Rabu, 04 April 2012

Menyetel Jarum Skep Karburator

Menyetel Jarum Skep Karburator - Karburator berfungsi sebagai pengabut bensin. Prinsipnya hampir sama dengan semprotan obat nyamuk manual,bedanya ini di hisap. Botol skep di sini berfungsi sebagai pintu pengatur banyaknya gas yang masuk agar tekanan udara semakin tinggi. Jika Skep naik ke atas, bensin akan lebih banyak terhambur masuk ke mesin, sedangkan jika ke bawah, bensin lebih sedikit yang masuk ke mesin.

komponen karburator
Fungsi jarum Skep di karburator adalah pengatur besar/kecilnya lubang dari mangkuk karburator. Diameter jarum skep semakin ke bawah semakin kecil. Untuk mengaturnya ada clip sebagai penahan tinggi/rendahnya jarum skep menutup lubang dari mangkuk karburator.
Langkah-langkah menyetel:
  1. Buka Bagian kabel gas saja.
  2. Lepas Skep dari Karburator
  3. Lepas kabel gas dari Skep
  4. Tekan Jarum Skep dari bawah ke atas
  5. Ubah clip dengan mengeluarkannya dan memasang lagi di nomor yang berbeda
klip jarum dan posisinya
setel kering
setel basah

8 komentar:

  1. jd klau pss cincin dipss 0 semakin irit ya sdgkn dipss 4 akn smkin boros

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa seperti itu.. namun posisi klip jarum lebih ke menggeser posisi jarum lebih naik/turun sesuai kebutuhan..

      Hapus
  2. Penyetelan posisi skep , apakah berpengaruh pada laju / kecepatan sepeda motor ?
    Trimakasih .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klip jarum? Kalau ga pas pasti ga mau lari
      Kalau idle ga ngaruh

      Hapus
  3. Jika posisi skep nomor 2 dari atas apakah normal untuk harian. Atau menggangu pemorma mesin(tarikan)dan apa bikin mesin cepat kasar.🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg pasti AFR akan kering daripada standar, yg mana akan mempercepat kenaikan suhu mesin dan bisa jadi sebab kasar dan tarikan lemah

      Hapus
  4. Posisi 0 brrti boros, trs posisi 4 irit. Sprt itu mksd'y??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebalik.. klip di 0 jadi kering, klip di 4 jadi basah/boros

      Hapus