Home » , » Cara Mengubah Ukuran Pilot Jet/Main Jet

Cara Mengubah Ukuran Pilot Jet/Main Jet

Written By Novanda S.T. on Wednesday, April 4, 2012 | 3:15 PM

Cara Mengubah Ukuran Pilot Jet/Main Jet - Banyak orang, bahkan kalangan muda sekalipun, ingin mengubah ukuran PJ MJ dari karburator mereka. Tujuannya hanya ada satu,yaitu menyesuaikan banyaknya bensin yang masuk ke mesin. Penggantian PJ MJ ini terjadi jika motor telah di Bore Up, korter intake-exhaust, penggantian knalpot, dsb.

Langkah-langkah untuk mengganti ukuran PJ MJ adalah sebagai berikut:
1. Lepaslah Karburator dari dudukannya
2. Buka 4baut di mangkuk Karburatornya


3. Lepaskan Spuyer PJ/MJ, lalu ganti dengan ukuran yang lain

4. Memasang PJ/MJ jangan di putar terlalu keras! (dapat mengakibatkan karburator pecah)
5. Tutup kembali mangkuk dan kembalikan ke dudukannya
6. Cek setelannya,jika ngok brarti PJ MJ minta gedein, jika mbrebet minta turun. (nggk harus PJ dan MJ yg di ganti, salah satu juga bisa)

5 komentar:

Hyde Laruku said...

Yg dimaksud "ngok" itu gmna mas? Sya kurang paham

Novanda S.T. said...

itu suara yang timbul dari karburator..
anggap karbu nya ngambek minta bensin lebih banyak..

kalau terlalu boros brebet" ga jelas..

Fadhli Kamaruddin said...

Maksud dari digedein atau dikecilin itu apa masa?

Novanda S.T. said...

ganti spuyer dengan nomer lebih kecil atau lebih besar..
angka semakin kecil, spuyer tmbh kecil lubang nya
angka semakin besar, spuyer tmbh besar lubangnya

Tony anton mulyata said...

Sedikit menambahkan saja,..
yang dimaksud spuyer adalah pilot jet dan main jet spt pd gambar diatas,. ukuran pilot jet biasanya tertulis pada badan pilot jet itu sendiri. pada contoh gambar diatas sepertinya karburator mikuni dg nomor standar main jet 85 biasanya berpasangan sama pilot jet nomor 20 atau 35 tergantung jenis motornya. untuk ukuran PJ mikuni punya rentang 2,5. misalnya dari angka 20 dinaikkan 1 step maka jadi 22,5 dst. banyak kok yg jual alfamarket.
kmd bunyi ngok atau juga bisa tok tok tok (ntrotok) artinya kekurangan BBM, mesin dipaksa untuk hidup dan membawa beban. suara ini sangat jelas terdengar pada filter(saringan udara)bahkan suara knalpotnya bisa kalah dengan suara tsb.

Custom Search