Senin, 22 Oktober 2012

Merawat Busi Secara Teratur

Merawat Busi Secara Teratur - Busi adalah salah satu komponen yang memiliki fungsi untuk memberikan percikan bunga api pada pembakaran di kendaraan Anda, khususnya sepeda motor. Cara melihat kualitas pembakaran nya dapat dilihat dari warna elektroda nya, di sini.
celah busi
Namun, apabila secara tak terduga tunggangan Anda macet ketika akan dihidupkan, bisa jadi busi motor Anda kotor. Bila keadaan seperti ini terjadi, hal yang perlu dilakukan adalah dengan membersihkan businya agar pengapian kembali normal. Karena pada kepala busi tersebut tersimpan kotoran-kotoran sisa pembakaran yang menyebabkan pembakaran tidak sempurna. Langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah:

  1. Sediakan kunci busi, kemudian bukalah busi Anda.
    Sediakan pula sikat kawat dan bensin. Jangan membersihkan dengan menggunakan ampelas pada bagian elektroda busi. Sebab, bila itu dilakukan akan memperpendek umur busi, sebaiknya membersihkan dengan sikat.
  2. Bersihkan penimbunan arang di kepala busi.
    Jangan merendam busi ke dalam bensin, akibatnya busi akan cepat aus dan cepat terjadi kotoran pada busi, karena busi terbuat dari unsur keramik.
  3. Setel jarak celah busi.
    Hal ini tergantung dari jenis kendaraan yang digunakan.
  4. Tes pengapiannya.
    Caranya, dengan meletakkan ujung kepala busi kemudian di start. Apabila bunga apinya sudah normal berarti sudah cukup baik saat dibersihkan.
  5. Periksa kabel busi.
    Kabel busi juga perlu dilakukan pemeriksaan, bila sudah berumur mengakibatkan hantaran listrik jadi berkurang.
Namun, dari kesemuanya sebaiknya dilakukan perawatan secara berkala, dan jangan tunggu sampai motor mogok atau rewel. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar