Home » » Cara Membersihkan Kerak di Piston dan Blok Mesin

Cara Membersihkan Kerak di Piston dan Blok Mesin

Written By Novanda S.T. on Monday, October 8, 2012 | 4:23 PM

Performa motor sudah drop dan bensin menjadi boros merupakan tanda dari kotornya ruang bakar. Hal ini disebabkan karena kotornya udara yang masuk ke ruang bakar atau endapan bensin yang tidak terbakar. Selain itu, kerak di piston dan blok dapat mengganggu proses kompresi dan pembakaran mesin. Akibatnya, piston bisa bolong akibat kompresi yang berlebih itu.

Cara mengatasi nya dapat membersihkan nya secara manual atau menggunakan cairan perontok kerak di mesin. Berikut cara membersihkan kerak mesin di piston dan blok secara manual :


1. Siapkan alat yang akan digunakan.
Jika alat yang digunakan kurang lengkap dan kurang bagus akan mengganggu proses pembongkaran mesin. Sebaiknya pahami alat yang akan digunakan dan cara untuk membuka pengunci (mur baut) pada mesin.

2. Keluarkan oli mesin dan buka cover/body, footstep, dan knalpot.
Untuk langkah ini kalian pasti bisa melakukannya.

3. Lepas karburator dari dudukannya.
Anda juga dapat membersihkan bagian dalam karburator nya agar tidak bolak-balik kerja.

4. Membuka penutup magnet dan memposisikan TOP.
Membuka tutup magnet dapat diakali dengan menjepit uang koin menggunakan tang dan memutar tutupnya. Posisi kan TOP magnet nya.

5. Kendurkan tensioner keteng.
Cara mengendurkan dapat menggunakan oben min kecil diputar hingga mengunci.

6. Buka empat baut pengunci blok di depan.
Cara membukanya harus bergantian agar baut tidak slek. Jika pengencang rantai kamprat  memakai model tensioner, buka lah juga dan secara bergantian.

7. Buka baut gear noken as.
Membuka nya dengan menahan magnet dan putar baut gear noken as berlawanan arah jarum jam.

8. Menarik blok kop dan blok nya.
Tarik keluar satu per satu mulai dari blok kop, gasket, dan blok nya. Untuk melepas piston nya, gunakan tang untuk melepas pengunci pen dan tarik pen piston perlahan.

9. Bersihkan piston dan blok sampai kerak hilang.
Agar mudah, oleskan bensin pada kerak agar kerak tidak keras. Sikat menggunakan sikat kawat.


10. Pasang kembali piston, blok, gasket, dan blok kop.
Jangan lupa posisi ring kompresi pada piston harus membentuk segitiga agar kompresi tidak bocor.

11. Pasang gear rantai kamrat ke posisi TOP.
Jangan lupa posisi kan top magnet dulu baru gear di noken as nya.

12. Merakit kembali karburator, knalpot, footstep, dan body.
Setelah terakit semua, setel ulang campuran udara pada karburator dan lakukan final inspection.

26 comments:

  1. kayanya ada yg kelewat...
    "mengendurkan penekan rantai keteng gan" :D

    ReplyDelete
  2. maaf baru online lagi..
    @kenda kecenk

    seudah sesuai kah cara bongkar pasangnya?
    jangan lupa karbuartor, top mesin, rantai kamprat, kelistrikan, oli, sama busi..

    cek ulang lagi bro..
    kalo ada yg bingung sampaikan lagi aja..

    ReplyDelete
  3. brow,, numpang tnya,, rencana mw ganti seher smash mw oper shes 100,, tu yg dbawa ke tkang bbut + collter cuma buring keatas kan,, pa perlu mesin komplit dbawa semua

    ReplyDelete
  4. @Sutoeng Djaya
    bawa blok sama piston nya aja bro...hehe

    ReplyDelete
  5. mksdnya seher ma boring kan mas brow,,

    Ow ea ,, kalo boleh mnta tlong mta tutorial lengkapnya cara bongkar mulai dr awal smpek sehernya mas brow,, emmm bsa dikirim ke nomer 081952570270;; soal biaya ketik sms nya nti ada ganti ruginya mas,,, soalnya q msh bngung bongkar kamprat ma nyetelnya.. mksh selumnya

    ReplyDelete
  6. Numpang tanya ßƠ̴̴͡.̮Ơ̴̴͡śś ,,klau udah beres bongkar smua,tapi mesin ‎​₪ƴǻ berisik..
    Apa ‎​₪ƴǻ itu ßƠ̴̴͡.̮Ơ̴̴͡śś ,,??

    *tlong coret"nya Чªªä ßƠ̴̴͡.̮Ơ̴̴͡śś .

    ReplyDelete
  7. piston ga kebalik kan atas bawahnya? ring nya juga ga salah kan?
    hehe
    cek aja lg bro..

    ReplyDelete
  8. punya tutorial bore up honda grand ke 125 cc mas ?thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek di blog saya satu nya bro..

      http://freecharzrace.blogspot.com/2013/07/korek-harian-honda-grand-125cc.html

      Delete
  9. kok suara mesin saya nembak nembak dan oli keluar dari lubang knalpot, pdhl kn gk d jalur ny.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada keausan pada piston atau klep(serta partnya) sehingga oli masuk ke ruang bakar dan terbuang ke knalpot..

      efek meledak2 terjadi akibat sambungan knalpot ga pas, setting karbu ga pas, atau busi udah umur

      Delete
  10. gan mw tanya
    bagaimana cara memasang rantai keteng pd posisi top pd gir klep dan bagaimana letak posisi piston krn gir magnet tdk tw posisi.a
    thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. dibody magnet nya pasti ada tanda TOP kalau blm dihapus/kena bubut..
      yg penting piston harus TMA, kondisi kedua klep bebas tanpa tertekan, pasang top jg gir nya..
      hal mudah kok bro..

      Delete
  11. mas kalo tanda yg bada di magnet untuk top, itu tanda yg mana ya?
    kn ada dua tanda tuh, yg atas sperti T dan yg bawahnya hanya -

    dan kenapa ya ko mesin saya kalo di gaspol jadi tersendat sendat?
    katanya sih salah top pada gear sentriknya
    padahal sudah pas (atau saya salah posisi TOP nya? )

    ReplyDelete
    Replies
    1. motor apa ya?
      macam" bro tanda nya.. biasanya sih memang tanda strip atau huruf T
      hehe

      Delete
  12. sama kaya motor'a si mas
    hehehe
    jupiter awal

    ReplyDelete
    Replies
    1. tanda top magnet seperti point 4 di atas bro..
      garis strip itu
      kalau yg garis strip mirip huruf romawi I melengkung adalah timing point itu

      Delete
  13. ooh yg strip mas
    trus kalo mleset satu mata gigi, pada saat pasang gear sentrik
    tidak pas pda garis yg ada d head
    akibatnya apa ya mas??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau turun ke bawah, performa putaran rendah oke, atas buruk
      kalau naik ke atas, stationer buruk, putaran tinggi oke (rawan klep berbenturan ke piston)

      itu terjadi akibat celah klep jg disetel dg tdk benar

      Delete
  14. ooh bgitu toh mas
    emng celah yang bagus ukurannya brpa ya mas?

    motor saya jupiter awal pakai piston jupiter z os100
    terinspirasi bikinannya motor si mas
    hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk noken as standar, celah IN 0.08 mm dan EX 0.10 mm
      ini dah enak bro,, setel pakai feller ya bro, jgn feeling hhe

      Delete
  15. nah itu masalahnya mas, klo pke feller bisanya 0.05 / 0.10
    kalo ngukur 0.08 gmna tuh mas?
    hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. lho feller nya ga lengkap dong?
      pnya saya merk JTech ada kok
      0.04, 0.05, 0.06, 0.07, 0.08, 0.10, 0.15, 0.20, 0.30

      hehe ya dikira" wes bro, 0.05 longgar, 0.10 ga bisa masuk

      Delete
  16. ooh punya saya ga lengkap dong
    merk tekiro

    jadi cuma bisa pke feeling dong mas
    hehehe

    ReplyDelete

Label

karburator (104) kelistrikan (54) komponen (237) kopling (55) pelumasan (28) pengapian (38) perawatan (204) produk (170) rem (24) rumus (25) timing (46)