Sabtu, 07 Desember 2013

Memotong Rantai Aman Menggunakan Alat

Memotong Rantai Aman Menggunakan Alat - Kalau beli rantai baru yang kepanjangan, biasanya dipotong agar bisa dipasang. Namun enggak boleh sembarang. Jika tidak sesuai aturan dapat menyebabkan rantai tidak fleksibel saat memutar gir depan dan belakang.
ilustrasi alat potong rantai
Contoh potong rantai pakai paku dan martil ke arah pin mata rantai. Meski bisa dilakukan dengan susah payah, ada efek sampingnya. Bushing pin di mata rantai berubah struktur akibat dipukul paksa berulang-ulang dan bikin pin bengkok juga sebabkan lubang bushing menyempit atau melebar. Mending gunakan alat khusus yang dirancang untuk memotong rantai. Itu lebih aman.

Alat tersebut sudah banyak diproduksi. Alat tersebut dipercaya dapat memangkas jumlah mata rantai sesuai keinginan. Proses potong hanya menekan perlahan salah satu pin hingga terlepas karena sistemnya press. Sisi dalam pelat mata rantai ditahan ujung pengait berupa catok. Bushing pin di mata rantai enggak berubah bentuk. 

Keuntungan pakai alat ini, konstruksi bushing rumah pin rantai tetap sempurna. Gerak rantai pun tetap fleksibel. Tapi, ingat, alat ini hanya dipakai untuk memotong rantai dan bukan menyambung rantai karena memang tidak direkomendasikan.

2 komentar: