Rabu, 30 Desember 2015

Korek Harian Yamaha Jupiter 117 cc

1. Piston Honda Vario 125
Diameter piston standar Vario 125 adalah 52.4 mm dan menghasilkan kapasitas mesin 116.5 cc. Tinggi piston lebih tinggi 1 mm dibanding standar dan tipe jenong. Tentu rasio kompresi statis naik sekitar 10.7 : 1. Coakan klep dibuatkan lagi mengikuti klep yang masih standar.
piston Honda Vario 125 di Jupiter
2. Karburator Yamaha Jupiter Z
Karburator standar Jupiter Z dapat dipakai tanpa ubah apapun. Paling tidak porting polish dilakukan agar setelan karbu terasa ringan. Intake manifold kebetulan memakai yang pendek, usai dipotong dan dilas kembali.
karburator Jupiter Z standar
3. Knalpot Standar Bobok
Knalpot standar dibobok tanpa sekat dan diberi pipa ram dan glasswol agar suara tidak keras. Tarikan motor jadi lebih ringan.
knalpot freeflow standar costum
4. CDI Yamaha Mio lawas
Pengapian standar unlimiter digantikan dengan milik Mio lawas yang limiter 12.500 rpm. Karakter Mio lebih bagus sehingga performa juga lebih bagus serta lebih irit bahan bakar.
CDI Mio lawas 5TL
5. Noken as costum
Noken as standar dipapas dengan spesifikasi buka tutup 20-40 dan lift dipatok 7.8 mm. Per klep standar masih dapat dipakai namun sebaiknya per klep racing saja.

Senin, 28 Desember 2015

Diameter Luar Liner/Boring Kawasaki Blitz

Diameter Luar Liner/Boring Kawasaki Blitz - Besar dari liner Blitz/Kaze sebesar 61.6 mm dan tentu sangat tebal karena diameter dalam hanya 53 mm. Liner ini bisa diadopsi untuk bore up motor bebek lain.
diameter luar liner/boring Blitz/Kaze

Jumat, 25 Desember 2015

Diameter Crankcase Kawasaki Blitz-R

Diameter Crankcase Kawasaki Blitz-R - Diameter dari lubang crankcase Kawasaki Blitz-R sebesar 62.3 mm dan perkiraan sama dengan saudara nya Kaze.
diameter crankcase Kawasaki Blitz

Rabu, 23 Desember 2015

Profil Camshaft/Noken As Standar Honda Supra X 125

Profil Camshaft/Noken As Standar Honda Supra X 125 - Berikut detail profil noken as di motor Honda Supra X 125.

Durasi : Open + 180 + Close = x Derajat (@1 mm lift)
IN :  0 + 180 + 20 = 200º
EX : 42 + 180 + 22 = 244º
Overlap : 22º

Celah renggang klep :
IN : 0.04 mm
EX : 0.05 mm

Ø pinggang =  mm
Ø lift =  mm
Lift Kem = 4.1 mm
noken as Supra X 125

Senin, 21 Desember 2015

Cara Menyetel Shock Belakang

Cara Menyetel Shock Belakang - Bagi pemilik Shock Arsorber alias Shockbreker yang terdapat penyetelannya, dapat melakukan setting lembut maupun keras pada per shock nya. Cara ini digunakan untuk shock yang model setelan tingkat.
semakin per ditekan maka semakin keras shock
Langkah-langkah penyetelan Shock YSS Hybrid :

  1. Keadaan motor standar tengah
  2. Tarik per hingga setelan dapat diputar menyesuaikan posisi tingkatan yang diinginkan
  3. Semakin per ditekan, maka shock terasa keras. Begitu pula sebaliknya.

Jumat, 18 Desember 2015

Daftar Ukuran Tabung Sok Depan

Daftar Ukuran Tabung Sok Depan - Berikut merupakan tabel yang memudahkan kita untuk mencari substitusi inner tube sok depan. Bisa juga substitusi tersebut sebagai panduan modifikasi ketinggian motor kita. Jangan lupa juga model tutup atas ada tipe ulir/drat dan tipe klip.
Honda
Yamaha
Suzuki


Rabu, 16 Desember 2015

Tahanan Spul Motor Honda

Tahanan Spul Motor Honda - Berikut merupakan tabel tahanan spul motor merk Honda. Cara mengetahuinya adalah dengan menggunakan ohmmeter. Gunakan probe + dan - nya ke spul yang akan diuji. Misal probe + ke jalur output/pin kabel sedangkan probe  - ke massa atau negatif aki.
 

Senin, 14 Desember 2015

Daftar Gir Rasio Yamaha Mio

Daftar Gir Rasio Yamaha Mio - Ingin merubah final gear dari rasio Yamaha Mio tentu harus tahu ukurannya (standar 13-42). Gir rasio Yamaha Mio yang tersedia di pasaran adalah sebagai berikut.
  • 12-41
  • 12-42
  • 13-37
  • 13-38
  • 13-44
  • 13-45
  • 14-13
  • 15-40
  • 17-38
  • 17-39
  • 17-40
  • 18-37
  • 18-40
    gigi rasio Yamaha Mio

Jumat, 11 Desember 2015

Daftar Gir Rasio Honda Beat

Daftar Gir Rasio Honda Beat - Ingin merubah final gear dari rasio Honda Beat tentu harus tahu ukurannya (standar 12-45). Gir rasio Honda Beat yang tersedia di pasaran adalah sebagai berikut.
  • 13-43
  • 13-44
  • 13-47
  • 14-45
  • 14-46
  • 15-45
    gigi rasio Honda Beat

Rabu, 09 Desember 2015

Gir Sentrik/Timing Suzuki Smash Aus Pakai Milik GL100

Gir Sentrik/Timing Suzuki Smash Aus Pakai Milik GL - Gigi timing Suzuki Smash menyatu dengan poros engkolnya. Tentu ketika sudah aus atau mengalami patah gir, tidak ada yang menjual giginya saja. Demi menghemat biaya, as kruk silahkan dibawa ke tukang bubut untuk dipasangkan gigi sentrik milik GL100.  Ukurannya sama 16 mata. Namun rantai tidak bisa menggunakan tipe silent. Apabila tidak ingin repot, profil gigi sentrik GL10 tadi harus dibentuk seperti tipe rantai silent. Kalau punya Tiger/MegaPro tipe silent, tetapi 17 mata.
sentrik Smash diganti GL

Senin, 07 Desember 2015

Diameter Luar Boring/Liner Honda MegaPro

Diameter Luar Boring/Liner Honda MegaPro - Diameter dari boring/liner Honda MegaPro standar adalah 69.25 mm. Dengan piston standar nya 63.5 mm, maka sisa tebal boring adalah 2.9 mm tiap sisi nya.
tebal boring/liner Honda MegaPro

Jumat, 04 Desember 2015

Diameter Crankcase Honda MegaPro

Diameter Crankcase Honda MegaPro - Diameter crankcase dari motor Honda MegaPro adalah sebesar 70 mm. Untuk keperluan bore up, tentu crankcase ini sudah rapat dengan jalur oli (sisa sekitar 2.5 mm).
diameter crankcase Honda MegaPro