Selasa, 04 Maret 2014

Racikan Oli Rebound Shock Khusus Cornering

Racikan Oli Rebound Shock Khusus Cornering - Penikmat cornering sudah pasti butuh setingan sokbreker dengan rebound lebih lambat dari standar motor. Tentu hal ini supaya pengendalian motor bisa lebih mantap tanpa goyang berlebih ketika melahap tikungan. Sudah pasti sokbreker bawaan motor enggak terpakai, karena didesain untuk penggunaan harian dan menunjang kenyamanan. Rebound sokbreker bawaan motor terbilang cepat, makanya kurang stabil dipakai untuk cornering.
oli sokbreker racing
Untuk sokbreker belakang masih bisa diganti dengan merek aftermarket. Untuk yang depan perlu sedikit trik. Triknya mudah, pakai oli sok racing aja, rebound sok lebih lambat jadi cocok buat main cornering. Salah satu bedanya dengan oli sok biasa adalah kekentalannya, ada yang sampai 15w, oli motor umumnya 10w. Semakin kental maka sirkulasi oli melewati lubang suling lebih lama, ini yang bikin rebound sok lebih lambat. Lalu lebih tahan terhadap panas, jadi kekentalan oli tetap stabil. Kekentalan oli 15w dan tahan suhu tinggi, cocok untuk pehobi cornering dan balap.
lubang suling sokbreker dan oli nya
Sirkulasi lebih lambat ketika oli melewati lubang suling di batang sokbreker. Atur volume oli yang dipakai, pakai lebih banyak 5 sampai 10 ml dari volume oli sokbreker bawaan motor. Lalu bisakah oli ini untuk harian? Bisa, tapi tentu jadi kurang nyaman karena sokbreker akan terasa lebih keras, kecuali kalau memang sudah niat dan siap terima konsekuensinya.

Volume oli yang dituang, disarankan lebih banyak 5 sampai 10 ml untuk tiap tabungnya. Enaknya beli oli sok racing, kemasannya dalam bentuk botol dengan volume 1 liter. Jadi bisa untuk 2 sampai 3 motor. Harganya di kisaran Rp 160 ribuan dan hanya bisa didapatkan di toko khusus oli.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar