Kamis, 10 April 2014

Waspada Penggunaan Ban Vulkanisir

Waspada Penggunaan Ban Vulkanisir - Mahalnya ban baru membuat beberapa orang mudah tergiur ban vulkanisir yang lebih murah. Ban vulkanisir adalah ban bekas yang dilapisi ulang permukaannya sehingga dapat kembang seperti baru lagi. Lebih buruk dari kategori asli tapi palsu. Kembang ban ini hanya tempelan, hanya kelihatannya segar, saat dipakai bahaya. Ban vulkanisir mampu menjadi murah nya nyawa pengendara di jalan raya.
ban vulkanisir
Ban ini menyebabkan ban mudah meletus. Vulkanisir hanya tambahan lapisan karet yang diproses pemanasan. Tidak menyatu seperti cetakan ban keluaran pabrik. Tidak tahan panas umumnya ban digunakan, sewaktu-waktu lapisan nya copot. Ban vulkanisir tidak stabil. Bobot ban jadi berat akibat ditambah lapisanya. Setang setir berat gerakannya. Getaran juga tinggi ketika melaju karena ban tidak balans, juga mudah jendol-jendol. Begitulah, ban sulapan. Bukan hanya itu, akibat ban yang peyang sana-sini dan bobot ban bertambah laher roda kerap jebol.

Membedakan antara ban vulkanisir dengan ban asli adalah hal mudah. Ya tanpa perlu keahlian khusus. Dari samping ban vulkanisir kembangnya tidak menyatu. Terlihat juga garis tipis seperti karet tempelan yang disatukan. Selain itu, harga ban vulkanisir juga jauh lebih murah dibanding ban baru. Perbedaan harganya bahkan bisa lebih dari 50 persen. Makanya bila ada ban yang bermutu dijual harga miring, nah hati-hatilah. Juga selagi ada dana, jangan deh dibeli.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar