakselerasi, power loss akibat kopling selip bisa diminimalkan. Lalu kampas kopling biasanya menggunakan kampas yang bahannya lebih kuat mencengkram pelat gesek agar tidak mudah selip. Tentu penggantian tersebut ada konsekuensinya!

Biasanya kampas kopling racing menganut bahan lebih lembut yang menyebabkan kampas lebih cepat habis ketimbang standarnya. Untuk per kopling aftermarket yang umumnya lebih keras dari standar, akan membuat angkatan kopling jadi sedikit lebih keras. Untuk motor penganut kopling manual, untuk yang belum terbiasa akan membuat tangan cepat lelah. Tentunya menggunakan jenis per dan kampas yang sesuai selera akan lebih nyaman.

Di pasaran, kampas dan perkopling racing tersedia TDR, CLD, TK, Daytona, Kitaco dan Kawahara. Harga juga bervariatif, dari Rp 88-250 ribuan. Sedang untuk per kopling dibanderol Rp 70-250 ribuan/set.

Kamis, 19 Januari 2012

Korek Road Race Yamaha Mio 150 cc

1. Pegas CVT  aftermarket CLD
Tebalnya cukup buat memperkuat kondisi pegas aslinya agar buka-tutupnya puli sekunder nggak ngambang  waktu grip gas dipelintir.



2. Roller Custom
Perbadingan 7 dan 8 gram.


3. Piston GL-Pro NeoTech dengan diameter 57,5 mm
Kalau dihitung, volume silinder dengan stroke asli Mio 57,9 mm, hasilnya 150,274 mm. Biar enggak mudah jebol, bibir kepala seher dimendamkan 1 mm. Trus biar kompresi tetap padat, ruang bakar model hemi dipapas 1 mm agar dapat rasio kompresi 13,8 : 1.


4. Karbu PE 28
Setingan spuyer 40/130


5. Kem roller CLD buat Jupiter
Setingan durasi sekitar 272° pada klep in dan 272° untuk ex. Jelasnya klep in membuka 32° sebelum TMA dan menutup 60° setelah TMB. Lalu untuk klep ex terbuka 60° sebelum TMB dan menutup 32° setelah TMA.

Selasa, 17 Januari 2012

Tips Menyetel Kopling pada Motor Bebek

Tips Menyetel Kopling pada Motor Bebek - Biasanya saat persneling sepeda di rasa sudah tidak enak kita akan terburu - buru mengganti kampas kopling. Normalnya umur kampas kopling ini 24.000 km. Agar menghemat biaya sekitar 60.000, alangkah baiknya kita tahu cara menyetel nya agar pas. Untuk motor Yamaha letaknya da di kiri, untuk Honda dan Suzuki, dll. ada di kanan.

Berikut tips menyetel kopling pada motor bebek.
Peralatan:
1. Kunci 10-14 (karena tiap merek ada yg berbeda)
2. obeng + atau Obeng -

Langkah penyetelan:
1. Kendorkan Mur pengunci baut setelan kopling dengan kunci ring ke arah kiri hingga kendor.
letak setelan kopling