Jumat, 10 Juli 2015

Diameter Luar Liner/Boring Honda GL100 dan CB100

Diameter Luar Liner/Boring Honda GL100 - Diameter luar liner/boring berfungsi sebagai acuan batasan bore up. Untuk diameter luar liner/boring dari Honda GL100 maupun CB100 sebesar 58.9 mm. Jadi setidaknya untuk harian maksimal dipaksa piston 55 mm masih aman. Kalau keperluan race yang sesaat bisa sampai 56.5 mm. Ingin bore up lebih dari itu ya ganti liner nya. Wong diameter crankcase masih lebar.
diameter luar liner GL/CB100

84 komentar:

  1. Bang liner gl 100 dipasang ke grand bisa gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa saja.. ngatur offset dan perbesar crankcase ke bawah biar ga ubah tusuk.. banyak nanti ubahannya

      Hapus
    2. Bibir krengkesnya ke tipisan gak klo gak di tambah cor kira"

      Hapus
    3. Bang blok cb bisa dicangkok ke mesin Astrea gak

      Hapus
  2. bang,crankcase gl 100 kalo di kolter maksimal berapa mili bang,tanpa mindah jalur oli..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Crankcase seberapa maksimal bisa dilihat dari packing blok yang kertas itu diambil jarak 1-2 mm dari lubang oli

      Hapus
  3. Mas, kalo gl100 mau dipake liner luar 72 apa masih masuk atau harus pindah tusuk sate+jalur oli

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diukur sendiri saja sanggup maksimal berapa.. jalur oli saja yang perlu pindah

      Hapus
    2. mas diameter krengkes gl 100 piro to mas arep di isi seher cbr

      Hapus
    3. Pernah ukur sih 70 mm tapi gtw standar apa bukan.. ga perhatian..
      Bisa kok isi piston 63.5 mm CBR lama/Tiger
      Liner ganti yg besar

      Hapus
  4. Mas kalo diameter blok gl100 setandat itu berapa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Liner nya? Ya di artikel ini sudah dibahas 58.9 mm

      Hapus
  5. Mas kalo blok ori gl100 di isi seher ukuran 54 ketipisan ngk bang??

    BalasHapus
  6. Mas berapa panjang boring gl100,kalo mau pake askruk Tiger perlu paking alumunium berapa mm ?

    BalasHapus
  7. Mas kalo blok cb100 diisi liner tiger dipasang di gl100 taun91 apa ja yang dirubah?

    BalasHapus
  8. Kalo pakai piston uk 68 pnp atau bubut lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih besar piston daripada crankcase 😅 modif jalur oli dulu

      Hapus
  9. kalo gl 100 pasang blok mp bisa gak

    BalasHapus
  10. Kalo pake piston uk 65 bubut crankcase ga bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Modif blok MP dulu, kalau sudah bisa masuk blok nya pasti bisa piston 65 mm

      Hapus
    2. Kalo crankcase gl kita masukin blok dm 69 bubut crankcase sama apa biar pnp

      Hapus
    3. Kalau liner blok luar 69 mm crankcase dibuat 70 mm.. perhatikan jalur olinya

      Hapus
    4. Tapi klo stroke standard itu bisa atau harus stroke up bang make masih awam

      Hapus
    5. MP mah stroke sama aja sama GL

      Hapus
    6. Blok udah Ada bang tapi bukan punya MP, kalo kata temen saya si kalo di pasang nanti piston nya bakalan mendem dikit, apa bakalan Ada penyebab kalo piston mendem bang?

      Hapus
    7. Mendem dikit mah gpp misal beda 1 mm.. kalau banyak ya jangan

      Hapus
    8. Mending ganti stang seher yg panjangan ya bang?

      Hapus
    9. Ganti stang lebih panjang bisa untuk mengakali piston yg mendem

      Hapus
  11. Bang kalo gl 100 pake blok gl 125 bubut crankcase ngga bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga bubut lagi,pnp tinggal pasang saja

      Hapus
  12. Bang klo mesin keluarga c seris klo mau pake buring cb100 harus ganti bandul gak sama crengkesnya ketipisan gak klo di kikis

    BalasHapus
    Balasan
    1. C100 kalau pakai liner Honda CB/GL perbesar crankcase ke arah bawah.. offset..

      Maksimal 61 mm diameter crankcase supaya baut tusuk standar.. liner maksimal belakang 60 mm

      Hapus
  13. Bang kalo pake buring gl 100 apa vb 100 di mesin grend harus ngrubah jalur oli gak bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk grand tanpa ubah tusuk, perbesaran crankcase ke arah bawah.. saran liner max 60 mm saja

      Hapus
  14. Bang kalau buring gl series d kasih seher Tiger DM 64,0 aman gak bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seingat saya diameter liner GL Pro 145 itu 67 mm

      Kalau dipasang piston 64 hanya sisa 1.5 mm, kasihan kurang awet nantinya akibat panas

      Hapus
  15. Apa harus bubut crankcase mas? Banyak yang bilang harus dibubut, banyak yang bilang pnp tanpa harus dibubut?

    BalasHapus
  16. Mas kalo blok gl 100, pengen pake seher 55mm , itu pake seher apa ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paling ambil Mio XB, profil jenong disesuaikan lagi

      Hapus
  17. Mas cb100 saya sdh pake blok dan head gl100, sedari awal dapat,sdh ada ganjal almu 5mm di blok bawahnya, saya intip posisi seher dari bibir liner saat tma,mendem 8mm.klo saya lepas aja ganjalnya,ada kemungkinan klep nabrak seher ndak ya? Atau cuma untuk mensiasati biar rante kamrat ga terlalu molor..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lepas ganjal nya, ganti rantai yg lebih pendek 2 mata

      Nabrak nggak saya ga tau piston apa dan bagaimana kondisi real di sana

      Hapus
  18. Pakai blok Tiger masuk ga si om krengkes gl 100, apa ada yg harus dirubah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masuk dong,
      Tiger itu sama" keluarga GL

      Kalau kruk as standar, blok Megapro saja

      Hapus
  19. Bang,kalau gl 125 series pasang blok megapro , apakah harus bubut krengkes

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya perlu memperbesar lubang crankcase

      Hapus
    2. Aman tampa membesarkan crangcase karna lubang crangcase 69.5 jd langsung pnp

      Hapus
  20. bang,kalau gl 100 platina dinaikin seher tiger sama klep tiger kira kira habis berapa ya bang

    BalasHapus
  21. Panjang liner gl 100 sama gl max sama ngga om

    BalasHapus
  22. Bang OS maksimal gl 100 berapa yh

    BalasHapus
  23. liner cb 100 pake piston 54mm bisa gak ya bang

    BalasHapus
  24. Mas kalo mesin cb 100 maupake boring gl pro/series harus bubut crengkes apa pnp

    BalasHapus
  25. Bang diameter lubang krengkes cb 125 berapa?

    BalasHapus
  26. gl 125 dipasang blok tiger apa biasa masuk mas? apa yang perlu dirubah?

    BalasHapus
  27. Buring gl 100 mau ganti liner gl pro/mp bisa gk dan enak mp/gl pro?

    BalasHapus
  28. Oversize paling besar pada buring gl 125 berapa bang

    BalasHapus
  29. bang kalo boring std gl 100 enak nya dikasih ukuran pistom dm brpa tnpa ganti liner + coak krengkes

    BalasHapus
  30. Mas kalau blok ori gl100 di bubut buat pasang seher 62,5 bisa gak????

    BalasHapus
  31. Boring gl100 pake piston 56,5 harus ganti liner ga buat harian?

    BalasHapus
  32. Bang diameter krengkes cb 100 itu berapa bang?

    BalasHapus
  33. Cb100 itu OS berapa si

    BalasHapus
  34. Mas kalo boring cb100 pake liner Tiger piston 77 harus ngerubah apa nya mohon jawab

    BalasHapus
    Balasan
    1. Crankcase nya rubah lumayan, menyesuaikan blok yg pakai liner besar

      Hapus
  35. Mas Kalo mau besarin ke 56.5 pakai piston apa ya?

    BalasHapus
  36. Diameter crancase cb 100 berapa ya?

    BalasHapus
  37. Mas kalo crankcase cb pake blok seher gl pro cdi / kg2 harus bubut crankcase apa engga ya ?

    BalasHapus
  38. Assalamualaikum bang ini dari Sumsel mau nanya kalo blok gl100 ORI yg aman pke seher spa byar ga rubah linear

    BalasHapus
  39. Mas kalau blok gl 100 platina 105cm di kasih liner Tiger apakah harus mindah jalur oli

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, sebaiknya geser dikit supaya tidak bocor

      Hapus