Rabu, 26 September 2012

Warna pada Elektroda Busi

Berikut adalah berbagai gambar busi dan beberapa masalah yang dapat diidentifikasi berdasarkan penampilan busi :

Images 1 & 2: Ini adalah campuran bensin yang terlalu miskin, ujung isolator adalah kelabu putih, tapi juga bisa menjadi kuning keabu-abuan.

Images 3 & 4: Seperti beludru, deposit karbon hitam kusam pada elektroda isolator, dan shell disebabkan oleh salah satu dari berikut: campuran yang salah, filter udara kotor, choke otomatis yang rusak, busi terlalu dingin , atau cara mengemudi stop & go yang extrem. Untuk memperbaikinya, setting ulang campuran udara dan bensin, mengganti filter udara atau menggunakan busi panas dan perbaiki cara mengemudi

Jenis, Kode, dan Problem Tentang Busi

Guide Busi Motor: JENIS, KODE HINGGA PROBLEMNYA
Bertugas membantu proses pembakaran, sesuai data timing pengapian yang dihasilkan dari putaran rotor magnet yang disampaikan pulser dan diolah oleh CDI, serta dibangkitkan oleh koil dan diteruskan ke busi. Api dan suhu busi harus dapat mencegah pembakaran dini dan suhu busi juga dituntut tinggi, untuk mencegah timbulnya endapan kerak. Dan untuk melayani kebutuhan mesin dan kenyamanan berkendara, beberapa produsen busi meluncurkan beberapa tipe busi, seiring pesatnya perkembangan teknologi mesin.

Dan bagaimana kita mengenal daya tahan busi, kemampuan percikan bunga api, serta menyetarakan dengan gaya berkendara kita dan kebutuhan? Dan jenis busi apa yang cocok dikonsumsi untuk motor kita? Untuk itu kenali lebih dulu jenis busi, dari hasil investigasi mekanik dan tuner, berikut ini:

Kanibal Kampas Kopling & Rantai

GUIDE KANIBAL KAMPAS KOPLING & RANTAI
Kampas kopling dan rantai, sama-sama menjadi media transfer power mesin ke roda. Kalau kampas kopling dari dalam, sementara rantai dari luar. Seiring dengan pesatnya perkembangan roda dua di tanah air, kadang memancing nafsu untuk bereksperimen untuk kanibal dengan milik motor lain dengan tujuan meningkatkan performa maupun mengejar harga yang lebih ramah di kantong tapi kualitas tetap terjaga untuk perangkat ini.

1. KAMPAS KOPLING
Ambil dari yang mempunyai CC lebih Besar
Metode kanibalan kampas kopling sampai saat ini diaplikasi hanya berdasarkan asas ‘asal tak merugikan’. Pertimbangan utama nya cuman sebatas dimensi saja, asal cocok maka boleh diaplikasi. Selebihnya banyak konsumen yang tak mengetahui dari manfaat kanibalan kampas kopling. 

Selasa, 25 September 2012

Memperpanjang Umur Camrat Jupiter


Awas ketika odometer mulai menginjak 60 ribu Km, rantai camrat mulai bikin ulah. Karena aus bagian pin bushingnya, kemudian menyebabkan tegangan camrat kendor. Saat berkendara jadi berisik, lantaran suara mesin tak bisa halus. Meskipun sudah dilengkapi dengan tensioner model automatis, tetap saja kemlitik.

Sebab, push rod tensioner sendiri memiliki limit batas tekanan ke karet tensioner untuk menstabilkan tegangan rantai camrat. Tapi sekarang entar dulu jangan keburu mengganti rantai camrat? sebab ada trik spesial buat pemilik Jupiter-Z. Lumayan, itung-itung untuk mengirit biaya maintenance.

Caranya mudah, pertama bongkar tensioner dari dudukannya. Kemudian ujung push rod tensioner tambahkan dengan mur baja (kunci 12) dan satukan dengan las listrik. Cara ini dilakukan untuk memperpanjang tonjokan puh rod ke karet tensioner.

Disc Brake Belakang Lebar Undang Bahaya

Rem adalah salah satu piranti keamanan motor yang fungsinya adalah untuk mengurangi kecepatan atau untuk menghentikan putaran roda. Bisa disimpulkan bahwa keberadaannya sangat penting untuk menjaga keamanan pengendara dan pengguna jalan lainnya.

Yang menjadi satu fenomena kini, dengan banyak beredarnya ragam part variasi rem khususnya cakram yang banyak menawarkan ragam produk piringan cakram dengan berbagai model serta diameter, banyak diantara kita yang kini salah kaprah mengartikan aplikasi serta kegunaannya. 

Sebagai salah satu contoh adalah aplikasi rem belakang cakram. Memang saat ini sudah jadi satu pakem paten jika motor modifikasi harus juga mengusung trend cakram belakang. Namun hal ini terkadang malah jadi satu boomerang jika kita memasang piringan cakram tanpa mengerti terlebih dahulu teori serta dasar-dasar aplikasinya.

Memilih Kalter Kopling yang Benar

MEMILIH CALTER KOPLING MANUAL PALING BENAR
Kopling manual tetap saja masih banyak diburu oleh pengguna motor bebek yang berumur lumayan tua, atau lebih dari 10 tahun. Tentu saja buat mendongkrak performa mesin, terutama di gasingan bawah nya agar tetap ringan berakselerasi. Tapi ada juga, yang pertama mengaplikasi kopling manual, kemudian mengeluh lantaran kampas kopling nya lebih mudah terbakar dan tak lagi pakem.

Beberapa ciri push rod yang dimanfaatkan untuk menekan kopling house dan membebaskan hubungan kampas kopling dan plat kopling harus diperhatikan. Untuk push rod yang polos lebih baik jangan dipilih. Sebab, push rod jenis ini biang nya kampas kopling terbakar. Sebab, saat tuas kopling kembali dilepas push rod kadang suka nyantol. Sehingga, hubungan kampas kopling dengan plat kopling ngambang, serta menyebabkan kampas kopling terbakar.

Skir / Skur Klep

Dalam melakukan sekur/skir klep, mekanik kerap berpatokan ketika terjadi kebocoran kompresi saja. Begitu kompresi drop, langsung skir klep, bocor lagi ya skir lagi. Padahal ada batas maksimum dalam melakukannya, tidak boleh terlalu sering. Sebab seating klep atau dudukan klep dalam kepala silinder punya batas pakai.

Pahami terminologi seating klep, dapat dilihat pada gambar (gbr. 1). Motor standar biasanya menganut sudut 35°, 45° dan 60°. Adapun sudut 45° merupakan titik kontak antara klep dengan seating klep.


Senin, 24 September 2012

Tips Memperpanjang Usia Pemakaian CDI

Bisa disimpulkan sebagai salah satu bagian penting untuk operasional mesin, CDI (Capacitor Discharge Ignition) merupakan suatu unit pengatur proses pengapian elektrik untuk mesin motor. Satu unitnya dilengkapi rangkaian kapasitor, dioda dan SCR (Silicon Controlled Switch). Dengan didukung suatu unit sensor waktu pengapian berupa pick up coil atau pulser yang terpasang di dekat magnet, sensor dikirim menuju CDI secara otomatis tanpa harus melakukan proses penyetelan.

Pada prakteknya, penanganan yang tidak tepat pada CDI akan berujung fatal, artinya CDI akan berumur singkat. So banyak hal yang harus diperhatikan agar perangkat elektronik ini akan awet pakai. Yang harus diperhatikan agar CDI berumur panjang antara lain : 

Spesifikasi Suzuki Satria F 150


MESIN

Jenis : 4-Tak, DOHC, Berpendingan Udara, SACS, 4-Katup
Jumlah Silinder : 1 (satu)
Diameter Silinder : 62 mm
Langkah Piston : 48.8 mm
Kapasitas Silinder : 147.3 cc
Perbandingan Kompresi : 10.2 : 1
Daya Maksimum : 16 Ps/9.500 rpm
Torsi Maksimum : 1.27 Kg.m/8.500 rpm
Karburator : MIKUNI BS 26 - 187
Saringan Udara : Jenis Kertas
Sistem Starter : Elektrik dan Kaki
Sistem Pelumasan : Perendaman Oli 

Memilih Intake Manifold

Lagi nge-trend, karbu motor jenis sport 2 tak diaplikasi di bebek 4 tak. Praktisnya, intake manifold juga ikutan diganti dan pakai sambungan joint karbu, lantaran karbu menganut model sok. Tapi awas, jangan sampai terjebak salah pilih model intake manifold.

Di pasaran variasi, ada yang murni dipakai balap dan harian. Bagaimana memilih intake manifold yang ideal buat karbu dengan sistem pemasangan model sok, untuk harian dan konsumsi balap ?.

Pedoman awal bisa ditinjau dari dimensi atau tinggi intake manifold. Buat konsumsi harian atau jangkauan buat touring, idealnya memakai intake manifold dengan dimensi lebih tinggi berbahan diral campuran almu dan dilengkapi dengan karet joint karbu. 

Minggu, 23 September 2012

Velocity - Gas Speed

Desain Motor Balap
Ini adalah rumus yang kita pakai sebagai dasar pengembangan seting mesin balap motor 4 Tak. Keselarasan dalam pemilihan spek modifikasi akan menentukan karakter tenaga mesin dan potensi yang mampu dilahirkan. Dengan spesifikasi ini motor lebih mampu untuk mengeluarkan tenaga di RPM atas. Namun modifikasi tidak hanya terhenti sampai disini, karena mesin 4 tak memiliki banyak komponen dan variable yang dapat dikorek lebih dalam untuk dikembangkan.

Proses Knocking Secara Umum

Kalau terjadi knocking, biasanya yang pertama disalahkan fuel. Ada kemungkinan oktan tidak sesuai (beli eceran dicampur minyak tanah?).

Nilai oktan sering dihubungkan dengan rasio kompresi. Secara umum sudah benar, tapi ada beberapa faktor lain yang ikut menentukan kebutuhan oktan. Diantaranya temperatur udara sekitar dan ketinggian operasional (altitude) kendaraan.

Katanya sih semakin panas udara sekitar maka kebutuhan oktan akan sedikit menurun. Dan katanya juga, semakin tinggi daerah operasi kendaraan juga ikut andil menentukan nilai oktan ideal.

Konon tabel-tabel hubungan antara nilai oktan dan rasio kompresi umumnya diambil dari riset laboratorium yang nota bene biasanya pada temperatur sekitar 24 derajat C.