Sabtu, 19 April 2014

Salah Satu Cara Menambah Traksi Ban Off Road

Salah Satu Cara Menambah Traksi Ban Off Road - Salah satunya trik untuk meningkatkan traksi ban off road berbeda saat di jalan raya. Jangan samakan kondisi ban di jalan raya dengan di medan off road. Karena traksi yang dihasilkan ban aspal dan pacul berbeda. Ban aspal memiliki daya gesek besar di bagian telapak, ban pacul hanya mengandalkan kembangan tahu yang ada di permukaan ban.
off road bike
Untuk meningkatkan traksi ban pacul bisa dengan cara mengurangi tekanan angin pada ban. Jika di ban aspal tekanan angin berkisar 26-29 psi, untuk di trek tanah bisa dikurangi di bawah 20 psi. Tujuannya agar kembangan tahu pada ban pacul dapat menapak sempurna karena efek ‘kempes’ karena tekanan angin yang kecil. Makin sedikit angin, maka makin banyak ‘tahu’ yang menapak di tanah, karena itu traksi akan bertambah.

Terakhir, usahakan usia ban belum lewat tiga tahun. Biasanya jika usia ban sudah di atas tiga tahun, karet ban sudah getas dan keras. Hasilnya licin, seperti ban bertemu keramik. Karena telapak ban yang keras tidak bisa mencengkram tanah dengan sempurna.

Jumat, 18 April 2014

Korek Harian Honda Tiger 250 cc

1. Piston dengan diameter 71 mm
Boring harus ganti yang lebih tebal dan geser lubang sirkulasi oli agar tidak terganggu sistem pelumasan motor.
blok tiger piston gede
2. Klep 33/28 mm
Klep wajib lebih lebar daripada standar agar pasokan gas lebih lancar. Caranya hanya dengan memperbesar diameter dalam dudukan klep. Porting polish menjadi kunci suplai bahan bakar dan udara ke dalam mesin.
klep lebar di Tiger
3. Kampas Kopling 6 lembar
Kampas kopling ditambah menjadi 6 daripada standarnya agar meminimalisir selip. Per kopling sendiri tetap menggunakan standar karena dengan penambahan kampas menyebabkan per tertekan dan menjadi lebih keras.
kampas kopling Tiger
4. Noken as costum
Noken as costum menjadi kunci buka tutup klep. Lift ditambahkan menjadi 7 mm agar nyaman dipakai harian, sedangkan durasi dibuat lebih lebar daripada standar.
noken as Tiger costum
5. Karburator Keihin PWK 33
Karburator pas menggunakan venturi 33 mm. Motor akan optimal hingga 10 ribu rpm.
karburator keihin PWK
6. CDI BRT AC
Untuk otak pengapian tetap menggunakan AC produk BRT Hyperband. Tinggal pasang dan selamat mencoba!
cdi BRT AC

Kamis, 17 April 2014

Rumah Kopling 6 Per Mocin untuk Honda Tiger

Rumah Kopling 6 Per Mocin untuk Honda Tiger - Agar akselerasi Honda Tiger sobat lebih terasa, sebaiknya silakan ganti part di sekitar kopling pacuan sport Honda 200 cc itu. Terutama, ganti bagian kaki empat yang letaknya di mangkok kopling. Kaki empatnya diganti pakai dari motor Cina yang jumlahnya enam kaki. Pakai punya Viar yang basic mesin mirip Tiger.
rumah kopling mocin roda tiga
Alasan diganti pakai model kaki enam, agar balikan kopling terasa lebih menyentak. Juga daya tekannya jadi lebih rata. Ibaratnya, tenaga yang tadinya hanya 4 orang kini jadi dibantu 6 orang. Selain itu, langkah penggantian juga ditujukan buat mencegah kampas kopling mudah gosong. Terutama, ketika pacuan itu kerap dipakai balap atau akselerasi. Maka pergantian gigi menjadi lebih spontan. Karena model kaki enam, artinya ada penambahan dua per lagi. Nah, ini yang bikin tarikan lebih yahud.
kampas dan plat standar masuk
Pemasangan sendiri masih tetap seperti standar. Untuk membeli part ini, kira-kira cukup merogoh kocek sekitar Rp 250 ribuan. Harga yang dikeluarkan tadi, sudah termasuk kaki enam dan lawannya alias satu set. Sedang untuk mangkok kopling, tetap bisa pakai part standar Tiger.

Begitu juga kampas koplingnya. Tak perlu ganti! Sobat tetap bisa gunakan kampas standar bawaan Tiger. Lha wong yang diganti cuma kaki empatnya doang. Jadi, mangkok pun tetap bisa disesaki kampas Tiger yang jumlahnya 5 kampas.

Rabu, 16 April 2014

Fungsi Produk 9Power

Fungsi Produk 9Power - Komponen ini merupakan aksesoris pengapian dan hanya tambahan untuk mendorong pengapian bisa lebih tajam. Tentu saja, tak bakal merobek dompet seperti beli CDI racing. Pokoknya pakai ini lumayan tarikan motor bertambah, bahan bakar jadi irit. Nama barangnya 9Power. Penjualnya mengklaim bahwa 9Power bisa memaksimalkan akselerasi, tenaga dan top speed. Tarikan akan beda, lumayan bikin halus dan enteng mesin.
9power pada kabel busi
Harga Rp 45.000 per satuan, cukup murah. Aplikasinya gampang, tinggal copot soket busi lalu kabel dimasukkan ke selongsong 9power. Jangan sampai terbalik, kalau terbalik sia-sia hasilnya. Sebab sifat, 9Power mengantar aliran strum dari koil labih tajam.

Selasa, 15 April 2014

Paket Bore Up Honda Supra Series

1. Paket bore up SupraX 125
  • Faito 57 mm → 147.8 cc || 800.000 IDR
  • Shark 57 mm → 147.8 cc || 750.000 IDR
2. Paket bore up Supra 100
  • TK 52 mm → 106.2 cc || 650.000 IDR
  • TK 53 mm → 110.4 cc || 650.000 IDR
  • TK 54 mm → 114.6 cc || 650.000 IDR
  • Shark 54 mm → 114.6 cc || 700.000 IDR
  • Shark 55 mm → 118.8 cc || 700.000 IDR
  • Shark 56 mm → 123.2 cc || 700.000 IDR
  • Shark 57 mm → 127.6 cc || 700.000 IDR
NB: Harga hanya perkiraan saja.

Senin, 14 April 2014

Paket Bore Up Yamaha 2 Tak

1. Paket bore up RXZ
  • Shark 58 mm → 148 cc || 1.250.000 IDR
  • Faito 58 mm → 148 cc || 2.200.00 IDR
  • Ori Y3 up to 58 mm → 148 cc || 5.000.000 IDR
2. Paket bore up F1ZR
  • Shark 56 mm → 128.1 cc || 675.000 IDR
  • Faito 56 mm → 128.1 cc || 850.000 IDR
3. Paket bore up 125Z
  • Faito 57 mm → 139.6 cc || 2.000.000 IDR
  • Faito 61 mm → 159.9 cc || 3.200.000 IDR
  • Garris 60 mm → 154.7 cc || 1.500.000 IDR
4. Paket bore up RX King
NB: Harga hanya perkiraan saja.

Korek Suzuki Satria R 135 cc

1. Piston RG dengan diameter 59 mm
Piston diperdalam 1 mm pada bibir piston agar tidak menabrak kop. Perlu penggantian liner/boring agar aman untuk harian. Lubang exhaust dibuat 26 mm dari bibir blok dengan durasi sekitar 192 derajat. Lebar lubang exhaust diset 42 mm, lebih dari ini rawan patah ring piston nya. Lubang transfer diperbaiki arahnya saja.
piston RG 150
2. Karburator RX King
Karbu standar RX King dapat diaplikasikan ke Satria R. Setting spuyer standar juga masih bisa digunakan.
karburator RX King
3. Bobok knalpot
Knalpot dibobok agar nafas motor terasa lebih kuat.
knalpot racing Satria R

Sabtu, 12 April 2014

Paket Bore Up Yamaha Jupiter Z

1. Paket bore up Shark
  • 55 mm → 128.3 cc || 600.000 IDR
  • 57 mm → 137.9 cc || 750.000 IDR
paket bore up SHARK
2. Paket bore up Faito
  • 55 mm → 128.3 cc || 750.000 IDR
  • 57 mm → 137.9 cc || 800.000 IDR
paket bore up Faito
3. Blok bore up TDR
  • 55 mm → 128.3 cc || 400.000 IDR
blok bore up TDR
4. Blok bore up Tiger costum
  • 63.5 mm → 171.1 cc || 900.000 IDR
blok bore up Tiger
NB: Harga hanya perkiraan saja.

Jumat, 11 April 2014

Spesifikasi Yamaha R15

Yamaha R15
Mesin
Tipe Mesin : SOHC, 4 klep, berpendingin cairan
Kapasitas mesin : 149.8cc
Diameter x Langkah : 57 x 58.7 mm
Perbandingan Kompresi : 10.4 : 1
Max Power : 16.59 dk/8.500 rpm
Max Torque : 14.50 nm/7.500 rpm
Sistem Pengkabutan : Injeksi
Sistem Starter : Elektrik
Kapasitas oli : 1.15 L
Penggantian oli : 1 L
Transmisi : 6 tingkat percepatan

Kaki - kaki
Ukuran Ban Depan : 90/80-17 Tubeless
Ukuran Ban Belakang : 130/80-17 Tubeless
Rem Depan : Cakram 245mm
Rem Belakang : Cakram 220mm
Suspensi Depan : Telescopic
Suspensi Belakang : Link Type Monocross
Kapasitas tangki : 12 Liter

Rangka
Rangka : Delta Box
Speedometer : Semi Digital
P x L x T: 1.975 mm x 660 mm x 1.070 mm
Jarak sumbu roda : 1.345 mm
Jarak terendah ke tanah : 160 mm
Tinggi tempat duduk : 800 mm
Berat isi : 136 kg

Kamis, 10 April 2014

Waspada Penggunaan Ban Vulkanisir

Waspada Penggunaan Ban Vulkanisir - Mahalnya ban baru membuat beberapa orang mudah tergiur ban vulkanisir yang lebih murah. Ban vulkanisir adalah ban bekas yang dilapisi ulang permukaannya sehingga dapat kembang seperti baru lagi. Lebih buruk dari kategori asli tapi palsu. Kembang ban ini hanya tempelan, hanya kelihatannya segar, saat dipakai bahaya. Ban vulkanisir mampu menjadi murah nya nyawa pengendara di jalan raya.
ban vulkanisir
Ban ini menyebabkan ban mudah meletus. Vulkanisir hanya tambahan lapisan karet yang diproses pemanasan. Tidak menyatu seperti cetakan ban keluaran pabrik. Tidak tahan panas umumnya ban digunakan, sewaktu-waktu lapisan nya copot. Ban vulkanisir tidak stabil. Bobot ban jadi berat akibat ditambah lapisanya. Setang setir berat gerakannya. Getaran juga tinggi ketika melaju karena ban tidak balans, juga mudah jendol-jendol. Begitulah, ban sulapan. Bukan hanya itu, akibat ban yang peyang sana-sini dan bobot ban bertambah laher roda kerap jebol.

Membedakan antara ban vulkanisir dengan ban asli adalah hal mudah. Ya tanpa perlu keahlian khusus. Dari samping ban vulkanisir kembangnya tidak menyatu. Terlihat juga garis tipis seperti karet tempelan yang disatukan. Selain itu, harga ban vulkanisir juga jauh lebih murah dibanding ban baru. Perbedaan harganya bahkan bisa lebih dari 50 persen. Makanya bila ada ban yang bermutu dijual harga miring, nah hati-hatilah. Juga selagi ada dana, jangan deh dibeli.