Rabu, 22 Juli 2015

Modifikasi Filter Udara dari Kertas ke Busa/Spons

Modifikasi Filter Udara dari Kertas ke Busa/Spons - Kebanyakan motor saat ini menggunakan filter udara berbahan dasar kertas yang dilumuri minyak. Fungsi nya adalah agar lebih banyak menyaring debu agar tidak masuk ke dalam mesin dibandingkan bahan busa/spons. Selain itu, penggantian praktis karena langsung ganti tanpa perlu merawat filter udara. Itu merupakan kelebihannya.
filter udara Beat yang sudah kotor
Sedangkan kelemahannya, karena tidak dianjurkan dibersihkan, kita harus menebus part filter udara kertas tersebut yang tidaklah murah. Ini berarti pengeluaran kita untuk merawat kendaraan kita lumayan merogoh kantong. Demi melakukan penghematan, filter udara kertas kita yang kotor dapat kita modifikasi sendiri dan diganti dengan bahan busa/spons. Namun ini cara diperkenankan bagi kita yang siap merawat ekstra, karena perlunya perawatan khusus. Perawatan tersebut adalah membersihkan busa filter secara rutin. Bisa dengan mencuci busa tersebut dan diberi oli kembali. Perlu diketahui juga bahwa daya penyaringan lebih baik kertas dibandingkan busa, sehingga udara masuk kurang bersih. Berikut contoh gambar secara sederhana dalam proses modifikasi filter udara kertas menjadi busa/spons.
potong busa/spons secukupnya
busa tersebut diberi oli secukupnya
oli tadi diremas agar meresap ke dalam busa
beri tahanan agar busa tidak lepas/jatuh

Minggu, 19 Juli 2015

Perbandingan Connecting Rod/Stang Seher Vega ZR dan Jupiter Z1

Perbandingan Connecting Rod/Stang Seher Vega ZR dan Jupiter Z1 - Berikut merupakan perbandingan connecting rod alias stang piston dari Vega ZR/New Jupiter Z dengan Jupiter Z1. Untuk spesifikasi ternyata sama persis. Perbedaan hanya pada big end Jupiter Z1 yg lubang.

detail stang piston Vega ZR dan Jupiter Z1
stang piston Vega ZR dan Jupiter Z New
stang piston Jupiter Z1

Model Knalpot 2 Tak dan Karakternya

Model Knalpot 2 Tak dan Karakternya - Sering kita melihat knalpot pada 2 tak memiliki model yang bermacam - macam. Ada yang namanya knalpot telo, udang, kolong, dsb. Tapi apa kita tahu yang dimaksud knalpot tersebut seperti apa? Dan juga bagaimana terhadap performa kendaraan tersebut Oke mari kita cari tahu bersama. Sebagai contoh adalah model knalpot yang sering muncul untuk RX King.
  1. Stock Exhaust / Knalpot Standar
    Knalpot standar merupakan keluaran asli dari pabrik alias bawaan motor. Model nya standar, namun ada juga yang telah modif dalaman nya. karakter dari model ini adalah untuk motor rpm rendah dan menengah. Irit konsumsi bahan bakar nya.
    stock exhaust RX King
  2. Shrimp Exhaust / Knalpot Udang
    Knalpot ini dinamakan knalpot udang karena memang bentuknya meliuk bak udang yang menghadap belakang. Untuk karakter nya, cocok untuk motor rpm tinggi seperti motor trail/motocross.
    shrimp exhaust RX King
  3. 3v3 Exhaust / Knalpot Telo
    Dinamai telo (ketela rambat) karena tabung nya besar namun panjang leher muffler yang pendek. Jadi mirip dengan ketela rambat. Karakter nya adalah power besar namun powerband relatif sempit.
    3v3 exhaust RX King
  4. Scorpion Exhaust / Knalpot Kalajengking
    Knalpot nya mirip 3v3, hanya saja muffler panjang. Jadi seperti standar Kawasaki Ninja 150. Karakternya adalah powerband yang lebar. Cocok untuk jarak jauh yang bermain rpm menengah.
    scorpion Exhaust RX King

Volume Oli Shock Depan Honda

Volume Oli Shock Depan Honda - Banyak nya oli shock depan sangat mempengaruhi pada proses peredaman, kestabilan, dan kekuatan suspensi depan. Oleh karena itu, kita perlu tahu standar volume oli shock depan motor Honda kita. Berikut tabel di bawah merupakan standar volume oli shock depan motor Honda.
volume oli shock depan Honda

Volume Oli Shock Depan Suzuki

Volume Oli Shock Depan Suzuki - Untuk volume oli shock depan standar milik Suzuki bermacam - macam. Kita perlu tahu acuan standar nya agar redaman suspensi dapat sesuai dengan kehendak kita. Berikut merupakan tabel yang tertera di botol oli shock depan Suzuki.
jumlah oli shock depan Suzuki

Volume Oli Shock Depan Yamaha

Volume Oli Shock Depan Yamaha - Agar suspensi depan nyaman dipakai, kita harus setting takaran oli. Takaran oli yang pas tentu tidak sama di setiap motor. Untuk beberapa varian motor Yamaha, terdapat standar volume oli shock depan nya. Berikut merupakan data volume oli sok depan yang direkomendasikan Yamaha melalui tabel di botol Yamalube Front Fork Oil.
volume oli shock depan Yamaha

Maksimal Kemiringan Saat Menikung Ala MotoGP

Maksimal Kemiringan Saat Menikung Ala MotoGP - Berikut merupakan perbandingan sudut kemiringan motor saat menikung. Sudut yang terbentuk dihitung berdasarkan sumbu normal dengan sumbu roda depan motor. Langsung saja disimak gambar di bawah ini.
perbandingan kerebahan motor saat berbelok
Jadi terlihat bahwa maksimum kemiringan motor sebesar 64º diraih oleh MotoGP. Namun sangat jarang motor dibawa berbelok hingga sedemikian rebah. Untuk motor bebek maupun matic yang beredar di Indonesia masih mengarah pada kelas Scooter maupun Street Bike yaitu 0 - 50º saja.

Minggu, 12 Juli 2015

Macam Bentuk Celah Ring Piston

Macam Bentuk Celah Ring Piston - Sebagai pengetahuan, ternyata bentuk dari celah ring piston tidak selalu kotak (spur cut). Desain dari celah ring piston ini pasti memiliki maksud dan tujuan masing-masing. Berikut macam bentuk celah ring piston.
macam bentuk celah ring piston
Spur cut sering kita jumpai pada ring piston di silinder blok, split cut dapat ditemui pada ring pipa suling suspensi teleskopik.

Jumat, 10 Juli 2015

Modifikasi Bearing Kanan Noken As GL/CB100

Modifikasi Bearing Kanan Noken As GL/CB100 - Untuk menambahkan laher noken as di sisi kanan milik motor GL100 atau CB100 sangatlah mudah. Tinggal kita lihat dudukan laher kanan di kop merupakan tipe kecil atau besar. Apabila tipe kecil, kita tinggal membeli laher noken as kanan Honda Grand (6902) dan menyesuaikan noken as CB100 kita di tukang bubut. Apabila tipe besar, kita tinggal membeli laher dengan kode 6002 dan menyesuaikan noken as GL100 kita di tukang bubut. Keduanya sama-sama tidak memodifikasi head. Jangan salah memodifikasi menggunakan laher noken as milik MegaPro atau Tiger, karena tipenya lebih besar.
noken as GL100 dengan laher kanan
noken as GL100 + bearing 6002
noken as CB100 + bearing 6902
beda noken as Gl100 dan MegaPro

Pemeriksaan Celah/Gap Ring Piston

Pemeriksaan Celah/Gap Ring Piston - Ring piston berfungsi untuk merapatkan celah antara piston dan lubang silinder blok. Ring piston bekerja menahan tekanan gas dan ledakan yang terjadi pada saat langkah usaha, sehingga tidak bocor ke ruang di bawah piston. Kerja ring piston tidaklah ringan, sebab ring piston harus menahan panas yang sangat tinggi dari panas pembakaran. Pemuaian berlebihan dapat mengakibatkan piston terkunci. Untuk itulah kualitas bahan dari ring piston sudah dipilih sedemikian rupa sehingga memiliki kemampuan menahan panas yang tinggi dan juga mampu menahan tekanan hasil pembakaran.
pemeriksaan celah ring piston
Selain itu ring piston yang berguna untuk merapatkan piston dan lubang silinder yang mengakibatkan juga terjadinya gesekan antara ring piston dan lubang silinder. Memang terdapat pelumasan antara ring piston dengan lubang silinder. Tapi lama kelamaan ring piston juga terkikis sedikit demi sedikit yang lama kelamaan keausan ini akan semakin besar. Keausan ring piston yang berlebihan membuat ring piston tidak mampu melakukan kerjanya untuk menahan tekanan pembakaran, dan juga merapatkan celah antara piston dan lubang silinder. Ring piston yang sudah aus harus diganti, sebab mesin akan sulit dihidupkan. Dan untuk mengetahui keausan ring piston ini, maka dilakukanlah pemeriksaan gap ring piston (celah kedua ujung dari ring piston). Langkah pemeriksaan gap ring piston adalah:
  1. Masukkan ring piston ke dalam lubang silinder di silinder blok.
  2. Ukur celah antara kedua ujung ring piston dengan menggunakan fuller gauge.
  3. Bandingkan hasil pengukuran dengan batas penggantian ring piston. Batas penggantian biasanya sebesar 0.25 mm. Jika hasil pengukuran melebihi batas tersebut, sebaiknya ring piston diganti.
Ring piston yang sudah aus pada sisi luarnya, akan membuat celah ring piston (gap ring piston) semakin besar saat masuk ke dalam lubang silinder. Inilah kenapa gap ring piston yang jadi pedoman dalam pengukuran untuk mengetahui keausan ring piston. Sebelum mengganti ring piston, sebaiknya lakukan juga pemeriksaan terhadap piston dan lubang silinder. Jika keausan piston dan lubang silinder juga sudah parah, maka harus dikorter. Artinya piston dan ring piston diganti dengan ukuran yang lebih besar, dan lubang silinder diperbesar. Perbaikan ini dilakukan di bengkel korter yang sudah berpengalaman dalam hal korter.

Diameter Luar Liner/Boring Honda GL100 dan CB100

Diameter Luar Liner/Boring Honda GL100 - Diameter luar liner/boring berfungsi sebagai acuan batasan bore up. Untuk diameter luar liner/boring dari Honda GL100 maupun CB100 sebesar 58.9 mm. Jadi setidaknya untuk harian maksimal dipaksa piston 55 mm masih aman. Kalau keperluan race yang sesaat bisa sampai 56.5 mm. Ingin bore up lebih dari itu ya ganti liner nya. Wong diameter crankcase masih lebar.
diameter luar liner GL/CB100

Diameter Crankcase Honda GL100

Diameter Crankcase Honda GL100 - Saya mengukur diameter dari lubang crankcase tempat dimana blok piston masuk. Diameter yang terukur sebesar 70.9 mm. Namun belum diketahui ini kondisi standar atau tidak karena saya tidak mengecek dengan pasti kondisi crankcase waktu itu.
diameter crankcase Honda GL100