Selasa, 08 Juli 2014

Rasio Kompresi Honda CS1 Setelah Papas Blok

blok mesin CS1
Pemilik motor Honda CS1 pun terkadang ingin motornya mampu berlari lebih kencang. Oleh karena itu beberapa memilih untuk memapas blok silinder untuk mendongkrak kompresi motornya. Berikut ubahan rasio kompresi statis motor Honda CS1 setelah memapas blok silindernya.

Papas (mm) || Rasio Kompresi
     std         ||         10.7 : 1
     0.1         ||         10.9 : 1
     0.2         ||         11.1 : 1
     0.3         ||         11.3 : 1
     0.4         ||         11.6 : 1
     0.5         ||         11.8 : 1
     0.6         ||         12.1 : 1
     0.7         ||         12.3 : 1
     0.8         ||         12.6 : 1
     0.9         ||         12.9 : 1
     1.0         ||         13.2 : 1

Korek Harian Yamaha Byson 170 cc

1. Piston racing dengan diameter 61 mm
Piston dicari yang memiliki pen 15 mm dengan diameter 61 mm agar ketemu kapasitas mesin bersih menjadi 169.3 cc. Tidak perlu ganti boring. Cukup kolter saja dengan sisa ketebalan liner sekitar 2 mm kanan kiri. Sangat aman untuk sehari-hari.
piston 61 mm
2. Kampas kopling Scorpio
Kampas kopling menggunakan milik Scorpio apabila kampas sudah tidak bekerja dengan baik lagi. Per kopling juga dapat menggunakan milik Ninja R.
kampas kopling
Byson (kiri), Scorpio (kanan)
3. Knalpot freeflow
Knalpot menggunakan freeflow agar power lebih nendang.
knalpot freeflow NOB1

Senin, 07 Juli 2014

Rasio Kompresi Yamaha Vixion Setelah Papas Blok

blok mesin Vixion
Pemilik motor Yamaha Vixion pun terkadang ingin motornya mampu berlari lebih kencang. Oleh karena itu beberapa memilih untuk memapas blok silinder untuk mendongkrak kompresi motornya. Berikut ubahan rasio kompresi statis motor Yamaha Vixion setelah memapas blok silindernya.

Papas (mm) || Rasio Kompresi
     std         ||         10.4 : 1
     0.1         ||         10.6 : 1
     0.2         ||         10.7 : 1
     0.3         ||         10.9 : 1
     0.4         ||         11.0 : 1
     0.5         ||         11.2 : 1
     0.6         ||         11.4 : 1
     0.7         ||         11.6 : 1
     0.8         ||         11.8 : 1
     0.9         ||         12.0 : 1
     1.0         ||         12.2 : 1

Minggu, 06 Juli 2014

Rasio Kompresi Suzuki Satria FU Setelah Papas Blok

blok mesin Satria FU
Pemilik motor Suzuki Satria FU pun terkadang ingin motornya mampu berlari lebih kencang. Oleh karena itu beberapa memilih untuk memapas blok silinder untuk mendongkrak kompresi motornya. Berikut ubahan rasio kompresi statis motor Suzuki Satria FU setelah memapas blok silindernya.

Papas (mm) || Rasio Kompresi
     std         ||         10.2 : 1
     0.1         ||         10.4 : 1
     0.2         ||         10.6 : 1
     0.3         ||         10.9 : 1
     0.4         ||         11.0 : 1
     0.5         ||         11.2 : 1
     0.6         ||         11.4 : 1
     0.7         ||         11.6 : 1
     0.8         ||         11.8 : 1
     0.9         ||         12.1 : 1
     1.0         ||         12.3 : 1

Sabtu, 05 Juli 2014

Rasio Kompresi Kawasaki Ninja 250 Setelah Papas Blok

blok mesin Ninja 250
Pemilik motor Kawasaki Ninja 250 pun terkadang ingin motornya mampu berlari lebih kencang. Oleh karena itu beberapa memilih untuk memapas blok silinder untuk mendongkrak kompresi motornya. Berikut ubahan rasio kompresi statis motor Kawasaki Ninja 250 setelah memapas blok silindernya.

Papas (mm) || Rasio Kompresi
     std         ||         10.4 : 1
     0.1         ||         10.5 : 1
     0.2         ||         10.6 : 1
     0.3         ||         10.7 : 1
     0.4         ||         10.8 : 1
     0.5         ||         11.0 : 1
     0.6         ||         11.1 : 1
     0.7         ||         11.2 : 1
     0.8         ||         11.3 : 1
     0.9         ||         11.5 : 1
     1.0         ||         11.6 : 1

Jumat, 04 Juli 2014

Batas Lebar Porting Exhaust/Knalpot Motor 2 Tak

modifikasi porting 2 tak
Mengubah bentuk dan dimensi porting knalpot meruapakan salah satu cara untuk menambah power pada motor 2 tak. Perlu diketahui bahwa batas maksimal lebar porting adalah 76% dari diameter piston yang dipakai. Jika lebih dari itu, dikhawatirkan ring piston cepat aus bahkan patah karena menabrak permukaan porting. Berikut merupakan batas maksimal lebar porting exhaust/knalpot pada motor 2 tak. Semoga membantu!
Ø piston (mm) || Lebar porting (mm)
      41.0          ||            31.2
      42.0          ||            31.9
      43.0          ||            32.7
      44.0          ||            33.4
      45.0          ||            34.2
      46.0          ||            35.0
      47.0          ||            35.7
      48.0          ||            36.5
      49.0          ||            37.2
      50.0          ||            38.0
      51.0          ||            38.8
      52.0          ||            39.5
      53.0          ||            40.3
      54.0          ||            41.0
      55.0          ||            41.8
      56.0          ||            42.6
      57.0          ||            43.3
      58.0          ||            44.1
      59.0          ||            44.8
      60.0          ||            45.6

Kamis, 03 Juli 2014

Daftar Jarak Porting Exhaust/Knalpot Racing Motor 2 Tak

bentuk porting dalam gambar 2D
Berikut merupakan daftar jarak porting exhaust/knalpot motor 2 tak yang memiliki durasi mendekati 200º. Durasi 200º pada motor 2 tak merupakan durasi racing yang sudah umum dipakai di dunia.

YAMAHA
V75 = 20.5 mm
V80 = 22.5 mm
F1ZR = 25.5 mm
L2S = 22 mm
RX100 = 22 mm
RXS = 24.5 mm
RXK = 24.5 mm
RXZ = 26.5 mm
Touch = 27 mm
125Z = 27 mm
TZM = 26.5 mm
AS1 = 21 mm

SUZUKI
FR 80 = 22.7 mm
A100 = 23.5 mm
RC 100 = 22.5 mm
Tornado GS = 23.5 mm
Crystal = 23.5 mm
Satria R = 24 mm
TS 125 = 24.5 mm
RGR = 26.5 mm

HONDA
NSR 150 = 26.5 mm

KAWASAKI
Ninja 150 = 26.5 mm

Rabu, 02 Juli 2014

Mengubah Durasi Knalpot 2 Tak

detail porting 2 tak
Membangun motor 2 tak kencang sangatlah mudah. Caranya bisa dengan menambah durasi buang pada porting exhaust, yaitu dengan menaikkan lubang ke arah bibir blok. Jarak/tinggi lubang knalpot ini dibentuk dengan cara dibor menggunakan mata bor tune dan diarahkan ke arah bibir blok. Terdapat rumus sendiri untuk menentukan durasi exhaust pada 2 tak. Rata-rata durasi yang dipakai untuk balap sekitar 195 - 205º dengan kelebaran lubang sebesar maksimal 76% dari diameter piston.
bentuk lubang porting
bentuk standar (kiri) dan modifikasi (kanan)
Durasi knalpot 2 tak terpengaruh oleh jarak dari bibir blok hingga dinding lubang bagian yang dekat dengan bibir blok. Mengukurnya dapat menggunakan jangka sorong. Jika sudah didapat durasi yang diinginkan, maka perlu dicermati bahwa adanya penurunan kompresi mesin. Hal ini disebabkan jarak pemampatan gas yang semakin sempit. Untuk mengatasinya diperlukan desain kubah bakar yang lebih sempit agar kompresi terdongkrak kembali. Intinya semua butuh pengukuran yang teliti agar motor 2 tak yang dibangun menjadi kencang tanpa ada masalah yang berarti.
gambar kubah 2 tak