Home » » Fungsi Tutup Pentil Ban (Valve Cap)

Fungsi Tutup Pentil Ban (Valve Cap)

Written By Novanda S.T. on Wednesday, August 5, 2015 | 2:28 AM

Fungsi Tutup Pentil Ban (Valve Cap) - Tutup pentil (valve cap) sering dianggap sepele oleh pemilik kendaraan. Entah karena fisiknya yang kecil atau akibat harganya murah. Padahal komponen ini punya peran penting dalam menjaga ban tetap dalam tekanan ideal. Fungsi utama valve cap adalah melindungi pentil ban dari kotoran. Debu atau air yang masuk ke pentil dapat merusak katup, membuat material karet sebagai sil di dalam valve menjadi getas,atau menyebabkan terjadinya korosi.
tutup pentil ban
Kalau kerusakan ini terjadi, udara di dalam ban akan keluar secara perlahan. Akibatnya tekanan angin ban menurun. Dan bila pemilik kendaraan jarang memeriksa tekanan ban, efeknya konsumsi bbm menjadi lebih boros, dan ban menjadi cepat rusak. Kebocoran kecil ini sulit dideteksi. Padahal menurut data NHTSA (National Highway Traffic Administration), 85% penyebab berkurangnya tekanan angin ban adalah akibat kebocoran halus yang terjadi dalam periode lama. Salah satu penyebabnnya adalah tidak adanya tutup pentil.

Fungsi lain dari valve cap adalah mereduksi kebocoran pentil agar tekanan angin ban tidak menurun secara drastis. Selain itu, tutup pentil ban juga berfungsi sebagai pelindung part yang ada dalam pentil ban. Kalau dilepas, pentil yang berbahan logam itu isinya ada sil berbahan karet, penonjok dan per berpotensi kemasukan air, debu bahkan tanah. Tutup pentil juga berfungsi memperlambat proses keluarnya udara secara tiba-tiba, bila ada masalah pada pentilnya. Bayangkan kalau ban tidak ada tutup pentilnya, ban langsung kempis dan berbahaya bagi pengendaranya.

0 komentar:

Custom Search