Kamis, 19 Desember 2013

Fungsi Velocity Stack

velocity stack untuk karburator Jupiter
Fungsi dari velocity stack adalah sebagai berikut.
  1. Mengubah aliran udara yang turbulen menjadi laminer sebelum memasuki venturi karburator atau throttle body.
  2. Meningkatkan kecepatan aliran udara agar nafas mesin lebih panjang.
  3. Mencegah bahan bakar terbuang percuma ke udara akibat resonansi buka tutup klep
    ilustrasi perubahan aliran udara
Selain agar eye-catching, hasil pengunaan velocity stack ini akan lebih terasa jika diimbangi dengan setting spuyer karburator. Untuk injeksi, suplai bahan bakar sudah otomatis menyesuaikan dengan pemasukannya.
posisi/letak pemasangan velocity stack

Rabu, 18 Desember 2013

Cara Memasang Velocity Stack di Jupiter

velocity stack untuk Jupiter series
Fungsi dari velocity stack adalah mengubah aliran fluida yang turbulen menjadi laminar. Selain aliran udara menjadi terarah, CFM dan gas speed menjadi meningkat. Efeknya adalah nafas motor menjadi panjang dan tidak mudah mbrebet akibat tertiup angin.
beri karet ban secukupnya
Cara memasang velocity stack untuk karburator Jupiter dan sejenisnya mudah. Tinggal mengencangkan baut kecil menggunakan kunci L kecil. Namun, menurut pengalaman baut tersebut tidak kuat. Sehingga harus ditambah karet ban agar rapat. 
tampak depan
tampak samping

Selasa, 17 Desember 2013

Spesifikasi Suzuki Raider 115 (Satria F 115)

Suzuki Raider 115
Spesifikasi
Tipe mesin : 4 tak, SOHC, berpendingin udara
Diameter x langkah : 51 x 55.2 mm
Volume silinder : 112.8 cc
Rasio kompresi : 9.4 : 1
Sistem bahan bakar : Injeksi
Sistem pelumasan : Bak basah
Sistem starter : Starter kaki dan starter elektrik
Sistem pengapian : Pengapian elektronik
Kapasitas penggantian oli : 800 mL
Sistem transmisi : 4 tingkat percepatan, Constant Mesh
Tipe kopling : Basah, semi otomatis, sentrifugal, multiplat

Kaki - kaki
Suspensi depan : Teleskopik
Suspensi belakan : Lengan ayun
Ukuran ban depan : 70/90-17M/C 38 P, Tube type
Ukuran ban belakang : 80/90-17M/C 44 P, Tube type
Rem depan : Cakram
Rem belakang : Cakram

Dimensi
P x L x T : 1910 x 670 x 1000 mm
Wheelbase : 1.220 mm
Jarak terendah ke tanah : 145 mm
Berat kosong : 94 kg (tromol) 96 kg (Mags)
Tinggi tempat duduk : 765 mm
Kapasitas tangki bahan bakar : 3.7 L
Satria F 115

Senin, 16 Desember 2013

Memasang Karburator Rx King di New Jupiter MX

Memasang Karburator Rx King di New Jupiter MX - Banyak pengguna motor Yamaha Jupiter MX yang kurang puas terhadap laju kendaraannya. Sering faktor penyebabnya ialah karburator. Karburator sering dituduh sebagai penyebab kurangnya laju New Juptiter MX karena sudah bertipe vakum.
karburator RX King VM26
Langkah yang bisa diambil adalah menggunakan karburator RX King. Selain venturi karburator RX King sebesar 26 mm, karakternya bagus di putaran atas. Selain itu, intake standar New Jupiter MX dapat langsung digunakan tanpa repot menggantinya terlebih dahulu. Berbeda jika Jupiter MX lama yang harus mengganti intake manifoldnya terbelih dahulu.

Namun, terdapat kendala saat pemasangan karburator RX King di New Jupiter MX ini. Diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Terdapat TPS (Throtle Position Sensor) yang terhubung ke CDI.
Di karburator RX King tidak terdapat TPS. Jika menggunakan karburator ini, maka sensor TPS akan bekerja dan indikator di dashboard akan terus menyala akibat tidak terbacanya sensor TPS ke CDI. Cara satu - satunya yang dapat direkomendasikan secara aman adalah mengganti CDI asli menggunakan CDI BRT agar tidak ada sensor TPS lagi. Sekali lagi ini bukan promosi.

2. Kabel
Kabel gas harus menyesuaikan lagi. kabel choke menjadi non-aktif karena choke karburator RX King menggunakan tipe tarik manual.

3. Setting ulang spuyer
Kemungkinan spuyer berada di 17.5/130 (PJ/MJ). Setting hingga busi berwarna merah bata atau kecoklatan agar motor dapat tetap irit.

Minggu, 15 Desember 2013

Korek Road Race Honda BeAT 130 cc

1. Piston Izumi dengan diameter 54.4 mm
Dome piston dibuat hingga rasio kompresi bermain di angka 11,7 : 1. Ini terkait ketat dengan bahan bakar yang dipakai. Terutama, untuk Matic Race yang wajib berbahan bakar SPBU lokal. Makanya, kompresi tidak dibuat tinggi sekali.
piston izumi
2. Klep CS1 dengan diameter 28 mm (in) dan 24 mm (out)
Head diubah model bathub, dijejali klep CS1 dengan diameter 28 mm (in) dan 24 mm (out).
super head BeAT
3. Noken as costum
Untuk klep isap (in), membuka 25º sebelum Titik Mati Atas (TMA) dan menutup 55º sesudah Titik Mati Bawah (TMB). 25º + 55º + 180º = 260º. Sedang untuk klep ex, membuka 56º sebelum TMB dan menutup 24º setelah TMAº. 56º + 24º + 180º = 260º. Jadi, durasi kem dibuat sama untuk kedua klep. Untuk LSA kem sendiri, dibuat jadi 102º.
noken as racing
4. CDI Rextor Prodrag
CDI Rextor Prodrag dapat disetting kurvanya sesuai dengan keinginan.
CDI Rextor Pro drag
5. Roller 9 gram
Roller ringan mengejar akselerasi motor agar dapat keluar dari tikungan dengan cepat.
roller
6. Karburator standar jetting ulang
Standar nya diubah menggunakan 38/95. Ukuran pilot jet naik step sedangkan main jet malah cenderung minta turun.
jetting karburator BeAT

Sabtu, 14 Desember 2013

Karakter Noken As Racing (Kawahara, TDR, CLD, HRP)

karakter perubahan desain noken as
teori noken as
teori noken as
Karakter Noken As Racing (Kawahara, TDR, CLD, HRP) - Banyak produk camshaft/noken as yang sudah beredar luas, seperti Kawahara, TDR, CLD, HRP, dsb. Banyak juga rider yang memanfaatkan kepraktisannya, karena tinggal beli dan pasang saja. Banyak pilihan berbeda, bahkan satu merk juga menawarkan pilhan-pilihan berbeda-beda, dan menyebabkan konsumen bingung memilih yang mana. Karena itu saya mencoba memberikan keterangan-keterangan yang bisa membuat Anda mengerti tentang pilihan dalam memilih Noken As yang sesuai dengan karakter motor anda.

Contoh-contoh Noken As tersebut :
1. KAWAHARA
Ada tiga tipe:
  • tipe K1 
  • tipe K2 
  • tipe K3
Untuk K1 dan K2 biasa dipakai racing harian, lift, overlap dan LSA tidak terlalu ekstrim. Sedang untuk K3 untuk racing Ekstrim.
  • DATA KAWAHARA K1
    Klep in(durasi) : 19+180+50 = 249 derajat
    Klep ex(rurasi) : 51+180+21 = 252 derajat
    Lift in : 7.9 mm | Lift ex : 7.9 mm
    Lift overlap : 2.5 mm
    LSA : 105º
    Harga : 350 ribu
  • DATA KAWAHARA K2
    Klep in(durasi) : 11+180+57 = 248 derajat
    Klep ex(rurasi) : 41+180+31 = 252 derajat
    Lift in : 8 ,75 mm
    Lift ex : 8 ,56 mm
    LSA : 104º
    Harga : 400 ribu
  • DATA KAWAHARA RACING ONLY
    Klep in(durasi) : 28+180+ 60 = 268 derajat
    Klep ex(rurasi) : 60+180+31 = 271 derajat
    Lift in : 10 ,33 mm
    Lift ex : 8 ,89 mm
    LSA : 91º
    Harga : 600 ribu 
2. TDR
Noken As TDR racing memang pantas untuk harian dan Racing, Durasi dan LSA sangat aman dalap overlap sehingga tidak saling bentur antar klep. Bahkan untuk klep lebar sekalipun. 
  • DATA TDR
    Klep in(durasi) : 13+180+45 = 238 derajat
    Klep ex(rurasi) : 41+180+22 = 243 derajat
    Lift in : 8 ,4 mm
    Lift ex : 7 ,93 mm
    LSA : 103º
3. CLD
CLD singkatan dari ciledud atau Champion leader development. Noken as ini lebih keras atau setara dengan noken as standart pabrikan
  • DATA KEM CLD Stage 1
    Klep in(durasi) : 7+180+41 = 228 derajat
    Klep ex(rurasi) : 32+180+21 = 233 derajat
    Lift in : 7,1 mm
    Lift ex : 7,1 mm
    LSA : 101º
    Harga : 350 ribu
  • DATA KEM CLD Stage 2
4. HRP
HRP (Hendriyansyah Racing Produk) buatan pentolan pembalap nasional Hendriyansyah. Durasi kem ini mirip kem CLD, yang mempunyai karakter halus untuk di pakai harian. Enak untuk trek pendek
  • DATA KEM HRP
    Klep in(durasi) : 5+180+43 = 228 derajat
    Klep ex(rurasi) : 23+180+25 = 228 derajat
    Lift in : 7,35 mm
    Lift ex : 7,33 mm
    LSA : 99º
    Harga : 300 ribu
5. Marathon
Noken as keluaran Mitra2000 ini lumayan laku di pasaran.
  • DATA Noken As / Kem New Marathon
    Klep in(durasi) : 16+180+50 = 246 derajat
    Klep ex(rurasi) : 41+180+9 = 230 derajat
    Lift in : 7 ,78 mm
    Lift ex : 7 ,53 mm
    LSA : 107º
    Harga : 250 ribu 
6. SPS
SPS part dari Thailand yang sudah banyak produknya.
  • DATA KEM SPS Stage 3
    Klep in(durasi) : 21+180+50 = 251 derajat
    Klep ex(rurasi) : 64+180+21 = 265 derajat
    Lift in : 7,9 mm | Lift ex : 7,6 mm
    Lift overlap : 2,5 mm
    LSA : 108º
    Harga : 350-450 ribu

Jumat, 13 Desember 2013

Karburator Honda Grand di C70

Karburator Honda Grand di C70 - Agar performa Honda C70 tetap terjaga, biasanya perangkat karburator diganti dengan karburator berventuri lebih besar dari standar. Pilihannya bisa menggunakan milik Honda Grand/Supra yang murah atau milik Win 100, Jupiter Z, Shogun SP, dan Kharisma yang berperforma handal.
Honda C70
Pemasangan karburator Honda Grand di C70 sangatlah mudah. Yang diperlukan hanyalah intake manifold Grand/ Supra sendiri dengan karburatornya. Pemasangan plug n play dan tinggal setting angin-angin nya saja.
karbruator honda Grand di C70

Kamis, 12 Desember 2013

Ciri Kompresi Motor Lemah

Ciri Kompresi Motor Lemah - Tak perlu bongkar-bongkar mesin untuk mendeteksi kompresi motor sudah mengendur. Problem ini menghinggapi motor yang usianya di atas 3 tahun. Usia yang telah dipatok pabrik mulai melemahnya onderdil jaminan mereka. Kolo nggak melemah mana bisa dapat untung pabrik spare parts, kan begitu.
proses kompresi di dalam mesin
Gejala mudahnya tentu pada tarikan motor. Reaksi selongsong gas dan mesih sudah tak sinkron. Dulu, digas sikit sudah ngibrit, sekarang harus digas dalam-dalam baru bisa lari. Suara juga tak sebulat awalnya. Tentu saja bensin boros dengan sendirinya. Gejala ini mungkin terlalu umum. Maksudnya sulit menentukkan, apa betul itu soal gejala kompresi. Sebab gejala seperti itu sama dengan ausnya kampas kopling, hampir sama.

Makanya, ia bilang ada lebih sederhana lagi mendeteksinya. Dengar baik-baik, gejalanya saat menghidupkan motor di pagi hari atau lama didiamkan. Bila kompresi masih ketat atau utuh, sekali tombol starter elektrik dipencet motor akan bruuuum, hidup. Starter kaki ditendang pelan-pelan pun, motor dengan mudah hidup. Sebab uap bahan bakar masih kuat digencet kompresi membuatnya mudah meledak.

Sebaliknya, walau sudah ditendang-tendang dan dipencet-pencet tak kunjung menyala. Ini merupakan tanda kompresi sudah lemah. Pemampatan bahan bakar sudah tak ketat, bahan bakar akan sulit pecah dan tidak mudah juga dipercik api busi. Pada umumnya akibat melemahnya ring piston atau sudah waktunya over-size.

Rabu, 11 Desember 2013

Jenis & Spesifikasi Piston HI SPEED

Jenis & Spesifikasi Piston HI SPEED - Berikut adalah beberapa piston produksi pabrikan Hi-Speed Thailand yang beredar di Indonesia.
1. RX piston
Desain kepala piston : High dome
Desain bodi piston : Narrow body
Desain ring piston : Double ring
Piston pin : 13 mm, 14 mm, 15 mm
Size available : 50, 50.5, 51, 52, 52.5, 53, 53.5, 54, 54.5, 55, 55.5, 56, 57, 58, 58.5, 59, 59.5, 60, 60.5, 61, 61.5, 62, 63, 63.5, 64, 64.5, 65, 65.5, 66, 67, 68, 69, 70 mm.
RX piston Hi Speed
spesifikasi RX piston Hi Speed
2. R piston
Desain kepala piston : High dome
Desain bodi piston : Narrow body
Desain ring piston : Double ring
Piston pin : 13 mm, 14 mm, 15 mm
Size available : 50, 50.5, 51, 52, 52.5, 53, 53.5, 54, 54.5, 55, 55.5, 56, 57, 58, 58.5, 59, 59.5, 60, 60.5, 61, 61.5, 62, 63, 63.5, 64, 64.5, 65, 65.5, 66, 67, 68, 69, 70 mm.
R piston Hi Speed
spesifikasi R piston Hi Speed
3. PRO X piston
Desain kepala piston : High dome
Desain bodi piston : Wide body
Desain ring piston : Single ring
Piston pin : 13 mm, 14 mm, 15 mm
Size available : 50, 50.5, 51, 52, 52.5, 53, 53.5, 54, 54.5, 55, 55.5, 56, 57, 58, 58.5, 59, 59.5, 60, 60.5, 61, 61.5, 62, 63, 63.5, 64, 64.5, 65, 65.5, 66, 67, 68, 69, 70 mm.
Pro X piston Hi Speed
spesifikasi Pro X piston Hi Speed
4. PRO piston
Desain kepala piston : High dome
Desain bodi piston : Wide body
Desain ring piston : Double ring
Piston pin : 13 mm, 14 mm, 15 mm
Size available : 50, 50.5, 51, 52, 52.5, 53, 53.5, 54, 54.5, 55, 55.5, 56, 57, 58, 58.5, 59, 59.5, 60, 60.5, 61, 61.5, 62, 63, 63.5, 64, 64.5, 65, 65.5, 66, 67, 68, 69, 70 mm.
Pro piston Hi Speed
spesifikasi Pro piston Hi Speed
5. Racing piston
Desain kepala piston : High dome
Desain bodi piston : Wide body
Desain ring piston : Double ring
Piston pin : 13 mm, 14 mm, 15 mm
Size available : 50, 50.5, 51, 52, 52.5, 53, 53.5, 54, 54.5, 55, 55.5, 56, 57, 58, 58.5, 59, 59.5, 60, 60.5, 61, 61.5, 62, 63, 63.5, 64, 64.5, 65, 65.5, 66, 67, 68, 69, 70 mm.
Racing piston Hi Speed
spesifikasi Racing piston Hi Speed

Selasa, 10 Desember 2013

Memasang Klakson DENSO di Honda BeAT

Memasang Klakson DENSO di Honda BeAT - Saat ini marak/nge-trend pemasangan klakson mobil/Denso di motor. Kebanyakan ingin mencari gaya agar motornya dilirik saat tombol klakson ditekan. Selain itu, klakson Denso ini bersuara nyaring dan berfungsi agar lebih memberi peringatan bagi pengendara lain.
2 klakson Denso di Honda BeAT
Berikut adalah hasil praktek saya memasang klakson Denso di Honda BeAT.
1. Beli klakson Denso/mobil.
Klakson yang dibeli seharga 88 ribu rupiah sudah terdiri atas 2 klakson + 1 relay klakson.
klakson Denso
2. Rangkai klakson dan relay
Untuk pemasangan relay dan klakson dapat dilihat di sini. Klakson ditempatkan pada dudukan yang telah ada.
hasil setelah terpasang
Percobaan ini berhasil dan suara klaksonnya nyaring tanpa terjadi voltage drop karena relay ikut terpasang.

Senin, 09 Desember 2013

Korek Harian Honda BeAT Standar

1. Costum Rumah Roller
Untuk skutik BeAT, sebaiknya dilakukan pembenahan mekanis di seputar perangkat CVT. Permasalahan ada pada bagian terluar jalur roller yang tidak mulus. Hal ini terlihat dari permukaan alur terluar yang kasar  seperti bekas cor. Untuk mengobatinya, alur yang kasar di bagian lebih ke luar itu mesti ditata dengan bor tune. Awas jangan mengambil banyak bagian alur ini karena akan berpengaruh pada perilaku roller. Cukup lakukan penghalusan permukaan.
rumah roller BeAT
2. Roller 10 gram
Untuk tingkat awal bisa dilakukan tanpa bore up, bisa dengan ganti roller dengan standar Kymco Free LX . Beratnya sekitar 10 gram sedangkan BeAT 9 gram. Fungsi nya agar top speed lebih tinggi.
roller 10 gram
3. Piston Vario 110 cc
Ganti piston milik standar Vario. Diameter piston sama, sehingga bisa langsung tukar tanpa kolter. Bentuk muka pistonnya lebih jenong 1 mm, dengan begitu rasio kompresi bisa naik tapi relatif masih aman buat bensin Premium.
piston vario (kiri) piston BeAT (kanan)

Cara Memasang Relay Klakson Mobil di Motor

Cara Memasang Relay Klakson Mobil di Motor - Fungsi relay adalah sebagai pen-stabil arus sebelum arus memasuki komponen. Ada baiknya menggunakan relay ketika akan menggunakan komponen yang menggunakan arus yang besar pada motor. Jika tidak memasang relay, biasanya terminal saklar akan terbakar dan bisa lebih.
relay klakson
Berikut cara pemasangan relay tersebut.

  1. Beli relay klakson tersebutRelay klakson ini dapat dibeli di toko onderdil mobil. Biasanya ketika membeli klakson turut disertakan relay nya.
    relay klakson DENSO
  2. Pahami rangkaiannya.
    Terdapat 4 terminal pada relay. Lihat gambar agar lebih jelas.
    maksud nomor terminal
  3. Rangkai kabelnya.
    Rangkai kabelnya hingga dapat berfungsi penuh.
  • (+) aki dapat menggunakan kabel baru dan dilangsungkan (Jumper kabel)
  • (+) klakson dihubungkan kabelnya
  • Saklar sebaiknya diurut kabelnya, karena tiap motor tidak sama
  • Massa dijadikan satu saja dan dihubungkan ke bodi/baut.
    massa jadi satu ke sasis
  • tampilan keseluruhan